Jumat, 25 Maret 2016

5 Jajanan Murah dan Lezat di Padang


5 Jajanan Murah dan Lezat di Padang. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, udah lama nih aku enggak ikutan Giveaway. Jadi, pas di beritahu Hairi Yanti, aku jadi pengen ikutan deh. Soalnya ya, makanan di Padang itu hanya ada 2 pilihan. Enak dan enak sekali. Huaah... pada mupengkan ya? Murah lagi euy! Nah, yuk simak ceritaku! Inilah 5 Jajanan Murah dan Lezat di Padang :

1. Kerupuk Kuah

kerupuk kuah dari Padang

Saat aku pindah ke Padang, aku cukup heran kerupuk ini banyak dijual di warung-warung sekitar rumahku. Awalnya tidak tertarik beli kerupuk ini. Tapi, lama-lama penasaran juga karena kerupuk ini unik. Makan kerupuknya dengan diberi kuah sate, cabe giling yang sudah seperti saos dan diberi mie. Rasanya? Enak deh! Apalagi diberi kuah sate yang asam dan pedas. Oh ya, harganya murah loh. Kalau kerupuknya saja harganya hanya Rp. 500,- tapi bila diberi kuah dan mie harganya Rp. 1000,- 


Oiya, karena penasaran, buat kuah sate juga pernah aku tanyakan dengan teman yang asli Padang. Katanya resepnya tinggal beli bumbu khusus kuah sate di pasar. Satu bungkus beraneka ragam harganya. Aku pernah beli sebungkus sekitar Rp. 3000,- cara membuat kuah sate sangat mudah. Tumis bumbu kuning (bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, laos, cabe, iris bawang bombay, lalu campurkan bumbu kuah sate yang sudah jadi. Campurkan tepung beras yang telah diaduk air sedikit saja. Tuang ke bumbu yang sudah ditumis perlahan-lahan, beri daun bawang dan jadi deh!). Mudahkan? Ayo, siapa yang mau beli bumbu kuah sate asli Padang? Hehehe...

2. Lemang
Lemang asli Padang

Jika saat di Bengkulu dan Lampung, mencari lemang hanya terdapat saat bulan ramadhan. Lemang sulit mencarinya. Pernah sih ketemu di Pasar Tengah Lampung. Tapi, tempat lain sulit deh nyarinya. Saat di Padang, aku senang banget. Makan lemang bisa kapan saja. Soalnya, di Pasar Belimbing dekat rumahku dijual sepotong Rp. 5000,- itu irisannya cukup gede loh. Kalau dipotong-potong dapat 5 irisan kecil. Makannya langsung aja atau dengan ketan tapai. Tapi, di tukang sayur keliling, aku pernah beli lemang yang sudah diisi kelapa parut yang dikasih gula merah, satu potong hanya Rp. 1000,- tuh murah banget kan? Asyik deh!

lemang yang isinya kelapa dan gula merah, enak banget deh

3. Lapek Bugih

Ini kue kesukaan ayahku loh. Saat di Lampung, susah makan ini. Huaah lidahku emang pas banget sih ya dengan lidah Padang xixixi...karena sebelumnya aku tinggal di Bengkulu. Makanan ini sering aku makan. Di Pasar Belimbing harganya hanya Rp. 1000,- loh. Ada dua pilihan yang isinya ketan putih dan ketan hitam. Rasanya manis dan gurih. Jadi, kalau ke Pasar Belimbing beli aja, pukul 09.00 WIB sudah ada loh. 


4. Es Tebak


Aku suka minum es tebak ini saat ke ATM BRI. Di samping kantor BRI Pasar Belimbing ada penjual es tebak. Penasaran dengan namanya yang unik, aku mampir dan membelinya. Ternyata emang enak banget! Rasanya manis, agak berbeda dengan es campur. Es tebak ternyata berisi agar-agar, cincau dan tebak yang terbuat dari tepung beras seperti mie putih. Lalu diberi es serut dan susu yang banyak. Wow, nikmatnya minum es saat panas terik xixi...harganya hanya Rp. 5000,- tuuh murahkan ya? :)

5. Lupis

Aku suka makan kue lupis ini. Terbuat dari ketan dan dilumuri gula merah cair. Rasanya enak banget. Biasanya pukul 13.00 WIB ada ibu-ibu yang keliling berteriak, "Kue lapis puluik.." tapi yang terdengar kue lapis pule... hihihi... selalu sekitar jam itu lewat depat rumah. Ibu itu berjualan setiap hari dengan kotak jualannya. Bahkan kalau hujan turun, ia tetap berjualan dengan jas hujan atau payung. Ketika aku tanya, "Bu, anaknya sudah besarkah?" ibu itu bercerita, ia berjualan karena anak-anaknya sudah besar dan kuatir bosan di rumah. Anaknya bahkan sudah berumah tangga dan yang bungsu sudah sekolah SMA. Oh ya, harganya sangat bersahabat hanya Rp. 1000,- per potong kue lupis.

Nah, sahabat Smart Mom, itulah 5 Jajanan Murah dan Lezat di Padang. Ayo, yang akan ke Padang dicicipi jajan ini ya :) selamat menikmati.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Advencious dan JengSri First Giveaway"

10 komentar:

  1. Kerupuk sama es tebak bikin ngilerrrrr

    BalasHapus
  2. enak enak ya mba jajanannya, gak kalah sama jajanan bandung sini

    BalasHapus
  3. Brrrr muantappp semua ini mah juragan.

    BalasHapus
  4. Kerupuk kuahnya uniiiik banget...

    BalasHapus
  5. harganya nyaman bgd di kantong ya mbk,

    BalasHapus
  6. kerupuk mienya aku suka , nyicipinnya di bukittinggi

    BalasHapus
  7. Semoga aja suatu hari nanti bisa ke Padang untuk mencicipi semua makanan khas ini :D Salam kenal mbak Naqiyyah :)

    BalasHapus
  8. nama-namanya aja baru saya denger .

    tapi penasaran sama yang kerupuk itu,
    rasanya gimana ya mba N syam full. hehehe

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...