Jumat, 13 April 2012

Lomba Penulisan Artikel37 Tahun Taman Mini Indonesia Indah


I. Pendahuluan

Seiring perjalanan waktu tidak terasa bahwa Taman Mini "Indonesia Indah" (TMII) sebentar lagi tepatnya pada tanggal 20 April 2012 genap berusia 37 tahun, sudah barang tentu sudah banyak manfaatnya yang dirasakan oleh masyarakat TMII bukan saja merupakan tempat rekreasi edukatif yang mempresentasikan keanekaragaman masyarakat dan budaya Indonesia, tetapi juga menjadi wahana pendidikan sekaligus pewaris nilai-nilai budaya kepada generasi penerus.

TMII sebagai aset milik bangsa dan Negara Indonesia, merupakan mitra seiring Pemerintah dalam melaksanakan program, khususnya di bidang Pendidikan, kebudayaan dan kepariwisataan. Dalam bidang pendidikan kebudayaan TMII merupakan sarana yang strategis untuk memperkokoh ketahanan budaya nasional, sesuai tujuan pendiriannya antara lain;

  1. Membangun dan mempertebal rasa cinta bangsa dan tanah air.
  2. Memupuk serta membina rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Menghargai serta menjunjung tinggi kebudayaan nasional Indonesia dengan menghidupkan kembali kebudayaan yang diwariskan oleh nenek moyang
  4. Memperkenalkan kebudayaan, kekayaan alam dan warisan bangsa kepada sesama anak bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia.

Dalam menjalankan misi dan fisi serbagai salah satu wahana pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia. TMII telah mendapat penghargaan dari bangsa dan Negara melalui keputusan Meneteri Kebudayaan dan Pariwisata yang menetapkan TMII sebagai "Lembaga Pelestarian Budaya Indonesia". Dan saat ini TMII sedang menuju pengakuan bagsa-bangsa lain di dunia melalui upaya Pemerintah Rl, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengusulkan ke UNESCO untuk mendaftarkan TMII dengan noregrestation 00621 Warisan Budaya Takbenda".

Eksistensi TMII jelas sekali mencerminkan prinsip perlindungan, pengembangan dan pendidikan terhadap warisan budaya bangsa Indonesia . Melalui ruang budaya yang tercipta di TMII, pewarisan budaya dalam bentuk tradisi lisan bahasa daerah, seni pertunjukan, pengetahuan alam semesta, adat istiadat, dan kerajinan tradisional berjalan satu generasi kegenerasi berikutnya, bahkan antar generasi.

Dengan demikian jelas sekali pembangunan TMII mencerminkan prinsip perlindungan, pengembangan dan pendidikan terhadap warisan budaya bangsa dan hal ini sejalan dengan prinsip dan tujuan Konvensi 2003 atau "Best Practices" pada Resgister Cara-cara Perlindungan Warisan Budaya Takbenda dan dukungan para pihak kepada TMII sangat diharapkan agar TMII mampu menjadi ruang budaya untuk perlindungan, pengembangan dan pendidikan budaya pada Register cara-cara Perlindungan Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Dalam rangka mendukung Pengakuan UNESCO terhadap nominasi TMII sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia, dengan Cara-cara Perlindungan Terbaik UNESCO (Best Practce.) Pengelola TMII menyelenggarakan Lomba Penulisan Jumalistik yang bertemakan Taman Mini "Indonesia Dari Pelestarian Budaya Menuju warisan Budaya Takbenda Dunia dengan nominasi_Best Practice

Lomba Penulisan dimaksud akan dimulai tanggal 19 Maret 2012 sampai dengan tanggal 22 April 2012, dan terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia termasuk wartawan, penulis, pengarang dan Iain-Iain, dengan ketentuan bahwa tulisan atau karangan tersebut dimuat dalam salah satu penerbitan media massa di Indonesia (cetak dan online), baik surat kabar harian, majalah, mingguan, tabloid, kantor berita dan media online.

Penilaian atas tulisan atau artikel yang diikutsertakan dalam lomba akan dilakukan oleh Dewan Juri yangterdiri dari praktisi jumalistik dan akademisi.

II. Maksud dan Tujuan

Lomba Penulisan Jumalistik ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan TMII yang pelaksanaannya dimaksudkan untuk mengevaluasi dan mendukung nominasi TMII sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia.

III. Isi Tulisan atau Karangan

Para peserta lomba bebas menentukan judul tulisan atau karangan dengan isi dan tema yang dijiwai oleh semangat turut serta melestarikan dan mendukung keberhasilan Usulan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nominasi TMII sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

IV. Persyaratan Lomba

  1. Terbuka untuk umum (jurnalis/wartawan, penulis, pengarang, mahasiswa, pelajar, serta masyarakat umum lainnyaj.
  2. Peserta tidak dipungut biaya apapun / gratis.
  3. Jumlah keikutsertaan artikel peserta tidak dibatasi.
  4. Karya dapat berupa hasil liputan dan atau penulisan feature, berita, tajuk, opini dan sebagainya mengenai TMII (lebih disukai kalau tulisan disertai foto).
  5. Tulisan mengandung unsur - unsur:
    • Fakta dan data.
    • Analisa dan penilaian.
    • Pandangan dan saran - saran bagi penyempumaan TMII dengan tetap mengacu pada kemampuan serta disesuaikan dengan tujuan atau fungsi pernbangunan TMII itu sendiri.
  6. Panjang tulisan atau karangan minimum 4 halaman folio dan maksimum 10folio diketik 2 spasi ( maksimal 8.000 karakter).
  7. Bukti tulisan harus sudah dipublikasikan di media massa cetak/online baik media nasional maupun daerah (Suratkabar Harian, Mingguan, Majalah, Tabloid, Kantor Berita maupun media Online dalam kurun waktu antara 19 Maret 2012 s/d 22 April 2012.
  8. Tulisan dikirim dalam bentuk Wiping (untuk media cetak), dicopy sebanyak 3 (tiga) ekslemplar disertai edisi penerbitan yang memuat tulisan tersebut, atau print out sebanyak 3 (tiga ) ekslemplar (untuk media online), biodata peserta, serta dilampiri pula foto copy kartu identitas/kartu pers wartawan yang masih berlaku.
  9. Peserta yang artikelnya telah sampai ke pihak panitia akan menerima konfirmasi (via telepon maupun email).
  10. Tulisan yang telah diterima panitia tidak dapat diminta kembali.
  11. Tulisan yang sudah dimuat di kirimkan dengan mencantumkan kode "Lomba Penulisan HUT TMII pada pojok kiri atas amplop dank e alamat:
    Panitia Lomba Penulisan Artikel TMIIBidang Informasi Telpon. 021-8401720 Fax. 8400709Lantai Dasar Gedung Pengelolaan dan Pengembangan TMIIJalan Raya Taman MiniJakarta Timur 13560
  12. Tulisan harus sudah diterima Panitia paling lambattanggal 22 April 2012 (stempel pos).

V. Kriteria Penilaian Lomba

  1. Bobot materi/lsi (originalitas, gagasan, wawasan, ketajaman analisis, logika, ketepatan sumber)
  2. Teknik Penyajian ( sistematika, gaya, informasi penunjang, kandungan informasi)
  3. Bahasa (penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, tata bahasa, pemilihan kata,kejelasan uraian) Tulisan

VI. Masa Lomba

  1. Karangan harus dimuat dalam Suratkabar Harian, Majalah, Mingguan, Bulettin, Kantor Berita yang terbit di seluruh Indonesia antara tanggal 17 Maret s/d 21 April 2012.
  2. Untuk menentukan Pemenang I, II, III, serta 3 Pemenang Harapan, Tim Juri hanya menilai tulisan-tulisan yang sudah dimuat oleh media cetak/online.

VII. Hadiah dan Penghargaan

Hadiah - hadiah disediakan bagi pemenang penulisan sebagai berikut:

  1. Juara I :
    • 1 unit Laptop
    • Piagam Direktur Utama TMII
    • Voucher tiket wahana TMII untuk 5 orang
  2. Juara II:
    • iPad
    • Piagam Direktur Utama TMII,
    • Voucher tiket wahana TMII untuk 5 orang
  3. Juara III:
    • 1 unit black berry
    • Piagam Direktur Utama TMII,
    • Voucher tiket wahana TMII untuk 5 orang
  4. Juara Harapan
    • Hararapan I
      • 1 unit hand phone
      • Piaga dari Direktur Utama
      • Voucher tiket wahana TMII untuk 5 orang
    • Juara harapan II,
      • TV LCD 14 inci
      • Piagam dari Direktur Utama TMII,
      • Voucher tiket wahana TMII untuk 5 orang
    • Juara Harapan III,
      • unit Camera poket
      • Piagam dari Direktur Utama
      • Voucher tiket wahana TMII untuk 5 orang

VIII. Lain-lain:

  1. Nama - nama pemenang akan diumumkan pada 22 April 2012 melalui media massa dan website TMII di www.tamanmini.com.
  2. Surat menyurat ditiadakan.
  3. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Bidang Info TMII

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...