Kamis, 28 Januari 2016

7 Makanan Penurun Kolesterol

Badan sehat dengan mengkonsumsi 7 Makanan Penurun Kolesterol

Aku sempat tidak percaya membaca hasil lab. Ternyata aku punya potensi kolesterol. Pantas saja badanku terasa beda. Bahuku kaku, pegal banget, kaki suka kram jika malam hari. Belum kepala terasa pusing dan badan malas bergerak. Memang sih aku kurang doyan makan sayur. Sejak menikah, suamilah yang sering cerewet soal makan sayur. Lama-lama baru deh mau makan sayuran.

"Makanlah sesekali sayuran yang pahit-pahit. Bagus buat kesehatan." Nasehat suami.

Awalnya susah banget makan bunga pepaya. Rasanya pahit. Tapi, beriring waktu, aku mulai menyukai makan sayur bunga pepaya. Aku tidak mau gara-gara kolesterol aku dirawat di rumah sakit. Kasihan anak-anakku kelak. Pernah seorang kakakku dirawat di rumah sakit karena kolesterol bahkan pernah kena serangan stroke ringan. Aduh, serem banget ya akibat kolesterol tinggi?


Belum lagi aku ini suka makan bakso. Sejak jomblo suka makan bakso. Setelah menikah, sempat dilarang suami makan bakso. Malah sempat dilarang. Tapi, makan bakso seperti nagih. Jadilah seminggu makan sekali. Itu pun harus izin suami hahaha...

Makin tua, aku makin sadar, makan harus yang sehat. Banyak teman seusiaku telah pergi menghadap Illahi karen penyakit. Memang sih ya, ajal itu kehendak Allah. Tapi, kita harus berusaha dan tidak dzalim dengan tubuh sendiri. Caranya dengan menjaga makanan kita. Untuk itu aku mencari informasi mengenai makanan penurun kolesterol

Inilah 7 Makanan Penurun Kolesterol :

1. Timun
Ini biasanya jadi andalan kakakku kalau kolesterolnya tinggi. Timun dikupas bersih lalu diparut atau dibikin jus. Segar deh.

2.Alpukat
Makan buah alpukat akan membantu menurukan kolesterol.Alpukat mengandung kaya serat. Namun mengkonsumsinya jangan terlalu banyak karena semakin banyak makan alpukat membuat Anda cepat gemuk.

3.Beras Merah
Jika selama ini mengkomsumsi beras putih, coba diganti dengan makan beras merah. Harganya sih memang sedikit lebih mahal, tapi demi kesehatan dan mampu menurukan kolesterol, kenapa tidak? Kandungan serat tinggi dalam beras merah mampu menurunkan gula darah.

4. Buncis
Buncis adalah sayuran yang rendak lemak. Merupakan sumber karbohidrat bagi penderita diabetes. Satu jus buncis setiap hari mampu menekan Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol 'jahat'.

5. Bawang Putih
Bawang putih baik untuk kesehatan jantung dan menurukan kolesterol tinggi. Bawang putih dapat dicampur saat membuat telur dadar. Caranya : kupas bawang putih dan keprek (giling kasar), campurkan dengan telur, kocok, beri sedikit garam dan goreng. Nah, anak-anak dapat menikmati telur istimewa dengan campuran bawang putih.

6. Ikan Salmon
Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 untuk menurukan tekanan darah. Ikan salmon dapat menurukan LDL. Ikan salmon dapat dikonsumsi dalam bentuk masalah, seperti sup ikan atau lainnya. Harga ikan salmon memang cukup mahal, tapi di beberapa supermarket ada kemasan kecil. Satu box seharga Rp. 25.000/potong.

7. Susu Khusus
Ini bukan sembarang susu, tapi makanan penurun kolesterol. Susu apta+ Glukofit ini sebagai sumber serat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Mengandung tinggi vitamin B1, B2, B5, B6, B9 dan B12. Susu ini juga tinggi kalsium dapat membantu menurukan risiko osteoporosis. Mengandung 12 vitamin dan mineral serta mampu menjaga metabolisme dan membantu menjaga jadar gula darah, sehingga tidak mudah lapar.

3 rasa dari susu apta+ Glukofit

Jika produk susu diabetes lainnya tidak mengandung kolesterol. Bagaimana dengan susu apta+ Glukofit? 

Sebenarnya semua susu sapi mengadung kolesterol, termasuk susu diabetes lainnya, tapi dapat diminimalisir. Dengan susu apta+Glukofit mengandung 3 mg per saji dan jumlah ini jauh di bawah rekomendasi konsumsi kolesterol per hari, yaitu < 300 mg per hari.

Berdasarkan penelitian, apta+ Glukofit teruji secara klinis rendah indeks glikemik sehingga tidak membuat kadar gula darah naik dengan cepat. Sangat cocok untuk kita yang ingin menjaga gula darah tetap normal atau bagi mereka berpotesni diabetes, prediabetes dan penderita diabetes.

Info lengkap mengenai apta+ Glukofit? 

Jika sahabat Smart Mom ingin mencoba makanan penurun kolesterol, 7 makanan di atas aku rekomendasikan. Semoga kita sehat dan dapat mengantarkan anak-anak kita sukses hingga maut memisahkan kita. Yuk, sayangi diri dengan menjaga makan yang sehat!



6 komentar:

  1. Waduh, aku juga doyan banget makan bakso nih mbak. Suka diakalin sih, minta sawi & togenya yang banyak hehe...


    Kayaknya harus mulai mikirin untuk minum susunya deh :))

    BalasHapus
  2. Idem sama teh Erry. Sukaaa banget makan bakso. Tapi suka juga makan timun :-)

    BalasHapus
  3. kalo saya kebalikan dari Teh Erry dan Mbak Yanti, saya gak suka bakso juga gak suka timun, sayurpun kadang pilih-pilih :(
    sepertinya harus diakali dengan minum susu nih :)

    BalasHapus
  4. 1-5, kesukaan dan sangat sering saya konsumsi.
    6, masih mau lah etapi salmon lumayan mihil ya. He..he...

    BalasHapus
  5. Huhuhu.... Aku juga kolesterol tinggi deh, kayaknya :(

    BalasHapus
  6. Kalau susu apta+ Glukofit saya belum pernah coba mba, tapi kalau untuk yang lain saya sudah tahu. Di minimark ada tidak yah? lain kali boleh nih di coba. Thanks

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...