Jumat, 01 Januari 2016

Resep Cemilan Sehat dan Murah : Sandwich Ala Ummi

Resep Cemilan Sehat dan Murah : Sandwich Ala Ummi


Assalamualaikum, Sahabat Smart Mom, bagaimana liburannya? Sebentar lagi anak-anak masuk sekolah ya? Nah, mumpung masih liburan. Aku mau share resep cemilan sehat dan murah yakni membuat sandwich ala Ummi :)

Berawal dari Faris dan Fatih yang memanggil penjual roti bakar dan sandwich keliling. Penjualnya memang beliling di komplek perumahan kami. Harganya sih murah meriah. Untuk roti bakar Rp. 3 ribu dan sandwich Rp. 5 ribu. Jika sekali makan, anak-anak tak cukup cuma satu. Fatih lebih senang makan roti bakar, kadang lebih dari 2. Faris pun demikian. Jajan terus lumayan boros dong. 

Suatu hari saat kami jalan-jalan ke Unand, Fatih ngambek pengen dibelikan roti bakar. Keliling nyari penjual roti bakar, tidak ketemu. Duuh... ngegetan, karenan nangis di atas motor. Gimana ya cara mendiamkannya selain dibujuk-bujuk? Hiks...

Untungnya, saat kami di Perpustakaan Unand, kami menemukan penjual roti bakar dan sandwich. Anak-anak langsung happy dan memesan. Saat menunggu pesanan, aku memperhatikan penjual itu membuat roti bakar dan sandwich seraya berkata dalam hati, "Ooh gitu ya cara buatnya? Gampang! Ntar aku praktik deh!" *emak hemat*

Pulang dari Perpustakaan Unand, aku langsung kepikiran. Wah, perlu dicoba nih membuat sandwich. Kalo roti bakar udah sering buat sendiri. Lalu, setelah ada kesempatan aku segera beburu bahan yang diperlukan.

 

Bahan yang disiapkan :

1. Roti tawar atau roti bukat khusus untuk roti bakar
2. Mentega
3. Mesis
4. Saos tomat
5. Telur
6. Daun Selada
7. Tomat

Cara Membuat  Sandwich Sehat dan Murah :

1. Siapkan teflon atau happy call
2. Iris roti bagian tengahnya jangan sampai putus
3. Oles dengan mentega
4. Bakar di atas teflon atau happy call dengan api kecil
5. Untuk roti bakar, isi dengan mesis secukupnya
6. Tekan agak keras dan putar agar rotinya menjadi gepeng 
7. Roti Bakar siap dihidangkan.
8. Untuk Sandwich, setelah langkah langkah no 4 lanjutkan dengan memberi soas tomat lalu dadar telur di tempat terpisah. Angkat roti, hidangkan dengan telur, irisan tomat dan potongan selada.

Oiya, cemilan ini bisa juga jadi bekal sekolah anak loh. Jadi, kelak anak-anak masuk sekolah boleh dicoba resep sandwich ini :)