Kamis, 06 Desember 2018

Cara Bijak Menggunakan Susu Kental Manis (SKM)

bijak menggunakan susu kental manis provinsi lampung

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Zaman kecil ingat banget kalau di rumahku selalu ada susu kaleng, Susu Kental Manis (SKM). Bagi keluarga kami, SKM sering banget digunakan untuk membuat kue, es cendol atau juga topping roti. Nah, bertahun-tahun kemudian, aku mengunakan SKM untuk tambahan membuat cemilan anak-anakku. Paling sering adalah membuat donat, pisang susu, dan es krim. Apalah pernah aku meminum segelas SKM? Pernah banget, apalagi iklan di TV menggiurkan ya? 

Dikatakan kalau minum SKM sudah bagian asupan  gizi seimbang, aduh Moms... itu salah banget! Awalnya, suamiku yang suka menegur, jangan pernah memberikan SKM kepada anak-anak. Kebetulan anak-anak enggak pernah ketagihan SKM, mereka aku kenalkan susu segar, UHT dan susu lainnya. Namun, bagaimana dengan anak-anak yang ortunya ekonomi menengah ke bawah? 

Minggu, 02 Desember 2018

5 Negara Impian yang Ingin Dikunjungi



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Hai sahabat sepatu pasti pengen punya dong negara impian untuk jalan-jalan bersama orang terkasih maka aku pengen banget wisata bersama suamiku, Ini 5 Negara Impian yang Ingin Dikunjungi adalah :

1 Korea
Ini bukan karena demam drama Korea. Tapi, sejak dulu aku ingin sekali ke Pulau Jeju. Kabarnya indah banget ya di sana? Makin penasaran mengenai Korea setelah melihat foto Mbk Asma Nadia, Mbk Sinta Yudisia yang sudah ke Korea. Indahnya pemandangan dan juga tempat wisatanya. Eiya, foto romantis Annisa Rahma dan Anandio Dwis juga bikin mupeng abis. Latar fotonya juga indah banget. Ketauan nih suka kepo dnegan IG mereka hehe... soalnya kisah ta’aruf mereka juga bikin penasaran sih hehe...

Selain itu, sejak ikut Kulwapp buku anak dengan Mbk Watiek Ideo, ada yang share buku anak Korea. Ilustrasinya bagus-bagus banget, jadi pengen punya dan baca-baca langsung loh. Terjemahannya? Iya sih ada juga. Tapi, tetap mupeng ke toko buku di Koreanya, uhuy!

Sabtu, 01 Desember 2018

5 Tips Hidup Sehat Untuk Mom Blogger




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

5 Tips Hidup  Sehat Untuk Mom Blogger. Punya tubuh yang sehat adalah idaman setiap wanita Apalagi setelah usia 35 tahun pasti deh mengalami keluhan. Aku pun mengalami hal yang sama pada usia 35 tahun aku mulai mengalami mudah capek, sering pusing, tulang mudah sakit dan lain sebagainya. Bahkan aku pernah mengidap asam urat selama 1 tahun. Saat itu, aku mulai berfikir sedikit terlambat sih untuk mengubah pola hidupku, apalagi dulunya aku mengakui memiliki pola makan yang tidak sehat. Contohnya aku hampir setiap minggu makan bakso walaupun sudah di omelin tetap aja kebiasaan itu sudah mengakar, hingga akhirnya menumpuk lemak jahat di dalam tubuhku. Jadilah kena  asam urat.

Pengalaman itu membuat aku semakin memahami akan pentingnya hidup sehat dan aku mulai memperbaharui pola makanku setelah aku jalani akhirnya tubuhku semakin sehat dan aku bisa semakin aktif. Nah teman-teman aku mau bagi tipsnya ya. 

Jumat, 30 November 2018

5 Barang Koleksi di Rumah

Pakai jilbab tapis koleksiku (Foto by Latifah)

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Dulu, sebelum menikah aku hobi mengoleksi rok. Berbagai macam warna rok panjang aku koleksi hehe... tapi, sejak menikah barang koleksiku semakin sedikit. Aku juga sudah jarang mengkoleksi rok, tapi mengkoleksi jilbab tapis xixixi... selain itu, ada juga barang lainnya. Nah, berikut 5 Barang Koleksi di Rumah :

Kamis, 29 November 2018

5 Rekomendasi Buku Anak



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 



Dalam 3 bulan terakhir, baca buku apa saja Moms? Aku jadi teringat saat mengisi formulir pemilihan Duta Baca Provinsi Lampung, ada list 10 buku yang sudah dibaca. Ya, sudah bisa ditebak, aku banyak membaca buku fiksi dalam 3 bulan terakhir. 

Dulu, aku lebih banyak mengoleksi buku non fiksi tema parenting. Namun dalam 3 bulan terakhir, bacaanku sangat beragam. Tapi, lebih banyak buku bacaan anak hehe... 

Rabu, 28 November 2018

5 Blogger Perempuan Inspiratif Favoritku



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Berkenalan yuk dengan blogger perempuan yang berdedikasi tinggi dalam menulis konten positif di blognya. Tulisannya asyik dibaca dan bertenaga. Nah, sebenarnya banyak sekali blogger perempuan yang aku kenal dan inspiratif. Berhubung dibatasi hanya 5 saja, baiklah inilah 5 Blogger Perempuan Inspiratif versiku :

1. Haya Aliya Zaki (https://www.hayaaliyazaki.com)

Mbk Haya aku kenal sejak aku berburu menulis buku antologi. Beberapa kali satu buku antologi dengan Mbk Haya. Lalu, Mbk Haya sering ikut lomba blog dan menang. Akhirnya aku terpicut untuk mencoba ikutan lomba blog. Mbk Haya sering berbagi tips menulis di blognya. Kalau tulisan reportasenya bagus banget. Aku suka kepo-in blognya Mbk Haya.

Selasa, 27 November 2018

5 Barang yang Selalu Ada di Tas


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Barang apa saja nih yang selalu ada di dalam tas? Ya, walau pernahlah satu atau dua kali terlupa, tapi paling enggak benda paling sering ada di dalam tas. Soalnya, pernah juga sih benda yang dibutuhkan tertinggal akibat ganti tas hehe... 

Untuk acara blogger atau liputan, aku selalu membawa 5 Barang yang Selalu Ada di Tas ini : 

Senin, 26 November 2018

5 Tempat Makan Favorit Keluargaku



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

 5 Tempat Makan Favorit Keluargaku. Sejak menikah, aku jadi sering mencoba makan dengan menu berbeda. Dulu, susah sekali menelan sayuran terutama tauge atau kecambah. Sejak menikah, suamku doyan makan. Jadilah, aku ikutan pelan-pelan menyukai berbagai makanan. Namun, kami jarang makan diluar sejak suamiku mulai sibuk dengan kerjaan. Weekend aja suami memilih untuk istirahat di rumah. Kalau mau pesan makanan lebih memilih dibungkus dan makan di rumah saja. Asli emang rempong bawa anak-anak makan diluar. Belum lagi menu tidak sesuai selera mereka. Jadinya anak-anak sering protes kalau tidak ada menu ayam goreng hehe...

Untuk di Lampung, berikut 5 Tempat Makan Favorit Keluargaku   :

Minggu, 25 November 2018

5 Fakta Menarik Tentang Naqiyyah Syam




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Alhamdulillah Day 6 aku mengikuti #BPN30dayChallenge2018. Agak bingung mau menceritakan fakta soal diri sendiri. Sepertinya aku sudah terlalu banyak curhat di blog, sehingga sudah banyak hal yang diketahui banyak orang hehe... tapi coba deh aku ceritakan lagi ya, 5 Fakta Tentang Naqiyyah Syam  berikut :

1. Dari Penari Jadi Penulis

Sejak kecil aku suka menari. Ikut sanggat tari, buat kelompok menari bersama teman-teman SD hingga beberapa kali tampil menari tradisional. Aku pernah menguasai tarian Bengkulu, Jambi dan Palembang. Lupa ya gerakannya sudah lama juga enggak menari. Tapi, kalau melihat orang tampil menari tradisional, khususnya tarian Lampung pasti pengen goyang hahahah...

Dulu, awal hijrah adalah yang paling sulit untuk berhenti menari. Akhirnya aku menyibukkan diri dengan mengelola Mading Hima-Hutan (Himpunan Mahasiswa Kehutanan), dari sana aku menemukan bakatku kembali. Yap, sejak pakai jilbab aku memutuskan tidak menari lagi dan akhirnya menjadi wartawan kampus. Kemudian bergabung dengan Forum Lingkar Pena (FLP)  hingga sekarang.

Sabtu, 24 November 2018

Bijak di Media Sosial : Bersama Jempol Kita ke Surga

bijak di media sosial


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Pada tanggal 13 Oktober 2018 lalu, Forum Puspa Lampung mengadakan Pelatihan Penggunaan Media Sosial di Kampung Enggal Harmoni. Kerjasama antara Forkomwil Puspa Lampung dan Kementerian PPA. Kelurahan Enggal, Kecamatan Enggal, Bandar Lampung. Bagi yang belum tahu apa itu sih Puspa? Puspa singkatan dari Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Kebetulan aku bergabung menjadi pengurus perwakilan Komunitas Tapis Blogger.