Senin, 22 Juni 2015

Awas, Pencuri di Bulan Ramadhan!


Ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Bulan penuh pahala. Jika tidak pandai mengelola waktu, maka kita akan tergilas. Sungguh, tidak akan mendapat apa-apa kecuali hanya lapar dahaga. Untuk itu, segera sadari hal-hal yang menganggu konsentrasi ibadah kita. Kenali bahaya disekitar kita, agar tidak ada pencuri masuk di Bulan Ramadhan ini. Pencuri apakah itu? Yuk, simak!

1. Televisi
Di Bulan Ramadhan, banyak tayangan sinetron yang bagus-bagus. Ada juga hafidz, AKSI, dan kartun Islami. Nah, tayangan itu boleh-boleh saja ditonton, tapi eh tapinya ya, tetap juga dikontrol. Jangan sampai terlena. Hati tertaut dengan kelanjutan sinetron, sedangkan tilawah tidak dilanjutkan. Mentok hanya 3 lembar. Kalo begitu, kita sudah "kecurian" waktu kita sudah habis untuk nonton TV saja. 

Saya punya pengalaman saat kuliah. Saya berlomba-lomba dengan teman untuk mencatat ceramah atau kultum di TV. Jadilah kami punya buku catatan kultum loh. Nah, kalo nonton TV yang bermanfaat hasilnya juga bagus. Apalagi kalo hasil kultum/ceramah itu disalin ulang dengan bahasa sendiri, ditulis di blog, di share akan bermanfaat bagi orang banyak.


2. Pasar
Siapa yang suka belanja ke pasar? Saya juga suka dong! Tapi, hati-hati. Terkadang banyak ibu-ibu pengennya belanja sayur A, tapi pas lihat baju B eh kepengen beli juga. Belum kalau kantong enggak pas, gimana tuh? Hihihi... entar lama muter-muter keliling pasar biar dapat harga yang murah. Waktunya habis buat belanja doang. Mending ditulis dulu apa saja yang akan dibeli, sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lapar mata. Beli bukaan banyaaak banget.

Eiya, dulu ada kejadian di Lampung, menjelang ramadhan, seorang ibu membawa bayinya berusia di bawah 3 bulan. Bayinya meninggal karena kurang oksigen. Belanja jelang ramadhan kan berdesak-desakan, ramai banget. Na'uzubillahimindzalik, semoga kita terhindar dari seperti itu ya? Berarti amannya gimana? Belanja online kali ya? Hihihi....

3. Begadang
Ada yang suka begadang? Ups, suami saya suka begadang bikin tugas kuliah. Capek banget katanya. Badan jadi mudah lemes. Nah, kalo tidak diimbangi dengan makanan bergizi, efeknya beribadah kurang semangat. Untuk itu, bagi yang begadang tanpa ada tugas darurat. Hindari ya! Begadang akan mencuri waktu sepertiga malammu. Padahal, itu waktu yang pas banget buat tahajud memohon ampunan bagi Allah. So, jaga waktu jangan begadang ya!

4. Dapur
Saat Bulan Ramadhan, banyak banget ibu-ibu sibuk di dapur. Mau masak sayur A, masak sayur B, kue C, cemilan D, es E, wiiih segudang deh mau dimasakin (lebay dot com). Boleh aja masak ini itu tapi jangan lupa sedekah kiri kanan ya, hihihi.... memberi ta'jil bukaan bagi oran berpuasa samaloh pahalanya dengan orang berpuasa itu. Kalo masak juga ingat waktu, entar kecapekan eh malah enggak terawih kan sayaaaaang...

5. Hp
Aiih kemana-mana bawa hp, tidur juga dengan hp, lagi buka, sahur, terawih, hp selalu bersamamu. Gunakan hp dengan bijak. Ada saatnya hp diletakkan dulu. Gunakan waktu untuk lebih dengan dengan keluarga. Hp pencuri yang pintar banget. Mau cari resep langsung buka hp, mau cari alamat buka saja hp tapi..... hp juga suka menghipnotis, buka fb, buka WA buka twitter...terlenaaaaaa lupa tilawah. Eh, tapi ya, hp juga ada aplikasi Al Quran ya? Okelah kalo gitu, boleh deh pegang hp untuk hal bermanfaat tapi tetap berhati-hati.

6. Kikir
Sikap kikir akan menjadikanmu sombong. Padahal ya hanya Allah yang boleh memakai pakaian kesombongan. Makhluk seperti kita tidak boleh sombong. Apa coba yang mau disombongkan? Menghirup oksigen gratis itu anugrah Allah, semua karena kasih kayang-Nya. So jangan kikir. Bersedekahlah kepada orang yang membutuhkan. Apalagi di Bulan Ramadhan. Pahalanya gede loh!

7. Majelis yang Kosong Dari Mengingat Allah
Pencuri ini lihat sekali. Dibungkus dengan kegiatan ngabuburit atau menunggu azan maghrib saat berbuka dengan acara yang tidak bermanfaat. Duduk-duduk di tempat pariwisata atau ngobrol haha-hihi tanpa ujung pangkal. Ow, kasihan sekali, waktumu sudah dicuri. Segera benari, mumpung ramadhan baru 5 hari! Yuk, sayangi dirimu agar pencuri tidak masuk di Bulan Ramadhan ini.

Itulah beberapa hal yang dapat saya share dari hasil pengajian saya di sebuah senja hari. Semoga bermanfaat dan Ramadhan kita berkah. 


11 komentar:

  1. aduh aku godaannya hp naqi, pengen ngintip grup WA melulu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha iya mbk, itu emang godaan banget, apalagi di WA punya group yang seru :)

      Hapus
  2. Iya bener hape itu godaan banget. Pencuriii waktu x(

    BalasHapus
  3. Saya suka nonton hafidz juga, Mbak. Durasinya mayan lama. Kalau buat tilawah bisa dapat 1 juz, ya. Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja nonton mbk, diganti jadwal tilawahnya hehhe....nonton sambil masak ya? :)

      Hapus
  4. Hp memang pencuri yang sangat pintar ya

    BalasHapus
  5. alhamdulillah TV rusak jadi ga nonton, tapi gadget on :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. di rumah antena yang rusak mbk, jadi hanya beberapa chanel aja yang on :D

      Hapus
  6. http://windanggraini.blogspot.com/2015/06/aku-menyukai-senja-seperti-aku-menyukai.html

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...