Rabu, 06 November 2013

Cara Mengirimkan Tulisan ke Koran, Majalah dan Tabloid

Ini oleh-oleh mampir ke rumah maya Mbk Haya :)


Assalamualaikum, temans ini cara mengirim naskah dan contohnya buka di linknya ya, semoga bermanfaat :)

1.  Kompas (Resensi Buku Anak) 
Kirim resensi buku anak maksimal 200 kata ke: kompas@kompas.co.id. Subjek: [Kompas Anak] + Resensi + Judul Buku. Sertakan scan cover buku, biodata, dan nomor rekening di akhir naskah. 
2. Majalah sekar (Kata Hati) 
Rubrik Kata Hati memuat kisah-kisah inspiratif seputar dunia istri dan ibu. Tulisan sekitar 300 kata. Tidak perlu menyertakan foto. Dikirim ke sekar@gramedia-majalah.com. Jangan lupa cantumkan biodata singkat dan nomor rekening di akhir naskah.

3. Pikiran Rakyat (Rubrik Pariwisata)
Terbit tiap Sabtu dan Minggu. Alhamdulillah, saya kirim Kamis, Sabtu sudah dimuat. :))  Panjang naskah sekitar 2 halaman A4 1,5 spasi. Lampirkan foto 3 buah. Dikirim ke hiburan@pikiran-rakyat.com. Jangan lupa mencantumkan biodata singkat dan nomor rekening. Honornya lumayan banget, lho. :D
4. Majalah Ummi rubrik (Nuansa Wanita)
Rubrik Nuansa Wanita memuat kisah inspiratif islami seputar pengalaman sebagai ibu atau istri. Naskah sekitar 300-400 kata dikirim ke kru_ummi@yahoo.com. Jangan lupa mencantumkan biodata singkat dan nomor rekening. Sekadar info,Ummi adalah majalah bulanan. Jadi, harap maklum kalau masa penantian naskah dimuat, agak lama.

5. Majalah Sekar (Rubrik Komunitas)
Kalau Anda punya kelompok atau komunitas yang berhubungan dengan perempuan dan keluarga, Anda bisa mengirimkan tulisan Anda ke rubrik ini.  Panjang tulisan maksimal 300 kata dan sertakan satu foto minimal 300 KB. Dikirim ke keluargasekar@gramedia-majalah.com. 
Contoh tulisan : http://www.hayaaliyazaki.com/2013/03/emak-emak-penulis.html 

6. Majalah Femina (Rubrik Gado-Gado)
 Info jenis tulisan bisa dibaca di sini.  Syarat teknis: font Arial 12, spasi 2, maksimal 3 halaman folio. Tulisan belum pernah dimuat di media cetak atau online. Dikirim ke kontak@femina.co.id. Jangan lupa mencantumkan biodata singkat dan nomor rekening di akhir naskah.
7. Majalah Sekar (Rubrik Plesir)
Rubrik Plesir memuat tulisan tentang traveling sekitar 1500 kata. Sertakan paling tidak 10 foto keren. Kirim ke sekar@gramedia-majalah.com. Jangan lupa cantumkan biodata singkat dan nomor rekening di akhir naskah.
Contoh tulisan : http://www.hayaaliyazaki.com/2012/11/berlibur-ke-negeri-sultan-deli.html

8. Leisure Republika (Rubrik Buah Hati).
Rubrik ini memuat kisah orangtua (ayah atau ibu) dengan buah hati mereka. Panjang tulisan sekitar 300-400 kata. Sertakan foto Anda dengan buah hati. Kirim ke leisure@rol.republika.co.id. Jangan lupa cantumkan biodata singkat dan nomor rekening di akhir naskah.

9.  Parents Indonesia (Rubrik Parents to Parents)
Majalah Parents Indonesia adalah majalah bulanan. Biasanya, setiap bulan mereka akan menulis status berupa pertanyaan di Facebook http://www.facebook.com/parentsindonesia. Kita tinggal menjawab status mereka. Jawaban yang terpilih, akan dimuat di majalah. Tulisan ini tidak diberikan honor, melainkan hadiah berlangganan majalah Parents Indonesia selama 2 bulan.

10. Koran Jakarta (Resensi)
Rubrik Perada e-mail opinikoranjakarta@gmail.com dan opinikoranjakarta@yahoo.co.id.

11. Republika Leisure (Rubrik Jalan-jalan Religi)
Kirim tulisan sekitar 800 kata. Sertakan foto-foto pendukung yang baik. Kirim ke leisure@rol.republika.co.id. Jangan lupa cantumkan biodata singkat dan nomor rekening di akhir naskah.

12. Majalah Story (Cerpen)
MajalahStory adalah majalah remaja bulanan. Jika berminat, silakan kirim tulisan ke story_magazine@yahoo.com. Jangan lupa menyertakan biodata dan nomor rekening. 

Aku dengan beberapa bukuku :)

7 komentar:

  1. harus dicoba kirim ke media lain, selama ini mengincar majalah bobo :D

    BalasHapus
  2. Mau tanya, kalo kirim ke Majalah Sekar, tidak ada pemberitahuan ya, apakah naskah kita dimuat atau tidak. Di kirim email pun tdk ada jawaban. Bagaimana menyikapinya ya... makasih

    BalasHapus
  3. mau tanya untuk tma ang diambil itu bebas asal sesuai deng
    an background majalahnya apa gimana y???

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus sesuai visi dan misi majalah yang dituju :)

      Hapus
  4. Mau nanya kalo kita mau kirim tulisan tapi tanpa no rekening bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahakan ada ya, kalo pun enggak ada yang masih mau ngirim via wesel, tapi kalo enggak pinjam no rek mama atau kakak deh :)

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...