Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Kamis, 16 Juli 2015

Menulis Resensi Buku Anak di Kompas

Alhamdulillah, berkah Ramadhan, berkah doa emak rempong, resensiku dimuat di media nasional, Kompas. Atas buku Mbk Nelfi Syafrina pada Ahad, 5 Juli 2015.


Resensi Buku Teka-teki Ceria Islam, Ramadhan di Kompas


Aku kirim resensi ini tanggal 11 Juni 2015, wiih termasuk cepat ya dimuat? Alhamdulillah rezekiku sesuai tema dan momennya. Ini resensi yang ke-3 aku kirim tapi baru 1 jebolnya hihihi.... obat galau suralau setelah maju-mundur cantik pengen narik resensi yang pernah dikirim.

Nah, buat kamu yang enggak pengen galau, yuk kirim naskahnya ke Kompas, berikut syarat-syaratnya :

Pertama
Pilih buku yang menarik, unik dan menurutmu sangat direkomendasikan untuk anak. Usahakan buku baru, min 6 bulan setelah terbit. Semakin baru, peluang akan semakin besar. Apalagi kalau tema tematik. Contoh, 3 bulan ke depan akan Bulan Ramadhan, segera tulis resensi buku yang bertema Ramadhan. Kenapa 3 bulan? Biasanya ngantri mau diterbitkan. Jarang banget yang 1 bulan atau 2 minggu diterbitkan :)

Kedua
Ketik naskahmu maksimal 200 kata. Wow, sedikitkan ya? Jadi jangan panjang kali lebar. Pilih kata-kata yang efektif. Bingung? Baca dulu sinopsis buku yang kamu punya, lalu ramu dengan hasil bacaanmu. Beri tanda dengan stabilo atau tulis ulang di kertas atau langsung ketik kata-kata yang menarik menurutmu.

Ketiga
Kirim resensinya ke kompas@kompas.co.id / kompas@kompas.com / opini@kompas.co.id / opini@kompas.com (semuanya dikirim pake cc, soalnya biar nyampe, kalo redaktur nyampe ke email satunya belliau akan cc ke admin email lainnya).

Keempat
Lengkapi biodatanya. Kirim dengan subjek email Kompas Anak_Resensi Buku (judul buku)_nama, di lampirkan 2 naskah. Satu naskah resensi yang telah lengkap dengan cover buku yang sudah discan (boleh dari google) dan lampiran kedua khusus foto/scan cover buku saja.

Kelima
Lengkapi naskahmu dengan biodata lengkap. Nama, alamat, no hp, no NPWP (jika ada), no rekening, dan scan KTP.

Keenam
Lengkapi resensimu dengan keterangan buku yang lengkap. Seperti judul buku, penulis, cetakan, ISBN, penerbit dan harga buku (jika ada).

Ketujuh
Kirim segera, jangan tunggu lama-lama. Iringi dengan doa dan harap kepada Allah, semoga resensimu dimuat, lumayan loh honornya 200 ribu. Tidak ada pemberitahuan naskah dimuat atau ditolak. Jadi, jika lebih dari 6 bulan kamu bisa tarik naskahmu dengan cara mengirimkan email penarikan. Silakan cek setiap minggu Koran Kompas, semoga naskahmu dimuat ya :)

Berikut contoh resensiku yang dikirim :)

Judul buku : Teka-teki Ceria Islam, Ramadhan
Penulis         : Nelfi Syafrina
Cetakan         : Januari 2015
ISBN : 978-979-045-818-5
Penerbit         : Tiga Ananda, Imprint Tiga Serangkai
Hal : 16 halaman

Ramadhan adalah bulan suci penuh berkah dan agung. Bulan istimewa bagi seluruh umat Islam, termasuk Naufal dan Ica. Di hari pertama Ramadhan, Naufal dan adiknya Ica melakukan banyak kegiatan yang bernilai ibadah. 

Usai makan sahur, Naufal ingin tidur lagi. Tapi, Ia ingat, pahala sholat ke masjid sangat besar. Apalagi saat bulan Ramadhan. Lalu, Naufal berangkat sholat ke masjid bersama Ayah. Pulang dari masjid, Naufal mendengar Ayah dan Bunda melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an. Naufal ingat pahala membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan sangat besar, maka Naufal pun segera membaca Al-Qur'an. 

Naufal dan Ica juga mengurangi nonton TV. Ica juga membantu ibu di dapur. Sorenya, Naufal dan Ica mengaji ke surau. Usai berbuka, Naufal sekeluarga menunaikan shalat Tarawih di masjid. 

Buku ini mengajak kita melakukan kegiatan yang bernilai ibadah. Ilustrasi buku ini sangat menarik. Ditambah teka-teki yang seru pada setiap halamannya. Teman-teman akan mendapatkan bonus diorama yang cantik. Buku ini menjadikann Ramadhanmu semakin asyik (Naqiyyah Syam).



Buku Teka-teki Ceria Islam, Ramadhan

Cek, apakah ada diedit editornya? Baca di sini :)




Selamat mencoba, semoga berhasil :)

6 komentar:

  1. Mantap, Mbak Naq! Saya jadi termotivasi nih kirim resensi ke Kompas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kaish telah berkunjung, iya ayolah nulis resensi ke Kompas Anak.

      Hapus
  2. siiip... makasih infonya, Mbaak.. kereeen, :)

    BalasHapus
  3. terimakasih postingannya. bermanfaat sekaliii.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...