Selasa, 02 Agustus 2016

Pentingnya Stimulasi Permainan Untuk Bekal Masa Depan Anak




Assalamualaikum sahabat Smart Mom,
Saat aku mengetahui aku hamil anak kedua, hatiku senang sekali. Maklum jarak kehamilan dengan anak pertama cukup jauh,  5,5 tahun.  Lalu, aku mulai mempersiapkan segala sesuatunya. Jika anak pertama dulu ilmuku belum banyak. Saat hamil anak kedua, aku banyak membeli buku bertema parenting  dan kehamilan.  Maka, mulailah aku mempersiapkan nutrisi untuk ibu hamil dan menstimulasi janinku.


Dari buku yang aku baca,  stimulasi anak sejak kandungan dapat beraneka ragam, seperti menjaga keimanan, menjaga hati, menjaga sikap dan perbuatan, jaga asupan makanan, dan lainnya. Menurut F Rene Van de Carr, M.D dkk dalam buku Panduan Terlengkap Kehamilan Muslimah (2010) mengatakan ada beberapa yang berkenanan dengan pendidikan anak pra lahir, yakni :
  1. Ada suatu masa kritis dalam perkembangan bayi yang dimulai pada sekitar lima bulan sebelum dilahirkan hingga berusia dua tahun ketika lahir. Stimulasi otak dan latihan- latihan intelektual dapat meningkatkan kemampuan bayi.
  2. Stimulasi pralahir dapat membantu mengembangkan orentasi dan kefektifan bayi dalam meningkatkan kemampuan.
  3. Bayi-bayi yang mendapatkan stimulasi pralahir lebih mampu mengontrol gerakan-gerakan mereka dan lebih siap untuk mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan setelah dilahirkan.
  4. Para orang tua yang mengikuti program pendidikan pralahir mengatakan bahwa anak mereka lebih tenang, waspada dan bahagia.


Bagi seorang muslim tentu menyadari bahwa sejak lima bulan atau setara dengan 20 minggu, Allah telah meniupkan ruh pada janin (usia kandungan 4 bulan). Di saat itu, indera pendengaran anak sudah berfungsi dan juga perkembangan otaknya yang bertambah sempurna. Hal ini dijelaskan dalam Qu’an Surat As- Sajdah : 9 yang artinya : “Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam tubuhnya ruh ciptaan-Nya dan Dia menjadikan bagikamu pendengaran, penglihatan, dan hati, tetapi kamu sedikit sekali bersyukur.”

 Beberapa stimulasi yang dapat dilakukan kepada janin saat mengandung adalah  :
  1. Membelai lembut perut sejak hamil, setiap ada adzan berkumandang, sampaikan waktu sholat.
  2. Memperdengarkan musik dan membaca Al Qur’an.
  3. Membaca buku sembari mengelus perut.
  4. Tempelkan senter ke perut ibu lalu gerakan cahaya dari senter ke kiri dan ke kanan, maka janin akan bereaksi dengan melakukan tendangan ketika mendapatkan cahaya tersebut.

Saat Fatih anak keduaku lahir, aku telah mempersiapkan stimulasi yang tepat untuk perkembangan otaknya. Salah satunya aku memberikan ASI. Saat itu aku masih bekerja menjadi guru. Aku menyiapkan ASIP (Air Susu Perah). Saat bekerja aku membawa peralatan tempur ASIP. Alhamdulillah Fatih berhasil mendapatkan ASI selama 2 tahun.  Saat menyusui aku mengajak Fatih bercakap-cakap sembari mengenggam tangannya, lalu mataku menatap matanya. Kami saling berbahasa cinta. Aku juga membelikan Fatih buku cerita dari kain yang dapat diremas dan berbunyi. Fatih bayi juga senang sekali mendengar musik.


Saat masuk perkenalan MPASI, aku menyiapkan MPASI buatan aku sendiri. Sebelum bekerja, aku telah menyiapkan MPASI ke dalam dua wadah, yakni untuk pagi dan siang. Aku titipkan kepada pengasuh untuk memberikan MPASI buatanku tanpa MSG. Fatih lalu kukenalkan dengan berbagai sayuran, buah sesuai tahapan tekstur MPASInya.

Sekotak Susu Morinaga Chil-Go!

Saat ini Fatih sudah berusia 5 tahun. Beberapa waktu yang lalu kami mendapatkan kiriman susu Morinaga Chil-Go! sebanyak 1 kotak dengan 3 rasa, yakni coklat, stroberi dan vanila.  Fatih senang sekali minum susu Morinaga Chil-Go!  rasa coklat.

Susu Morinaga Chil-Go! Memiliki banyak manfaat, yakni :

1. Mengandung Prebiotik Inulin 100 mg
Prebiotik ini adalah makanan bagi bakteri baik dan serat pangan untuk membantu kesehatan pencernaan.

2. Mengandung Zinc
Zinc dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

3. Tinggi Kalsium
Membantu pembentukan tulang dan gigi.

4. Mengandung Vitamin A, C dan E
Vitamin ini dapat melindungi sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.


Susu Morinaga Chil-Go!  Cair sangat mudah dibawa kemana saja, sehingga tak perlu repot. Aku pun tak segan mengabadikan kegiatan Fatih bermain dan meng-share fotonya di Instagramku. Suatu hari aku di-mention oleh Ria Mirianda untuk mengikuti program Bekal Masa Depan Chil-Go! Wah, aku jadi penasaran dan tertantang, aku segera melakukan pendaftaran. Sebelumnya, aku sudah memang sudah membuka www.bekalmasadepan.com. Di sana aku mendapat banyak informasi mengenai stimulasi dan ide kreatif untuk mengembangkan Kecerdasan Majemuk sehingga diharapkan si Kecil dapat tumbuh menjadi Generasi Platinum yang multitalenta.


Untuk itu aku merekap apa saja sih Kecerdasan Majemuk?  Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) adalah kecerdasan yang mencakup banyak bidang dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada 8 tipe kecerdasan yang umumnya digunakan, yaitu kecerdasan Linguistik, Logika Matematik, Musikal, Kinestetik, Visual Spatial, Interpersonal, Intrapersonal dan Naturalis.

Berikut 8 Kecerdasan Majemuk :

1. Kecerdasan Linguistik
Cirinya antara lain kemampuan  berbahasa anak yang sangat baik. Anak senang mendengarkan cerita dan bercerita. Anak mampu mengingat nama benda dengan baik, suka bermain teka-teki dan menyusun huruf dan mampu menuangkan ide secara rinci dalam bentuk tulisan yang kreatif.

Stimulasi
  1. Ajak anak mendongeng dan bercerita dengan boneka tangan atau media lainnya.
  2. Buat permainan sederhana seperti dari kardus sebagai rumah boneka.
  3. Jika anak sudah bisa membaca, ajak anak menunjukkan kemampuannya itu.


2. Kecerdasan Logical Matematik
Cirinya antara lain anak pandai berhitung, mudah memahami angka. Anak cepat memahami konsep perhitungan dan mudah menginat angka. Anak dapat mengurutkan besar-kecil, tinggi-rendah, dan memiliki minat melakukan percobaan.


Stimulasi :
Ajak anak berhitung dari jumlah tangannya, matanya, jemarinya, kancing bajunya, mainnya, benda-benda yang ada di dalam rumah. Ayah dan Bunda dapat bercerita mengenai hal-hal yang logis seperti kenapa jika baju tertumpa air akan basah, kenapa lantai rumah harus dibersihkan dan lainnya.


3. Kecerdasan Visual Spasial
Cirinya antara lain anak mudah membedakan bentuk, daya ingatnya pada suatu tempat sangat kuat, sangat menikmati kegiatan visual, suka mencoret-coret di atas kertas, suka mewarnai, suka menonton film, lebih suka membaca buku yang bergambar dan mampu membuat karya yang kreatif.

Stimulasi:
Ayah dan Bunda dapat mengajak si Kecil menceritakan kegiatan sehari-harinya lewat gambar, membuat karya dari barang bekas dan mengenali bentuk motif. Fatih senang sekali menggambar, menonton film dan membuat karya kreatif. Untuk itu aku membuatkan mainan yang kreatif agar tidak bosan. 


4. Kecerdasan Kinestetik
Cirinya antara lain banyak bergerak, suka dan menikmati kegiatan fisik seperti melompat, lari, pandai menirukan gerakan tertentu, , senang membongkar berbagai benda, dan memperlihat keterampilan tangan.

Stimulasi :
Aak anak bermain melibatkan kemampuan motoriknya. Untuk motorik kasar bisa mengajak anak berlari, melompat, memanjat, menendang dan melempar bola. Kenalkan bermain sepeda, meniti balok, prosotan, ayunan dan lainnya.




5. Kecerdasan Musikal
Ciri-cirinya antara lain senang musik dan mendengarkan lagu, peka terhadap suara dan nada, mampu menciptakan lagu, suka bermain musik dan mampu menyanyikan lagu dengan baik.

Stimulasi :
Ajak anak berselawat, bernyanyi sambil menari, bermain tebak suara, mengenalkan alat musik, dan menirukan berbagai macam bunyi.




6. Kecerdasan Interpersonal
Ciri-cirinya antara lain memiliki banyak teman, supel dalam bergaul, suka bermain kelompok, mampu membuat orang percaya dengan kata-kata dan pemikirannya.
Stimulasi :
Ajak anak bertemu dengan orang lebih banyak. Ajarkan cara menyapa dan memperkenalkan diri latih terus rasa empatinya. Ajak anak menjenguk temannya yang sedang sakit,, menjaga dan menyayangi adiknya dan lainnya. Fatih harus lebih banyak dilatih kecerdasan ini karena Fatih masih sulit mencari teman baru. Di sekolah teman akrabnya hanya satu orang, yakni Faton.





7. Kecerdasan Intrapersonal
Ciri-cirinya :
Memiliki pendirian yang kuat, suka bermain sendiri. fokus dalam melakukan sesuatu.
Simulasi :
Mengajaknya berbicara yang terkait dengan pendapatnya yang kuat. Jika anak tak mau makan, tanyakan alasannya. Ajak anak bermain dengan orang yang baru dikenal, mengikut sertakan anak ke dalam klub/ kelompok hobi yang disukainya.



8. Kecerdasan Naturalis
Ciri-cirinya :
Anak senang dengan alam, memelihara tanaman, suka memperhatikan hewan, mau memelihara hewan, memiliki minat yang besar tentang gejala alam.
Simulasi
Ajaklah anak memelihara hewan dan tumbuhan. Ajak anak berjalan-jalan ke kebun binantang, madi di sungai, pantau atau memelihara ikan di aquarium 



Nah, setelah melakukan pengamatan terhadap delapan kecerdasan majemuk ini, kecendrungan Fatih memiliki kecerdasan lingustik, spasial atau ruang, kinestetik dan naturalis. Namun, aku tetap memberikan stimulus terhadap kecerdasan majemuk lainnya. Bahkan ada kecerdasan majemuk lainnya seperti kecerdasan majemuk religius. Aku melatih mengenalkan Fatih huruf hijaiyah, cara berwudhu, sholat dan kegiatan ibadah lainnya.

Mengenalkan huruf hijaiyah dengan cara menyenangkan (Permainan Memberi Makan Kepiting)

Setelah mengetahui potensi anak, tentu aku ingin mewujudkan cita-cita anakku. Saat melihat video yang diishare Ria Miranda di Instagram, aku tertantang untuk mencoba mendaftar.


Namun bukan aku dan teman-teman yang dimention saja bisa mengikuti program Bekal Masa Depan (BMD) dari Morinaga Chil-Go!. Ayah dan Bunda juga bisa ikutan loh! Caranya Ayah dan Bunda ceritakan ide dalam memberikan stimulasi kecerdasan majemuk untuk si Kecil sebanyak banyak. Kunjungi www.BekalMasaDepan.com dan menangkan total hadiah Dana Asuransi Pendidikan senilai 3 Miliar (perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun) dan masih banyak hadiah menarik lainnya untuk 3.000 pemenang. Wow, keren bangetkan? Yuk, ikuti cara mendaftarnya :

Cara Ikut Program Bekal Masa Depan (BMD) dari Morinaga Chil-Go!

1. Ayah dan Bunda diharapkan  beli minimal 6 botol Morinaga Chil-Go! dalam satu struk pembelian untuk mendapatkan satu kode unik.

Pembelian bisa dilakukan secara online di KALBE e-store Orami by Bilna. Kode unik akan dikirimkan melalui email dan sms selambat-lambatnya 2x24 jam baik itu pembelian melalui KALBE e-store maupun Orami by Bilna. Perlu diketahui Kalbe Nutritional selalu berkomitmen dalam menyediakan produk makanan kesehatan yang berkualitas serta memberikan pelayanan untuk kepuasan konsumennya.

2. Pembelian bisa dilakukan secara offline pada toko yang sudah tercantum dalam list toko di BekalMasaDepan.com. Kalau aku  beli di Indomaret. Lalu, formulir pendaftaran dapat diunduh di website BekalMasaDepan.com. 


Formulir aku isi dengan  data diriku lalu dikirim ke  Kirim ke PT Bounche Indonesia  dengan alamat Thamrin City Office Park AA03-AA05, Jl. Boulevard Teluk Betung - Jakarta 10240. Lalu akan diverifikasi keasliannya 5x24 jam. Setelah struk  diverifikasi,  maka akan dikirimkan kode unik melalui email dan sms.

formulir dapat diunduh  website BekalMasaDepan.com. 

Isi formulir dan kirimkan bersama struk 


3 Daftar di BekalMasaDepan.com
Caranya, buka website di  BekalMasaDepan.com. Ayah dan Bunda dapat memilih dengan cara masuk dengan akun email atau langsung connect melalui facebook tinggal klik saja icon FB nya jika ingin melakukan pendaftaran dengan cara ini. Kemudian login dengan menuliskan alamat email dan password yang baru dibuat. Setelah masuk, lengkapi data diri ayah bunda dan anak. Lalu verifikasi email untuk mengaktifkan akun ada di BekalMasaDepan.com

Daftarkan data bersama kode unik di  website BekalMasaDepan.com. 


Berikut ide permainan yang aku submit di BekalMasaDepan.com


Roket Menjelajah Dunia


Bermain adalah hal yang sangat menyenangkan, terutama bagi anak-anak. Bermain akan menimbulkan kenikmatan.  Kegiatan bermain memberi anak kesempatan belajar untuk sabar, kreatif, memecahkan masalah dan lainnya.

Fatih anak keduaku usianya 5 tahun. Senang sekali diajak bermain. Kali ini aku berbagi ide permainan yang mudah  dilakukan, yakni membuat roket menjelajah dunia dari bahan yang mudah didapat.


Alat dan Bahan :
kotak sepatu bekas, lakban, guntung, kertas origami  berwarna merah, 2 botol minuman bekas.


Cara Membuat : Ayah dan Bunda dapat mengajak si Kecil menyiapkan 2 botol minuman bekas dan hias di bawahnya dengan kertas origami berwarna merah. Lalu ke tempelkan dibagian kanan dan kiri kotak sepatu bekas. Rekatkan dengan lakban. Setelah selesai, ajak si Kecil mengenakan roket menjelajah dunia di punggungnya. Lekatkan di bagian pundaknya. Nah, serukan? 


Manfaat Permainan ini :
1.       Mengenalkan bentuk
2.       Mengenalkan warna
3.       Kesabaran dan konsenterasi
4.       Kefokusan, Imajinasi dan ketelitian
5.       Pengenalan terhadap roket

Berikut video Cara Membuat Roket Menjelajah Dunia


Nah, ayo Ayah dan Bunda ikutan program Program Bekal Masa Depan (BMD) dari Morinaga Chil-Go! Si Kecil pasti senang karena Ayah dan Bunda ikut serta bermain bersama. Peran orang tua dapat memberikan kebahagian tersendiri pada anak. Yuk, stimulasi anak dengan berbagai permainan edukasi guna bekal di masa depan.

Aku sudah memberikan pengalamanku dalam membimbing Fatih mewujudkan masa depannya. Bagaimana dengan Ayah dan Bunda, apa saja stimulasi permainan yang telah diberikan? Berikut ringkasannya :




Terkadang ada orang tua beranggapan bermain hanya menghabiskan waktu anak, sehingga masih ada orang tua yang melarang anaknya bermain karena kuatir akan membuang waktu dan lupa belajar. Ayah dan Bunda, bermain sangat banyak manfaatnya bagi anak. Dari kegiatan bermain anak dapat mengembangkan berbagai aspek untuk persiapan di masa depan. Mari ajak anak bermain!




Yuk Ayah dan Bunda ikuti program BekalMasaDepan.com dari Morinaga Chil-Go! Info lengkap dapat ditemui di :

Website: www.BekalMasaDepan.com
Facebook: Morinaga Platinum
Twitter: @Morinagaid
Instagram: @MorinagaPlatinum

Sumber informasi :
http://morinagaplatinum.com/
http://www.morinagamiplayplan.com/
http://www.bekalmasadepan.com/

BMDToolkit

45 komentar:

  1. Ternyata.. beda kecerdasan beda juga ya stimulasinya. Biar lebih terarah juga kali ya, kan anak punya potensi yang beda-beda juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Ci, berbeda-beda agar lebih optimal.

      Hapus
  2. kreatif ihhh, waktu ALfi akses my play plan, keliatan kalo kecerdasan kinestetiknya yang paling menonjol, jadi harus diseimbangkan dengan keceerdasan lainnya, kalo susu Chil Go nya dia suka yang cokelat dan stroberi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, Fatih menonjol beberapa visual, kinestetik, naturalis dan linguistik

      Hapus
  3. Fatih asiknya jadi astronot. Ide bermainnya seru-seru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbk Helenan, iya seru bermain roket, yuuk dicoba.

      Hapus
  4. Keren Naqy... Komplit bin lengkap. 8 kecerdasan anaknya ada semua. Semoga anak anak jadi semakin cerdas dan sholih serta sholihah

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. terima kasih Mbk :) semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. main rokeettt. hepi kalau anak seneng bermain.
    selamat bermainnnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, happy anak-anak suka bermain.

      Hapus
  7. Asyiknya punya emak kreatif hihihi. Sukses ya mbak, semoga tumbuh menjadi anak cerdas dan Soleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih ya. Iya nih lagi senang bikin permainan sendiri :)

      Hapus
  8. lengkap pake banget nih Mak Naqi...

    BalasHapus
  9. kalo anak saya sepertinya lebih cenderung ke kinestetik mba, gak mau diem anaknya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anakku juga Mbk, tapi juga suka nonton dan gambar :)

      Hapus
  10. Wah penting banget ya mba mengetahui karakter anak. Jadi stimulasinya tepat..

    Wohoo mau dong ikutan bikin roketnya.. kreatif mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, kalau dikenal lebih dini, stimulasinya lebih tepat :)

      Hapus
  11. Baca ini dan aku belum punya anak jadi belajar banyak tentang stimulasi pada anak ya yang ternyata penting banget.

    BalasHapus
  12. aku baru tahu kalo kecerdasan itu dibagi-bagi juga mba :O

    BalasHapus
  13. Lebih dini memberi stimulasi memang lebih baik ya, Mbak. Terutama aspek keimanan, menjaga hati dan menajga sikap. Semoga dengan stimulasi yang tepat, anak-anak bisa lebih sukses, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mbk, kita juga lebih tenang mendampingi anak

      Hapus
  14. Semua jenis kecerdasan sebaiknya tetap distimulasi sejak awal ya meskipun nanti kelihatan mana yg lebih menonjol pada anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbk, sepakat banget. Anak jadi lebih percaya diri deh

      Hapus
  15. informatif banget mbak naqi, kebetulan lagi nyari info2 ttg pra kehamilan dll :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Mbk sudah baca, alhamdulillah jika bermanfaat.

      Hapus
  16. Aku dan adikku dulu jg jaraknya agak jauhan, 6 tahunan hehe.
    Wah ide stimulasi anaknya bis ditiru tuh, terutama yg bikin roket seru pastinya ketimbang si ank main gadget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, ayo dicoba, seru bermain dengan anak-anak :)

      Hapus
  17. Aku praktein bikin roket yaa mbak di rumah pastinya bikin hati anaak2ku senang deh☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan Mbk, semoga anak-anak suka ya.

      Hapus
  18. Waaahhh kompliiiittt! Persiapan kalo udahkawin :D

    BalasHapus
  19. Asyik ya main roket.. Kapan2 ajak Hasna main ah. Makasih tutorialnya Mba 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicoba, semoga Hasna suka dan gembira.

      Hapus
  20. komplit pake banget Mba, permainannyapun kreatis *jempol*
    sukses buat lombanya yah :)

    BalasHapus
  21. ayoo meluncur ke ruang angkasa bersama roket buatan bunda :)

    BalasHapus
  22. Selain bermain juga mengandung nilai Edukasi yang mendidik
    HIPNOTERAPI SEMARANG

    BalasHapus
  23. Wow keren aktivitasnya mbak. Kreatif sekali

    BalasHapus
  24. Tuh, yang namanya anak itu belajarnya lebih seru lewat permainan kan yaaa. Soalnya masih ada yang mindsetnya anak belajar itu nggak boleh main-main Mbak. Harus anteng teng teng.

    BalasHapus
  25. wah seru bgt nih mba naqy , ide2 permainannya juga banyak

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...