Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Sabtu, 26 Desember 2015

7 Tempat Wisata Sejarah di Bengkulu yang Murah dan Mudah Terjangkau


Buat Anda yang pengen liburan sembari mengajarkan sejarah, boleh dong ajak anak-anak ke Bengkulu. Tempat wisatanya tidak perlu jauh karena semuanya ada di dalam kota, sehingga murah dan mudah terjangkau. Jika mengajak anak-anak, tidak akan kerepotan dilanda macet karena tempatnya dekat dan nyaman.

Saat liburan lebaran lalu, keluarga kecilku ke Bengkulu dan bisa wisata sejarah. Inilah 7 Tempat Wisata Sejarah di Bengkulu yang Murah dan Mudah Terjangkau :


1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno (Dokumen Pribadi)

Menjelang siang, keluargaku sampai ke rumah pengasingan Bung Karno. Tempatnya di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Gading Cempaka. Ini pertama kali suamiku ke sini. Sedangkan aku dan Faris sudah pernah saat liburan tahun 2012. Tempatnya asri dan terawat. Kami ke sana hanya dipungut bayaran 5 ribu. Di dalam, ada ruang kerja Bung Karno, sepeda Bung Karno, tempat tidur dan berbagai koleksi buku. 

Sepeda Bung Karno

Kursi ruang tamu


2. Rumah Fatmawati Soekarno

Di depan Rumah Fatmawati (Dokumen Pribadi)

Di depan Rumah Fatmawati (Dokumen Pribadi)
Saat ke sini, kami sudah kesorean, tempatnya tutup jadi kami tidak bisa masuk. Jika ke sini, Anda dapat mengajarkan anak-anak bahwa Bu Fatmawati yang telah menjahit bendera merah putih pertama kali yang dikibarkan saat 17 Agustus 1945. Beliau asli dari Bengkulu.


3. Benteng Marlborough

Di depan Benteng Marlborough (Dokumen Pribadi)
Ini benteng terbesar yang ada di Bengkulu. Dari atas terlihat seperti kura-kura. Kami datang sekeluarga menjelang senja. Banyak pengunjung datang, baik dari dalam maupun luar kota. Kontribusinya tidak mahal. Hanya 2 ribu rupiah. Faris antusias sekali dengan penjara bawah tanah. Ya, Faris bahkan minta difotokan di depan penjara hihihi...

Pemandangan dari atas benteng menjelang senja
Faris di depan pintu penjara bawah tanah

Menjelang Maghrib di Benteng Marlbotough

Benteng ini dibangun pada tahun 1713-1719. Benteng ini kuat sebagai benteng pertahanan. Sebelum sebagai tempat wisata, benteng ini digunakan sebagai penyimpanan dan perdagangan rempah-rempah untuk wilayah timur Indonesia. 

Mencapai lokasi Benteng ini jika Anda dari Pasar Panorama, cukup naik angkot menuju Kampung. Lokasinya dekat Pantai Tapak Padri. 

5. Masjid Jamik
Masjid Jamik (Dokumen Pribadi)

Masjid ini didesign oleh Ir Soekarno atau Bung Karno presiden RI yang pertama. Alhamdulillah kami bisa mampir ke sini dan sholat di sini. Tempatnya tepat di tengah kota. Kekhasan Masjid Jamik terlihat dato atap masjid yang berbentuk limas. Ini melambangkan persatuan budaya di Bengkulu dan Indonesia. 

6.Thomas Parr Monument
Thomas Parr Monument. Foto dari jauh aja, enggak sempat mampir (Dokumen pribadi)

Kami tidak sempat berfoto di depan monumen ini. Padahal tempatnya dekat sekali dengan Benteng Marborough, bisa dengan jalan kaki saja. Bentuknya tidak terlalu tinggi. Ini monumen memperingati insiden pembunuhan yang telah menelan banyak korban rakyat Bengkulu. Penguasa yang telah membunuh itu bernama Thomas Parr. Ia menguasai Bengkulu sejak tahun 1805-1807.

7. Makam Sentot Alibasya
Kami sekeluarga melewati makam ini, tapi enggak sempat berhenti. Selalu tertunda mau mampir atau foto di sini sebagai kenang-kenangan. Sejarah mengenai Sentot sering diceritakan suami kepada Faris. Sentot Alibasya adalah panglima perang di zaman Pangeran Diponegoro untuk melawan penjajah. Tempat makamnya terletak di Kelurahan Bajak, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Tak sulit ditemukan karena dekat dengan Masjid Jamik

Selain wisata tempat bersejarah, di Bengkulu terdapat berbeagai pantai yang sangat indah. Pantai itu seperti Pantai Panjang, Tapak Padri, Sungai Suci dan lainnya.

Oiya Sahabat Smart Mom, jika berwisata mengajak balita sebaiknya mempersiapkan :
2. Makanan dan minuman
3. Mainan yang disukai
4. Tisu basah
5. Kamera untuk mengabadikan foto keluarga

Nah, demikian info 7 Tempat Wisata Sejarah di Bengkulu yang Murah dan Mudah Terjangkau semoga bermanfaat. Selamat liburan!

22 komentar:

  1. Baru tahu kalo Sentot Alibasya dimakamkan di Bengkulu. jaman sekolah dasar sy suka baca pelajaran sejarah. Di buku dulu kayaknya ga menyebut tempat makam beliau ya *ato sy yg kudet hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. he eh ya, sejarah kayaknya enggak dijelaskan :) yuk mampir ke Bengkulu :)

      Hapus
  2. Seperti kura2? Jdi pingin ke Bentengnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, dari atas terlihat seperti kura-kura :)

      Hapus
  3. Waah menarik semua mbaaa, belum pernah ke Bengkulu nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya mak di sana seru wisata sejarahnya hehehe

      Hapus
  4. mbaaa..kuliner di sana enak2 ga??? biasanya yg aku incer pertamakali itu kulinernya dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah iya belum ditulis mak, postingan berikutnya deh hehehe

      Hapus
  5. baguss, mba, ditulis..supaya kit atidak kehilangan sejarah
    di Jakarta aku juga suka mengajak anak-anak ke museum, paling WOW ketika ke museum Pancasila. di sana kan banyak jejak sejarah PKI yang mengerikan..anak-anak takjim banget nyimaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya, kami suka berkunjung ke museum. Ini nyicil nulisnya hehehe

      Hapus
  6. kok aku baru ngeh kalo Ibu Fatmawati berasal dari Bengkulu ya. ice Post mba.

    BalasHapus
  7. Waah ternyata Bengkulu rame dengan wisata sejarah yaa. Suka bangeet.

    BalasHapus
  8. Maaf mbak ralat sedikit ya, rumah bung karno bukan di Kecamatan Gading tetapi kecamatan Ratu Samban mbak....salam kenal ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih ralatnya, mungkin udah ganti ya setelah pemekaran hehhe, thanks infonya.

      Hapus
  9. Wah bisa buat referensi nieh... selain wisata bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. eow iya kak, di Bengkulu belum lama ini sudah diresmikan menara dekat jembatan yaw? lupa aku namanya. terus dekat nggak dengan tempat wisata dejarah ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah betul jadi refrensi wisata sejarah :) nah, aku belum tahu siapa tahu pas mudik bisa maen ke sana lagi ya :) doakan ya.

      Hapus
  10. iya mbak bengkulu memangbanyak tempat wisata sejarahnyaaa
    belum lagi yang di kabupaten2 nyaa

    BalasHapus
  11. jadi pengen piknik ke bengkulu :D
    tapi ngga ada waktu :(

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...