Selasa, 10 November 2015

Tips Menghapal Al Qur’an dengan Metode 20 x 20

Abu Umamah ra berkata, "Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘Bacalah Al-Qur`an sebab Al-Qur`an akan datang pada hari kiamat sebagai sesuatu yang dapat memberikan syafaat (pertolongan) kepada orang keutamaan orang yang mempunyainya.’” 
(HR Muslim).



"Ayo, Mi, hapalannya ditambah, nanti kebalap Faris loh," ujar suamiku. Wah, aku berasa kudu berlari mengejar hapalan Faris. Cepat juga perkembangannya. Sejak di Padang, Faris sudah khatam Juz 30. Sekarang sudah masuk juz 29. Eiya, Faris sekolah di SDIT. Anak-anak di SDIT memang dibiasakan menghapal  Al Qur’an  sejak dini. Metodenya beraneka ragam tiap sekolah berbeda-beda. Lalu, kemampuan anak juga berbeda-beda. Ada yang mampu hapal Juz 30 sejak kelas 1 ada juga yang khatam baru di kelas 3.



Bagi orang tua, hendaknya tidak terlalu "memaksakan" anak untuk hapal  Al Qur’an . Tapi lakukan "paksaan" dengan metode yang asyik. Hohoho...paksaan yang dimaksud tentu bukan kalo enggak hapal terus dipecut pakai rotan ya (itu mah jaduuul.... banget zaman aku kecil hihihi....kalo malas mengaji :p ). Nah, zaman sekarang anak-anak dibuat kesepakatan, kapan saat bermain dan saat belajar juga saat menambah hapal  Al Qur’an .

Nah, kali ini sahabat Smart Mom, aku mau share metode hapal  Al Qur’an  dengan metode 20 x 20. Ceritanya, saat aku pengajian, aku tuh nambah hapalan menok 5-10 ayat saja. Aiih malu juga yak tiap datang seminggu sekali nambahnya sedikit banget. Hadeeh si Ummi ngapain aja hahaha... banyak online kali ya? Nah, ustadzahku share ilmu menghapal  Al Qur’an  dengan metode 20 x 20.

Caranya?

1. Ambil  Al Qur’an 
2. Baca ayat yang akan dihapal. Contoh Al Qur’an surat Al Buruj. Baca ayat pertama selama 20 kali. Jika sudah hapal, lanjutkan ayat kedua 20 kali. Sudah hapal? Gabungkan dua ayat tersebut 20 kali, baru nambah ayat ketiga, Begitu seterusnya.
3. Ingat dibaca 20 kali bukan dihapal! Baca dulu saja, Insya Allah nempel ingatannya.
4. Lakukan dengan selalu memperbaiki niat kalau menghapal  Al Qur’an  akan mendapat banyak keberkahan dari Allah Swt.

Oiya,Tips Menghapal Al Qur’an  dengan Metode 20 x 20 ini sudah aku tanyakan juga dengan temanku yang sedang mondok penghapall Al Qur’an ternyata tipsnya sama. Wah, aku makin semangat ingin menerapkan metode ini semoga hapalanku kian bertambah dan bisa saling berlomba-lomba dalam mengapal Al Qur’an dengan keluargaku.

Nah, sahabat Smart Mom, semoga Tips Menghapal Al Qur’an  dengan Metode 20 x 20 bermanfaat ya, selamat mencoba :)


27 komentar:

  1. Wah terima kasih tipsnya mba. Bermanfaat sekali

    BalasHapus
  2. share yang bermanfaat mba ☺
    ..f..

    BalasHapus
  3. SD IT lebih dilirik orang yg mengerti ttg pelaksanaan pendidikan di Indo

    BalasHapus
  4. wah.membantu banget mbak naqi. trims atas sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama bu, semoga bermanfaat. selamat mencoba :)

      Hapus
  5. Alquran memang mudah dihafal jika diniatkan dengan kuat.. apalagi dengan metode seperti ini.... Menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas Sokat, terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  6. boleh dicoba nih mak, makaish yak

    BalasHapus
  7. Kelebihan sekolah di SD Islam, ya. Terbiasa dg hafalan surah2 juga du sekolah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk jadi alhamdulillah terbantu :)

      Hapus
  8. Klo sya ya kan tinggal di kos muslimah binaan masjid kampus, nah kami setiap subuh ada agenda rutin seperti Sholat berjamaah, Hafalan juz 30, Baca Al Masurat, lalu dilanjut kultum (senin-kamis), klo jumat ada diskusi bersama, sedangkan klo sabtu ada tahsin/tilawah Quran. Nah dari hal2 kecil yg dilakukan seperti itu sya yg gak begitu hafal surat2 seperti At-Tin dan Al Buruj jadi lumayan Hafal.

    Baguslah klo Faris dibiasakan membaca Alquran sejak kecil karena pembiasaan sejak dini itu penting sekali untuk membentuk karakter anak. Nah klo dah dewasa semoga dpt lingkungan yang baik ya Faris, biar ttp Istiqomah.

    Salam kenal dan salam hangat dari Jogja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya, enak bisa fokus menghapal, semoga dimudahkan amin.

      Hapus
  9. Jazakillah tipsnya bunda..semoga saya bisa praktekkan dan bisa istiqomah..:)

    BalasHapus
  10. bisa juga digabung dengan mendengarkan murotal, karena ada orang yang type mengahafal secara visual atau audio ....Faris hebatt

    BalasHapus
  11. Ngapalinnya sampai 20 kali ya, mba Naqi. Biar nglotok. hehe. Sama kayak waktu adekku baca yaasin, sehari tiga kali, sampai akhirnya kebawa mimpi. Nglindurnya baca yaasin :D

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...