Apa itu Akses Kontrol dan Faktor dalam Meningkatkan Sistem Akses Kontrol?

Apa itu Akses Kontrol dan Faktor dalam Meningkatkan Sistem Akses Kontrol?

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sistem akses kontrol adalah sistem yang dimanfaatkan untuk membatasi akses ke suatu sumber data baik fisik maupun virtual. Untuk menjaga keamanan dan data dari penyelewengan, akan ada seseorang yang diberikan hak istimewa untuk mengakses baik dalam keperluan mengawasi atau mengolah data untuk kepentingan tertentu.

Dalam sistem akses kontrol dan keamanan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipahami agar tidak terjadi kesalahan dan penyelewengan data informasi di antaranya:


1. Privasi

Setiap individu memiliki hak privasinya masing-masing. Informasi yang bersifat pribadi tentunya tidak dapat diakses dengan mudah tanpa persetujuan dari individu itu sendiri. Privasi disini akan lebih menyangkut pada setiap individu untuk dapat mempertahankan informasi privat dari pengakses. Pengakses tentunya akan dilakukan oleh orang yang telah diberi hak istimewa, namun tidak bisa semena-mena dalam penggunaan data pribadi.

2. Akurasi

Sistem keamanan haruslah memberikan keakuratan yang baik. Adanya ketidakakuratan pada informasi yang seharusnya benar akan menyebabkan hal-hal yang merugikan. Sistem keamanan gedung yang tidak akurat akan menimbulkan kejanggalan sehingga bisa saja mengganggu, merugikan bahkan membahayakan para penghuni gedung.

3. Properti

Hak dalam suatu properti harus mendapatkan perlindungan. Dengan adanya sebuah hak cipta, paten dan sebuah rahasia perdagangan ini akan menjamin dalam pelanggaran menduplikasikan kekayaan property tanpa adanya izin dari pemegang properti.


4. Akses

Pengaksesan sistem keamanan perlu diperhatikan. Sistem akses kontrol yang baik diharapkan tidak menjadi penghalang dalam mendapatkan informasi yang berguna untuk kepentingan pengguna. Dalam pengoperasiannya sendiri juga perlu diperhatikan untuk mencegah adanya ancaman pada sistem serta bisa dilakukan penanganan yang tepat untuk memperbaiki sistem yang rusak.

Dalam implementasi sistem akses kontrol, ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya penggunaan finger print atau sidik jari, penggunaan kartu kunci yang berfungsi sebagai kartu akses, scan barcode, dan lain sebagainya.

Pilihan Faktor Autentikasi Data Pada Sistem Akses Kontrol


Sebenarnya metode yang lebih aman dalam sistem akses kontrol dengan melibatkan tiga (3) faktor autentifikasi sehingga bagi orang yang menginginkan akses kontrol harus menunjukkan kredensial bertingkat untuk menguatkan identitas.

Adapun faktor autentikasi yang umumnya digunakan adalah:

Sesuatu yang dijadikan kepemilikan. Ini merujuk pada benda-benda yang diberikan kepada pemiliknya setelah benda tersebut didaftarkan dan diverifikasi sehingga dapat mengakses sistem keamanan. Contoh dari implementasi autentikasi jenis adalah penggunaan kartu pada ID card, kunci ataupun remote.

Sesuatu yang diketahui pengguna. Pada jenis autentikasi yang satu ini hanya penggunanya yang tahu. Hal ini dikarenakan pada pembuatan kunci aksesnya pengguna dilibatkan untuk menciptakan sandinya. Implementasinya dapat Anda lihat pada penggunaan kata sandi ataupun Personal Identification Number (PIN).

Sesuatu yang bersifat biometrik. Ini merupakan salah satu sistem autentifikasi yang valid dari dan tidak bisa dimanipulasi dengan mudah. Hal ini dikarenakan pengamanan akses hanya bisa dibuka oleh data biometrik dari pengguna. Contoh dari autentikasi ini adalah fingerprint atau sidik jari, face recognize atau pengenal wajah, ataupun pemindaian dari retina.

Sistem keamanan yang baik, perlu didukung dengan faktor pendukung dari perangkat yang baik pula. Misalnya saja CCTV termurah dan berkualitas untuk menghasilkan hasil rekaman jelas untuk memudahkan proses identifikasi objek maupun orang.

Pada keamanan komputer, akses kontrol melingkupi audit entitas, autentikasi dan otoritas yang mencoba mendapatkan akses. Ini memudahkan bagi administrator untuk menetapkan hak istimewa untuk informasi apa saja yang dapat diakses.

Tentunya semua faktor yang dibutuhkan dalam menciptakan sistem akses kontrol yang sehat memerlukan perangkat yang baik pula. Maka dari itu, solusi untuk akses kontrol sistem keamanan Anda bisa menggunakan fasilitas yang ada pada produk-produk dari Hikvision – HikCentral. Hikvision – Hikcentral mampu menyediakan sistem akses kontrol yang mutakhir untuk kenyamanan dan keamanan yang maksimal untuk Anda.

Pengguna sistem keamanan dari Hikvision – HikCentral dapat mengelola sumber data mereka secara efektif untuk mengevaluasi dan memantau riwayat pengunjung ataupun orang yang pernah terekam oleh perangkat keamanan. Dengan ini, tentunya diharapkan dapat secara efektif mencegah dan mengatur keadaan darurat ataupun bahaya. Aset dan dokumen yang dianggap penting dapat dilindungi oleh sistem akses kontrol yang canggih dan akurat.

Untuk mendapatkan informasi lengkapnya mengenai produk-produk Hilvision - HikCentral, Anda bisa langsung mengunjungi websitenya di https://www.hikvision.com/id/.

Sumber Foto : https://media.istockphoto.com/photos/engineers-using-key-card-to-identity-verification-for-access-the-door-picture-id1200447151?b=1&k=20&m=1200447151&s=170667a&w=0&h=DJhEJbUtsU-EBXxZ1qLB4HAomNGGXMq9vFFTA8SzFcc=

24 komentar untuk "Apa itu Akses Kontrol dan Faktor dalam Meningkatkan Sistem Akses Kontrol?"

  1. Nah, ini berguna banget karena belakangan ini banyak terjadi pembajakan maupun pencurian data. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  2. solusi untuk akses kontrol sistem keamanan Anda bisa menggunakan fasilitas yang ada pada produk-produk dari Hikvision – HikCentral

    Wah, bener banget ini Mbaaa
    temen2ku juga banyak yg kebantu produk dari Hikvision ini.

    BalasHapus
  3. Keren nih, sistem akses kontrol di hikvision, lebih mengutamakan keamanan privasi pengguna dan tentunya ini jadi harapan besar bagi semua klien agar jaringan dan ekosistem di hikvision lebih aman dan nyaman bagi semua orang yang tergabung di dalamnya.

    BalasHapus
  4. Nah bener nih kadang kita merasa kurang aman walau berada di rumah sendiri. Dengan sistem akses kontrol yang bisa dilewati oleh orang orang tertentu maka tentu akan memberi rasa aman ya mbak

    BalasHapus
  5. Betul kalau sistem keamanan tidak akurat, akan susah deh mengamankan ya. Takutnya jadi error

    BalasHapus
  6. Sepertinya produk-produknya untuk ritel atau berbagai usaha lain ya, Mbak. Kalau untuk skala rumah bisa juga?

    BalasHapus
  7. pas banget baca review CCTV, ketua RT perumahan saya sedang cari CCTV yang oke

    karena perumahan banyk dihuni lansia, sehingga mudah memantau jika ada yang sakit atau apa gitu

    BalasHapus
  8. Baru ngeh aku yang namanya sistem akses kontrol ternyata banyak manfaatnya ya terutama untuk melingdungi privasi data kita

    BalasHapus
  9. Kalau sistemnya terkontrol ini lebih aman ya, apalagi bisa mengelola data pengunjung, atau yang terekam oleh perangkat keamanan yang ada.
    Jadi ga was-was lagi

    BalasHapus
  10. Pengaturan keamanan data memangnpenting banget lho, salah satunya produk diatas rekomended

    BalasHapus
  11. Penting banget sih ada alat semacam ini, ya. Tentu lebih aman dibandingkan kunci yang tukang duplikatnya ada banyak di jalanan.

    BalasHapus
  12. Zaman sekarang tuh banyak banget kejahatan seperti pencurian, dll. Memang bagusnya ada CCTV dan sistem akses kontrol yang baik dan akurat. Jadi kalau pun ada kejadian kurang mengenakkan bisa terekam dan bisa dijadikan barang bukti.

    BalasHapus
  13. Emang ya, data-data penting itu nggak sembarang orang yang boleh mengakses. karena kalau sampai datanya bocor, bisa berabe dan susah dilacak siapa pelakunya. Sistem akses kontrol terhadap data maupun perangkat mesti dipilih yang terbaik

    BalasHapus
  14. Kehidupan bermasyarakat di perkotaan sekarang mayoritas individual. Gak kenal lagi sama tetangga, bahkan yang samping rumah aja sapaannya mungkin cuma pas Lebaran aja kali ya, itu pun kalo ketemu. Sistem keamanan semuanya digantungin sama satpam kompleks. Gak bisa begitu. Harus ditopang sama CCTV pendukung, seperti HikVision ini. Saya juga pakai sepasang buat teras dan ruang terapi anak saya.

    BalasHapus
  15. Penting banget ternyata implementasi sistem akses kontrol untuk keamanan data ya kak.

    Untungnya udah dari lama, hampir semua apliksi pakai dual auntentikasi

    BalasHapus
  16. Hal seperti ini tuh penting banget ya ternyata. Mencegah terjadinya kebocoran informasi dan menciptakan iklim keamanan yang sangat bermanfaat. Apalagi jika bisnis kita menyangkut banyak hal yang butuh perlindungan penuh. Seperti misalnya toko perhiasan. Bakal terasa banget nyamannya jika bisa dilindungi oleh sistem keamanan yang tangguh.

    BalasHapus
  17. Zaman sekarang memang kita butuh banget sistem akses kontrol. Orang udah semakin canggih, termasuk yang punya niat jahat juga.

    BalasHapus
  18. kebetulan beberapa waktu lalu seorang teman pernah nanya tentang sistem akses kontrol yang mutakhir untuk kenyamanan dan keamanan. thank you infonya mbak

    BalasHapus
  19. Jadi inget ada perumahan yang menggunakan sistem akses kontrol kaya gini, jadi pemiliknya yang hanya bisa masuk

    BalasHapus
  20. Dengan sistem akses kontrol menjadikan data lebih aman ya bun. Apalagi sekarang ini makin marak banget modus-modus. Dengan begini semua terlindungi

    BalasHapus
  21. Wahh ini bisa jadi solusi buat kita yang selalu panikan dan overthinking sama keamanan tempat tinggal ya. Karena lebih terkontrol dan safety dari pihak lain

    BalasHapus
  22. Wiih keren banget nih mbak dengan begini keamanaan rumah Kita jadi lebih terjaga seperti rumah - rumah modern di drakor ya mbak

    BalasHapus
  23. Sistem keamanan melalui akses kontrol ini memang penting banget terutama untuk melindungi data atau barang berharga

    BalasHapus
  24. Nah bener bgt, sistem. Keamanan kudu harus akurat dan terjamin. Apalagi skr marak pencurian data

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^