Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Selasa, 30 Juli 2013

Rahasia Penulis Bisa Kaya dari Ali Muakhir Bersama FLP Wilayah Lampung

Bertemu dengan Mas Ali Muakhir 
Siapa yang tidak kenal dengan Mas Ali Muakhir? Lelaki ramah ini pernah mendapat penghargaan sebagai penulis paling produktif. Alhamdulillah pernah bertemu dan mendapatkan ilmu secara langsung. Sahabat Smart Mom, ingin tahu rahasia produktif Mas Ali Muakhir? Simak yuuk...


Mas Ali Muakhir atau biasa disebut Alee mempunyai jam menulis setiap hari pukul 00.00 WIB sampai subuh. Jika anak-anak bangun, maka menulis dihentikan. Ini demi menghargai anak dan tugas sebagai Ayah (aduuh yang ini aku masih kedodoran, suka ngetik kalo ngejar DL walau saat bersama  anak-anak).


Rahasia menulis cerita anak :

1. Jika ingin menjadi penulis, rutinlah menulis setiap hari selama 25 hari dalam waktu yang sama. Misal setiap pukul 09.00 WIB-11.00 WIB atau jam berapa yang bisa disesuaikan. Maka, ini akan menjadi habit, badan juga akan terasa lebih enak. Kebiasaan ini menjadikan terbiasa menulis secara rutin. Menulis apa saja, tak harus cernak, konsep buku, resensi, diary dan lainnya. Jangan putus,cobalah selama 25 hari.

2. Bisa tidak hidup dari menulis? Sangat bisa. Selain menulis cerita anak. Mas Alee juga menulis untuk para tokoh politik atau untuk kampanye. Misal, ada tokoh yang ingin menjadi caleg, cagub, atau capres. Membutuhkan branding, kita buat proposal untuk menuliskan si tokoh. Contoh judul : 101 tentang Yusuf Kalla. Honor untuk buku seperti ini sangat besar. Kadang dicetak 5000 eksemplar dihargai puluhan bahkan ratusan jutaan rupiah.


3. Penulis juga dapat mencoba menulis untuk promo produk. Misal menulis cerita tentang isi produk tertentu lalu di link-kan dengan website produk. Jika tulisan kita bagus, pas, kita akan dikontak bagian promonya untuk menuliskan produknya dan akhirnya dapat honor juga :) contoh: tulisan bersambung Mas Alee tentang Mentari yang langsung dilinknya dengan website Mentari.

4. Menulis cerita anak, khususnya yang berseri tema tak jauh-jauh dari nilai keislaman satu tema. Misal tentang cerita balita : aku cinta Allah, atau buku lainnya tentang Asmaul Husna, semua berkisar 1 tema balik-balik sekitar aku cinta Allah, Rasul dan ibadah. Jadi 1 tema dapat dipecah-pecah dengan berbagai konsep buku. Tinggal kita kemas saja.

5. Mas Alee mempunyai anak yang juga gemar menulis. Sebelumnya ia menerapkan bila mau  uang Rp. 5 ribu, anaknya harus membaca buku sebanyak 24 halaman. Terkesan mengancam, tapi hasilnya anaknya terbiasa membaca dan kini dapat menulis.

6. Gemar mengikuti lomba menulis. Jadikan sebagai ajang uji kemampuan. Ikuti lomba-lomba baik menulis cerita anak, resensi dan lainnya.

7. Coba menulis apa saja, seperti kisah perjalanan, resensi, artikel, tokoh (buku kampanye yang dibagikan gratis), kerjasama dengan intansi, dll yang dibukukan ada logo mereka di cover. Biasanya dapat dana yang cukup lumayan.

Nah, itu dulu yang dapat kushare ya, kalo kuingat entar kutulis lagi. Untuk itu, aku setelah resign ini, aku pengen punya jam menulis tetap dan mencoba konsiten menulis 25 hari, semoga dapat 1 buku heheh, amin ^__^ doakan bisa kaya dengan menulis, ya ^__^



FLP Lampung bersama Mas Ali Muakhir

9 komentar:

  1. Terima kasih sharingnya mbak :D saya juga pengen kayak mas Alee dalam menulis..

    oya Mbak saya bisa minta bantuan untuk mengisi kuesioner penelitian saya, selengkapnya kunjungi blog saya.

    Terima kasih banyak :D

    BalasHapus
  2. Menulis sebenarnya masalah kebiasaan ya mbak. Ha ini saya belum punya jadwal begini, masih angin2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, memang begitu ya memberikan habit pada badan kita. sama kayak kita puasa ramadhan, kenapa ada yang 29 atau 30 hari? itu membentuk baddan kita biar siap puasa syawal, puasa sunah senin-kamis dan puasa daud. Nah, yuuk buat jadwal heheh

      Hapus
  3. Balasan
    1. Di blog Mbak juga banyak tips keren, aku suka mampir hehe

      Hapus
  4. wah asyik nih tulisannya. penambah semangat atau motivasi jadi penulis. keren tipsnya. mudah-mudahan ketularan yaa

    BalasHapus
  5. keren sharingnya, semoga bisa mengikuti jejak cikgu. :D

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...