Minggu, 16 Oktober 2016

Rahasia Menjadi Ibu Rumah Aktif, Sehat dan Bugar



“Kamu enak deh jadi ibu rumah tangga di rumah aja. Kan Cuma masak, beberes rumah, jaga anak, enggak repot nyari pembantu!”

“Asyik tuh, bisa tidur siang!”

“Masa bisa aktif sih? Enggak punya ART lagi! Capek ah! ”

Tiga kalimat itu paling sering aku dengar. Jadi ibu rumah tangga itu enak! Enggak repot menghindari macet, apalagi sibuk nyari pembantu! Olala, enggak tahu apa kalau jadi ibu rumah tangga itu capek! Catat, ya, capek! Siapa bilang “cuma” di rumah saja enggak butuh pembantu? Pernah dengarkan ada ibu yang depresi usai melahirkan bahkan melakukan tindakan biadab menghabisi anaknya sendiri? Pernah dengarkan ibu rumah tangga bahkan yang rajin pengajian pun mengalami baby blues? Semua penyebabnya karena ibu rumah tangga juga butuh istirahat! Capek loh jadi istri dan ibu itu, tauk!



Kok capek? Aku kasih tahu ya, keseharian aku saja jadwalnya cukup padat. 

Jadwal Pagi
Menyiapkan anak ke sekolah
Mengantar anak ke sekolah (Fatih TK A)
Mengantar bekal makan siang (Faris SD Kelas 5)
Menjemput anak sekolah (Fatih pulang pukul 11.00 WIB)
Mencuci
Menyusui
Memasak
Beberes rumah


Sore
Mengantar anak eskul
Menemani anak bermain
Menulis
Rapat / berorganisasi

Jadwal Malam
Menemani anak mengaji/ hapalan
Menemani anak bermain
Mendongeng atau membacakan cerita
Menulis
Beberes rumah
Melayani suami

Nah, siapa bilang jadi ibu rumah tangga itu mudah? Banyak kan kerjanya? Belum kalau ingin jadi ibu rumah tangga yang ingin tetap aktif. Aku sendiri setiap Rabu ikut Kelas Tahsin, Kamis pengajian rutin dan rapat ormas dan Sabtu dan Minggu kegiatan menambah ilmu seperti ke Taman Baca Keliling FLP Lampung atau Pelatihan Menulis dan Blog bersama Tapis Blogger.

Mengajak anak ke Festival Seni Lampung 2016

Jadi ibu memang harus kuat. Tidak hanya kuat secara mental, keilmuan tapi juga fisik. Sudah tahukan kalau tugas sebagai istri juga membutuhkan tenaga ekstra?

“Sttt.... si Anu poligami loh!”
“Pasti istrinya enggak becus!”
“Hus, siapa tahu istrinya enggak kuat...

Aduh, banyak banget deh perkataan di luar sana yang bikin telinga panas. Tapi, pernah enggak sih kita intropeksi.

“Iya loh, aku pernah kok menolak permintaan suami!” ujar seorang ibu.
“Kan lagi capek! Jadi males deh!”

Hei Moms, banyak kudengar permasalahan rumah tangga itu bermula dari kasus di ranjang. Berawal dari selalu menolak melakukan hubungan intim dengan dalih capek!


Tempat Tidur Romantis Sumber : (http://rumahminimalisnet.blogspot.co.id)

Padahal, laki-laki itu susah loh menahan hasrat nalurinya. Bayangkan kalau di rumah selalu ditolak istrinya, eh di luar rumah dengan mudah perempuan lain menerima curhatan dan akhirnya berlanjutkan dengan hubungan terlarang. Tentu enggak mau kan diduakan?

Untuk itulah Moms, penting banget seorang istri dan sebagai ibu menjaga kesehatan. Apalagi kalau mau jadi ibu rumah tangga yang aktif di luar rumah. Aku sendiri tidak punya ART sejak tahun 2013. Semua tugas domestik aku  kerjakan berbagi tugas dengan suami. Kadang ada ibu gosok membantu menyetrika, tapi satu tahun ini tidak ada lagi. Suamiku sendiri sekarang masih bolak-balik Padang-Lampung karena mengerjakan tesisnya. Otomastis tugas domestik dan mengurus anak-anak lebih banyak aku jalankan sendirian.

Aku juga aktif bersama Tapis Blogger FLP Lampung  menggerakkan literasi di Lampung. Saat aktif berkegiatan di luar rumah, aku juga membutuhkan langkah efektif dan efisien agar tugas sebagai istri dan ibu tidak terabaikan.

Bersama FLP Lampung mendapat penghargaan sebagai Penggerak Literasi Lampung


Gangguan Hormon

Pernah suatu hari aku termakan omongan orang untuk membersihkan rumah hingga kinclong. Aku pun mencoba menjadi ibu rumah tangga yang sempurna. Aku kerjakan semua kerjaan domestik hingga larut malam.

Malam itu, aku mencuci hingga pukul 23.00 Wib dan dilanjutkan dengan menyetrika pakaian hingga pukul 02.30 WIB. Setelah itu aku tertidur dan paginya aku terbangun dengan kaget! Aku mengalami pendarahan! Segera aku ke kamar mandi dan memastikan bahwa itu bukan darah haid. Aku langsung lemes karena darah keluar cukup banyak.

“Hati-hati itu ada mio!”
“Jangan-jangan itu kanker rahim!”
"Jangan sakit, dek! Ingat anak-anak!" pesan kakakku.

Pikiranku jadi kacau deh. Aku sempat malas mengerjakan tugas domestik. Sarapan anak sering aku asal-asalan saja. Pulang dari mengantar anak sekolah aku langsung tiduran. Tapi, kalau aku sakit, siapa yang akan mengurus anak-anak? Suami di Padang, orang tua sudah tak ada, tak ada ART, keluarga jauh di Bengkulu. Jadi, jalan satu-satunya aku harus sehat! Aku harus menjaga kesehatan diriku sendiri. Setelah tiga hari aku segera berobat.

Aku pun memeriksakan diri ke dokter kandungan. Saat itu suami lagi di Padang. Jadilah aku membawa 3 anak sendirian ke dokter. Saat di ruang periksa, Faris dan Fatih rebutan Hp, huaaah....rasanya makin stres lihat mereka bertengkar. Aku pun mencoba cuek dan fokus dengan hasil pemeriksaan. Untungnya dr Idrus langgananku ramah. Ia tidak terganggu dengan tangisan Fatih. Menurut dr Idris, hasil USG kondisi rahimku bagus, aku hanya mengalami gangguan hormon. Apa saja penyebab gangguan hormon? Bisa jadi karena kelelahan, stress banyak pikiran, ketidakseimbangan nutrisi, sehingga siklus mestruasi tidak teratur. Aku disuruh makan Pil KB, hihihi....


Setelah rutin makan Pil KB, alhamdulillah hormonku stabil. Jadwal menstruasiku juga lancar. Satu lagi, aku jadi insaf, enggak mau jadi ibu yang ngoyo! Aku harus tahu diri kapan aku harus aktif berkegiatan, kapan aku harus istirahat. Aku juga minta pengertian suami dengan kondisi kesehatanku. Tak lama, aku dikenalkan teman di facebook teman baru yang membantu aku menjadi ibu aktif. Teman baru itu bernama Theragran-M Mutivitamin-Mineral.

Mengenal Theragran-M 




Aku kenal Theragran-M  dari beberapa postingan teman di media sosial. Aku pun ingin mencoba karena aku pikir, jadi ibu aktif tak cukup hanya bermodal semangat. Aku pun mencoba mengkomsumsinya. Saat aku membelinya di apotek seharga Rp 18.000,- murahkan ya? Tak semahal dengan multivitamin yang iklannya sering muncul di TV.

Saat aku ingin minum, suamiku bertanya, 


"Mi, itu vitamin apa? Halal enggak? Aman enggak?" tanya suami.

Aku langsung tersenyum. Wah, suamiku perhatian juga ya hehehe....langsung aku perlihatkan deh 1 strip Theragran-M.



Theragran-M  sahabat Ibu Aktif
"Lihat nih, Bi, halal loh!"
"Wah, warnanya juga jreng tuh, biru sesuai warna kesukaan Ummi, kan?" ujar suami. 

Hihi... iya, warnanya terang, biru menyejukkan sekali. Apalagi ketika dibaca, kandungan Theragran-M  sangat banyak.

Theragran-M ini sudah diresepkan dokter sejak 40 tahun lalu. Memiliki kombinasi Multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc). Saat aku mencoba minum 1 tablet, wah badanku jadi lebih segar, aku pun dalam mengikuti kegiatan di luar sambil momong anak, hihihi...biasanya ya kalau sudah ikut kegiatan, badan jadi loyo, capek dan lelah. Tapi, setelah makan Theragran-M, pekerjaanku sebagai istri dan ibu 3 anak terasa lebih ringan. 



makan 1  tablet sehari setelah makan

Dari informasi yang aku baca, kalau badan kekurangan nutrisi, vitamin dan mineral, maka badan mudah capek dan lelah. Ini akan mengakibatkan banyak penyakit menyerang tubuh. Pantas saja tubuhku kadang-kadang limbung dan lelah setelah mengetik atau usai jemput anak sekolah ya? Kini, aku mengerti kenapa  teman-temanku bisa menjadi ibu rumah tangga aktif yang sehat dan bugar, ternyata mereka bersahabat dengan Theragran-M



Ibu aktif mengurus keperluan anak. Mengantar anak, mengajak anak bermain, mengantar bekal makan siang. Untung ada sahabat baruku, Theragran-M

Esoknya Hari Sabtu, aku juga minum Theragran-M 1 tablet sebelum mengikuti Workshop Writer Preneur di Unila. Alhamdulillah selama kegiatan fit, walau bawa Aisyah hingga jam 10 saja. Lewat Pukul 10.00 WIB Aisyah rewel dan mengantuk, akhirnya diantar pulang, hihihi.... aku pun bisa lebih konsentrasi ikut workshop bersama teman-teman Tapis Blogger, aku juga dapat door prize loh, hehe...

Theragran-M juga vitamin yang mampu membantu mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Sangat membantu sebagai  vitamin yang bagus untuk masa pemulihan. Seperti aku yang baru mengalami hormon terganggu, semakin fit dengan mengkonsumsi Theragran-M.

Ikut Workshop Writer Preneur bersama teman Tapis Blogger

Oiya, Moms, selain itu jangan lupa perbaiki pola makan dan olahraga dong! Jangan lupa makan buah dan sayuran. Aku juga sering menyimpan buat yang telah dipotong kecil-kecil di dalam kulkas dan siap aku santap. Hal ini akan mencegah kemalasanku menunda makan, hihihi.... selain itu, aku juga ikutan olahraga senam aerobik bersama ibu-ibu di dekat rumahku. Sayangnya sejak pindah ke Lampung, aku belum menemukan group senam yang cocok.


Jangan lupa olahraga, makan sayur, buah dan istirahat :)

Ah, ternyata menjadi ibu rumah tangga aktif, sehat dan bugar itu mudah, ya! Kalau kamu, apakah sudah bersahabat dengan Theragran-M ?
“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.”




34 komentar:

  1. Theragran-M memang multivitamin yang ampuh untuk mencegah sakit ya mbak... Bener juga kalo jadi ibu rumah tangga itu banyak yang harus dikerjakan makanya jangan sampai ngoyo supaya tubuh tetap segar dan fit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, kalau bukan kita yang sayang dengan badan sendiri, siapa lagi? Hihi...

      Hapus
  2. Yeay! Aku juga udah nyobain. Mbak. Alhamdulillah berasa ke badannya^^
    semoga sehat selalu, yaaa...

    BalasHapus
  3. Duh Mbak dirimu super woman banget. Aku ngurus anak satu aja kleyengan. Nggak kebayang sabarnya dikau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kadang juga bertanduk hihi...

      Hapus
  4. Menjadi ibu itu keren ya mba. Biar kata di rumah aja tapi tetap sesuatu ya.. beruntungnya ada multivitamin yg mengerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk Ira, kita butuh vitamin menunjang aktivitas IRT

      Hapus
  5. Ternyata ini kesibukan ibu super! Memang ibu super harus mendapatkan asupan gizi yg bagus agar suami dan anak2nya juga ikutan super. Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Billy. Ibu super juga butuh vitamin heheh

      Hapus
  6. Alhamdulillah saya juga cocok dengan Theragran ini. Minggu kemaren gak enak badan. Dan setelah minum vitamin ini, badan kembali fit. Sehat-sehat selalu, mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya, Mbk aku juga cocok deh

      Hapus
  7. mba naqy memang super mom, tambah super deh minum theragran-M

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi Erna bisaaa aja, sesama super mom saling menyemangati

      Hapus
  8. Behh... lumayan juga ya mbak kegiatan dbagi super mom. Hhee..
    Aku blum prnah minum theragran samsek mbak. Hhe

    BalasHapus
  9. Kesannya ibu rumah tangga kerjaannya mudah ya mba, padahal profesi yang digeluti lebih banyak. Koki, dokter, manajer keuangan, dll.. bener banget deh butuh suplemen tambahan biar tetap fit menjalani berbagai profesi tsb

    BalasHapus
  10. Wkwk...aku jadi fokua ditolak istri #plak
    Iya,mb...seorang ibu wajib menjaga stamina ya, sukses selalu yaaa

    BalasHapus
  11. Sip. Hanya kita yang tahu ritme tubuh kita. Jangan ngukur dengan kondisi fisik orang lain.
    Sehat terus ya, mom.

    BalasHapus
  12. Duh aku jadi ngeri, blm pernah nolak #eh hihii
    Memang yaa mba, ibu itu luar biasaaaa.. Goodluck mbaa

    BalasHapus
  13. Super padat. Uni minus kegiatan offline tuh yayuk. Kog ya memble uni ya semangatnya

    Mgkn perlu kenalan sama theargram kali ya hehe

    BalasHapus
  14. Y ampun mbak aq ga kebayang 3 anak di urus sendirian. Kayak aq dulu pas di depok,jauh dr ortu,jauh dari sodara,anak tapi baru satu,ada rewang 2jam beberes aja aq masih tepar bin ngeluh. Saya salut lho

    BalasHapus
  15. Wah, nyuci baju sampe dini hari, berarti emang kerjaan seorang ibu itu luar biasa...

    BalasHapus
  16. Aku udah tahu aktifitas mba Naqi padat. Tapi lihat deretan list ini jadi makin kagum, super woman beneran deh mba :*

    BalasHapus
  17. jadi ibu rumah tangga itu, pekerjaannya seabreg lho... capek banget. Kalo gak bisa jaga kesehatan, ya pastinya ambruk... Semoga kita selalu sehat ya mba..

    BalasHapus
  18. Aku dulu juga mengalami gangguan hormon. Menstruasi terganggu dan ngga lancar. Sama dokter, juga disuruh menormalkan dg minum pil KB :)

    BalasHapus
  19. Hari gini, ternyata masih ada juga ya mbak yang komen jadi ibu rumah tangga itu enak bisa santai selamanya he he he. Terus sehat ya, mbak

    BalasHapus
  20. ckckck, jadwal Mba Naqi padat merayap euy!
    sehat terus yah Mba :)

    BalasHapus
  21. waduh mbak, kl hari gini masih ada yg bilang jd ibu rumah tangga itu gak ngapa2in mah salah besaaaar... Kerjaan rumah itu gak abis2 perasaan saya... dan rutinitasnya itu bikin capek ati :))))

    BalasHapus
  22. Mudah2an gak kejadian lagi sakit seperti itu ya bak Naqi. Sehat selalu ya Mbak

    BalasHapus
  23. mba naqi supermom sekali... jadi inget mamah du rumah.

    BalasHapus
  24. luaarrrr biasaaaaa mbaakkk jaga kesehatan lohhh kita kan orang sibuk #eaaa

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...