Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Rabu, 02 Maret 2016

Tes Masuk TK : Drama Fatih Menolak Pakai Sepatu dan Kabur Dari Ruangan Tes

Assalamualaikum sahabat Smart Mom, aku mau cerita mengenai pengalamanku menemani Fatih tes TK. Hah? Masuk TK harus tes? Ya, Fatih mengikuti tes masuk TK (Taman Kanak-kanak) karena mendaftar di TKIT Qurata A'yun Bandar Lampung. TK ini adalah TK yang paling dekat dengan rumah kami di Lampung. Hanya jalan kaki saja. Bahkan, dari halaman rumah, terlihat ruangan kelas TK :) Tentu saja saja kami berharap sekali Fatih bisa lulus, walau saat ini kami masih tinggal di Padang. Jauh kan tesnya? Iya, kami masih tinggal di Padang karena mengikuti suamiku yang kuliah di Unand, Insya Allah Juli ini kami akan pindah lagi ke Lampung setelah 2 tahuh di Padang. 

Pulang ke Lampung kami memilih pakai jalur darat, naik Bis Lorena. Jangan ditanya bagaimana rempongnya membawa 3 anak naik bus. Capeknya iya, lelahnya iya, duitnya juga iya hadeeeh.... mana itu AC-nya menguap gimana ampe netes di bangku dan Aisyah yang super rewel, huhuhu...

Kami sampai Bandar Lampung Hari Kamis sore. Masih ada waktu buat istirahat sehari sebelum tes. Aku dan suami mempersiapkan fisik dan emosi Fatih. Maklum perjalanan jauh dan Fatih kerap mengalami tantrum. 


Pada malamnya, Fatih dibelikan sepatu. Fatih memilih sendiri sepatu yang disukainya. Kami cukup lega Fatih mau pakai sepatu. Lah, masa sih ke TK mau tes pakai sendal jepit? Fatih dari Padang enggak mau pakai sendal bagus, milihnya sendal jepit hadeeh...

Pagi menjelma, kami bersiap ke TK Qurata A'yun. Drama pun dimulai. Pagi-pagi, Fatih susaha sarapan, menolak ke TK, enggak mau pakai sepatu hingga hampir tantrum. Dibujuk cukup lama, akhirnya sarapan selesai, diberi pengertian kalau di TK dekat dengan rumah biru, rumah kami yang di Lampung (saat itu kami menginap di rumah kakak di Pahoman), jadi Fatih mulai mau diajak ikut tes.

Saat mau berangkat, Fatih menolak pakai sepatu. Setelah dipaksa baru mau pakai kaos kaki dan sepatu. Sampai di TK, ternyata enggak langsung di tes. Padahal katanya TK dimulai jam 08.00 WIB, tapi kami harus antri. Ujung-ujungnya, Fatih mulai rewel. Fatih merenggek mau main games di Hp. Tidak diberikan, Fatih menolah pakai sepatu. Sepatu dilepas, Fatih masih menangis. Dibujuk mainan saja, Fatih menolak. Aku cuekin aja, aku ajak Aisyah bermain memanjat dan kereta apian, Fatih lama-lama tertarik dan mulai diam. Fatih mulai asyik bermain dengan Aisyah.
Fatih tes masuk TK
Fatih memanjat melihat ke rumah biru :)
Karena tadi pagi, berangkat dengan kehebohan, aku belum sarapan. Perut mulai perih tak tertahan, aku ke kantin bersama Aisyah, Fatih bermain dengan Abinya. Sampai di kantin, penjual banyak pindah ke area bazar. Terpaksalah makan apa yang ada saja, aku membeli cireng rasa kornet dan bakso.

Tak lama, Mbk Maya Uspasari datang bersama Zahra. Wah, happy banget, kami saling melepas rindu. Mbk Maya lagi enggak enak badan tapi menyempatkan diri menemuiku, hiks...jadi terharu. Mbk Maya ini dulunya bendahara FLP Lampung saat aku menjadi Ketua FLP Lampung. Kami sering sharing dalam mendidik anak-anak. Jadinya suka curhat hehehe....
smart mom
Bertemu Mbk Maya Uspasari di kantin

Masih ingin bertukar cerita, tapi Faris anak sulungku menyusul ke kantin karena Fatih kabur dari ruangan tes. Aku disuruh membujuk Fatih. Mbk Maya pun pamit dan aku segera ke ruangan. Aisyah bermain dengan Abinya. Untungnya aku diizinkan masuk. Di ruangan ada 2 guru yang mengetes. Saat Fatih masuk, seorang guru masih sibuk mencari absensi. Fatih dibiarkan main sendiri. Aku dag dig dung... Duuh semoga Fatih mau menurut setelah aku temani di dalam ruangan. Setelah menunggu sekitar 10 menit, Fatih lalu dites oleh seorang guru yang ramah. 

Awalnya Fatih banyak menolaknya. Disuruh menyusun balok Fatih oke, disuruh melempar bola Fatih oke, disuruh menggambar Fatih oke (memang kesukaan Fatih menggambar), disuruh nyanyi Fatih menyebutkan judul lagunya, pengen nyanyi Kasih Ibu, tapi tidak mau keluar suara. Fatih tidak bisa menjawab pertanyaan tes yang begini : "Jika laki-laki sudah besar berkumis menjadi bapak-bapak, maka perempuan sudah besar menjadi....?" Fatih enggak menjawab. 

Ini pengalaman pertamaku menemani anak ikut tes masuk TK. Faris dulu enggak ada tes begini. Saat pindah TK dari TK Baitul Muslim Lampung Timur ke TK Uswatun Hasanah Bandar Lampung, Fatih ditemani Abinya. Lagian, Faris dulu ikut PAUD di Baitul Muslim tempat aku ngajar. Bahkan sejak usia 17 bulan Faris sudah di PAUD jadi permainan edukatif sudah Faris kuasai. Nah, Fatih ini cukup kurang persiapan :( selama di Padang, Fatih hanya ikut PAUD Umum dan sekedar bisa bersosialisasi saja. Tidak diajarkan bentuk, mengenai sebab akibat, bercerita dan lain-lain. Aku jadi sedih..... merasa lalai dengan persiapan ini. Tapi, aku tetap optimis Fatih bisa lulus, hanya beberapa pertanyaan saja tidak terjawab. Aku juga enggak tahu kelulusan dari 100% hasil tes atau ada pertimbangan lain, doakan Fatih lulus ya :)
TKIT Qurata A'yun Bandar Lampung

Sekalian deh aku kasih tahu informasi dalam mempersiapkan anak tes masuk TK perlu diperhatikan hal sebagai berikut :

1. Siapkan fisik anak.
Saat Fatih tes kemarin, Fatih dalam keadaan lelah setelah perjalanan jauh Padang-Lampung naik bus.

2. Sarapan yang bergizi.
Pastikan anak sudah sarapan yang mengenyangkan dan bergizi. Terutama makanan yang disukainya.

3. Siapkan mental anak.
Fatih saat tes masuk TK
Fatih di ruangan  tes masuk TK
Caranya jauh-jauh hari mengenalkan TK yang dituju. Jika ada waktu, ajak anak bermain dan menguasai tempat tes sebelum tes dimulai. Datang lebih awal dan siap bekal agar ketika anak haus atau lapar ada makanan.

4. Pakaian yang nyaman,
Pilih pakaian yang nyaman. Jika diperbolehkan pakai kaos gunakan kaos saja karena tempat tesnya belum tentu ber-AC. Tapi, jika anak sudah biasa pakai pakaian panjang/berkerudung (untuk anak perempuan), silakan gunakan.

5. Berdoa
Bismillah ya Moms, ketika anak masuk ruang tes, serahkan kepada Allah, setelah kita berikhtiar dengan memberikan bekal selama di PAUD atau di rumah, semoga anak kita lulus tes masuk TK.

Itulah pengalamanku menemai Fatih tes masuk TK, semoga Moms lainnya lebih matang mempersiapkan anak-anaknya masuk TK. Semoga bermanfaat! :)


19 komentar:

  1. wkwkwkw....ini anak gemesin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk ya, si Fatih bikin gemes hihihi

      Hapus
  2. Subhanallah, perjuanganmu Mak. Saya baru tau loh kalau masuk TK sekarang pakai Tes juga. Kalau jaman dulu mah abis daftar langsung aja main-main di TK ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istilahnya sih observasi bagaimana kelak mendampingi anak selama masuk TK, tapi tetap aja seperti tes psikologikan? :) deg-degan deh

      Hapus
  3. Gini ya mba yg sering org bilang, anaknya yg tes tp emaknya yg tegang dan super sibuk...hehehe anakku yg cowok masih 1.5 taun ntar jg mengalami yg ginian deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betuuul ortunya yang tegang banget hahaha anak2 kan diajak bermain gak kayak tes banget itu

      Hapus
  4. Saya belum pernah survey ke TK ini nih hehe. Kalau kita mau tau lebih detil soal metode pembelajaran yang digunakan pihak TKnya mau terbuka nggak Mbak? Pas survey PG saya pergi ke beberapa tempat tapi cuma 2 yang mau/bisa kasi penjelasan soal metode, bentuk progress report sampai contoh lesson plannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja mbk, karena aku sudah tahu jadi gak ragu2 sih. kalau enggak diskusi dengan wali murid atau pengurus komitenya jadi ada gambaran, mbk.

      Hapus
  5. Fatih usianya berapa mba Naqi?

    BalasHapus
  6. Dulu Asma gak pake tes pas masuk TK.

    BalasHapus
  7. Sekarang TK pakai tes ya, minimal tes psikologi hehe
    Anakku juga mau masuk TK insyaalloh tahun ini :D

    BalasHapus
  8. berarti kebaikan sama sulungku mbak, waktu pertama kali masuk TK dia gak mau lepas sepatu kaanya takut kotor hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, anakku ini suka ngebolang hihi

      Hapus
  9. wah pakai tes ya? mungkin sekedar mengetahui potensi anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb observasi, tapi karena peminatnya banyak jadi semacam tes juga :)

      Hapus
  10. Daftar TK anak-anak sekarang ini kudu pake test segala yaaa? Hehe. Dulu jaman Intan, belasan tahun lalu, langsung diterima. Hehe.... Jaman telah berubah. Etapi, lihat-lihat TKnya juga kali ya, Mba. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, TKIT banyak peminatnya :)

      Hapus
  11. Baru tahu TK ada tes masuknya. Faiz juga baru tes masuk SD dramanya ada, gemeez banget, tapi akhirnya mau tes, aku gak nemenin dan seneng sekali, tahu klo lulus. Semoga Fatih lulus juga y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, observasi tes psikologinya. Alhamdulillah tadi pengumuman, Fatih lulus. Terima kasih doanya, Mbk.

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...