Jumat, 14 Oktober 2016

Reuni Keluarga Besar, Bikin Hati Bahagia dan Menambah Rezeki

Bersama kakakku di Pantai Panjang, Bengkulu

Aku terlahir dari keluarga besar. Ayahku dari Bengkulu dengan 8 saudara. Sedangkan ibuku dari Muara Dua, Sumatera Selatan, hanya memiliki dua saudara. Tapi, aku besar di Bengkulu. Adik Ayah ada tinggal di rumah kami dan juga beberapa sepupu dan saudara angkat. Jadi, aku terbiasa dengan keramaian. Bahkan, saat aku kecil, ibu selalu masak dalam jumlah yang besar. Kami sering makan dengan duduk di ruang tamu yang luas. Makanan dihidangkan di atas kain panjang mirip orang hajatan.

Setelah menikah, kami berlima saudara sering janjian untuk ketemu. Maklum sudah merantau. Kakak tertua tinggal di Jambi, Kakak keempat di Jakarta, aku di Lampung dan dua kakak di Bengkulu. Setiap dua tahun sekali kami ngumpul di Bengkulu atau di tempat yang disepakati. Contohnya lebaran 2015 lalu, kami bertemu di Bengkulu.



Ceria berkumpul bersama keluarga




Foto dan kumpul keluarga


Sarapan di Pantai Panjang

Kakak tertua mengajak kedua menantunya untuk ikut reuni keluarga besar. Aku yang tidak bisa hadir saat mereka menikah jadi momen pertama bertemu suami dari keponakanku. Ya, keponakan yang dulu aku timang dan aku godain, hihi...kini bahkan sudah punya anak, hahaha....

Saat bertemu keluarga besar, tentu saja happy-nya luar biasa. Kami bahkan bikin acara khusus untuk mengenang momen yang spesial ini. Kakak kedua yang jago masak, membuat hari-hari kian spesial. Soalnya makanan buatan kakakku emang tiada dua deh hehehe.... kami bahkan makan sup kaki kerbau yang enak sekali. Bayangkan aja, itu kaki kerbau sebelum dimasak dibakar dulu hehe.... pas dimakan enggak beda dengan sapi loh! Enak deh!

Kakakku dengan anak dan menantu

Kalau ketemu keluarga besar enaknya jalan-jalan. Kami pun menjelajahi Pantai Panjang sebagai pantai terpanjang  yang aduhai indahnya. Pagi-pagi sekali kami sudah menjejakkan kaki ke pasir dan bermain ombak. Lalu, sarapan di tepi pantai serta berfoto bersama, duuh indahnya kebersamaan.

Anak-anak juga dikenalkan dengan para sepupunya. Jangan sampai beda kota, beda tempat tinggal tidak saling mengenal. Memang sih sudah zaman gadget, apa-apa bisa cerita via WA, BBM atau FB, tapi...bertemu langsung tetap saja lebih afdol.

Acara Keluarga

Ketika bertemu saudara juga enaknya berbagi hadiah. Kakak tertuaku sering bagi-bagi hadiah khusus untuk keponakan, jika sudah ngumpul kami sering kebagian rezeki, hihi...anak-anak semua dapat baju baru dan angpao, haha...

Tua dan muda foto bersama :)

Tak cuma keluarga kandung, kalau sudah lebaran dan kumpul reuni keluarga besar, saudara sekandung ayah juga pada datang. Aku senang juga bertemu para sepupuku. Teringat masa kecil bermain petak umpet dan bermain cangkul dengan kartu remi, hihi...

Selain di Bengkulu, kami juga pernah ngumpul di Jakarta dan Jambi. Pokoknya kalau udah ngumpul seru abis deh. Makan-makan tak pernah habis haha...anak-anak senang sekali diajak jalan-jalan dan dibelikan mainan. Nah, silaturahmi antar keluarga ini sangat dianjurkan loh, jangan sampai dengan suudara sedarah karena kesibukan, jarak, dan tempat membuat hubungan dengan saudara jadi terputus. Bisa-bisa nanti bertemu di jalan sudah tidak kenal satu sama lain
Semua keponakan ngumpul yuk :)


Apalagi kalau beda kota, tidak bertemu sekian lama, tentu perasaan sangat antusias yang luar biasa ingin bertemu saudara. Nah, kalau sudah bertemu saudara, bagaimana jika lokasinya jauh dari rumah? Belum kalau yang akan datang keluarga besar cukup banyak, menginapnya bagaimana? Contohnya kalau mau acara keluarga di Jakarta. Kamu tinggal di Lampung. Sedangkan kamu belum pernah ke Jakarta. Acara reuni keluarga besarmu diadakan seminggu setelah Hari Raya. Wah, susah loh nyari penginapan atau tempat pertemuan. Mau nyari penginapan atau hotel bakal penuh deh! Aduuh, kan jadi panik kalau mau ikut acara keluarga besar, tapi telat booking penginapan.


Kumpul keluarga besar :)
Buat kamu yang mau melakukan reuni keluarga jangan lupa persiapkan tempat dan acaranya. Jangan sampai terlupa pesan penginapannya ya! Itulah cerita Reuni Keluarga Besar, Bikin Hati Bahagia dan Menambah Rezeki, bagaimana cerita reuni keluarga besarmu? Cerita dong!



13 komentar:

  1. Indah yaaa...bisa kumpul keluarga,aku juga sering kumpul kaka-adik dan para ipar.paling seru klo potluck, saling nyicip resep masing-masing

    BalasHapus
  2. Iya aku selalu senang dg kegiatan kumpul keluarga besar kek gini. Asyik aja jd dpt kabar n cerita dlm saru paket. Kalo lama gk keetemu kangen

    BalasHapus
  3. Asyiknyaaa ketemu keluarga besar. Memang kalo dah berkeluarga dan tinggalnya jauh2an, reuni mestinya direncanain. Kalo nggak gitu, suaah mau ngumpul semua. Apalagi kalo tinggalnya jauh2an. Biasanya sih reuni pas lebaran. Jadi ada momennya.

    BalasHapus
  4. Seru banget ngeliatnya.. aku jadi iri mbak, udah 3 tahun gak pulang kampung.. kalau keluarga pulkam pas hari raya, aku ditinggal di rumah, ya karena melayani tamu yg dateng plus jaga rumah. Doain ya mbak, semoga lebaran besok bisa pulkam jadi bisa kumpul bareng keluarga besar.

    BalasHapus
  5. Kalau keluarga besar pada ngumpul memang yang sering jadi kendala itu tempat menginapnya ya Mbak, seringkali cuma digelari tikar di depan TV. Nah kalau ingin nyaman ya memang sebaiknya pesan hotel saja ya kan Mbak daripada umpel-umpelan (baca: berdesak-desakan)

    BalasHapus
  6. reuni keluarga memang menyenangkan yah Mba, apalagi bila bertemu dengan orang-orang yang udah lama banget gak ketemu :)

    di foto yang ditampilkan terasa banget aura bahagianya sampe yang melihat pun ikut bahagia :)

    BalasHapus
  7. Kompak banget keseruannya kalo pas lagi ngumpul bareng keluarga besar ya mbak. Bertemu sanak saudara yang jarang banget ketemu. :D

    BalasHapus
  8. Seneng banget punya keluarga kompaakk gituuh... :*

    BalasHapus
  9. Senang ya kalo sudah ketemu keluarga besar. Aku biasanya setahun sekali berkumpul degan keluarga besar. Kalo sudah kumpul, rameeee :)

    BalasHapus
  10. Iih senang punya saudara banyak. Kalau aku cuma sendiri mba, suami 6 bersaudara. Jadi kalau lebaran pasti ngumpul di sana

    BalasHapus
  11. Seruu ya, bisa kumpul dengan keluarga besar. Saya suka sekali kalo ada acara reuni keluarga, selain melepas rasa rindu, juga bisa bernostalgia sambil bercanda ria :)

    BalasHapus
  12. Bahagia banget bisa umpul2 kyk gitu. AKu jarang sekarang hiks. Soalnya keluargaku jauh... sedang aku kalau bisa mudik setahun sekali pun udah alhamdulillah #malahcurcol huhuhu

    BalasHapus
  13. udah lama banget pengen ke Bengkulu ini, cuma lewat aja pas perjalanan via darat ke Medan, banyak pantai ya disana mbak

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^