Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Kamis, 30 Juni 2016

Indahnya Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat
Sore itu kami sekeluarga sengaja datang ke Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar). Sudah hampir dua tahun kami tinggal di Padang. Masjid ini menjadi magnet tersendiri untuk terus kami kunjungi. Tempatnya yang luas, indah, bersih dan arsitekturnya indah sekali. Kenapa bentuknya lebih tinggi dan banyak besinya? Ternyata, masjid ini belum selesai dibangun. Dua tahun lalu malah masih belum ada tamannya. Sekarang jauh lebih cantik dan ada lampu yang terang di atas kata Masjid Raya Sumatera Barat. 

Masjid ini juga disiapkan untuk jaga-jaga sebagai tempat pengungsi. Sudah tahukan kalau Sumbar rawan dengan bencana alam, seperti gempa, angin kencang, hinga tsunami. Nah, untuk itu masjid ini dibangun dengan kokoh dan sangat luas.

Satu yang perlu teman-teman ketahui, di Sumbar, masjid menjadi tempat yang akrab dengan anak-anak. Setiap seminggu sekali anak-anak wajib mengikuti didikan subuh. Setiap anak SD belajar mengaji setelah subuh hingga matahari meninggi, sedangkan untuk remaja setiap malam Jum'at. Mereka diajarkan berpidato, membawa acara (MC), mengaji, dan lainnya.

Berdasarkan pengamatan, pengalaman dan mencermati itu, membuat aku tidak percaya kalau Kota Padang menjadi kota peringkat kedua terendah sebagai kota tidak Islami versi penelitian yang dilakukan oleh Maarif Institute tentang Indeks Kota islami (IKI). Melalui tulisan ini, aku ingin mengatakan bahwa di Sumbar atau di Padang khususnya adalah kota Islami dan sangat menghidupkan masjid.

210 kata


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis : 1001 Kisah Masjid 




8 komentar:

  1. woww... masjidnya indah banget mba... Alhamdulillah ya jika ada keg di masjid utk anak2, sehingga anak2 akan mencintai masjid

    BalasHapus
  2. Indahnya...pingin banget kesini^^

    BalasHapus
  3. Bagus banget ya mak masjidnya.. kereeen...

    BalasHapus
  4. Subhanallah bagus banget masjidnya. Bagian dalamnya kayak gimana Mba?

    BalasHapus
  5. itu teh masjid? KEREN BANGET! hwuidihhhh baguuuuus masjidnya. Saya suka masjid yang menerapkan desain lokalnya. Alih-alih bikin masjid berkubah kayak di mekkah, ini masjidnya Padang banget ya. Bagus ih! suka lihatnya.

    BalasHapus
  6. Baru tahu kalau ada masjid seperti itu di Padang. Wajib datang nih, kalau mampir ke Padang

    BalasHapus
  7. MasyaAllah... indah sekali masjidnya..

    BalasHapus
  8. Saya sudah datang ke sini dan membaca tulisan ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut meramaikan Lomba Menulis : 1001 Kisah Masjid di blog saya
    Semoga sukses.

    Salam saya

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...