Kamis, 17 Maret 2016

7 Kelas Menulis Online yang Direkomendasikan



7 Kelas Menulis Online yang Direkomendasikan. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, ada yang ingin belajar menulis? Ini aku rekomendasikan kelas menulis online versi aku. Jadi, maaf jika ada kelas menulis online yang belum masuk dalam list ini ya, soalnya memang yang kutulis adalah yang pernah aku ikuti atau yang aku kenal mentornya :)


Nah, buat yang mau belajar menulis dari ahlinya, yuk, cek dulu kelas menulis online yang pas dan sesuai minatmu :) Inilah 7 Kelas Menulis Online yang Direkomendasikan :

1. Kelas Menulis Winner Class (Mentor : Ali Muakhir)

Kelas menulis ini digawangi oleh Mas Ali Muakhir. Kelas ini pernah beberapa kali aku ikuti dengan berbagai tema. Ada tema membuat konsep buku anak, editing, novel anak dan lainnya. Alumnus kelas Winner Class akan masuk group khusus. Jangan kaget ya, kamu  akan bertemu dengan berbagai penulis udah beken. Yap, di group itu banyak penulis yang sudah TOP deh. Kelasnya berlangsung 2 jam. Biasanya dalam group facebook tertutup. Materi yang disampaikan terstuktur, ada tugas dan ada koreksi dari mentornya. Biasanya, kelas ini menggandeng penerbit. Konsep buku yang sudah acc akan segera ditindaklanjuti penerbit dan akan diterbitkan.Asyikkan? Daftarnya hanya Rp. 200 ribu. 

2. Kelas Menulis Ajaib  (Mentor : Benny Rhamdani)

Kelas menulis ini membuka tema berbagai jenis tulisan. Tapi, aku baru ikut kelas menulis cerita anak dan komik saja. Kelas ini lebih sedikit anggotanya. Mengajak peserta lebih konsentrasi. Mentor akan memberi materi dan peserta mendapat tugas. Dari kelas ini alhamdulillah karyaku pernah di muat di Majalah Ummi :) Daftar di kelas ini Rp. 250 ribu. Alumni kelas ini akan tergabung dalam kelas khusus, kamu akan mendapatkan info yang keren, seperti diajak proyek menulis antologi dan lainnya.

3. Kelas Menulis Kurcaci Pos (Mentor : Bambang Irwanto)



Kelas menulis online ini khusus belajar menulis cerita anak. Dari menulis cerpen tembus Majalah Bobo, dongeng, dan lainnya. Aku gabung di Kelas Kurcaci Pos belajar menulis cernak untuk Majalah Bobo, walau belum dimuat (karena ngantri yang panjaaaang, doakan ya segera dimuat :D ), tapi aku banyak banget belajar terori menulis cernak di sini, sehingga aku banyak memahami mengapa karyaku terasa dangkal dan miskin ide yang cerdas :) Bayar berapa? Sekitar Rp 300 ribu. Ayo ikutan kelas ini. Mentornya asyik banget membimbing penulis dari nol. Dari mencari ide dan mengembangkan cerita. Bagi yang sudah menjadi peserta kelas Kurcaci Pos nantinya akan gabung Rumah Jamur Kurcaci. Infonya segudang deh!

4. Kelas Penulis Tangguh (PT) dan Merah Jambu (Mentor : Nurhayati Pujiastuti)



Awalnya aku bergabung dengan PT 3, di PT aku belajar beraneka tulisan cerpen untuk majalah, koran, resensi, sinopsis skenario FTV, bahasa inggris, picture book dan lainnya. Di PT belajar dengan GRATIS, tapi ada syaratnya. Peserta harus aktif. Setiap minggu ada tugas sesuai kelas menulisnya. Contoh, Minggu pertama belajar menulis Kisah Inspirastif dengan sasaran Majalah Femina, maka peserta akan menulis sesuai tema yang dibuat oleh pj kelas. Apakah pj dibayar? Tidak! Tapi, Insya Allah akan dibayar langsung oleh Allah dengan karyanya dimuat :) karena sudah berbagi ilmu dan saling menyemangati membaca naskah teman-teman. Kerenkan? Bagi kamu yang mau gabung, ikut kelas berbayar saja, Kelas Merah Jambu. Di sini kamu bisa ikutan Kelas Menulis Cerpen Dewasa atau Kelas Menulis Cernak. Bagi yang tidak bergabung di PT kamu tetap bisa dapat ilmu dengan like fanpage dan twitter-nya ya, akan banyak panduan menulis di sana :) GRATIS deh :)

5. Kelas Menulis Novel (Mentor Leyla Hana dan Riawani Elyta)



Aku memang belum ikutan kelas menulis ini. Tapi, Insya Allah kelas menulis ini dijamin halal eh dijamin kamu jadi pinter nulis novel. Kabarnya sih ya dengan harga murah, kamu dibimbing nulis novel dari nol hingga sukses. Kursus Menulis Buku Online ini caranya dapat kamu cek di web SMARTNULIS. Insya Allah lengkap syaratnya. Tapi, bagi yang pengen nulis dengan GRATIS, kamu bisa gabung di Be a Writer (BAW) Community yang didirikan oleh Mbk Leyla Hana dan kawan-kawan. Syaratnya kamu harus aktif karena menggunakan sistem remove bagi anggota yang tidak aktif. Nah, kamu pilih mana ya?

6. Kelas Online KOL FLP

Kelas menulis ini berbayar dengan harga yang beragam. Kadang hanya Rp 50 ribu tapi ada juga hingga ratusan ribu. Belajar apa saja? Menulis cerpen, novel, cerita rakyat dan lainnya. KOL FLP tidak hanya untuk angggota FLP, tapi juga untuk umum. Tapi, bagi kamu yang sudah punya NRA FLP,  maka kamu dapat diskon. Asyik kan? Nah, bagi yang ber-NRA dapat bergabung belajar menulis secara gratis di Wisma Indah Forum Lingkar Pena (Group tertutup di facebook). Wah....seru dong ya :)

7. Kelas Menulis Picture Book dan Novel Anak (Mentor : Ary Nilandari) 



Kelas menulis ini mungkin sudah enggak buka lagi karena Mbk Ary sudah sibuk :) tapi aku masih berharap pengen banget jadi muridnya Mbk Ary. Dulu pernah ikutan kelas menulis Mbk Ary belajar menulis cerita anak dan aku menyesal karena tidak konsentrasi hiks.... kapan ya Mbk Ary buka kelas lagi :( *merayu deh* oh ya, muridnya Mbk Ary tahun ini keduanya menang IBF 2016 loh. Udah tahukan kedua penulis anak itu? :)

Nah, Moms, bagi yang ingin belajar menulis dengan serius, 7 Kelas Menulis Online yang Direkomendasikan di atas semoga bermanfaat ya! Yuk, tetap menulis! :)

52 komentar:

  1. Terima kasih, Mbak Naqiyyah.
    Jadi terharu, nih hehehe...
    Salam semangat menulis, Mbak Naqy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas Baim, kelasnya emang kece badai kok. Mentornya hebaaat :)

      Hapus
  2. Waah ada smart writer..makasih yaa 😀

    BalasHapus
  3. Noted dulu mak, referensi yang bagus :)

    BalasHapus
  4. I am a proud member of Penulis Tangguh! Buah Hati Republika, Gado-gado Femina, Resensi Koran Jakarta, Alhamdulillah ga malu-maluin ibu gurunya :D Tp kontribusi saya masih sedikit dibandingkan temen" lain, ihik :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieee alhamdulillah ya Mbk dapat masuk PT, senang berteman dengan teman-teman yang penuh semangat :)

      Hapus
  5. Thanks, Mbak Naqi.. Smart Nulis diulas juga :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbk, semoga aku suatu hari nanti bisa ikutan gabung :) masih belum fokus nulis novel :)

      Hapus
  6. Makasih infonya, Mbak. Belum ada satu pun yang diikuti. Huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh gpp, kalau bisa belajar menulis otodidak bisa baik malah hemat :)

      Hapus
  7. Bergabung di 3 dari 7 kelas di atas. Pengiiin banget jg berguru sama mb Ary Nilandari. Semoga nanti beliau bikin kelas lagi :D

    BalasHapus
  8. Saking banyaknya kelas menulis, jadi gak bisa ngatur waktu, hahaha...

    Saya pernah ikut kelas menulis di Jonru (tapi itu dulu...) dan Kelas menulis Writing Revolution nya Joni Lis Efendi

    Dan beberapa kelas menulis lainnya yang sudah lupa, hihi...
    Saking banyaknya.

    BalasHapus
  9. Hihihi PT masuuuuk...
    Kelas menulis blog mana mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khusus kelas blog entar tema lainnya :)

      Hapus
  10. Saking banyaknya kelas, jadi gak bisa bagi waktu, hehe...
    Pernah juga saya ikut kelas menulis Writing Revolutin nya Joni Lis Effendi dan SMO nya Jonru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi satu-satu Mbk, fokus satu kelas dulu baru ikut kelas lainnya :)

      Hapus
  11. makasi mba naqy infonya bermanfaat

    BalasHapus
  12. Belum pernah ikut semua. Makasih atas refererensinya mbak. Ntar kl sudah bisa atur waktu, pengem ikutan kelas menulis juga :)

    BalasHapus
  13. Wow... Ternyata Mbak Leyla Hana sama mas Benny Rhamdhani punya kelas menulis yang keren.

    BalasHapus
  14. Terima kasih infonya.. pengen banget ikut kelas menulis online, tp ilmu menulis saya masih nol :( kalau ktmu yg udh mahir jadi malu,hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga bermanfaat ya infonya :)

      Hapus
  15. Makasih informasinya Mbak Naqi ... keren pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas Alee, kelas Winner Class emang oke bingits

      Hapus
  16. dengan semakin masifnya perkembangan informasi dan teknologi, kini jarak sudah bukan menjadi alasan lagi. Ikut kurus jarak jauh melalui media daring (online) sudah semakin diminati termasuk kelas kursus ini. Informasi yang bermanfaat sekali. Izin share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar banget. Sekarang bisa belajar menulis secara online :)

      Hapus
  17. Cerita anak dominan nih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, tahun ini aku fokus nulis cernak. Tapi di PT semua jenis tulisan dipelajari.

      Hapus
  18. Terima kasih informasinya mba, ini bermanfaat banget, kebetulan emang saya lagi nyari kelas menulis yang bener2 serius. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, semoga bermanfaat dan semoga sukses ikut kelas menulis online.

      Hapus
  19. yang paling asik, kelas yang mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelas PT atau MJ dan KP, Nix coba aja

      Hapus
  20. Yuuuk barengan ikut kelas mbk Ary yang entah kapan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mupeng nij belajar lagi dengan Mbk Ary

      Hapus
  21. Mak Naqi tambahin tuh kelas menulisnya mak Achi TM. Nulis skenario. Mantab enan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah ikut? aku belum pernah. Tapi belajar nulis sinopsis di kelas PT

      Hapus
  22. Semua kelas keren-keren. Bikin mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk ayo ikutan belajar menulis.

      Hapus
  23. Wah, keren! Bisa belajar menulis dari banyak guru nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pelan2 Mbk gak sekaligus loh ikut kelas menulisnya.

      Hapus
  24. Info yang sangat bermanfaat,Mbak Naqi. Saya ikut kelas Merah Jambu-nya Mbak Nurhayati. Kelas yang keren :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah alhamdulillah ya senang ikut kelas MJ pasti seru banget

      Hapus
  25. Dari 7 itu, sudah pernah ikut 4. Alhamdulillah .... :)

    BalasHapus
  26. infonya bagus. sama mas ali muakhir saya sekantor, tapi ga pernah belajar nulis, waduhhh... malu aku!

    BalasHapus
  27. bookmark dulu. makasih infonya mbak :)

    BalasHapus
  28. Nice info mbak. Saya jadi tahu ada kelas menulis. ^__^

    BalasHapus
  29. waah... ternyata lumayan banyak ya kelas menulis online. Saya ikutan yg di smart writer. rasanya pengen juga ikut di tempat lain :) makasih infonya ya...

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...