Jumat, 11 September 2015

Jangan Sepelekan Catur, Permainan ini Baik Untuk Asah Otak dan Cocok Untuk Anak Usia 6-12 tahun

Awalnya Faris merengek minta dibelikan papan catur.

"Emang, Mas Faris bisa main catur?" tanyaku."Bisa dong, Mi!" jawabnya.

Seakan tak percaya. Dai mana Faris bisa main catur? Setelah lama merengek terus, akhirnya Abinya mengabulkan. Sore itu, Faris dibelikan papan catur. Senangnya. Faris tak bosan mengajak Abi bermain catur. 

"Mamas bisa main catur, belajar di games laptop itu loh, Mi," suatu ketika Faris cerita dari mana belajar main catur.

Oooh... pantesan ya :) Aku sendiri engak bisa main catur. Dan, aku takjub juga Faris lumayan lihai euy! Tiap pulang sekolah, nungguin Abinya pulang kantor dan asyik bermain catur :)

Catur,  Permainan  ini Baik Untuk Asah Otak dan Cocok Untuk Anak Usia 6-12 tahun



Oiya, aku juga baru tau bermain catur itu bagus loh :) 

Catur 

Permainan catur mengajak anak untuk bermain strategi. Bagaimana caranya bidak-bidak tidak “dimakan” lawan, serta menjaga posisi raja agar tetap selamat dari lawan. Permainan catur bermanfaat untuk melatih anak berkonsentrasi, menganalisis,mengembangkan daya imajinasi, menentukan keputusan sendiri, melatih sabar,  percaya diri dan disiplin.

Selain bermain catur, ada juga permainan lain yang baik untuk  Asah Otak dan Cocok Untuk Anak Usia 6-12 tahun, yaitu :


Rubik

Permainan kubuk rubik (Rubik’s Cube) adalah permainan ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang Profesor Arsitektur bernama ErnÅ‘ Rubik yang berasal dari Hungaria. Permainan ini menggunakan rumus matematika. Permainan ini mengajak anak-anak untuk meningkatkan wawasan dan keseimbangan dalam bentuk benda-benda fisik. Selain itu, permainan ini  dapat melatih kesabaran untuk menyusun agar warna seragam, melatih saraf sensoris karena koordinasi jari-jari tangan dalam bermain, melatih daya ingat anak melakukan memorisasi pla-pola tertentu dalam menyelsaikan rubrik yang acak, melatih logika geometri atau susun bangun dan melatih anak agar tekun untuk berusaha mencapai tujuan.

Lego

Permainan ini adalah permainan yang berbentuk kotak dengan bulatan-bulatan kecil yang dapat disusun sesuai yang diinginkan. Permainan ini melatih kreatifitas anak dan daya imajinasinya. Selain itu, permainan lego dapat menimbulkan kegembiraan atau pengalaman yang menyenangkan bagi anak.

Puzzle

Permainan ini terkena di kalangan anak-anak. Permainan dengan menyusun kepingan-kepingan puzzle yan berantakan. Diatur satu per satu, baik pinggir, tengah, hingga cocok dan menyatu. Permainan ini mengajak anak untuk berlatih dalam meningkatkan kretaifitas, daya ingat, dan kesabaran.

Scrabble

Permainan ini mengajak anak menyusun kosa kata.  Dalam menyusun kosa kata, anak-anak akan berlatih memperluas pembedaharaan kata, mengelolah atau menyusun huruf sehingga memiliki kata yang bermakna, belajar menyusun strategi, mengembangkan kemampuan kognitif, daga ingat serta konsentrasi.

Demikianlah 5 permainan asah otak untuk anak di usia 6-12 tahun, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Tulisan ini dapat juga dibaca di Majalah Ummi Online.


2 komentar:

  1. Anak saya suka main game catur mba. Saya sendiri gak mudeng catur

    BalasHapus
    Balasan
    1. he eh Mbk, aku juga belum bisa hihihi

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...