FORTUNE Indonesia Summit 2022, Belajar Sukses Mengelola Media

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak pandemi 3 tahunan lalu, semua mulai berubah. Terutama dalam penyampaian informasi. Era digital telah semakin berkembang dan semakin banyak informasi yang menjembatani kaum millenial dan gen Z untuk mengenal bisnis. Adalah Fortune Indonesia yang telah hadir menyemarakkan info sebagai brand bisnis dengan perspektif global, memiliki track record dan visi yang kuat. Selain itu, Fortune Indonesia berkomitmen untuk mengungkapkan informasi-informasi yang paling hangat, relevan dan terpercaya.

FORTUNE Indonesia Summit 2022

Kehadiran Fortune Indonesia ini atas kolaborasi IDN Media. Di mana IDN Media adalah perusahaan media platform untuk millenial dan Gen Z. Memiliki visi yang sangat keren, yakni mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

FORTUNE Indonesia Summit


Tahun ini FORTUNE Indonesia telah berhasil mengadakan FORTUNE Indonesia Summit untuk pertama kalinya, loh! Acara ini telah berlangsung selama 2 hari, yaitu 18-19 Mei pukul 09.00-18.00 WIB di The Westin, Jakarta.

FORTUNE Indonesia Summit 2022 akan mengangkat tiga tema besar yang dinilai dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia, yaitu impact, sustainability, dan growth. Topik yang akan diangkat pun sangat beragam, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. Seluruhnya akan dirangkum dalam belasan sesi talkshow serta puluhan pembicara inspiratif.

FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40


Acara pun semarak dengan berbagai sesi acara yang memukau. Mulai dari sesi talkshow yang insfiratif dan lainnya. Disampaikan apik oleh pembicara dari tokoh bisnis terkemuka di Indonesia. Mereka menyampaikan pengalaman pengetahuan mereka seputar bidang bisnis yang mereka tekuni selama ini.

Pada FORTUNE Indonesia Summit 2022, juga ada awarding session bagi sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Kepo dong siapa aja yang masuk dalam kategori di atas? Berikut nama besar yang terdata, yaitu : Garibaldi Thohir, CEO Adaro Energy; Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina; William Tanuwijaya, CEO Tokopedia; hingga M. Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin dan Presiden Direktur Indika Energy.

Sementara daftar 40 Under 40 memuat nama tokoh Indonesia dari berbagai sektor dengan usia di bawah 40 tahun—per 1 Februari 2022, adalah sebagai berikut : Anderson Tanoto, Managing Director RGE; Edward Tirtanata & James Prananto, Co-founder & CEO Kopi Kenangan; John Riady, CEO Lippo Karawaci & Direktur Lippo Group; Roderick Purwana, Managing Partner of East Ventures; konten kreator Arief Muhammad, dan masih banyak lagi.

CEO Adaro Energy Garibaldi Thohir


CEO Adaro Energy Garibaldi Thohir dalam talkshow bertemakan 'Growing Beyond Core Business' menyampaikan proses jatuh bangunnya dalam perjalanan entrepreneurship-nya sejak masih muda.

Kisah Garibaldi Thohir awalnya adalah sebagai calo tanah hingga 50 tahun berkarya dan berhasil menyentuh market cap sebesar Rp100.472.690 dalam sesi yang berlangsung selama satu jam.

Dari Garibaldi Thohir kita belajar bahawa kesuksesan itu diperlukan daya juang yang tinggi, kerja keras, personal value dan nama baik. Garibaldi Thohir selalu berpegang prinsip, "Selesaikan satu-satu. Ulet, kerja keras, nggak pernah nipu," ujarnya.

CEO Adaro Energy Garibaldi Thohir


Pesan ini tertunya sangat diperlukan untuk motivasi anak millenial dan Gen Z. Di mana isu banyak kasus mulai marak mengenaik bunur diri dan kesehatan mental. Kasus putus asa menyikapi permasalahan hidup mulai dari masalah percintaan sampai masalah ekonomi.

Untuk itu, ia berpesan kepada generasi muda bahwa seluruh jenis bisnis termasuk new economy sama-sama harus memiliki :

1. Bottom Line
2. Story Line
3. Nama Baik
4. Kredibilitas

Keempat elemen di atas membuat ia mampu bertahan di dunia kerasnya bisnis.

RANS ENTERTAINMENT Raffi Ahmad

Sesi lain yang menarik pada acara ini adalah kehadiran Raffi Ahmad.
Pada sesi 'The Future of Media' yang diisi oleh narasumber Managing Director EMTEK Sutanto Hartono, CEO IDN Media Winston Utomo, serta Artis dan Chairman RANS ENTERTAINMENT Raffi Ahmad.

RANS ENTERTAINMENT Raffi Ahmad.
RANS ENTERTAINMENT Raffi Ahmad

Dari perbincangan diketahui fakta bahwa media sosial adalah jembatan untuk memperpanjang usia karier seorang entertainer di industri hiburan dan bisnis.
Yes, sama aja dong kayak blogger, kalau content is the king. Orang akan selalu mengikuti dan kepo apa yang kita lakukan. Untuk itu, sebagai blogger pun aku sendiri harus upgrade diri dan skll dalam membuat konten yang orang sukai.
Ya mau enggak mau, kebutuhan akan konten ini terus berubah formatnya dari masa ke masa.

Grup Emtek (EMTK) seperti SCTV, Indosiar, Vidio, O Channel, dan Mentari TV serta Nex Parabola telah mengantisipasi perubahan cara orang mengkonsumsi media dengan menyediakan konten video berbagai durasi. Mulai dari long, mid dan short video. Nah, kabar lainnya, EMTEK juga telah menjalankan partnership bersama RANS Entertainment dan mengekspansi bisnisnya ke ranah OTT.

OTT di sini bukan Operasi Taangkap Tangan loh, ya tapi Over The Top IDN Media melakukan diversifikasi unit bisnis melalui empat pilar, yakni digital media, content platform, entertainment, dan commercial. Sementara, RANS Entertainment merambah ke media baru yaitu metaverse.

Alasan di balik keputusan terjun di media tersebut diungkapkan oleh Raffi, “Nggak boleh memandang sebelah mata hal yang baru.” Pada dasarnya, media konvensional dan media baru bukanlah dua hal yang harus diadukan. Kolaborasi kedua jenis media itu penting dilakukan agar semakin meningkatkan impact yang dihasilkan.

Dikutip dari Bahasan.Id, OTT adalah sebagai layanan yang disampaikan melalui jaringan atau infrastruktur milik operator, tetapi tidak secara langsung melibatkan operator. Layanan ini bisa berupa video, audio, voice, telecommunication, news, conference, data center, cloud services, networking services, games, mobile messaging, dan lainnya.


Membuat Konten Kreatif

Dari kisah sukses nara sumber FORTUNE Indonesia Summit 2022 di atas, aku belajar bahwa perlu kegigihan dalam membuat konten yang kreatif. Sejak tahun 2010 aku memiliki blog dan tahun 2015 memilih membuat domain, maka di tahun 2022 ini aku bertekad lebih memanjakan pembaca blogku dengan konten yang lebih kreatif.

Membuat Konten Kreatif
Belajar Sukses Mengelola Media

Tak hanya merambah blog, aku juga berjuang membuat konten kreatif di Tiktok. Konten berupa video lagi banyak digemari masyarakat. Konten yang aku pelajari adalah konten edukasi tapi juga menghibur. Untuk itu aku menyiapkan 2-3 jam sehari untuk belajar dalam membuat konten.

Belanja ide ini tidak terlalu sulit, teman-teman dapat mencobanya! Aku melakukan riset dengan menonton video-video dengan tema yang aku inginkan. Aku amati dan membuat catatan tersendiri. Iya sih, awalnya enggak PD alias minder deh bikin video. Tapi, aku menantang diri untuk berani dengan perubahan zaman.

Alhamdulillah aku akhirnya menang lomba membuat video pendek di Tiktok dan Instagram. Bersyukur banget dengan usia 41 tahun ini aku bisa tetap bisa belajar mengikuti zaman. Konten kreatif ala emak-emak kayak aku ini, siapa takut?!

Nah, Sahabat Smart Mom, keren sekali ya kehadiran FORTUNE Indonesia Summit 2022? Jika kamu tidak ingin ketinggalan acara di atas, kepoin juga media sosialnya :

Facebook : facebook.com/fortuneIDN
Instagram : instagram.com/fortune.idn
Linkedin : linkedin.com/company/fortune-idn

34 komentar untuk "FORTUNE Indonesia Summit 2022, Belajar Sukses Mengelola Media"

  1. Keren mb naai menang vidio di tiktok dan ig. Salut aku sama kreativitas emak satu ini

    BalasHapus
  2. Sekarang media sosial memang penting banget terlebih perihal bisnis sudah banyak beralih ke online. Begitu pun banyak orang yang memillih menyalurkan bakatnya di media sosial seperti content creator dan digital marketing. Terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  3. Luar biasa sekali ya. Sy ikut tergugah melihat prestasi yang tak hanya diperoleh di atas 40 tahun, banyak juga yang di bawah 40tahun tapi sudah sukses. Wah, jadi berkaca nih. Berhubung sebentar lagi usia 50 th. Hihihi

    BalasHapus
  4. Salut ya sama yang dapat award. Mereka terbilang masih muda tapi sudah berhasil jadi pengusaha sukses. Ga mudah itu loh.

    BalasHapus
  5. Salut dengan para business person of the year dan orang-orang yang terdaftar dalam 40 under 40. Value masing-masing dari mereka, sangat menginspirasi. Terima kasih atas sharingnya ya:)

    BalasHapus
  6. FORTUNE Indonesia SUMMIT ini acara bergengsi - mengagumkan ya melihat sepak terjang para orang sukses ini! Jadi termotivasi deh, untuk membuat KOMITMEN - KETEKUNAN - KEDISIPLINAN DAN SETIA DI SATU JALUR SAJA

    BalasHapus
  7. Era digital penting banget mengefektifkan fungsi medsos dengan baik. Salut plus agak envy dengan anak muda sekarang yang nisa capai achievement keren di usia mrk. Semngat. Kita juga bisa

    BalasHapus
  8. Keren Mbak, sudah terus mengikuti perkembangan dunia media, termasuk terjun menjadi content creator. Memang ya perjuangan merintis bisnis itu harus ditekuni dengan ulet, seperti pak Garibaldi Thohir. Beruntung ada event seperti Fortune Indonesia Summit yang bisa menginspirasi masyarakat semua.

    BalasHapus
  9. Keren nih usahanya untuk makin kreatif bikin konten. Penasaran deh sama metaversenya RANS.

    BalasHapus
  10. bisnis dari media ini memang menjanjikan banget sih di era digital ya, karena membantu bisnis siapapun dan efeknya bisa langsung terasa ya minimal untuk awareness

    BalasHapus
  11. Wah seru sekali ya Fortune Indonesia Summit 2022. Banyak anak muda sekarang yang punya segudang prestasi, ya.
    Btw keren nih mbak Naqi menang membuat video pendek di tiktok dan IG, selamat ya. Kalo aku masih gaptek bikin2 video :)

    BalasHapus
  12. Wah, inspiratif narasumber di Fortune Indonesia Summit 2022, bisa dijadikan motivasi bagi kita semua mengingat kesuksesan tokoh-tokoh ini. Semula bingung kok OTT ternyata Over The Top IDN Media yang melakukan diversifikasi unit bisnis melalui empat pilar, yakni digital media, content platform, entertainment, dan commercial. Keren acaranya!

    BalasHapus
  13. "Selesaikan satu-satu. Ulet, kerja keras, nggak pernah nipu" Prinsip hidup yang mudah diucapkan namun susah dilaksanakan secara konsisten ya mbak. Tapi Garibaldi Thohir mampu memegang dan melaksanakan prinsip ini dengan baik. Layak banget ditiru oleh generasi muda.

    BalasHapus
  14. Wah acaranya sudah lewat ya padahal keren banget dan pastinya memberikan banyak insight bagi yang hadir, bayangkan di usia under 40 sudah bisa dikatakan sukses dengan usaha atau bisnis yang dijalaninya, bisa jadi inspirasi nih bagi generasi muda lainnya termasuk anak sulungku yang sekarang semester 3.

    BalasHapus
  15. belajar enggak kenal umur. Salut sama Mbak Naqi aktif bikin video di tiktok juga. Keren!
    btw yang top 40 under 40 ituuu menginspirasi sekaliii. ada 2 temanku masuk situ. Saluuut dg yg produktif di usia muda.

    BalasHapus
  16. Ini acaranya bagus ya karena barusan cek para speakersnya itu loh, selain itu juga ada mantan bosku yang menjadi speakersnya. Apalagi ini acara pertama bagi Fortune Indonesia ya.

    BalasHapus
  17. Acara yang super nih. Raffi Ahmad juga hadir. Keren, RANS ENTERTAINMENT merambah ke metaverse.

    Bener banget nih, sesuatu yang baru bukan untuk diadukan, tapi untuk berkolaborasi.

    BalasHapus
  18. Wah iya, acara FORTUNE Indonesia Summit ini emang inspiratif ya mbak
    Bisa belajar bisnis dari para praktisi di bidangnya, termasuk dalam mengelola media

    BalasHapus
  19. Acara perdana yang menakjubkan yaa..
    Kudu banget ada lagi di tahun depan untuk memberikan apresiasi sekaligus semangat bagi para pengusaha di Indonesia melalui gelaran acara bergengsi FORTUNE Indonesia Summit.

    BalasHapus
  20. Setuju nih dengan Selesaikan satu-satu. Ulet, kerja keras, nggak pernah nipu"
    Itu prinsip penting harus dipegang

    BalasHapus
  21. Mau umur berapa aja, selama ada hasrat untuk belajar, kita teteuppp bisa maju ya mba.
    acara Fortune Indonesia Summit ini terbaiiik,bener2 kasih inspirasi cihuy buat kita semua

    BalasHapus
  22. MBa Naqi selalu upgrade kreativitas dengan belajar hal baru, dan hasilnya tentu terbukti ya jadi juara. Selamat ya mbak, sukses untuk konten video selanjutnya.
    Menarik juga Fortune Indonesia Summit 2022 ini, narasumbernya pasti orang yang sukses di bidang masing-masing. Yang surprise kehadiran Raffi Ahmad, visioner banget ya sampai sekarang kesuksesannya terus aja mengikuti setiap pilihannya

    BalasHapus
  23. Seneng bangett melihat semangatnya, Maak. Jadi ketularan semangaat, berjuang bikin konteen. Hihihi

    BalasHapus
  24. Fortune Indonesia Summit 2022 acaranya keren banget, pembicaranya mantap semua, ya. Dan aku setuju banget, ke mana zaman membawa kita, di situlah kita harus bisa beradaptasi. Salut loh Mbak, dirimu bisa konsisten belajar bikin konten setiap hari. Jadi teringat Tiktok aku yang sudah debuan nih hehe.

    BalasHapus
  25. Setiap tahun selalu penasaran sama 40 under 40, selalu ada yang bikin wooo. Iya nih, makin kesini mbak NAqi konten videonya makin banyak dan kreatif, keren banget mbak..

    BalasHapus
  26. Ajang seperti ini sangat bagus untuk para pebisnis muda. Selain mendapatkan banyak wawasan dari para pebisnis yang sudah memiliki nama, juga dapat dijadikan tempat untuk memperbanyak klien.

    BalasHapus
  27. Wah, selamat dan semoga barokah ya mak usia di atas 40 nya. semangat berkarya. Bergidik emang baca nama2 yang keren tayang di fortune summit ini, mereka inspirasi kita semua yah

    BalasHapus
  28. Waah salut dengan semangat belajar Mbak Naqy yang menyempatkan 2-3 jam sehari untuk membuat video tiktok. Selamat juga ya mbak menang video pendek tiktok

    BalasHapus
  29. kesuksesan itu tiap orang berbeda-beda ya, kayak yang mbak Naqiyyah sendiri di blog bisa terbilang sukses di antara blogger lain yang mungkin udah gak aktif lagi. FORTUNE Indonesia Summit ini sih harus ada lagi sih tahun depan biar bisa serap ilmu dari para orang sukses.

    BalasHapus
  30. Kalau membaca profil orang sukses, meski singkat, tetap saja menginspirasi, ya.

    Wah, keren, Bunda, nih! Semangatnya perlu dicontoh. Semoga nular ke saya, ya, Bun.

    BalasHapus
  31. Kan ku ingat baik2 prinsip dari Garibaldi Thohir ... "Selesaikan satu-satu. Ulet, kerja keras, nggak pernah nipu," ..keren kak tulisannya. Semogo acara Fortune Indonesia Summit ini akan diadakan tiap tahun

    BalasHapus
  32. Acaranya keren, narasumbernya juga inspiratif semua nih

    BalasHapus
  33. Salut sekali dengan Garibaldi Thohir dan juga Raffi Ahmad dengan Rans nya.

    Salah satu contoh pengelolaan media yang baik lewat konten

    BalasHapus
  34. Wah keren mba, barakallah. Emang benar ya kata Rafi, kita gak boleh menutup sebelah mata untuk hal-hal baru. Tetep semangat berkarya mba

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^