Senin, 11 April 2016

7 Rahasia ASI Lancar dan Berkualitas


[Parenting] Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, apakabar? Semoga sehat ya. Hari ini aku cerita sedikit mengenai   pengalaman 7 Rahasia ASI Lancar dan Berkualitas. Saat ini, aku memang sedang menyusui untuk anak ketigaku, Aisyah usia 19 bulan. Alhamdulillah Aisyah full ASI tidak pakai susu formula. Ini sudah komitmen aku sejak anak kedua lahir. Aku berusaha untuk tidak memberikan susu formula aku memilih ASI. Yup, cairan istimewa dari ibu yang penuh perjuangan memberikannya. Benaran perjuangan loh, soalnya pastilah ibu menyusui mengalami putin lecet, digigit atau bengkak, benar enggak sih?


Oiya, saat menyusui ini, aku juga kadang-kadang ikutan acara di luar rumah. Aisyah di rumah ditinggal bersama Abinya. Kadang juga dibawa ke tempat acara. Selama acara masih diselingi dengan kegiatan menyusui :) tapi, kalau di rumah gimana? Aku enggak pake ASIP sih, tapi aku siasati dengan makanan dan cemilan. Biasanya aku siapkan Aisyah buah, cemilan dan makan siang. Untungnya, Aisyah suka minum air putih dan jus, jadi aku masih enjoy menitip`kan Aisyah di rumah dengan Abinya tanpa ASIP.


Nah, untuk sehari-hari agar ASI tetap mencukupi, aku mengatur menu sehat untuk menyusui. Inilah 7 Rahasia ASI Lancar dan Berkualitas  :

1. Sayuran
Sebelum nikah, aku susah banget euy makan sayuran. Alhamdulillah bertemu pangeran biru yang doyan banget makan sayuran hahaha...jadilah dulu pengantin baru aku diajak makan sayuran mulu hihihi..... lama-lama baru deh doyan makan sayuran. Oiya, sayuran untuk menambah lancar ASI seperti daun katuk, daun pepaya, dan sayuran hijau lainnya.

2. Ikan
Dulu, sih cuma suka makan ikan kape-kape. Iya, suka banget tuh ikan disantan. Tapi, sejak pindah ke Lampung, enak ada yang jualan ikan itu. Adanya ikan tawar. Lagian dulu kami juga bisnis ikan. Jadilah aku suka akan ikan hehehe.... tapi paling suka makan ikan tawar itu ikan gurami. Dagingnya enak, lembut dan aiiih ngiler deh. Biasanya ikan gurami itu aku bakar dan makan dengan sambal kecap. Yummi...bisa nambah berkali-kali deh hahaha....

3. Buah
Nah, kalau buah lumayan suka deh hehhe....aku suka makan buah pepaya, alpokat, semangka jambu, dll. Biasanya buah pepaya aku potong-potong makan sebelum makan nasi. Kadang juga buahnya aku jus :) lebih sering sih makan buah pepaya karena murah meriah hahaha... oiya, karena banyak makan buah aku juga jadi tahan loh puasa saat hamil Aisyah kemarin :) walau enggak full hingga akhir Ramadhan :)


4. Minum Habbatusauda
Aku rajin minum ini. Alhamdulillah produksi ASIku cukuplah. Aku rajin minum sejak anak pertama. Saat aku menjadi ibu bekerja dan setiap hari memerah ASI, aku juga rajin minum ini. Harganya juga enggak mahal. Masih terjangkaulah :) Ini juga sunnah dari Rasulullah saw loh.

5. Olahraga
Pas aku ngajar dulu, olahraga sih rutin. Setiap Sabtu ikutan senam dengan murid-murid, tapi eh tapi sejak udah resign, senam ini barang mahal hahaha.... seorang penulis mengingatkanku, olahraga itu perlu loh. Cobalah keluar rumah sebentar aja setelah subuh atau sekitar jam 6-anlah, gerak-garak sedikit badan tuh dan hirup udara segar, Insya Allah akan meningkatkan stamina dan menghilangkan stres hehehe... Nah, ini yang belum rutin aku kerjakan. Pernah ikutan senam aerobik, baru sekali kakiku terkilir (bukan karena senam sih), jadi stop dulu deh aerobiknya. Semoga minggu ini bisa ikutan senam lah lagi :)

6. Madu
Ada yang rajin minum madu? Aku ini ya kadang rain, kadang enggak, suka bandel hahaha....tapi eh tapi pas mengingatkan Faris untuk rajin minum madu, aku jadi ingat dan akhirnya minum madu. Tapi, kalau stok di rumah habis, suka lupa beli lagi hahaha.... madu ini bisa menaga stamina ibu menyusui loh. apalagi kalau malamnya begadang. 

7. Jamu
Aku sangat terbantu banget dengan tukang jamu keliling yang lewat 2-3 hari sekali. Awalnya, aku kesulitan juga mencari jamu ini. Bahkan baru tahu ada tukang jamu keliling setelah 40 hari kelahiran Aisyah huaaah...ternyata tukang jamunya emang baru jualan lagi setelah mudik ke Jawa hihihi..... kini aku langganan deh minum jamu.

Itulah 7 Rahasia ASI Lancar dan Berkualitas ala aku. Jangan lupa juga berdoa ya Moms, doa itu akan membuat hati lebih tenang dan produksi ASI menjadi lancar. Lebih mantap lagi jika menyusui sambil membaca ayat suci Al qur'an.  Yuk, Moms, semangat nge-ASI. 


16 komentar:

  1. Dan ga bole banyak fikiran mba mesti Chin Chai mba ^^ jadi ASI-nya banyak keluar deh

    BalasHapus
  2. mbak... ini pengalamanku sendiri lo...eh tapi sdh 17 tahun yg lalu hehehe
    dulu asi saya lancar krn habis melahirkan itu minum sprite, coca cola dan fanta
    bisa jg kratingdaeng...ya seneng aja saya di suruh minum gitu

    tapi selanjutnya saya minum pil daun katuk yg sdh instan
    yg penting memang ibu menysui hrs mengkonsumsi makanan sehat

    jangan tiru saya ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sayang ginjalnya Mbk minuman gitu. Makanya aku memilih yang alami aja dan sehat. Iya ngeri euy mau niru hehehe...

      Hapus
  3. Halo mbak Naqiyyah, saya sudah menulis tentang mu mbak, salam kenal dari Bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mbk, salam kenal dari Padang :)

      Hapus
  4. okay deh...
    di biasakan dari sekarang ^_^
    ..f..

    BalasHapus
  5. ditambah kepedean & sugestiti positif ya mbak. Lancar terus kasih ASInya ya sampai 2 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, Insya Allah sudah ada postifi thinking ya, betul banget deh

      Hapus
  6. waduuhh aku selama hamil gak doyan makan sayur sama sekali, tapi rajin makan buah dan minum madu, semoga nanti ASI lancar dan bisa eksklusif :)

    BalasHapus
  7. Anak kedua sbentar lagi launching nih mba, moga bisa Asi full sperti yg pertama :)
    Aku suka daun paya atau pare dioseng campur rebon, teri tapi dimasak pedes hehe. Olah raga nih yang belum kesampean :))

    BalasHapus
  8. saya ngga sempat minum Habbatusauda mba, karena taunya telat jadi cuma minum vitamin untuk ASI booster :)

    BalasHapus
  9. Dah lama gak minum jamuuu >_<

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...