Rabu, 22 April 2015

Latihan Jadi Wirausahawan Cilik di Market Day

Kamis, 16 April 2015, Mas Faris mengikuti acara Market Day di sekolahnya, SDIT Permata Padang. Sejak seminggu lalu, Mas Faris pengen jualan donat saja. Sempat terjadi diskusi alot soal mengapa harus jualan donat?

Hihihi... akhirnya Ummi menerima tantangan Mas Faris membuat donat 30 biji. Setelah tanya sana-sini resep dan cara membuat donat yang tidak mentah plus google cara mengoreng donat, makanya akhirnya donat Ummi jadi juga, uhuy....rekor deh buat donat sebanyak itu.

Ummi deng-deng-an banget itu donat laku enggak ya? Kan yang suka Faris aja, gimana teman-temannya ya? Huaaah senewen lagi hahaha....


Lalu, Ummi nulis resep dengan sebaik-baiknya. tahapannya enggak boleh lompat-lompat lagi. Ummi juga ke pasar beli cetakan donat. Eh, ternyata emang ada ya cetakan donat, murah 5 ribu xixixi.... itu penuh perjuangan naik bentor ke pasar bareng Fatih dan gendong Aisyah.


Fuiiih, nyampe rumah hujan deras banget. Alhamduillah bahan sudah terkumpul. Malamnya, Ummi enggak bisa tidur, takut kesiangan hahhah....benar-benar deh bikin stress, takut donatnya enggak enak. Jam setengah empat Ummi bangun, sholat tahajjud minta ama Allah agar sukses membuat donat :) sukses juga buat Faris di Market Daynya. Baru mau bikin adonan, Aisyah nangis minta ASI. Jiaaaaaaah benar-benar deh. 


Bahan dan alat yang disiapkan






Setelah adonan jadi, aku tinggalkan deh nemani Aisyah bobok eh beri ASI. Dududuh....deg-deng-an deh. Alangkah rempongnya hahha...


adonan untuk 20 donat
Karena Faris pesannya 30 biji berdasarkan ederan sekolahnya, jadilah bikin adonannya dua. Soalnya resepnya hanya pas untuk 20 donat. Hayyyah....bikin lagi deh wkwkkw... adonan yang telah jadi, ditutup dengan kain basah sekitar 15 menit. Setelah 15 menit bentuk bulat-bulat sesuai dengan besar donat yang akan dibuatn aau bisa juga langsung buat bulat-bulat lalu tutup 15 menit :)


15 menit ditutup dengan kain basah




Kemudian dibentuk sesuai dengan cetakan deh :)

ini cetakan donat harga 5 ribu



donat yang telah dicetak dan diamkan sekitar 15 menit kedua






digoreng terbalik, bagian atas di bawah



ditiriskan minyaknya



diberi mentega dan mesis setelah dingin

Alhamdulillah akhirnya aku bisa menghadapi tantangan membuat 30 biji donat utuk acara Market Day. 20 donat diberi mesis, 10 donat diberi gula. Dan...tara bahagianya donat-donat itu laku. Bagaimana kisahnya?.

Faris di Market Day
Sebelumnya, aku bilang ke Faris mau ke sekolahnya, pengen lihat acara Market Day. Faris menolak, "Pokoknya Ummi enggak boleh datang!" Aku bujuk-bujuk Mas Faris tetap menolak. "Kalo datang, jauh saja ya!" begitu pesan Faris. 

Makin penasaran, kenapa ya? Paginya setelah Abi mengantar Faris, aku berkemas dan siapp ke sekolah Faris, jam 09.30 WIB kami bergerak. Sampai di sekolah Faris, acara telah dimulai. Kulihat Faris sangat ceria, karena beberapa donat telah laku. Lalu, berapa donat yang laku?


Belajar jual-beli di Market Day




Nah, bagaimana kisah selanjutnya? Bersambung ya....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...