Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Sabtu, 10 Oktober 2015

Giveaway Cerita di Balik Blog :Yuk, Menabung 3 Harta Abadi Lewat Blog


Aku punya blog tahun 2010. Saat itu dibuatkan teman karena aku asli gaptek habis.  Saat itu, niatnya buat ikut lomba blog yang diadakan Anazkia salah satu srikandi blogger. Kaget plus happy berat, ternyata tulisanku sertifikasi oh sertifkasi menang menjadi juara pertama. Dapat uang 500 ribu. Uangnya sangat bermanfaat bagiku. Langsung ganti kaca mata. Alhamdulillah, dari ngeblog ternyata bisa membuka peluang rezeki ya?



Setelah lomba pertama itu, aku langsung kesem-sem ikutan lomba blog lagi. Beragam lomba blog aku ikuti. Ada yang menang, banyak juga yang kalah. Tak mengapa, menulis di blog bagiku untuk berbagi. Hidup ini perlu diisi dengan menjaga 3 harta yang abadi. Bukankah kelak ketika kita telah tiada, hanya ada 3 harta yang akan menolong kita yaitu sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh. Ketiga harta ini dapat dicari melalu ngeblog loh!  Kok bisa? Bisa banget, caranya :

Pertama : Nulis yang bermanfaat.

Tentu dong nulis yang bermanfaat ini akan menjadikan amal jariah kita. Aku pernah nulis alamat-alamat media yang menerima cerpen, cerita anak, resensi atau alamat penerbit. Banyak yang mencari info ini. Aku senang postinganku bermanfaat. Alhamdulillah berguna buat yang baca.

Selain itu, blog juga bisa dijadikan sebuah rumah. Rumah maya tentunya. Aku bisa menata ruang tamu, ruang makan, ruang kerja, dapur, kamar dan taman. Ya, di dalam blogku aku menata sebagai protofolioku sebagai istri dan ibu. Apalagi mendengar seorang temanku membukukan perkembangan bayinya sejak usia 0-12 bulan. Ngiri abis deh! Soalnya aku dulu belum kepikiran untuk mendokumentasikan perkembangan anak-anakku. Saat anak pertama, okelah ya dulu masih jadul. Belum ngerti ngeblog, apalagi fasilitas belum mendukung. Belum ada hp yang ada kameranya

Saat anak kedua lahir, aku masih bekerja menjadi guru SDIT. Waktu itu, aku bertekad untuk memberikan ASIX dan ASIP. Dari teman, aku diajak dalam sebuah group khusus. Sejak itulah aku mengumpulkan info sebanyak-banyaknya mengenai ASI, ASIP dan MPASI. Nah, di blog inilah aku mendata info-info yang aku dapat dari group tersebut. Niatnya sih sederhana banget. Agar mudah aku baca lagi jika aku perlukan.

Tak menyangka, info resep MPASI yang aku save di blog itu sering dibaca dan dicari orang. Banyak ibu-ibu yang meminta izin meng-copy atau mengucapkan terima kasih atas info dari blogku ini. Sungguh senangnya. Info sederhana itu bermanfaat bagi orang lain. Aku sendiri mengalaminya. Jika aku panik menghadapi anak sakit, anak malas belajar, anak malas beribadah, anak menolak makan sayur dan masalah lainnya, aku langsung Googling. Nah, aku lebih memilih membaca info dari blog pengalaman ibu-ibu dibanding website lainnya, lebih menyentuh ke hati dan praktiknya lebih meyakinkan.

Untuk itu, di anak ketiga ini aku rajin posting MPASI Homemade agar bermanfaat untuk orang lain dan juga dokumentasiku sebagai ibu. Bisa juga suatu hari nanti aku membutuhkan foto dan resep itu untuk calon bukuku hehehe

Ini yang sering dicari di blogku

Kedua : Berbagi Ilmu (Biar Sedikit Asal Ikhlas)

Jika dulu aku dibuatkan blog oleh teman, maka sebagai ucapan terima kasih, aku memberikan juga ilmu ngeblogku (yang masih sedikit) ini untuk teman-teman. Saat itu, FLP Lampung sebuah organisasi kepenulisan mengadakan pelatihan ngeblog. Di sana aku berbagi cara membuat blog, memposting tulisan, hingga cara mempercantik blog. Walau ya itu, ilmuku sedikit. Tak usah kecil hati, bukankah berbagi itu apa saja yang bermanfaat? Sampat hari ini masih ada yang inbox di fb pengen belajar ngeblog. Aku welcome banget :)

Berbagi ilmu ngeblog di Pelatihan Blog FLP Lampung
Ketiga : Menghimpun Album Kenangan Untuk Anak 

Aku berharap kelak, jika anakku sudah besar dengan membuka blogku, ia akan menemukan banyak cinta di sini. Aku menuliskan awal pernikahanku yang penuh suka-duka, saat pindahan ke Padang, memasak bersama anak, merawat mereka sakit hingga saat bersenang-senang ke tempat wisata. Semua kutulis dengan rasa cinta agar anak-anakku bahagia. Agar mereka punya memori yang indah tentang aku. Aku tak tahu usiaku apakah panjang seperti visi dan misiku dalam menjadi ibu yang SMART (Sholehah, Muslih, Cerdas, Mandiri dan Terampil).

Nah, itulah harapanku dalam ngeblog. Alhamdulillah sampai saat ini masih berjalan. Dengan ngeblog juga dapat rezeki. Ada yang menang lomba seperti lomba BLOG HALAL BEAUTY WARDAH, saat itu aku mendapat juara VI mendapatkan uang Rp. 1 juta. Aku juga pernah dapat job review,  job mengisi seminar atau pelatihan karena mengenal portofolioku dari blog. Ayo dengan ngeblog ciptakan peluangmu. Ibu rumah tangga juga bisa menghasilkan loh walau di rumah dari ngeblog :) Seberapa hasilnya? Semua kusyukuri. Belum banyak memang blogku menghasilkan harta dunia, tapi aku berharap menjadi memberat amalanku di akhirat kelak, amin.

Menang Lomba Blog Halal Beauty Wardah 2013
Nah, sahabat Smart Mom, demikian kisahku dibalik ngeblog, bagaimana denganmu? Apakah akan menciptakan peluang sendiri?


4 komentar:

  1. Wahhh... Seneng banget yaaa.. Bisa menangin beberapa blog contest, bisa jadi penyemangan blogger baru kayak ane nih... Sukses selalu..
    Ardibryan4.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Suka banget sama konsep berbagi biar sedikit asal ikhlas :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah ikutan GAku ya Mba, keep blogging and good luck :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...