Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Sabtu, 02 April 2016

Fakta Unik dan Manfaat dari Makanan-makanan Indonesia

Fakta Unik dan Manfaat dari Makanan-makanan Indonesia


Assalamualaikum sahabat Smart Mom. Ada yang suka makan sambal? Orang Indonesia pada umumnya sangat lazim mendengar dan mengkonsumsi makanan-makanan tradisional dengan sambal pecel sebagai salah satu komponennya. Keberagaman suku bangsa yang ada di Indonesia juga berdampak pada keanekaragaman kuliner, buktinya makanan tradisional yang disebut ketoprak, nasi pecel dan gado-gado masing-masing menggunakan sambal yang sama namun memiliki keistimewaan dan berasal dari daerah yang berbeda. Berikut adalah fakta unik dari makanan-makanan tersebut :


Ketoprak

Nama makanan ketoprak ternyata berasal dari bunyi yang dihasilkan dari jatuhnya piring, yaitu “ketuprak”, sehingga kemudian dinamakanlah makanan ini menjadi ketoprak. Wah, aku baru tahu loh :) Kuliner ini merupakan makanan tradisional dari Jawa Tengah dengan bahan-bahan dasar seperti sayur-sayuran, ketupat, tahu serta bihun dan tauge.

Nasi Pecel

Sedangkan Nasi pecel adalah makanan tradisional khas Madiun Jawa Timur. Bahan-bahan dasarnya yaitu bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi dan sayuran-sayuran lain yang direbus terlebih dahulu dan kemudian diberi topping dengan sambal kacang. Yang unik dari penyajian nasi pecel ini adalah ditambah dengan kerupuk renyah atau disebut rempeyek yang  dijamin crispy dan bikin ketagihan.

Gado-gado

Gado-gado adalah makanan khas dari betawi, yang asal-muasal katanya masih belum bisa dilacak. Uniknya kata gado-gado sering digunakan dalam kalimat sehari yang diartikan campur aduk. Perbedaan gado-gado dengan ketoprak dan nasi pecel terletak pada sambal pecel, karena sambalnya tidak menggunakankencur, disamping itu, gado-gado juga memiliki bahan tambahan seperti telur, tahu, tempe serta lontong.

Bumbu pecel, foto dari sini

Selain fakta unik di atas, ketiga makanan tersebut sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan bagi orang  yang mengkonsumsinya yaitu:

1. Kandungan kacang tanah yang terdapat di masing-masing makanan berfungsi untuk mengatur gula darah, mencegah batu empedu, depresi serta dapat meningkatkan daya ingat bahkan dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kacang tanah mengandung lemak, protein, karbohidrat serta vitamin

2. Sayur-sayuran yang digunakan banyak mengandung vitamin dan zat besi, magnesium dan zat kapur serta fosfor yang bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan.

•  Kangkung
Sayur Kangkung mengandung vitamin A, vitamin B1 serta vitamin C, protein kalsium danfosfor serta zat besi. Kangkung berfungsi sebagai anti racun.

• Touge
Sayur ini berfungsi mencegah osteoporosis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh danfungsi lainnya adalah dapat mencegah kanker payudara dan diyakini dapat meningkatkankesuburan.

Kol
Kol atau biasa disebut sayur kubis merupakan anti kanker dan menghambat pertumbuhan tumor, karena mengandung senyawa sulforaphane dan I3C.

3. Tahu juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh dan menariknya lagi terbukti dapat mencegah kanker payudara, karena tahu mengandung estrogen. Kandungan lain yang terdapat dalam tahu adalah protein, lemak, karbohidrat, kalium dan kalsium (yang berfungsi untuk kesehatan tulang) serta beberapa vitamin lainnya.

4. Cabe rawit yang menjadi campuran dalam sambal kacang ini merupakan antibiotik, yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti diabetes serta kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan dan menurunkan berat badan.

Ternyata makanan tradisional Indonesia yang bias dijumpai di pinggir-pinggir jalan dengan harga yang relatif murah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Di samping kaya dengan cita rasa sayuran yang beranekaragam ditambah dengan rasa sambal pecel dengan sensasi tekstur kacang dan rasa pedas cabe rawit, kuliner Indonesia yang sedap ini juga bisa mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, tumor, diabetes dan penyakit tulang.

Nah, sahabat Smart Mom, di akhir pekan ini boleh dong dicoba masak sendiri makanan tradisional Indonesia. Jika belum bisa boleh mencari info dari internet loh. Yuk, memasak!

7 komentar:

  1. Ketoprak belum pernah nyoba >.<

    BalasHapus
  2. Pernah waktu beli pecel trus minta pakai telur eh diketawain sama yang jual. Katanya pecel kok pakai telur :(
    Kzl diketawain :p

    BalasHapus
  3. allhamdulillah, ga sia2 juga gemar makan tahu hehe. meski ga setiap hari, tapi lumayan buat mencegah kanker (beneran) dan kantongkering :D

    BalasHapus
  4. wah, ini semua saya suka

    cuma perlu dikurangi dulu makannya sekarang, terutama gado2 krn pake bahan yang masih mentah

    BalasHapus
  5. ahhh makanan diatas paporitku semuaa

    kalo di sunda mah ada lotek

    BalasHapus
  6. Aku baru tahu asal mula nama ketoprak mak hahahhaa
    Sering makan sih tapi gak begitu suka, favoritku tetep pecel mak

    BalasHapus
  7. makanan indonesia berbagai macam ya mbak... dan khasiatnya pun bnyak juga, bangga bisa jadi orang indonesia.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...