Keuntungan Investasi Reksadana

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Memilih reksadana merupakan pilihan bijak karena keuntungan reksadana sendiri relatif cukup banyak. Perlu diketahui ketika memilih investasi dengan reksadana, maka Anda bisa mendapatkan return sesuaikan dengan profil risiko dan juga tujuan investasi. 

Sumber Foto : https://www.pexels.com/id-id

Reksadana sendiri adalah jenis investasi dicmana merupakan sebuah wadah untuk menghimpun dana dari para investor. Setelah itu, dana akan diinvestasikan kembali dalam portofolio efek. Menariknya investasi reksadana ini akan dikelola oleh yang namanya manajer investasi, jadi pengelolaannya juga profesional dan berpengalaman. 

Keuntungan Investasi Reksadana

Karena investasi adalah langkah finansial yang penting, maka reksadana bisa menjadi salah satu instrumen investasi tepat saat ini. Agar lebih bisa memahami jenis instrumen investasi ini, berikut keuntungan reksadana yang wajib diketahui. 

Adanya Diversifikasi Risiko

Keuntungan reksadana yang pertama adalah tentu saja reksadana memberikan adanya diversifikasi risiko. Alasannya adalah karena uang atau dana investor disebar pada berbagai instrumen. 

Secara otomatis ketika terjadi hal yang tak terduga, tidak semua dana akan anjlok atau turun secara bersamaan. Diversifikasi ini akan sulit bagi Anda yang melakukan investasi individual karena terbatas pada dana. Tapi jika lewat reksadana, diversifikasi risiko bisa lebih maksimal dilakukan dan Anda akan mendapatkan keuntungan reksadana. 

Ada Manajer Investasi

Adanya manajer investasi merupakan salah satu keuntungan reksadana yang wajib diketahui para investor. Pada reksadana, semua kegiatan dikelola langsung oleh manajer investasi yang telah profesional dalam bidangnya. Jadi, Anda tidak harus susah payah untuk melakukan analisis atau membaca situasi pasar yang sedang terjadi.

Hal ini sangat cocok bagi Anda yang punya keterbatasan waktu serta pengetahuan di bidang investasi. Anda cukup menyisihkan dana Anda dan biarkan uang Anda tumbuh dalam di masa depan.

Mendapatkan Potensi Keuntungan Tinggi

Keuntungan reksadana tentu saja ada pada potensi return yang tinggi. Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 20% per tahun. Untuk mendapatkan keuntungan sebanyak ini, maka Anda bisa coba memilih jenis reksadana saham. 

Keuntungan reksadana saham tentu saja membuat banyak investor tertarik. Terutama bagi investor yang ingin melakukan investasi jangka panjang untuk biaya pendidikan anak atau dana pensiun. 

Mudah Urusan Pencairan Dana

Ketika memilih instrumen investasi tentu orang akan mempertimbangkan dalam kemudahan dalam pencairan dana. Ini juga merupakan salah satu keuntungan reksadana. Yaitu mudahnya melakukan proses pencairan dana sesuai dengan jam perdagangan reksadana. 

Keuntungan reksadana juga bisa dilihat dari bagaimana saat ingin menjual reksadana bisa dilakukan secara online, begitu juga dalam pembeliannya. Saat menjual reksadana, biasanya pencairan  dilakukan H+ 2 hari. Jadi Anda sebagai investor tidak perlu menunggu lama untuk mencairkannya.

Bukan Objek Pajak

Keuntungan reksadana yang bisa Anda nikmati adalah bahwa reksadana tidak termasuk dalam objek pajak. Berbeda dengan investasi seperti deposito, obligasi hingga saham yang akan menambahkan biaya pajak final saat pencairan dana. 

Jadi ketika Anda ingin menjual reksadana maka sama sekali tidak akan dikenai pajak penghasilan. Jadi bisa dibilang keuntungan reksadana bisa Anda dapatkan secara bersih. 

Fleksibel Secara Waktu

Bisa dibilang, keuntungan reksadana tidak hanya pada kemudahan dalam pencairan dana. Reksadana juga terbilang fleksibel secara waktu. Anda tidak perlu repot untuk mengelola dan mengetahui perkembangan investasi setiap hari. 

Anda bisa cek sesekali saja bahkan  memungkinkan untuk pengecekan seminggu sekali. Cocok untuk Anda yang super sibuk. Selain itu, keuntungan reksadana merupakan investasi yang fleksibel secara waktu karena Anda bisa memilih jangka pendek dan jangka panjang. Sesuaikan saja dengan kebutuhan anda. 

Investasi Reksadana Lewat DBS Treasures

Setelah mengetahui apa saja keuntungan reksadana, maka Anda harus menemukan lembaga keuangan yang tepat untuk membeli hingga menjual reksadana. Saat ini Anda bisa melakukan investasi reksadana lewat perbankan prioritas DBS Treasures.

Investasi reksadana dengan priority banking dari DBS Treasures memberikan banyak kelebihan. Beberapa di antaranya adalah:

Investasi dikelola secara profesional, perlu diketahui bahwa keuntungan Reksadana jika berinvestasi di DBS Treasures dana Anda akan dikelola oleh manajer investasi terkemuka yang bermitra dengan DBS Treasures. Di mana manajer investasi akan membantu pengembangan kinerja produk sehingga bisa mendapatkan return yang tinggi dan meminimalisir risiko.

Mendapatkan panduan investasi yang tepat, DBS Treasures memiliki tim ahli finansial yang andal dan juga proaktif menyusun strategi investasi sesuai kebutuhan Anda. Artinya para tim ahli profesional ini berkolaborasi untuk melakukan analisa pasar dan portofolio serta menyampaikan peluang paling update didukung inovasi digital berkelanjutan yang memastikan kelancaran transaksi investasi.

Meminimalisir risiko lewat diversifikasi, DBS Treasures memungkinkan adanya diversifikasi penyebaran dana pada banyak instrumen investasi termasuk ke berbagai jenis reksadana dari berbagai manajer investasi. 

Di DBS Treasures memungkinkan Anda pula untuk melakukan investasi saham melalui reksadana. Investasi saham melalui reksadana memang investasi yang cukup populer, alasannya tentu saja karena investasi saham langsung cenderung lebih fluktuatif, tergantung permintaan dan penawaran. Selebihnya investasi saham dipengaruhi banyak faktor yaitu kinerja perusahaan, suku bunga, inflasi sampai kondisi sosial dan politik. Sementara investasi jenis reksadana saham memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan potensi return yang tinggi. 

Itu tadi beberapa keuntungan reksadana yang bisa Anda dapatkan. Untuk kemudahan dalam berinvestasi di reksadana, termasuk pula di dalam menjual reksadana dan membeli reksadana bisa dilakukan secara online melalui priority banking DBS Treasures. 

Nah, Sahabat Smart Mom, apakah sudah tertarik untuk investasi dengan reksadana? Semoga info di atas bermanfaat, ya!

3 komentar untuk "Keuntungan Investasi Reksadana"

  1. Aku lagi candu banget nih investasi nih reksadana. Senang karena lagi hijau hijau juga alias menguntungkan

    BalasHapus
  2. kalau inget banyak investasi bodong masih takut mau investasi, tapi kalau ini mah sudah dipercaya. Reksadana memang yang terbaik untuk investasi.

    BalasHapus
  3. DBS Treasure bisa jadi pilihan investasi aman zaman sekarang ya, mbak.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^