Tips Bisnis Online Lancar Bersama TOKKO

Tips Bisnis Online Lancar Bersama TOKKO. Sejak tahun sebelum menikah, aku sudah belajar berbisnis. Dari menjualkan majalah dan beberapa makanan cemilan.  Berbisnis bukanlah hal baru bagiku, ibuku dulu juga membuka Sanggar Batik Basurek Bengkulu dengan menjual berbagai hal tentang souvenir Batik Basurek Bengkulu.

Tips Bisnis Online Lancar Bersama TOKKO


Bertahun kemudian, aku kembali tergerak untuk berbisnis masker tapis. Berhubung kini aku menetap di Lampung, maka icon kain khas Lampung, tapis menjadi pilihanku. Bisnis masker tapis awalnya aku share di berbagai media sosialku. Tanggapan teman-teman yang antusias membeli membuat aku semakin semangat berjualan. 

Tak hanya itu, aku juga memilih berbagai teman yang menjadi dropship. Mereka ikut menjualkan produk dengan berbagi keuntungan. Keseruan berbisnis masker tapis juga sangat membantu ekonomi keluarga kami di awal-awal Covid-19. Penjualan masker tapis meningkat tajam hingga 1000 dalam waktu 2 bulan, Alhamdulillah. 

Sejak berbisnis masker tapis, aku mulai merapikan manajemen waktuku. Sejak bangun tidur, menemani anak belajar daring hingga menjawab pembeli yang datang langsung ke rumah. Aduh, awalnya aku kerepotan dan keteteran sekali. Aku pun mengunakan mencari tips berbisnis dengan cara banyak baca, banyak ngobrol, ikut webinar bisnis, hingga terjun langsung trial and error deh!

Berbisnis ternyata lebih mudah kalau kita memiliki toko online. Apalagi jika Toko online memiliki beberapa keuntungan, 

Berikut keuntungan Toko Online:


1. Mudah dijalankan, tak perlu menunggu pembeli datang ke rumah kita.
2. Jangkauan lebih luas, tak hanya daerah sekitar Lampung, tapi juga luar Lampung.
3. Modal tidak terlalu besar.
Tak perlu biaya besar untuk membeli etalase atau memasang papan nama, cukup sering promo, toko onlinemu akan dikenal.


4. Waktu Fleksibel
Sebagai ibu rumah tangga yang sibuk dengan domestik, apalagi tanpa ART, aku sangat senang dengan toko online ini.

5. Produk lebih variasi
Dengan menjual online, aku memerlukan foto produk yang mendukung mempromosikan jualanku. Aku dapat memvariasikan produk masker tapis dengan topi, baju kaos hingga jilbab tapis.

Berkenalan dengan TOKKO

Setelah jatuh cinta dengan bisnis masker tapis, aku mulai mengembangkan bisnis dengan membuka jaringan baru. Aku pun berkenalan dengan TOKKO. 

TOKKO adalah sebuah aplikasi D2C (direct-to-consumer) untuk membantu kita membangun digital brand identity dengan memiliki online  store kita sendiri dan berjualan langsung ke konsumen.

TOKKO diciptakan untuk kita yang ingin memberikan pengalaman belanja online yang mudah, anti ribet, aman dan menyenangkan bagi para pelanggan secara langsung. 

Sekilas info, TOKKO berawal dari Indonesia, dibangun dengan cinta oleh tim global berpengalaman. TOKKO ini didirikan oleh  nama-nama besar di dunia digital dan e-commerce, yang  merupakan profesional terbaik dari Lazada, Zalora, Sephora, Fabelio, dan sebagainya. 

Pada awalnya aku juga tergiur membuka toko online di marketplace. Namun, aku kesulitan dengan registrasi yang lumayan panjang dan persaingan penjual yang luar biasa berat. Namun setelah mengenal TOKKO aku jadi semakin memahami cara mudah bisnis online lancar. Aku jadi semakin semangat belajar jualan online.

Kelebihan TOKKO

Kelebihan TOKKO sangat banyak di antaranya memudahkan terima order dengan chat, katalog produk menarik, mudah dalam mengelola pesanan dan menariknya sudah dilengkapi dengan analitik toko.

Sejak di-launching pada November 2020, aplikasi TOKKO ini telah  menduduki peringkat 10 besar dalam aplikasi gratis untuk bisnis di Google Playstore. TOKKO telah dipercaya oleh lebih dari 1 juta pengguna dengan rating 4.7 dari 5.


Cara Mudah Buat Toko Online di TOKKO

Demi meningkatkan penjualan bisnis, maka aku pun membuka toko online di TOKKO. Caranya mudah sekali, berikut langkah-langkahnya :

  1. Download aplikasi TOKKO Google Chrome atau di Playstore
  2. Daftar dengan no hp untuk pendaftaran karena akan menerima kode via SMS.
  3. Ikuti cara registrasinya, tak sampai 10 menit toko onlinemu sudah terdaftar di TOKKO.
  4. Isi produk jualanmu dengan mengisi data produk baik nama produk, kategori, harga, status dan lainnya.
Tips Bisnis Online Lancar Bersama TOKKO


Tips Bisnis Online Lancar Bersama TOKKO


Setelah membuka toko online di TOKKO, ada baiknya kita mengikuti program TOKKO Plus. Program ini adalah program langganan  untuk memaksimalkan kebutuhan bisnis online merchant. Dengan fitur TOKKO Plus, kita bisa mendapat lebih banyak traffic menggunakan Integrasi iklan Facebook, Instagram dan Google.

Kenapa Harus Langganan TOKKO Plus Sekarang?

TOKKO Plus tidak memberikan syarat harus berbadan usaha. Buat kamu yang baru saja merintis bisnis dan berjualan tanpa toko offline, bisa banget bergabung bersama TOKKO Plus Berikut kelebihannya :
  1. Kita akan lebih mudah mencari pelanggan dengan Marketing Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan Google Ads.
  2. Biaya promosi langganan terbatas akan mendapatkan diskon  hingga 50% biaya langganan, gratis Kupon hingga 3.2 jt & mendapatkan Marketing Ads hingga 4.2 jt.
  3. Banyak fitur baru akan diluncurkan. Kita akan mendapatkan lebih dari 10 fitur baru TOKKO akan launching pada Quarter 4 tahun 2021.

TOKKO PLUS

Cara Mendaftar Langganan TOKKO Plus :

1. Silakan masuk ke website TOKKO melalui mobile browser atau desktop di https://web.tokko.io/login
2. Setelah berhasil login, Lalu tekan tombol “Langganan TOKKO Plus” di halaman utama.
3. Kita akan diarahkan ke landing page TOKKO Plus, dan klik tombol “pilih paket”.
4. Pilih periode paket yang kita inginkan, lalu konfirmasi bahwa kamu tertarik untuk langganan program TOKKO Plus.

Tabel Harga TOKKO

5. Order pesanan kita sudah berhasil dibuat dan diterima oleh tim TOKKO.
6. Selanjutnya tim khusus TOKKO akan menghubungi kita untuk menjelaskan detail terkait program.
7. Tim TOKKO akan memandu kita untuk melakukan pembayaran melalui Virtual Account.
8. Kita dapat melakukan pembayaran melalui Virtual Account, Bank Transfer, dan e-Wallet.
9. Setelah melakukan pembayaran, kita dapat melihat aktivasi Tokko Plus mu di TOKKO Website ataupun Mobile App.
10. Jika ada kendala atau pertanyaan silakan hubungi tim khusus TOKKO yang memandu kita bisa langsung hubungi Customer Service TOKKO.

Nah, teman-teman, silakan mencoba bergabung dengan TOKKO Plus, dijamin teman-teman juga akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Sekarang mau JUALAN ONLINE BENERAN jadi makin mudah dengan TOKKO, aplikasi direct-to-consumer no. 1 di Indonesia. Bisnis akan semakin lancar bersama TOKKO. Selamat mencoba! Semoga sukses!

34 komentar untuk "Tips Bisnis Online Lancar Bersama TOKKO"

  1. Wah bagus ini memang belakangan ini banyak yang memilih bisnis melalui toko online apalagi mudah menyenangkan.

    BalasHapus
  2. Mba Naqi kebetulan banget saya mau buka usaha, masih bingung online atau offline, kalau offline memang besar banget biayanya. dan baca artikelnya makin tercerahkan untuk ambil online dulu

    BalasHapus
  3. Allhamdulillah makin tercerahkan bisnis online setelah baca di sini, aku belum join Tokko bun jadi pengen coba

    BalasHapus
  4. Aku sempat bikin di Tokko lebih simpel dan gampang bikin toko onlinenya.., tapi konsumen masih belum banyak tau..lebih seneng di chatt WA lansgsung,,

    BalasHapus
  5. Wah Tokko ini cocok buat yang punya usaha dan pengen maksimal ngembangin secara digital. Pangsa pasar juga lebih luas ya. Kereeeen

    BalasHapus
  6. Gampang banget ya bikin toko online sendiri apalagi kalau plusnya banyak juga bisa sekalian dapat ads, penting nih untuk promo toko online

    BalasHapus
  7. Sepertonya sangat menarik, nih. Walaupun aplikasinya simpel dan mudah, karena masih baru, kendalanya mungkin pada ramai atau tidaknya pengunjung ya.

    BalasHapus
  8. Semakin banyak platform untuk membangun usaha ya mba. Saya baru dengan aplikasi TOKKO ini. Konsepnya langsung ke konsumen ya. Menarik untuk meningkatkan brand produk kita di pasar.

    BalasHapus
  9. fitur di TOKKO ini menurut saya sangat praktis dan membantu, bahkan yang versi belum upgradenya. memudahkan sekali untuk order kalau dari versi pembeli, tampilan produk juga nggak ribet dan navigasi juga mudah, langsung terkonek ke WA kalau order jadinya nggak repot sih. kalau mau memanfaatkan fitur lebih, tinggal upgrade dengan biaya terjangkau pada paketnya :)

    BalasHapus
  10. mau install ah

    karena mudah, nampaknya TOKKO bisa jadi solusi untuk sepupu saya yang sedang merintis usaha, semoga bisa lancar seperti Mbak Naqiyyah

    BalasHapus
  11. Masih kurang ngerti D2C itu seperti apa. Artinya kita dibuatin website gitu ya trus digital marketing jg dihandle?

    BalasHapus
  12. Aplikasi TOKKO ini memudahkan kita untuk mulai jualan online yah, saya juga pakai TOKKO untuk jualan Marwah Style .

    BalasHapus
  13. Wah ada solusi nih agar tidak perang harga seperti di marketplace untuk para penjual apalagi umkm, lalu apakah aplikasi ini memiliki daya tarik untuk konsumen kak?

    BalasHapus
  14. Zaman serba digital menyajikan banyak pilihan orang untuk berjualan. Bahkan, dengan aplikasi yang sudah ada seperti Tokko ini saja orang2 bisa dengan mudah menjual produk/brand mereka, jadi tanpa membuat toko online sendiri. Keren ya, lebih ke fleksibelitas.

    BalasHapus
  15. Wow, TOKKO masuk dalam peringkat 10 besar di Google Playstore untuk aplikasi gratis nih :) Buat kita yang mau usaha online tentu semakin dimudahkan ya. Daftar TOKKO mudah sekali dan segala ada ready ga pusing lagi deh.

    BalasHapus
  16. Sukses terus dengan bisnisnya ya Mbak....

    By the way .... Aku bacanya kan TOKKO ini mirip market place tapi bukan, ya? Kita regis di situ buka toko kita sendiri? Harus nykba sendiri keknya biar lbh faham.
    Aku baca dua post teman2 sampai ada bagian yang aku bca ulang xixixixixi.

    Penasaran aku ingin bikin TOKKO tapi mah ngumpulin barang yg mau dijual.

    BalasHapus
  17. Tapi misal pilihannya masih Tokko aja tetep ngebantu usaha kecil ya mbak. Kecuali kalo pengen menjadi TOKKO PLUS memang lebih bagus gitu ya. Semoga makin sukses usaha jualannya ya mbak

    BalasHapus
  18. Aku baru pertama kali ini tahu TOKKO. Penjelasannya lengkap sekali mbak. Mudah-mudahan dari sini nanti lebih banyak penjual menggunakan TOKKO supaya bisa menikmati berbagai kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan. Semoga lancar terus bisnisnya ya mbak, sukses selalu :)

    BalasHapus
  19. aku mau rekomendasiin ini ke adik-adikku ya. mereka semua punya UMKM gitu. Biar lebih memudahkan mereka untuk memasarkan dagangannya. Makasih ya Naqy informasi tentang TOKKO nya.

    BalasHapus
  20. Review nya bagus, mbak Naqi cocok emang di bagian marketing. Auto ke playstore lho ini...

    BalasHapus
  21. wah iya, aku bisa nih rekomendasikan TOKKO ini ke adikku
    dia lagi buka bisnis online

    BalasHapus
  22. Ternyata hanya sekitar 10 menit aja usaha online kita udah terdaftar di TOKKO :) Mudah dan praktis sekali ya. Masyarakat jadi semakin yakin nih berjualan di TOKKO, apalagi ada yang plus juga. Ceki2 lebih lanjut ah siapa tau aku mau ikutan juga.

    BalasHapus
  23. Aplikasi TOKKO memang membantu bisnis online menjadi semakin kompetitif di era digital, bisnis online semakin hidup

    BalasHapus
  24. Tokko macem marketplace ya bun, aku belum ada akun nih di sini, mau bikin juga isnyaAllah untuk usahaku

    BalasHapus
  25. Saya pribadi baru denger TOKKO ternyata ini tempat jualan pemilik bisnis online ya ? keren ya ada wadahnya

    BalasHapus
  26. Tokko bisa jadi alternatif buat para pebisnis pemula ya, jadi gak boleh ada lagi orang kebingungan gimana caranya jualan online, bukan alasan, toh aplikasi ini memudahkan

    BalasHapus
  27. Beberapa teman yang berbisnis pernah share tentang Tokko, tapi saya belum paham betul. Tulisan Mbak, penjelasannya detail. Jadi tau bedanya sama marketplace.

    Makasih infonya Mbak

    BalasHapus
  28. Pendaftaran untuk memiliki akun di TOKKO ini mudah ya dan pastinya bisa membantu banget untuk para seller yang mau memasarkan usahanya. Btw, dengan bergabung di TOKKO Plus akan semakin mendapatkan banyak kebermanfaatan ya.

    BalasHapus
  29. Menarik, Yuk. Ternyata kalau mau belanja di Tokko nggak perlu instal aplikasi dan daftar dulu ya? Aku mau coba ah. Terus terang lagi puyeng karena jualan di FB pribadi sekarang jadi susah.

    BalasHapus
  30. Aku pernah ikutan webinar tokko. Benar2 bagus programnya utk para pengusaha terutama pemula yg baru merintis. Bener2 difasilitasi utk jalanin usahanya scr online jg.

    BalasHapus
  31. baru denger Tokko nih mbak, kayak marketplace gitu ya? seneng ya semakin banyak wadah digital buat temen2 berniaga online gini, yg beli pun terbantu karena akses belanja lebih mudah

    BalasHapus
  32. Emang ya nabi sendiri mengajar tentang keutamaan muslim untuk sukses pun dengan berdagang

    BalasHapus
  33. Sebagai pembeli, skr ini aku bisa dibilang belanja ya online mba. Udah males banget kalo harus kluar, milih barang dari 1 toko ke toko lain, capeeeek. Dengan online bakal lebih mudah, ga capek, tinggal pilih atau bandingin dengan toko lain tanpa ribet. Makanya aku dukung banget kalo para penjual juga mempunyai toko online ketika jualan. Selain lebih aman buat kedua belah pihak, lebih praktis dan modal lebih kecil pastinya kan

    BalasHapus
  34. Wah, Mba, aku tertarik untuk mendaftar dan buka toko di TOKKO. Nanti aku boleh tanya-tanya padamu, yaaa.

    Sukses terus untuk bisnis maskernya, Kak Naqy!

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^