Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Sabtu, 30 April 2016

Eni Martini : Seorang Wonderful Mom yang Novelis, Blogger dan Mompreneur


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, apakabar semua? Kenalan yuk dengan salah satu sahabat dunia mayaku. Eits, ngaku-ngaku sahabat padahal belum pernah ketemu? Jangan salah,walau belum pernah bertemu, kami selalu dekat di hati, caile...

Bagi yang suka baca novelis romantis, horor tapi kocak, novel tema pernikahan, pasti kenal dong dengan nama Eni Martini. Yup, sahabat yang ingin aku kenalkan ini namanya Eni Martini, seorang ibu 4 anak (Lintang Pijar, Alm Gibran dan Pendar)  yang jago nulis novel.  Lahir di Jakarta pada bulan September, hari ke- 29 pukul 7 pagi. Menyelesaikan pendidikan akademinya di LP3I  Informatika Komputer dan DO di Jurusan Psikologi di Univ Az Zahra. 

Mbk Eni, begitu aku memanggilnya menulis sejak SD dan mulai mengirimkan karya dengan kertas buku sekolah dan dipos dengan perangko. Sayangnya belum dimuat. Tapi, Mbk  Eni enggak menyerah. Ia terus mengirimkan karyanya dan puisi pertamanya dimuat di media tahun 1990. Wow, tahun segitu aku masih sibuk menari, hihihi.... Oia, Mbk Eni menulis belajar secara otodidak loh, tapi dari kecil, ibunya suka mendongeng. Keren kan?

“Aku menulis dari SD, ke media dari SD tapi jelas enggak dimuat karena nulisnya pake pensil di kertas buku sekolah dan diposkan tanpa perangko hahaha.. anak-anak masih naif. Pas SMP baru puisiku dimuat di media tahun 1990. Lupa media apa,honornya 25 ribu buat makan somay bareng teman-teman.”




Aku kenal Mbk Eni di dunia maya sekitar tahun 2010. Kami bergabung di sebuah group ibu rumah tangga. Aku saat itu masih mengajar di SDIT. Aku banyak konsultasi tentang kegalauanku mau resign dan mencoba menjadi iibu rumah tangga penulis saja. Ya, aku banyak konsultasi dengan Mbk Eni loh. Orangnya dengan ramah memberikan motivasi. Kami kian dekat setelah sama-sama hamil berdekatan. Saat aku hamil anak kedua, Mbk Eni hamil anak ketiga alm Gibran. Aku hamil Aisyah anak ketiga, Mbk Eni hamil anak keempat si Ganteng, Pendar. 

Nah, aku juga konstumer langganan di toko buku online Mbk Eni loh. Bukunya bagus-bagus dan pengirimannya cepat. Jadi aku suka deh! Pernah suatu hari, aku dikejak deadline sebuah buku  anak dan aku sangat terbantu dengan buku yang dijual Mbk Eni, apalagi dikirim dengan cepat. Pas butuh, pas ada. Pas juga waktunya, hahaha....

Aku makin akrab dengan Mbk Eni karena satu group di Be a Writer (BaW), Mbk Eni juga salah satu founder-nya loh dan aku sekarang sebagai ketua adminnya. Bedanya, aku belum pernah nulis novel, Mbk Eni udah 25 buku solonya dan beberapa antologi. Ia suka menulis novel karena menurutnya menarik, dapat mewujudkan khalayan melalui tokoh-tokoh yang diinginkan. Novel pertama yang ditulisnya berjudul SEHELAI DAUN KAPUK RANDU tahun 2003. Dari sekian novel yang ditulisnya, novel yang paling berkesan adalah RELASI KATA TANPA RUPA.

"Terkesan karena pada saat itu saya lagi banyak diskusi dengan budayawan-budayawan dengan latar kota Yogya. Novel ini berkesan banget, selain itu juga dilaunching di hari pernikahan saya.”

Waaah, di launching di hari pernikahan? So sweet banget ya? Duuu, jadi iri deh hihihi...

Eni Martini : Seorang Wonderful Mom yang Novelis, Blogger dan Mompreneur

Oiya, selain novel rumah tangga yang romantis, Mbk Eni juga sempat nulis novel horor loh! Novelnya Toilet 105 pernah difilmkan Mplus tahun 2010. Tapi, dinovel horor, Mbk Eni memakai nama pena. Mengapa pakai nama pena? Karena awalnya Mbk Eni enggak suka, tapi diterimanya karena honornya gede! Jadi, Mbk Eni kini balik pakai nama asli Eni Martini di dunia kepenulisan.

Sejak tahun 1990 Mbk Eni suka suka berbisnis buku. Ini karena kecintaannya dengan dunia buku. Menurut Mbk Eni, bisnis buku online  di www.bliblibuku.com. Tips agar bisnis tetap jalan menurut Mbk Eni akan tetap jalan dengan cara :

“Mencintai apa yang kita tekuni, hingga naik turun omzet per bukuan tetap  setia.”

Yup, cinta emang bikin setia ya? Hihihi... by the way, ngomong-ngomong Mbk Eni ini juga jago ngeblog loh. Blognya beralamat www.duniaeni.com dengan niche lifestyle namun lebih ke parenting. Ia memilih niche blog ini karena suka dunia anak-anak dan juga suka pertualangan pribadi dan fashion. Awalnya, Mbk Eni enggak ingin jadi blogger tapi ya nulis aja di blog, lalu ikut event yang sesuai, eeh disebut blogger deh hihihi.... Ah, Mbk Eni ini, wong udah menang loh diberbagai event blog. Baru aktif  tiga bulan sudah banyak menang lomba blog! Wow, supeeer deh!


Ngeblog menurut Mbk Eni banyak manfaatnya, menambah wawasan, silaturahmi dan materi. Iyup, benar banget tuh Mbk, apalagi kayak arisan link ini ya, jadi tahu deh dengan prestasi Mbk Eni yang super kece badai. Enggak ada tips khusus untuk bagi waktu antara ngeblog ol shop dan keluarga. Intinya sih KERJAKAN. Wow, .benar banget sih ya, jangan menunda-nunda waktu.

Mbk Eni emang super kece, seorang Wonderful Mom yang jago mengatur waktu, selain menulis, ngeblog, buka ol shop, namun tak melupakan kebutuhan keluarga.

“Keluarga adalah KOMPAS hidup saya, mengarahkan, menunjukkan dan memberitahu kemana saya harus melangkah dan saat harus berhenti.”'

Eni Martini bersama buah hatinya

Tuh, kerenkan? Mbk Eni sangat care dengan keluarganya. Saat anak sakit Mbk enggak gampang panik. Mbk Eni menguasai beberapa pengobatan herbal dari bapaknya. Tapi, setelah anak ke-3 almarhum, Mbk Eni masih trauma, ada debar dan kecemasan yang tidk medasar kadang menghantuinya.

Ada tips nih jika anak kita sakit dari Mbk Eni :

“Sebenarnya kalo saya kondisi stabil anak sakit biasa saja,diobati sesuai yang diperlukan. Misal, saat deman tinggi, saya beri ASI dan air putih lebih dari biasanya, biar pipis hingga panas turun. Lalu kasih obat herbalnya kalo enggak  jus kurma madu, ya air kelapa madu. Madu saya berikan untuk usia 1 tahun ke atas, di bawah itu ASI saja dan kompres. kalo panas sudah 39 saya kasih penurun panas karena tidak semuaa anak kuat panas atau demam.”

Wah, setuju banget deh dengan pendapat Mbk Eni, seorang ibu memang diperlukan skill untuk memberikan obat yang tepat dikala anak sakit. Buat yang penasaran dan pengen kenal lebih jauh, silakan mampir ke blog Mbk Eni Martini ya.

Yuk, Follow :

Eni Martini
Facebook : Eni Martini
Twitter : @duniaeni 
IG : @duniaeni

12 komentar:

  1. Terima kasih, MBa Naqi..semoga kita terus bisa saling berbagi ya
    oya revisi yang blog competition softex daun sirih aku juara 2 bukan 3 ^_^

    BalasHapus
  2. Hmm sangat inspirasi banget nih mamihnya jadi pengen deh punya mamih yang sangat perhatian, ahi hi hi.

    BalasHapus
  3. Subhanallah, 25 buku solo. Keren Mbak Eni... Mbak Naqi juga keren dg buku antologinya. Semoga bisa ketularan kerennya. Hehe...

    BalasHapus
  4. karyanya sudah banyak ya. salut. dan masih konsisten menulis di blog juga.

    BalasHapus
  5. Suka sama mba eni, produktif banget dan humble banget orangnya ^^

    BalasHapus
  6. Aku malah baru tahu kalau buku mba Eni ini sudah dibukukan. Seru banget pastinya. Aku sekali ketemu eh malah jadi akrab. Hihii

    BalasHapus
  7. dibutuhkan ketenangan saat anak sakit ya mbak, untungnya mbak eni punay ketenangan

    BalasHapus
  8. Mbak eni keren..mbak naqi juga keren. Hebat deh kalian berdua

    BalasHapus
  9. Yang nulis dan ditulis sama sama kerennya

    BalasHapus
  10. Ketemu dengan perempuan yang keren di arisan link ini membuka mataku, agar jangan pernah menyerah dan tetap semangat mengejar karya.

    Keren deh mbak Naqi dan mba Eni, moga makin sukses ya mbak berdua :)

    BalasHapus
  11. Wah, sosok yang sangat menginspirasi.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...