Kamis, 02 Juni 2016

Ade Anita : Blogger dan Novelis yang Cinta Keluarga

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Awal Bulan Juni ceria, aku mau mengajak teman-teman berkenalan dengan Blogger Cantik, humoris, berprestasi dan seorang novelis juga loh. Aiih paket lengkap deh! Ayo tebak siapakah dia? Yap, namanya Ade Anita. Aku kenal Mbk Ade sudah sejak aku awal-awal punya akun facebook. Kami bertemu dalam berbagai audisi buku antologi, bahkan pernah pernah satu buku antologi, contohnya di buku Berjuanglah, Bunda Tidak Sendiri.

Ade Anita : Blogger dan Novelis yang Cinta Keluarga
Ade Anita : Blogger dan Novelis yang Cinta Keluarga

Mbk Ade ini suka ngeblog sejak tahun 2012. Saat itu karena Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) memberitahu akan mengadakan ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013. Kebetulan, Mbk Ade sudah punya blog sejak tahun 2008, tapi selama itu hanya dibuat untuk eksternal hard disk atau menyimpan foto dan dokumentasi tulisan saja dan disetting privat.  Gara-gara membaca pengumuman itu, Mbk Ade langsung membenahi blognya.

“Aku isi dengan tulisan yg bisa dibaca oleh umum sampe 10 artikel. Kan syarat buat ikut ajang itu usia blog lebih dari 3 bulan dan berisi lebih dari 10 tulisan. Abis itu aku daftar ajang SB itu. Aku masih gaptek. Gaptek banget. Itu modal nekad banget ikutan. Sambil nunggu seleksi aku bahkan ikut lomba blog. Ini pertama kalinya aku ikut lomba blog. Yaitu pojok pulsa. Pas daftar, ada pertanyaan alamat URL. Aku karena gaptek ngisi dengan alamat rumahku. LENGKAP. Pake RT RW dan kode pos malah. Hahahahahha....

Nah, lucu ya, Mbk Ade? Hihihi...


Mbk Ade  suka nulis sejak kecil. Menulis baginya adalah sebuah pembiasaan yang memudahkan untuk belajar beraneka raga. Apalagi Mbk Ade menderita disklesia.  Mbk Ade  kecil enggak bisa baca nulis berhitung karena tidak bisa membedakan konsep arah kiri kanan “Memori jangka pendekku juga payah. Nah... menulis itu adalah solusi utk mengatasi hal ini.” Ujar Mbk Ade.

Mbk Ade, ibu tiga anak yang masih awet mudah ini suka menulis apa saja.  Menurutnya, enggak ada jam khusus. Kapan dan senyamannya saja menulis. Kece kan? Padahal, kegiatan Mbk Ade sehari-hari padat juga loh!

Selain ngeblog, Mbk Ade juga nulis novel. Novel terbarunya berjudul Yang Tersembunyi di Sudut Hati.  “Awalnya buat ikut lomba Republika. Tapi kalah, lalu diedit lagi untuk lomba DKJ eh kalah lagi...hehehe.. ya sudah aku edit lalu aku kirim ke Quanta. Terbit Alhamdulillah,“Kata Mbk Ade.

Novel ini sengaja bersetting Sumatera Selatan karena Mbk Ade selalu rindu kan kenangan masa kecil. Lagi pula, Mbk Ade sangat paham dan budaya Sumatera Selatan, makanya Novelnya ini lokalitas banget deh! Penasarankan novelnya? Tokoh dalam novel ini terinspirasi dari kisah nyata. Orangnya benaran ada. Tapi, karena novel ini fiksi, maka Mbk Ade memberikan sentukan imajinasi.

Novel Ade Anita bersetting Sumatera Selatan

Dalam mendidik anak, ternyata Mbk Ade enggak me. maksakan loh anaknya suka menulis juga. Tapi, si bungsu Hawna memang suka menulis. Bahkan Hawna sudah menulis novel, tapi karena masih suka-suka, ya belum selesai hihi... gak apalah ya Hawna, itu saja sudah sangat hebat loh! Keren deh!

Bagi Mbk Ade, ngeblog dan nulis novel itu beda. Keduanya memiliki sensasi yang beda. “Ngeblog kita bisa nulis sesuka kita tapi gak boleh beriimajinasi yang bablas. Lalu, di Novel kita bisa nulis imajinasi sebablas apapun tapi gak boleh nulis pendek. Keduanya sama asyiknya.

Ngeblog dan menulis novel, keduanya membutuhkan sosial media (sosmed). “Blogger itu, ketika ngeblog kita sendirian sih. Tapi ketika meng-share-nya kita butuh pembaca dan media sosial menyediakan itu. Bagaimana cara memaksimalkan sosmed untuk penunjang blogger dan nulis novel? Aku lebih memandang bahwa media sosial itu menyediakan banyak calon pembaca tulisan kita. Ngeblog atau nulis novel sama-sama butuh pembaca.” Jelas Mbk Ade.

Wah, tuh jadi benarkan pandai-pandailah memanfaatkan sosmed hihi... Selain menulis novel YTSH dan lukisan hati (keduanya bersetting Sumatera Selatan). Mbk Ade juga menulis beberapa buku kumcer kisah inspiratif yang ditulis berdua suami, yaitu Selamat Malam Kabutku Sayang dan Cinta Bintang Kejora.

Ade Anita diberbagai media massa

Oiya, Smart Mom, Mbk Ade juga kaya prestasi dibidang ngeblog dan kuis. Berbagai lomba sudah diikutinya. Tapi, Mbk Ade dengan rendah hati tak menganggap berlebihan prestasi yang sudah ada.

Prestasi Mbk Ade Anita di dunia kepenulisan dan blogger :
  1. 50 Besar Srikandi Blogger versi Kumpulan Emak Blogger Tahun 2014
  2. 10 besar tulisan favorit dalam lomba blog Tempat makan yang diadakan oleh BPI Street Directory 2012  
  3. Pemenang Utama di lomba blog kisah-kisah Ramadhan yang diadakan oleh Pojok Pulsa tahun 2012 
  4. Pemenang utama (juara 1)  Kontes Menulis “Blog Sebagai Media Informasi HIV dan AIDS”  2012
  5. Juara 3 lomba 8 minggu nontstop ngeblog  bersama anging mamiri tahun 2013. 
  6. First runner up lomba blog #antimiras 2013 yang diadakan oleh Gerakan Nasional Anti Miras 
  7. Juara Favorit lomba blog tentang Museum Nasional 2014 
  8. Juara 2 lomba blog iB blog competition 2015 Periode 2, 2015, yang diadakan oleh Aku Cinta Keuangan Syariah
Mbk Ade Anita di acara jumpa blogger :)

“Prestasi tertinggiku adalah ketika aku berhasil memenangkan pilihan untuk memilih anak-anak dan suami ketimbang tawaran uang agar bisa meliput sesuatu. Kenapa? Karena anak dan suami adalah sumber inspirasi tulisanku. Aku lebih merana pasti jika aku sampai kehilangan sumber inspirasiku itu.”

Wah, betul juga ya. Kita harus selektif pemilih kegiatan dan tidak bertabrakan dengan jadwal keluarga, sepakat deh Mbk Ade hehe...
Nah, Mbk Ade yang  blogger dan novelis ini memiliki harapan, “Aku ingin suatu hari memenangkan sebuah lomba dimana aku bisa bertemu dengan president RI ketika menerima hadiahnya. Lalu diwawancara oleh Kick Andy karena tulisanku itu.”
Ade Anita dan keluarganya yang harmonis :)
Semoga saja harapan Mbk Ade akan dikabulkan oleh Allah ya, yuk kita ikutan mendoakan. Nah, sahabat Smart Mom, demikian ceritaku mengenai Mbk Ade Anita seorang Blogger danNovelis yang Cinta keluarga. Semoga kisah di atas menginsirasi kita semua. Ingin kenalan lebih lanjut yuk, kepoin facebook, blog, IG dan twitternya :)

Facebook : Ade Anita
Twitter : @adeanita4
IG: @adeanita4
Blog : http://www.adeanita.com/ 


12 komentar:

  1. semoga mimpi mbk Ade menang lomba yg hadiahny ketemu presiden dan diwawancara kick andy trkabul. amiin

    mbak Naqi, kren ulasannya (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin doanya ya. Terima kasih menyukai ulasanku.

      Hapus
  2. Mba Ade ini mantap ya. Selain berprestasi bagi dirinya sendiri, juga mengoptimalkan bakat anaknya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mbk, sepakat aku. Keren mah.

      Hapus
  3. Mba Ade emang asyik diajak ngobrol ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, beruntung udah pernah ketemuan ya, Mbk.

      Hapus
  4. Ya ampun mba ade ini keren banget banyak yang bisa dibahas dan selalu keren. mba naqy hebat ih ulasanya, keren juga mba naqynya

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...