PasGede : Pasar Kreativitas Gedong Meneng Bantu UMKM Bangkit!

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Pandemi telah berjalan lebih dari 2 tahun. Banyak UMKM mengalami penurunan omset bahkan ada kepala keluarga yang terpaksa kehilangan pekerjannya. Pandemi ini mendorong untuk kita kreatif. Untuk itu, DKM Masjid Al Huda memfasilitasi pendirian PasGede (Pasar Kreativitas Gedong Meneng). 

Pengurus PasGede : Pasar Kreativitas Gedong

"Pasar Kreativitas Gedong Meneng (PasGede) adalah upaya Masjid Al Huda untuk memfasilitasi kegiatan ekonomi warga terdampak Covid-19 melalui kegiatan pasar rakyat di lapangan terbuka setiap akhir pekan (hari Ahad)," ujar Ketua DKM Masjid Al Huda Ahmad Suryanto. 

Asal Usul Nama Pas Gede

Berawal dari DKM Masjid Al Huda studi banding ke Payungi, Metro. Para santri dan pengurus inti belajar untuk membentuk pasar kreatif. Beberapa nama menjadi alternatif sehingga muncullah nama PasGede (digabung). Awalnya mau memilih Gedung Meneng agar sesuai KBBI. Namun, setelah dicek kembali Gedong Meneng adalah nama kelurahan yang kalau diubah akan berubah makna. Jadilah kata Pasar Kreativitas Gedong Meneng ini dibentuk oleh masyarakat Gedong Meneng terutama RT 1 dan 8 sekitar DKM Masjid Al Huda.

Launching PasGede


Santri Penggerak DKM Al Huda sangat berjasa untuk memulai berdirinya PasGede, mengingat dari awal terbentuk santri sudah memulai membuat mural-mural sebagai spot instagram yang menarik sampai rapat rutin untuk mengajak para pedagang sekitar lokasi.

Masji Al Huda sendiri terletak di kawasan Yayasan Darul Hikmah. Di mana sekitarnya ada SDIT Permata Bunda 1, TKIT Qurata ' Ayun 1 dan Lembaga Dewan Dakwah Provinsi Lampung. Nah, akhirnya dipilih untuk daerah parkiran yang cukup luas di sekitar bawah pohon jati menjaid lokasi dagang setiap pekan.

Launching PasGede


Launching PasGede ini dibuka pada Ahad, 6 Maret 2022. Alhamdulillah kegiatan yang digagas bersama ini berjalan lancar. Berbagai kegiatan berlangsung dengan tertib, seperti senam bersama, live music, kuliner nusantara, permainan tradisional untuk anak, taman baca dan launching lumbung beras untuk kaum dhuafa.

Senam di PasGede : Pasar Kreativitas Gedong Meneng Bantu UMKM Bangkit!

Sejak Pukul 06.00 WIB sudah ramai pengunjung dan mengikuti senam pagi bersama dengan bahagia. Warga berkumpul dengan tetap menjaga prokes, baik orang tua, remaja dan anak-anak. Alhamdulillah tanggapan warga sekitar positif dan ingin senam bersama terus dilakukan setiap pekannya.


Pasar Kreativitas Gedong Meneng

Tak ketinggalan untuk kuliner nusantara yang disajikan. Para pedagang telah menyiapkan kuliner sejak pagi. Usai senam bersama, warga membeli sarapan. Ada yang makan di tempat, ada yang dibungkus untuk makan bersama keluarga di rumahnya. Kuliner nusantara yang disajikan beragam. Para pedagang membuat menu sesuai daerah asalnya. Ada makanan dari Aceh, Padang, Palembang, Jawa Timur, Lampung dan lainnya. 


Pasar Kreativitas Gedong Meneng

Tak ketingglan cemilan untuk anak-anak. Seperti Roti O yang terjual sangat laris dipembukaan PasGede. Roti yang dihargai hanya 5K ini enak sekali dan tersedia berbagai rasa, seperti rasa coklat, keju dan original. Serunya, disajikan dalam keadaan panas baru keluar dari oven. Makin sedap kalau menikmati dengan secangkir kopi/teh. Nah, pedagang kopi dan teh ada juga loh di PasGede ini.

Pasar Kreativitas Gedong Meneng

Kegiatan Untuk Anak-anak di Pas Gede


Pasar Kreativitas Gedong Meneng

Anak-anak di PasGede ada pilihan untuk mewarnai dan bermain tradisional seperti engklek, engkrang dan juga permaianan  susun balok dan ular tangga.  Selain itu ada juga taman baca dan adik-adik bisa gratis membaca di sini.


Di Pekan 1 PasGede sengaja menampilkan buku khusus anak. Diharapkan anak-anak yang hadir bisa mencari alternatif untuk mebaca buku yang berkualitas. Seperti kita ketahui, anak-anak harus dikenalkan sejak dini mencintai buku agar ke depan semakin meningkatkan wawasannya. Namun, kerap terkendala dengan harga buku yang mahal. Untuk itu, Pas Gede memberikan alternatif untuk membuka taman baca secara gratis.

Launching Lumbung Beras Untuk Dhuafa


Pasar Kreativitas Gedong Meneng

Alhamdulillah launching PasGede ini dihadiri oleh perwakilan Gubernur Lampung, Wagub dan Kapolda Lampung. Tak ketinggalan perwakilan Yayasan Darul Hikmah dan warga sekitar Gedong Meneng. Usai pembukaan secara resmi PasGede, dilanjutkan juga launching lumbung beras untuk dhuafa.

Lumbung Beras DKM Masjid Al Huda

Lumbung beras untuk dhuafa didukung penuh oleh pembina DKM Masjid Al Huda sekaligus anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), Abdul Hakim. Lumbung Beras Masjid bagi Dhuafa adalah upaya masjid menyediakan bahan makan pokok bagi warga yag membutuhkan agar mereka terbantu untuk tetap bersyukur dan bahagia.  

Lumbung Beras DKM Masjid Al Huda

Lumbung beras yang dikelola DKM Masjid Al Huda ini untuk siapa saja? Bagi kaum Dhuafa, darimana saja, terutama akan dipriorotaskan dulu yang tinggal di sekitar Gedung Meneng, jika membutuhkan bahan pokok berupa beras, setiap hari kami terbuka menyediakan/ menyalurkan beras yang berasal dari para donatur.

Layanan Kesehatan di PasGede

Diacara pembukaan PasGede juga tidak ketinggalan untuk memfasilitasi layanan kesehatan. Di sini dapat mengecek kesehatan dan juga mengecek golongan darah. Sayang Aisyah enggak berani  cek golongan darahnya. Soalnya aku ragu-ragu golongan darahnya apa heheh... kalau Mas Faris sejak diketahui gol AB. 


Nah, sahabat Smart Mom, itulah ceritaku mengenai PasGede, untuk lengkapnya keseruan launching PasGede, silakan lihat di channel youtubeku. Semoga ceritaku di atas menghibur dan menginpirasi.

30 komentar untuk "PasGede : Pasar Kreativitas Gedong Meneng Bantu UMKM Bangkit!"

  1. MasyaAlloh santri2 nya keren ya ka, sukses ya ka pasar PasGede nya biar banyak warga yg terbantu

    BalasHapus
  2. Asyik nih kegiatan yang mendukung UMKM begini. Moga sukses semua bisnisnya, ya

    BalasHapus
  3. Bagus banget ini mbak pengurus Masjidnya, mengelola hingga masjid menjadi pusat kegiatan masyarakat, bukan hanya tempat untuk sholat saja.

    BalasHapus
  4. Kalau ada acara seperti ini, aku selalu ngincer kuliner yang dijual. Selain unik, harganya juga bersahabat 😍

    BalasHapus
  5. Seru nih.. kegiatannya semoga bisa berkelanjutan. Semoga bapak ibu yang jualsn bisa laris manis

    BalasHapus
  6. Kompak sekali keliatannya, Bagus sekali gerakan yang dilakukan Dewan Masjid ini, semoga bisa makin membantu banyak UMKM yg terdampak, dan terus membantu orang yang tidak mampu.

    BalasHapus
  7. masya Allah aku mengikuti lho postingan berkaitan PasGede ini asyik dan kreatif ditengah pandemi gini ekonomi cukup terhantam.. semoga makin sukses ya mbakpasGede nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah respon positifnya terima kasih

      Hapus
  8. Kreatif banget nih DKM mesjidnya, warga setempat juga mendukung. Bahkan pejabat publik setempat juga ya. Mudah-mudahan bisa menginspirasi DKM mesjid lainnya

    BalasHapus
  9. wah pasti rame ya acaranya, mbak. apalagi juga melibatkan umkm pastinya sangat membantu mereka

    BalasHapus
  10. Menarik sekali ... upaya Masjid Al Huda untuk memfasilitasi kegiatan ekonomi warga terdampak Covid-19 melalui kegiatan pasar rakyat ini. Mulia sekali, bisa membantu warga sekitar.

    BalasHapus
  11. lengkap banget ya aktivitas di PasGede mbak, ada perlombaan ada senam, ada periksa kesehatan dan menariknya ada lumbung beras. Ini keren banget. Dengan lumbung desa, insyaAllah warga dhuafa akan terjaga dan kesejahteraan akan merata. amiin. semoga Pasgede akan terus ada dan memberikan keceriaan pada warga di sekitar

    BalasHapus
  12. paket lengkap pake banget ya Mbak Naqi, harus banyak nih PasGede-PasGede yang lain di daerah lain biar makin banyak aktifitas bermanfaat sekaligus menjadi hiburan masyarakat dan menabur kemanfaatan. Apa ini juga bisa dibilang salah satu healing hahaha.. Sukses selalu untuk PasGede ya Mbak Naqi..

    BalasHapus
  13. Kegiatan positif untuk menggerakkan UMKM, idenya baguss semoga makin banyak kegiatan seperti ini di tempat lain.

    Semua bersinergi saling menguntungkan.

    BalasHapus
  14. Wah, salut banget anak-anak melestarikan permainan tradisional di pasgede ya. Kegiatannya juga banyak sekali yang bermanfaat. Maju terus UMKM Indonesia..

    BalasHapus
  15. keren banget membantu pengusaha umkm untuk tetap eksis dan disenagi masyarakat dimasa sekarang ini...

    semoga ngebantu banget dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penggiat umkm

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk gotong-royong meningkatkan ekonomi masyarakat

      Hapus
  16. Ternyata PasGede ini singjatan ya mbak. Seru banget launchingnya apalagi para UMK ini juga bisa ikut mempromosikan produknya. NAh semoga bisa dilanjut juga ya dengan gelaran buku anaknya supaya anak=anak bisa mencintai buku

    BalasHapus
  17. Salut dengan kreativitas Gedong Meneng semoga daerah-daerah lain terinspirasi dengan kegiatan seperti ini bersama-sama mendukung UMKM bangkit.

    BalasHapus
  18. Masya Allaaaah mbak Naqiiii

    aku kok happy banget ya liatnya, dan iri banget karena bazaar di kampungku ga seperti ini, didominasi ya sama pedagang beneran jadi yaaah ga ada bedanya ama pasar kaget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk di sini gak boleh sayuran mentah biar beda dengan pasar kagetnya

      Hapus
  19. Masya Allah kegiatan-kegiatan di atas sangat positif banget untuk masyarakat Mbak. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

    BalasHapus
  20. Rindu sekali acara offline seperti ini ya, kak Naqi..
    Alhamdulillah launching PasGede berjalan lancar dengan kemeriahan yang mengisi lumbung-lumbung kebahagiaan warga dengan berbagai aktivitas positif.

    BalasHapus
  21. Wah, menarik sekali ini mbk. Benar benar membantu para pelaku UMKM untuk bangkit kembali ya. Sukses selalu untuk Pasgede

    BalasHapus
  22. Positif banget kegiatannya , program mendukung umkmnya juga, semoga kontinyu sehingga dampaknya terasa

    BalasHapus
  23. Kegiatan dan event kaya gini yang dirindukan ya Mba. Harus tetap prokes supaya kasus covid tidak naik jadi akan ada kegiatan-kegiatan seperti ini lagi.

    BalasHapus
  24. ide dan kegiata keatif begini bisa jadi inspirasi daerah lain lho mbak, padahal panitianya hanya orang yang berkecimpung di dkm masjid. Acaranya bisa semeriah ini. dan para penjual bisa menjajakan dagangannya yang sangat berpotensi.

    BalasHapus
  25. Ya Allah seru banget ya.. Jadi mau main ke Lampung deh liat PasGede. Btw emang kalu pakai nama Gedung Meneng maknanya apa?

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^