Selasa, 05 April 2016

Tips Membuat Menu Makanan Anak yang Bergizi


Tips Membuat Menu Makanan Anak yang Bergizi. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, setiap pagi pasti menyiapkan makanan untuk anak kan? Entah buat sarapan atau buat bekal. Pasti mikirin nih, apa aja yang akan disiapkan. Apalagi soal gizi harus seimbang. Moms, perlu diketahui bahwa kebutuhan gizi berbeda loh dalam tingkatan umur. Misalnya, untuk anak usia 1-3 tahun memerlukan 1.000 Kalori per hari dengan kebutuhan protein sebanyak 25 gram. Lalu, untuk anak usia 4-6 tahun, memerlukan 1.550 Kalori per hari dan memerlukan sebanyak 39 gram proterin per hari.


 Wah, gimana ya mengatur menunya? Enggak usah pusing gitu Moms, untuk mengatur makanan yang memenuhi standar gizi, Moms hanya perlu membuat pola makanan yang sehat. Caranya, Moms perhatikan menu makanan anak yang bergizi. 

Berikut Tips Membuat Menu Makanan Anak yang Bergizi :

1.Perhatikan Aneka Ragam Makanan
Perhatikan menu makanan yang beragam ya Moms, agar anak tidak bosan. Setiap hari bervariasi. Jika diperlukan, buat daftar menu makanan. Dapat dibuat daftar menu makanan untuk 7 hari atau 10 hari. Tergantung kebutuhan keluarga.  Moms, juga dapat menyiapkan makanan kegemarannya, perlu juga ditanyakan, agar anak makan dengan semangat.

2.  Ragam Karbohidrat.
Moms, tak perlu kuatir jika anak lagi mogok makan nasi. Perlu diketahui, makan bukan berarti harus makan nasi loh. Anak-anak perlu juga dikenalkan makanan selain nasi. Moms dapat selingi dengan roti, jagung atau mie. Nah, biar sehat, mienya bisa buat sendiri loh :)

3. Cek KMS
Jika terkontrol Berat Badan (BB) anak dengan asupan gizi yang seimbang atau belum. Moms dapat mengecek dengan menimbang Berat Badan (BB), tinggi badan/panjang badan (TB?PB) dan panjang tungkai. Cek dengan grafik Kartu Menuju Sehat (KMS). Jika kesulitan datang ke Posyandu, ke Bidan atau ke Dokter, Moms dapat melakukan sendiri dengan mengecek di KMS Online loh.

4. Hindari MSG
Moms, perlu banget mengetahui bahwa MSG (Monosodium Glutamate) dapat menganggu menganggu jaringan otak. Jangan kuatir masakan jadi tidak lezat, MSG dapat diganti dengan penyedap rasa alami, seperti  kaldu ayam atau sapi, ebi, bawang putih, udang, teri gula pasir, atau sosis sapi. Mudahkan?

5. Minum Air Putih
Moms, perlu diajarkan kepada anak-anak untuk rajin minum air putih. Air putih bagus buat tubuh, kecuali untuk anak di bawah usia 6 bulan. Anak usia 0-6 bulan sebaiknya hanya diberi Air Susu Ibu (ASI). Agar anak menyukai minum air putih, Moms dapat membelikan gelas khusus atau bergambar yang menarik, sehingga anak tertarik untuk minum air putih.

Seorang teman bahkan membuat list berapa banyak dia minum setiap hari. Jika sudah minum segelas, maka ia menbuat garis lurus seperti lidi, jika sudah sampai 8 gelas, ia mencoret garis tersebut. Wah, perlu dicoba ya, Moms?
 
Contoh Menu Sehat Untuk Anak yang Bergizi bisa dilihat di breaktime.co.id


Menjadi ibu memang sebuah pengalaman yang unik, setiap hari akan terus bertambah pengetahuan. Sebagai ibu yang baik, tentu akan terus belajar memperbaiki diri. Jika capek dan lelah, jangan dipaksakan untuk mengerjakan semua pekerjaan domestik ya Moms, beri waktu untuk diri sendiri. Moms bisa membaca buku atau berselancar ke internet. Contohnya, Moms bisa berkunjung di website breaktime.co.idDi sini, Moms dapat informasi yang banyak mengenai kesehatan, kisah perjalanan, kuliner, hiburan, fashion dan lainnya. So, Moms akan lebih rileks menghadapi hari-hari yang sibuk.

Nah, Moms itulah Tips Membuat Menu Makanan Anak yang Bergizi, semoga bermanfaat ya! Selamat membuat menu yang sehat!

18 komentar:

  1. minum air putih emang bener banget. kadang ada juga anak kecil yang gak suka dikasi air putih, maunya es dll. Makanya harus diajar sejak kecil hehe. oya salam kenal ya kak follbacknya di G+ yak hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal, Mbk, Inysa Allah main ke blognya :)

      Hapus
  2. Anakku rada susah makan ini mbak... sampe capek kalo ke dokter pasti yg diceramahin berat bdn dia yg ga sesuai ama umur -__-.. udah dicoba berganti menu, udah ditanya mau makan apa, tetep aja berat bdannya susah naik.. ga ngerti deh aku.. apa mungkin ga sih turunan dari aku, yg memang badanku sndiri susah bangetttt gemuknya.. itu padahl baby sitter yg aku pake utk anakku, udh jago masak.. tapi tetep anakku ini yg susah ngabisin makanannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ke dokter ahli gizi, mbk? Bisa jadi ada gangguan pencernaannya, Coba dicek up aja dulu. Semoga BBnya lekas menaik. Tapi, jika anak tetap lincah dan segar, Insya Allah gpp loh

      Hapus
  3. nah, aku jarang cek KMS...taunya nimbang aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya karena BB udah bagus gak ngecek KMS :)

      Hapus
  4. Makanan bergizi sudah menjadi kewajiban bagi anak-anak ;)

    BalasHapus
  5. Iya Mba Naqi, kalau ga pake catetan mingguan or bulanan kadang suka bingung mau masak apa lagi. Huhuhuhu sampe cookblock gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya ya Mak, maklumlah rempong lupa mau masak apa aja, ke pasar suka bingung juga mau beli apa aja hahaha...

      Hapus
  6. aku seringnya masak, masak aja, mba Naqi..ga nakar berapa2 kalorinya wkwkkw (emak-emak asal ini mah ah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya ya Mbk, karena jarang banget ditimbang dulu en dicek dulu hhihi...ayolah yang penting masak bergizi :)

      Hapus
  7. *salah fokus* itu makanannya bikin ngiler deh Mbak..

    Huaaahh, makan saya belakangan mulai nyerah dgn Faraz yg malas makan, tp klo lihat Ibu2 yg gigih ngurus makan anaknya, saya jg jadi gak mau kalah, harus banyak stock sabarnya biar anak jd mau makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo semangat Mbk, yuk dicoba lagi masaknya hehhee, betulharus bersabar dalam mencari selera anak dan pas

      Hapus
  8. nah, makanan yang mengandung MSG itu emang harus dihindari. jadi kalau buat makanan untuk anak ya diusahakan jangan pake MSG deh..MSG itu ndak Toyib, g baik buat kesehatan

    BalasHapus
  9. wahhh bener nih, untuk anak mah jangan coba-coba #eh
    jangan dibiasakan pake MSG deh pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, Mbk, inginnya enggak pakai MSG deh ampe besar :)

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...