Senin, 19 September 2016

4 Tips Perawatan Wajah Pasca Melahirkan

4 Tips Perawatan Wajah Pasca Melahirkan. Assalamualaikum sahabat Smart Mom. Saat hamil wajah memang terlihat berseri-seri. Ada yang bilang, “Wah cantiknya, auranya keluar,”  aduh jadi bikin hidung kembang kempis deh. Tapi, pujian itu jangan bikin kita terlena Mom, wajah juga perlu dijaga kesehatannya. Apalagi kalau sudah keluar rumah. Wajah banyak terkena debu dan asap knalpot. Wajah yang kotor harus segera dibersihkan. Tak sulit lho membersihkan wajah, asal jangan malas, hehe...

Nah, malas membersihkan wajah inilah yang bikin wajah timbul jerawat, komedo dan ujung-ujungnya wajah terlihat kusam dan tidak bercahaya. Sayang dong kalau masih muda wajah udah kusam karena malas membersihkan wajah. Sebaiknya Mom, rajin membersihkan wajah secara rutin. Itu salah satu cara mengecilkan pori-pori pada wajah loh. Ada beberapa cara lain dalam merawat wajah, terutama paska melahirkan. Berikut Tips Perawatan Wajah Pasca Melahirkan :


Pertama : Perawatan Wajah dengan Pepaya
Buah pepaya sangat mudah dan murah didapat. Selain dimakan, buah ini dapat membantu dalam perawatan wajah loh, Moms. Caranya ambil sekitar ¼ buah pepaya yang matang. Dikupas dan dilumatkan. Kemudian, oleskan ke wajah. Biarkan selama 10 menit. Selanjutnya cuci wajah dengan air hangat. Perawatan ini cocok untuk seluruh jenis wajah. Pepaya ini menghasilkan enzym yang dapat meluruhkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih bessih dan tampak licin. Wow, asyik dong :)

Kedua : Perawatan Wajah dengan Alpukat
Daging alpukat mampu memberi kelembaban. Bagi Moms, yang berwajah kering dapat mengunakannya untuk masker. Caranya, ambil daging buahnya dan lumatkan. Tempatkan dalam wadah bersih dan wadah ini tuang sedikit air hangat. Lalu diaduk hingga merata, oleskan ke wajah sebagai masker selama 20 menit. Lalu, bersihkan wajah dari masker alpukat dengan air hangat dan dibilas dengan air dingin.

Ketiga : Perawatan Wajah dengan Putih telur
Putih telur dapat dijadikan masker kulit wajah. Putih telur berkhasiat sebagai cara mengecilkan pori-pori kulit, menghilangkan kelebihan minyak dan dapat menghilangkan noda-noda jerawat pada wajah. Sebaiknya gunakan telur ayam kampung. Caranya ambil putih telur, kocok sampai mengembang. Dapat ditambahkan dengan perasan jeruk lemon. Kemudian cairan putih telur ke wajah hingga kering selama 20-25 menit. Kemudian dicuci dengn air hangat suam-suam kuku dan dibilas dengan air hangat. Lakukan perawatan seminggu sekali untuk wanita dewasa dan dua minggu sekali untuk remaja.

Keempat : Perawatan Wajah dengan Bedak Dingin Buatan Sendiri
Saat aku di Padang, banyak banget menemukan ibu-ibu atau remaja putri mengunakan bedak dingin. Bahkan ke warung dan di pasar. Katanya, wajah lebih dingin dan adem. Apalagi Kota Padang terasa panas. Jadi, kalau pakai bedak dingin lebih enak. Cara membuatnya ambil 1gelas beras putih, rendam selama 3 malam berturut-turut (ganti airnya setiap hari), pucuk daun jambu biji sebanyak dua genggam orang dewasa, bunga kenanga secukupnya sebagai pengharum saja, dan akar tinggal (rimpang kecil) rumput teki secukupnya agar aroma bedak dingin menjadi khas.

Cara membuatnya : daun jambu biji dihaluskan dengan cara digiling atau diblender. Setelah lumat, campurkan bunga kenaga dan rimpang rumput hingga halus. Campurkan daun jambu biji yag sudah halus. Beras putih ditiriskan lalu uleni hingga merata. Lalu bentuk bulatan kecil-kecil. Kemudian dijemur di bawah panas matahari hingga kering. Jika Moms, ingin mengunakan bedah dingin ambil satu atau beberapa campurkan dengan air hangat dan air jeruk nipis. Oles ke wajah secara merata. Gunakan pagi dan sore sebelum mandi. Insya Allah, wajah semakin halus dan berseri-seri.

cara mengecilkan pori-pori pada wajah


Nah, Moms, mudahkan merawat wajah dari rumah paska melahirkan? Wajah akan terlihat cerah lho! Jika ingin lebih praktis, Moms dapat memilih produk pembersih wajah yang sudah ada di toko-toko kosmetik. Produk ini membantu Moms sebagai cara mengecilkanpori-pori pada wajah. Yuk, dicoba perawatan wajahnya. Demikian 4 Tips Perawatan Wajah Pasca Melahirkan semoga bermanfaat!

12 komentar:

  1. Pascamelahirkan dulu mukaku juga jadi bluwek gegara pas hamil nggak pakai kosmetik apa-apa plus jerawatan dimana-mana. Habis itu milih perawatan sendiri dan alami sih soalnya kalo ke klinik kecantikan muahal.

    BalasHapus
  2. wah boleh juga nih bikin masker buatan sendiri. Setelah melahirkan memang diharuskan kita menjaga kesehatan tubuh dan kulit ya mba...

    BalasHapus
  3. Wah, yang alami-alami begini saya suka. Makasih tips bedak dinginnya ya Mbak. Mau saya coba, ah

    BalasHapus
  4. Dulu waktu tinggal di Kalimantan, saya juga lumayan sering make bedak dingin ini. Hawanya panas juga mgkn kek di Padang. Enak ya, adeeem rasanya di kulit wajah.

    BalasHapus
  5. Wah abis melahirkan dulu boro-boro inget perawatan wajah, hihihi. Rempong banget rasanya. Tapi kalau sekarang mungkin udah lebih terlatih dan terampil, jadi bisa perawatan tubuh kalau habis lahiran. hanya belum dikasih kesempatan hamil lagi

    BalasHapus
  6. Rumit juga Cara buat bedak dingin. Di Sulawesi saya sering jumpai ibu-ibu pakai bedak ini.

    BalasHapus
  7. Yg alami emang bagus ya mba..taappi kalo lg males bikinnya ya ambil yg instan hihi

    BalasHapus
  8. pas hamil wajahku mengitam saat dah lahiran cerah lagi hehe. Hmmm, palingan kalau aku masker yg gampang2 kyk dr buah mbak, tp suka ribet ma baby kdng2 makainya jd gak teratur hiks

    BalasHapus
  9. Habis lahiran selain home treatment aku juga mau facial hi hi hi

    BalasHapus
  10. Pengaruh hormon ya mba, Allah SWT kasih banyak pembelajaran buat perempuan. Disyukuri ya, karena perempuan akan belajar terus dan jadi pintar

    BalasHapus
  11. makasih gan infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  12. terimakasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...