Minggu, 28 Februari 2016

Serunya Kopdar PBA Lampung : Bongkar Kreatifitas Penulis Bacaan Anak Lampung

Assalamualikum Sahabat Smart Mom, hari ini aku mau cerita pertemuan yang seru antara Penulis Bacaan Anak (PBA) Lampung. Berawal dari aku akan mudik sebentar untuk mengurus kepindahan sekolah anak-anakku, terutama Fatih (4,5 tahun) untuk tes TKIT Qurata Ayun. Kebetulan TKIT ini dekat dengan rumahku di Lampung dan dekat dengan sekolah Faris dulu, SDIT Permata Bunda 1. Aku pun janjian bertemu dengan Izzah Annisa untuk berdiskusi kepenulisan buku anak. Izzah lalu mengurulkan untuk mengajak teman PBA lainnya yakni Fitri Restiana dan Fadila Hanum.

Oiya, bagi yang belum mengenal apa sih itu PBA? Penulis Bacaan Anak (PBA) adalah komunitas di group facebook gabungan antara penulis bacaan anak dan ilustrator. Uniknya, komunitas yang digawangi Ali Muakhir dkk ini telah memiliki anggota 20.783 anggota. Wiih, banyak bangetkan? Kegiatannya juga sudah sangat banyak, di antaranya setiap Jumat akan ada bedah karya (Jumat Hangat) dan ada juga ajang penampilan ilustrator (Setiap Hari Sabtu). 

Balik ke rencana kopdar PBA Lampung. Awalnya mau kopdar siang Pukul 12.30 WIB, tapi Mbk Fitri mau ada rapat komite dulu dan aku mau nemani Fatih tes TK pukul 10.00 WIB. Namun, rapat komite Mbk Fitri ternyata pukul 16.00 WIb dan tes Fatih dimajukan pukul 08.00 WIB jadilah mau kopdar ditengah-tengah saja pukul 10.30 WIB :) Hadeeeh.... asal usul jadwal aja dibahas ya? xixii....

Pas hari H, aku sudah bersiap untuk menemani Fatih tes TK. Ternyata memang keputusan tepat aku ikut ke Lampung. Fatihnya rewel banget, mana pas tes kabur keluar ruangan. Duuh ribetnya. Untungnya boleh orang tua menemani, jadilah Fatih saat tes aku boleh masuk ruangan. Tapi, aku duduk di ujung tidak ikut membantu Fatih menjawab tes.

Eiya, soal Kopdar PBA Lampung bagaimana?
Nah, jreeng usai wawancara orang tua, aku langsung ke tempat janjian, yakni Mie Ayam Laziza. Uhuy, aku udah hampir 2 tahun tidak merasakan lezatnya Mie Ayam Laziza. Sampai di sana, suprise ada Fadila Hanum. Awalnya dia agak ragu mau datang karena enggak ada yang nganterin. Makanya pas ketemu duuh senengnya si bumil bisa datang :)

Kopdar Seru PBA Lampung
Diskusi seru PBA Lampung
Sampai di Mie Laziza emang udah lapar. Aku pesan mie ayam dan jus alpokat. Faris dan Fatih juga pesan mie ayam. Ada juga rainbow cake buatan Mbk Fitri Restiana. Rasanya lezat deh, thanks ya, Mbk :) acara santai sambil makan kami berdiskusi. Saat itu aku membawa buku kedua penulis kece badai milik Fadila Hanum dan Izzah Annisa. Aiih, penasaran dong bagaimana kreatifitas Fadila Hanum dalam menulis buku Pahlawan Bumi yang menjadi pemenang buku anak nonfiksi terbaik dalam Islamic Book Fair (IBF) 2016. Hari ini sebenarnya Hanum hadir diacara IBF, namun karena beliau sedang hamil besar, hamil 9 bulan jadi tidak bisa hadir. Tahukah Moms, Hanum menulis buku ini dalam waktu yang singkat banget. Kalau enggak salah 2 minggu loh! Buku ini awalnya pict book tapi menjadi buku nonfiksi setelah berdiskusi dengan penerbit. Naskah aslinya berjumlah 100 halaman. Temanya lagi hits bangetkan? Sesuai dengan program pemerintah yang saat ini mengalakkan diet plastik :) wah, pas banget dong ya buku ini terbitnya, sesuai momen. Lalu, kami jadi kepo deh dapat apa aja hadiahnya ya, Hanum? hihihi.... #emakmatre

Tak ketinggalan gantian Izzah Annisa yang sharing, komiknya Pahlawan Islam menjadi best seller di Penerbit Al Kausar, bahkan sudah cetak ulang. "Bulan Maret mau lauching loh," kata Izzah. Yuk, euy pada datang warga Lampung sambil beli bukunya :) Komiknya sangat bagus buat refrensi anak. Apalagi ilustrasinya lucu dan unik. Ternyata ini buku duet bersama Fajar sahabat SMAnya. Izzah bahkan sudah mengonsep buku ini dengan detail saat dikirim ke penerbit dan bersikeras menjadi buku duet dengan memilih ilustrator sendiri. Lalu, kami bicara membagi waktu menulis dengan bekerja dan anak-anak. Izzah juga seorang ibu bekerja loh, ia guru di SDIT PB 1, keren ya? #nebengkeren ah :)

Penulis PBA Lampung
Mbk Fitri Restiana juga sharing kalau sekarang lagi nulis buku....stt...dengan malu-malu Mbk Fitri terucap nama penerbitnya hahaha.... padahal mau bikin kejutan tuh. Jadilah kami kepo buku apa yang nunggu terbit itu dan bagaimana suka duka menunggu buku terbit lebih dari 2 tahun, duuuh sabar ya, mbk.

Aku juga sharing soal nunggu buku yang lama terbitnya. Bahkan aku punya pengalaman pahit buku yang "gagal" terbit atau memang belum akan diterbitkan karena miskom dan harus rombak total yang bikin aku dan teman duetku mumet berat hahaha...

Usai makan, kami bergerak ke SDIT PB 1 yang sedang ada acara JSIT Wilayah Lampung. Ada berbagai lomba untuk anak-anak. Kami lalu numpang foto di tempat yang disediakan panitia. Cantik banget ya?

Sambil melihat stand di acara JSIT, kami lanjut berdiskusi. Aku bahkan minta tandatangan Fadila Hanum, xixixi dasar asas manfaat ya :) hahaha...kalau buku Izzah udah minta tandatangan. Kami juga bersepakat untuk saling sharing di group tertutup, uhuy rahasia dong ya :) Sapa tahu ntar PBA Lampung akan makin berkembang.

Fadila Hanum sedang memberikan tandatangan :)
Fadila Hanum sedang memberikan tandatangan :)

JSIT Lampung
Acara lomba JSIT Wilayah Lampung di SDIT Permata Bunda 1 Lampung

Ada bazar  buku Komik Izzah Annisa
Semoga ketemu lagi ya teman-teman Penulis Bacaan Anak Lampung :)

Sebenarnya masih pengen banget aku diskusi banyak, sayang Aisyah udah rewel banget. Kayaknya Aisyah mengantuk dan azan dzuhur berkumandang. Aku pamit duluan deh, makasih ya teman-teman sharingnya.Insya Allah makin bersemangat menulis cerita anak yang bermanfaat dan semoga cetar juga ya :)

Tak sabar menyelesaikan draf bukuku, yuk ah Moms, kita menulis :)

23 komentar:

  1. Uhuuuuyy... Keren, keren, kereeeen.... Udah posting aja nih, emak blogger super rempong, ck ck ck... Gesit bener :D

    Moga bisa kopdar lagi kita, yaaa.... Dan moga makin banyak buku2 anak berkualitas yang dihasilkan oleh penulis Lampung ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gara-gara enggak bisa tidur, akhirnya ngetik aja deh :)

      Hapus
  2. Keren ih liputannya lengkap tajam terpercaya (y) hihi mbak says fokus ke foto itu bumil gede banget. Wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iyalah bumil sehat emang ndut hehehe

      Hapus
  3. Bangga banget sama temen-temen. Makasih udah berbagi Mbak Naqi. Keren pisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Alee sudah berkunjung, keren emang PBA memberi semangat buat kami penulis PBA Lampung :)

      Hapus
  4. wah, serunya ya mba Naqi. kita memang harus ttp jadi smart moms, agar rempong tidak membuat ilmu terbatasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mbk, seru abis deh kalo udah ketemu bisa sharing :) alhamdulillah bisa nambah ilmu dan semangat menulis :)

      Hapus
  5. klo di Jepara komunitasnya nulis, msh blm jalan lancar

    smoga diberi kesempatan kopdar lagiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses ya komunitas menulis di Jepara, semoga melahirkan penulis2 yang handal.

      Hapus
  6. asyiiik sama2 penulis kopdar sharing ilmu n pengalaman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mbk senang banget deh rasanya.

      Hapus
  7. Senangnya bisa kopdar. Eh penasaran sama mie lazizanya. Dibikin reviewnya dunk, Mbak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi kemarin lupa foto hahahah...asyik deh Mienya tanpa bahan pengawet :)

      Hapus
  8. Balasan
    1. bangeeeeet, senang kalo ngumpul dan berbagi ilmu :)

      Hapus
  9. suka duka menerbitkan buku ya mbak, sharingyg berguna buat semua ya dari pertemuan macam ini

    BalasHapus
  10. waaahhhhhh..... sayangnya aku nggk bisa ikutan

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...