Menjalani Bisnis dari Rumah dan Pengalaman Membeli Barang Besar Secara Online

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak November 2022 lalu aku kembali berbisnis berjualan jilbab, manset dan ciput. Berawal dari anak sulungku Faris yang memberikan uang sakunya sebagai peserta MTQ mewakil Bandar Lampung yang diadakan Desember 2022 lalu di Kabupaten Mesuji.

Bisnis dari Rumah-Ciput


“Mi, ini uangnya buat modal Umi jualan aja!” kata Faris sembari menyerahkan uang yang lumayan loh. Akhirnya kami berdua sendiri membeli produk yang ingin kami jual.

Bukan sekali ini saja aku berjualan dan memulai bisnis. Saat pandemi lalu, aku juga berbisnis masker berbahan kain tapis, kain khas Lampung. Alhamdulillah respon dari pembeli sangat baik. Dalam 1 bulan aku berhasil menjual 1000 masker. Maklum saat itu masker medis masih sangat langka dan mahal. Kondisi PPKM juga membuat kita semua sangat berhati-hati untuk keluar rumah.

Bisnis Jilbab Secara Online


Berbisnis di era digital ini emang perlu strategi, di tengah gempuran E-Commerce dan website, UMKM yang masih merintis masih harus terus banyak berinovasi. Termasuk aku yang masih terus belajar. Mulai dari membangun personal branding, membuat media sosial dan cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan.

Tak hanya beriklan dengan foto dan video, aku juga mempromosikan produkku saat ini dengan Live. Ya, saat ini pembeli senang sekali menonton Live, Banyak medos menyiapkan fitur Live yang dapat digunakan penjual memasarkan produknya. Tapi, jika tidak Live, sebenarnya bisa saja tetap dilirik konsumen dengan melakukan tips berikut ini :

1. Kenali Produk yang Akan Kamu Jual

Saat aku memilih berjualan jilbab dengan harga di bawah 50K, suamiku sempat memberi masukan begini, “Mungkin barang yang Umi jual terlalu murah ya, sedangkan segmentasi followers Umi terbiasa dengan barang ya mahal!.”

Aku sendiri sempat berpikir, “Apa iya ya?” soalnya, aku dikenal orang mengenakan jilbab dengan ada tapisnya. Seperti sudah menempel kalau jilbab tapis itu adalah aku.

Tapi, aku sendiri ingin membantu para muslimah yang membutuhkan jilbab syar’I dengan bahan yang bagus dan harga murah. Maka, aku tetap bertahan untuk memperkenalkan produk ini.


2. Isi Media Sosialmu

Jujur, untuk fokus mengisi media sosial itu bikin jungkir balik. Dari memilih foto produk yang bagus, membuat caption sampai harus konsisten. Ini kalau dikerjakan sendiri harus memiliki management waktu yang baik, agar pekerjaan domestik juga tidak terabaikan.


3. Gunakan Online Shop atau E-Commerce

Nah, seperti yang aku ceritakan di atas, aku juga memanfaatkan berbagai fitur yang ada untuk mempromosilkan produk yang aku jual. Dari meningkatkan traffic dan belajar agar videoku menjadi FYP.


4. Menerapkan Digital Marketing

Bagi pemula, membuat foto dan video sesuai trend itu sulit sekali. Setiap hari mencari ide dan mulai membuat script dan take video. Hayo, siapa nih yang masih suka mentok ide kalau disuruh bikin video promosi? Tos deh! Tapi, aku terbantu juga dengan mencari kata kunci produk yang aku jual di Google. Dari sana aku mulai mencari konten yang ada dan melakukan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).


5. Pilih Ekspedisi yang Amanah

Hindari banget deh memilih ekspedisi yang lelet dan tidak amanah. Aku pernah mengalami, diaplikasi tertulis barang sudah sampai, tapi aku tidak menerima dan ketika kutanya dengan tetanggaku, tidak ada yang dititipkan kurir. Ternyata, kirimanku ditaruh di teras rumahku dengan ditutupi barang yang tidak terlalu kelihatan. Sedih banget ada barang yang pecah saat dibuka. Untungnya, si penjual berjanji mau menggantikan.


Ketika berbisnis kita memerlukan patner ekspedisi yang cepat dan amanah. Akhirnya aku memilih J&T Cargo yang dekat rumah dan bisa kirim dengan muat banyak. Apalagi pengiriman dengan berat min 10kg dengan tarif yang lebih murah.

JNT Cargo


Pengiriman Cargo Itu Apa?


Cargo adalah barang-barang yang akan dikirimkan dengan muatan besar baik melalui via darat, via laut, dan via udara dengan jarak tempuh yang cukup jauh, yaitu antar kota, antar provinsi dan juga antar negara.

Kenapa Pengiriman Cargo Lebih Murah dari Pengiriman Reguler?

Hal ini karena adanyanya perbedaan dari segi tarif pengiriman yang akan sangat mempengaruhi penilaian dari konsumen. Oh iya aku lebih pilih menggunakan layanan J&T Cargo karena harganya lebih efisien sampai 50% dan berikut beberapa keunggulan J&T Cargo lainnya:
  1. Dapat mengirimkan paket dengan berat min 5 kg, lebih efisien sampai 50%
  2. J&T Cargo memiliki jangkauan area yang luas dengan cakupan 98% area di Indonesia.
  3. Tepat waktu dan sesuai rencana
  4. Ada layanan gratis jemput paket untuk pengiriman regular
  5. Adanya EzTrack, integrasi API untuk mempersingkat pengolahan informasi menjadi lebih cepat dan akurat sepanjang proses distribusi.
keunggulan JNT Cargo

Pengalaman Membeli Barang dengan J&T Cargo


Suatu hari, Mas Faris ingin membuka usaha roti. Mas Faris membeli sebuah oven listrik secara online. Ukuran ovennya cukup besar, sekitar 12 kg. Maka, diputuskan membeli dengan online dan pengiriman dengan J&T Cargo.

Saat paket tiba, senang sekali karena sudah dikemas dengan rapi dan aman. Langsung dibuka dengan suami karena menggunakan packing peti kayu. Tak lama, oven listrik yang diperlukan siap digunakan.
Pengalaman Membeli Barang Besar Secara Online
Bisnis anakku ini bernama roti kopi. Awalnya aku juga kaget kok tahu-tahu sudah pesan oven listrik dan langsung membuat IG @roti.lpg dan mulai menerima pesanan dari teman-teman pondoknya.

Alhamdulillah akhirnya bisnis Mas Faris berjalan lancar, saat liburan Desember lalu menitipkan rotinya ke kantor BPP Pertanian Lampung sebanyak 20 roti per hari. Namun, saat ini Mas Faris balik lagi ke pondok, hanya menerima pesanan seminggu 3x.

Jujur, bangga dan bahagia melihat perkembangan Mas Faris, barang-barang pelengkap bisnis rotinya ia beli secara online. Mulai dari timbangan digital, plastik, dan lainnya.

Ke depan ingin juga beli oven yang lebih besar agar pesanan roti bisa lebih banyak. Bisnis roti kopi ini sudah berjalan sejak November 2022 dan semoga semakin besar.

Nah, Moms, itulah pengalaman dalam berbisnis. Agar bisnis lancar, harus didukung juga dengan ekspedisi yang mendukung. Yuk, pilih J&T Cargo pengiriman aman dengan harga terjangkau! Kami sudah membuktikan, kini silakan Anda. Selamat mencoba!

62 komentar untuk "Menjalani Bisnis dari Rumah dan Pengalaman Membeli Barang Besar Secara Online "

  1. Berbisnis usaha online tentu ga lepas perannya dengan jasa ekspedisi yg kredibel juga amanah.
    Dan jadi nilai lebih juga jika ada pilihan pengiriman dgn jumlah banyak namun harga masih cukup bersahabat seperti J&T Cargo ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Rasa kepercayaan pelanggan bisa berpengaruh kalau jasa ekspedisinya kurang bisa dipercaya

      Hapus
  2. Seru banget bisa bisnis dr rumah ya mba. Apalagi skrg didukung oleh ekspedisi macam jnt kargo. Jadi makin semangat bisnisnya. Lumayan banget buat tambahan penghasilan

    BalasHapus
  3. Banyak aspek yang mendukung usaha online maju dan berkembang salah satunya tentu ekspedisi.
    Dengan pengiriman yang cepat, aman dan terjangkau semua akan menjadi lancar dan memuaskan.

    BalasHapus
  4. Masya Allah keren banget Mas Faris dan mamanya sama-sama jago bisnis, dibantu J&T bikin bisnis lebih maju dan berkembang ya. Semoga aku juga bisa menemukan produk jualan yang cocok aamiin

    BalasHapus
  5. Wahh terima kasih tips nya utk berjualan online, ada rencana juga mau buka usaha online tapi masih melihat market nyaa dulu...kl soal pengiriman aku udh beberapa kali pake Cargo J&T utk barang yg besar, banyak...dan cukup puas dengan pelayanannya

    BalasHapus
  6. Masya Allah, selamat ya Kak untuk bisnis-nya. Semoga lancar dan berkah ya. Aku juga kalo belanja suka pake J&T

    BalasHapus
  7. Emang JnT partner ekspedisi yang amanah dan aman deh mba. Udah lama juga suami usaha pake jnt, dan baru coba juga beberapa kali pake yanh cargonya, sampai saat ini aman dan deket pula dari rumah outletnya

    BalasHapus
  8. Masyaallah hebat sekali mas Faris jago baking. Anak-anakku juga sudah mulai berbisnis kecil-kecilan, jualan coklat buatan dia dan custom gambar. Nah kalau pengiriman barang model kargo gini kurang cocok ya mbak untuk produk makanan?

    BalasHapus
  9. Keren banget mas Faris sudah merintis bisnis sejak dini, semoga terus berkembang ya nanti kalau sudah lulus sekolahnya

    BalasHapus
  10. Nah iya yang saya suka dari J&T cargo selain murah harganya, enak bisa di pick up ke rumah jadi gak capek keluar rumah ngirim hihi

    BalasHapus
  11. Semoga usahanya makin lancar ya Mas Faris. Aku juga kangen jualan online. Tapi mungkin kalau Razqa sudah masuk SD baru deh bisa ada tambahan waktu luang. Sebagai pembeli aku juga seneng ada layanan kargo. Pernah beberapa kali pesan properti foto yang berat pakai pengiriman kargo

    BalasHapus
  12. Nhaaa iniii memilih partner jasa ekspedisi juga mempengaruhi performa bisnis online yang kita lakukan yaa karena semua menjadi satu kesatuan

    BalasHapus
  13. Saya salut sama orang yang pengen wirausaha.. keren banget mas faris memilih usaha roti.. J&T cargo bisa jadi solusi pengiriman murah dengan barang besar.. tapi kalo roti bisa ya.. siapa tahu bisa ngembangin usaha di luar kota

    BalasHapus
  14. Bisnis ini banyak sekali detailing ya..
    dan salah satu yang gak boleh terlewat adalah jasa pengiriman yan g bisa diajak kerjasama. Kalau pengiriman aman, senantiasa lancar, maka cust pun akan semakin banyak juga repeat order again.

    BalasHapus
  15. Aku baru tahu kalau J&T punya layanan dengan harga khusus minimal 5 kg aja. Asyik dong karena paling deket dari rumahku ya ekspedisi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Kupikir paketan biasa, eh ternyata melayani kargo juga. Lumayan buat bantu UMKM nih kalau lagi ada kiriman besar

      Hapus
  16. Keren banget bunda dan mas faris punya usaha di rumah. Dan keduanya terbantu oleh dukungan ekspedisi JNT Cargo dengan segala fitur layanannya. Aku belum pernah sih pakai jnt cargo ini, soalnya jarang2 juga kirim paket besar. Tapi aku sudah sering lihat gerai jnt dg warna ijo yg khas.

    BalasHapus
  17. Masya Allah mas Faris hebat.. aku pengin nyobain rotinya 😍 semoga makin maju nanti usahanya. Masih mondok ya mbaa
    Selama ini aku kalau pakai JNT nggak ada hambatan. Alhamdulillah

    BalasHapus
  18. Ufk membeli barang yg fisik nya besar juga berat, cargo mmg pilihan terbaik. Krna dr segi ongkir lbh hemat

    BalasHapus
  19. Sepertinya aku bakal pakai jasa ini untuk mengirim buku2 bekas. Buku kalau cuma 1 sih biayanya gak nabok ya. Tapi begitu ada beberapa buku dan tebal2 pula, wah kudu pakai jasa cargo yang biayanya pun bersahabat. Sukses terus bisnisnya ya :)

    BalasHapus
  20. Salut sama mas Faris yang udah berani bisnis kecil2an. Insya allah menjadi besar dan semakin sukses ya aamiin. Oh, jadi kalau cargo ini pengiriman barangnya buanyaaak ya. Bagus sekali pelayanan J&T Cargo, banyak keunggulannya.

    BalasHapus
  21. MasyaAllah, Tabarakallah. Semoga terus dilancarkan bisnisnya ya, Mas Faris. Keren dengan semangat berbisnisnya.

    BalasHapus
  22. Pengiriman cargo ini bantu banget sih Mak terutama kalau harus kirim barang-barang elektronik yang berat

    BalasHapus
  23. bisa tracking paket sampai mana dan ekspedisi yang mudah dihubungi itu penting banget, mbak. Saat ini aku menanti paketku, udah sebulan belum sampai, ekspedisinya susah dikontak. Bingung, kan, mau komplain kemana.

    BalasHapus
  24. Senang banget ya mak, sekarang J&T sudah ada pengiriman cargo jadi lebih hemat juga sih menurutku kalau pengiriman kargo. Terutama untuk teman-teman yang punya bisnis harus kirim barang dari atau ke luar daerah nih.

    BalasHapus
  25. Kalau mau usaha, harus banget tahu produk apa yang dijual. Jadi bisa all out gitu kan pas masarin. Yang gak kalah penting, pemilihan jasa pengiriman biar semua lancar sampai ke pembeli

    BalasHapus
  26. Betul banget mbk, kalo punya usaha online memang wajib banget punya andalan jasa pengiriman yang bagus. Apalagi sekarang jasa pengiriman barang udah kayak teman, barang orderan dijemput.. Praktis ya

    BalasHapus
  27. J&T Cargo sangat membantu pengiriman barang dalam jumlah besar (berat banyak) ya, Mbak.
    Btw semoga bisnisnya kak Faris makin lancar. Makin shalih dan sukses, aamiin..

    BalasHapus
  28. Hai mba, semoga sehat selalu ya, senangnya anak bujang suport uminya buat berbisnis. Memang perlu banget ya kita mempercayai perusahaan pengiriman buat partner bisnis kita bertumbuh. Pilihan yang tepat nih j&T

    BalasHapus
  29. JNT cargo membantu kita bisa memiliki barang idaman
    Masalah harga, berat dan jarak tidak jadi masalah.

    BalasHapus
  30. Hmm J&T Cargo sudah ada di dekat rumah nih counter-nya. Memang selama ini pelayanannya cepat dan on time sesuai peringkat waktu.

    BalasHapus
  31. Iya banget nih mbak
    Kalau mau kirim barang dalam jumlah besar baiknya ya pakai J&T Cargo
    Aku pun kirim paket besar pakai J&T Cargo

    BalasHapus
  32. Zaman sekarang mau bisnis gampang dan bisa jual ke mana-mana tanpa harus ke mana-mana. Pengiriman sudah ada yang handle dan pasti sampai. Saya juga beberapa kali pakai cargo Mbak karena barangnya berat dan besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manfaat menggunakan jasa cargo jadi lebih terasa ketika barang yang akan dikirim dalam volume yang besar ya..
      Dan yang amanah salah satunya J&T Cargo yang telah terpercaya melayani banyak seller dari seluruh Indonesia.

      Hapus
  33. Kalau uda mengenai target marketnya, bisa semakin membesarkan usaha.
    Apalagi dengan pemilihan yang tepat untuk jasa ekspedisi dalam mengirimkan paket. Ini uda suatu kewajiban, kenalan sama J&T Cargo, yang super hemat.

    BalasHapus
  34. Ekspedisi itu ngaruh banget loh, ada yang enggak amanah, ada yang ongkirnya mahal. Pernah ngalamin beberapa kali ketemu ekspedisi yang enggak amanah.
    Sebagai pembeli, aku sering mikirin y, apalagi kalau belanja berat. Untung sih ada J&T Cargo. Belanja berat pun tetap terjangkau ongkirnya.

    BalasHapus
  35. Masya Allah.. moga lancar usahanya, mbak Naqi.. oya, baru tahu kalo J&T bisa kirim ekspedisi jumlah besar. Thanks infonya, mbak..

    BalasHapus
  36. Waah MasyaAllah, keren banget deh disupport begini. Alhamdulillah juga ada jasa pengiriman yang pas ya, jadi serasa makin mestakung deh 😍

    BalasHapus
  37. Semakin mudah punya bisnis dan belanja online dengan J&T Cargo ya mba. Sudah cepat hemat lagi.. mantap

    BalasHapus
  38. Mas Fariiiissss! You are rooock!
    kaget pastinya jadi ibu tapi bahagia karena anak jadi tahu dan paham konsep berjualan, dia menghargai usaha - jerih payah dan uang

    BalasHapus
  39. Dalam menjalani bisnis rumahan memang dibutuhkan jasa ekspedisi yang bisa menunjang bisnis kita yaa.. karena sangat berkaitan erat dengan keberlangsungan bisnis, kalo jasa ekspedisi aman, maka bisnis dari rumah juga aman.. karena semua berjalan sesuai rencana

    BalasHapus
  40. Masyaallah hebat banget anak bujang udh mulai belajar bisnis. Bikin roti lagi keren euy. Anakku yg gedhe juga suka masak mbak aku pun lagi dorong trs utk nyoba2 macem2 resep supaya suatu saat nanti bisa open PO

    BalasHapus
  41. masya Allah mas Faris keren banget, udah bisa mengembangkan bisnis sejak dini bahkan memberi modal umiknya. Tapi emang kalau urusan bisnis mau gamau kita berhubungan sama ekspedisi lho. Untung aja J&T Cargo yang bantu support UMKM.

    BalasHapus
  42. aku juga melihat, orang-orang ini suka banget nonton live, termasuk aku sih haha. Karena kalau nonton live, kita bisa lihat langsung barangnya saat dipakai sama orangnya langsung. jadi pas beli, nggak ragu buat milih yang cocok

    BalasHapus
  43. Masya Allah.. Kak Faris menurun bakat enterpreunernya dari uminya ya. Tidak semua orang berbakat dan mampu lho buat usaha gini.

    BalasHapus
  44. Memilih ekspedisi yang tepat ini penting banget untuk menjamin barang jualan kita tiba dalam keadaan baik dan tepat. Semoga laris jualannya ya mba.

    BalasHapus
  45. Waah Mas Faris keren ya. Kecil-kecil dsh bisa berbisnis. Bahkan bisa bikin dan jual roti sendiri. Jarang lho anak-anak punya jiwa enterpreneur. Semoga makin sukses ya mas.

    Aku juga kalau beli barang gede pakai cargo mbak.. lebih murah

    BalasHapus
  46. J&T Cargo ini beneran sangat membantu ya mbak
    Kirim-kirim barang dalam jumlah besar jadi lebih mudah dan hemat

    BalasHapus
  47. saya sudah lama banget pengen jualan gitu tapi nggak kunjung berani eh. dulu pernah padahal jualan sweter gitu tapi berhenti karena permintaan berkurang dan nggak ngerti cara promosinya

    BalasHapus
  48. Memilih ekspedisi yang amanah ini penting banget ya, Mbak. Apalagi kalau barang yang dikirim jumlahnya banyak/besar. Trus tambah seneng kalau dari ekspedisinya ada promo-promo kayak bebas ongkir. Hehe.

    BalasHapus
  49. Keren banget mas Faris. masyaAllah, sudah bisa mandiri ya menentukan bisnis apa dan memesan barang apa saja. benar banget memang kalau jualan online perlu ekpedisi yang mendukung yaa

    BalasHapus
  50. Pengen berbisnis juga, dulu pernah buku paket dan buku obral gitu hasil hunting pameran buku sekarang mau cari dagangan yang cocok dulu ekspedisinya j&t ternyata sudah ada cargonya ya

    BalasHapus
  51. Mas Faris baik ya mau ngasih modal Umi jualan. Moga berkah usahanya ya Mba. Ternyata kalau pakai JnT Cargo bisa sampai kapasitas 5 kg ya. Dulu saya juga jualan baju langganan pakai ekspedisi JnT

    BalasHapus
  52. mantap banget nih mas Faris udah mulai belajar untuk usaha dan mengembangkan usahanya, apalagi pengiriman jaman now tuh udah pakai J&T cargo yang super helpfull ya, jadi andelan nih pasti

    BalasHapus
  53. waktu mau kirim berkilo-kilo skincare ku juga dapat rekomendasi kirim pakai JnT Cargo saja karena harganya lebih ekonomis. Cocok buat mengirim barang dalam volume besar dan berat. Solusi banget yaa untuk usaha online yang butuh ongkir murah.

    BalasHapus
  54. Jualan produk saat ini memang harus didukung dengan jasa pengiriman yang tepat. Saya jadi ingat temen saya juga yang berbisnis online, dia juga mengandalkan J&T sebagai jasa pengiriman terbaik.

    BalasHapus
  55. Untuk pengiriman paket buku jualan, aku juga pakai J&T, alhamdulillah selama ini lancar dan tidak ada kendala, dan untuk paket yang diatas 5kg saya pakai J&T cargo.

    BalasHapus
  56. Kenali produk ini bener banget mba. Sy tuh kadang suka agak gimana kalo saat penjual ditanya2 ttg produknya tp jawabnya SDH gak mengenakkan huhu

    BalasHapus
  57. Wah keren banget Mas Faris banyak ide bisnisnya, pas liburan pondok pun bisnis ya. Inget anakku dulu juga pengen bisnis roti 😂.
    Aku sendiri ada bisnis, eh bisnisnya suami, aku bantu pemasaran 🤣. Nah berhubung volume barangnya besar, sering pakai J&T cargo, emang lebih murah

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^