Rabu, 21 Desember 2016

Cerita Bina Kominitas Penyiar Muda Bersama Aradio 101,1 FM




Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Cerita Bina Kominitas Penyiar Muda Bersama Aradio 101,1 FM. Lagi liburan ya? Senang banget ya sudah liburan. Acara jadi santai kayak di pantai. Udah bebas enggak antar-jemput anak, hihi... dan aku juga nih lagi menikmati liburan. Lebih banyak di rumah karena liburan ini kami enggak mudik. Ntar aja deh mudiknya mau lebaran. Sekarang lagi siap-siap menabung cari uang.

Nah, beberapa hari lalu, aku diundang untuk mengisi acara Bina Komunitas Penyiar Muda Bersama Aradio 101, 1 FM. Buat warga Lampung, radio ini sudah enggak asing dong ya? Aradio 101,1 FM dulunya adalah radio yang senantiasa mengudara dengan konsep Islami. Lagu nasyid dan acara keislaman lebih banyak mendominasi. Tapi, ada sekitar 2 tahun radio ini off tidak mengudara. Sedangkan pendengar setianya cukup banyak loh. Termasuk aku, aku suka buka radia buat nemani masak di sore hari atau pagi hari. Biasanya aku suka masak sambil dengarin almatsurat atau nasyid kenangan zaman kuliah, tsaaah...

Kini, Aradio 101,1 FM mengudara dengan konsep berbeda. Tetap ada lagu Islami tapi porsi sudah berbeda. Aradio sekarang lebih umum :) penyiarnya juga mulai beragam. Nah, Sabtu, 17 Desember 2016 lalu di Warung Nongrong akhirnya kami berkumpul dengan sekitar 150 peserta. 


a-radio 101,1 fm business and entertainment station proudly present "Bina Komunitas Penyiar 2016" Hai a-listeners buat kamu yang suka broadcasting dan pengen banget lebih mengenal dunia broadcasting, yuk ikutan acara kece kita πŸ˜πŸŽ‰ Di sini kamu bakal diajarin dari public speaking, kepenyiaran, jurnalistik dan masih banyak lagi dengan pemateri yang pastinya kece dan berpengalaman banget πŸ˜ƒ πŸ“† : Sabtu, 17 desember 2016 πŸ“ : Cafe Warung Nongkrong πŸ•— : 08.00 sd selesai include: 🌼 sertifikat 🌼 snack 🌼 makan siang πŸŽ‰guest star OWNER WE Radio JakartaπŸŽ‰ HTM FREE! πŸ˜† tapi dengan kuota 150 orang ya! jadi tunggu apa lagi yuk langsung daftarkan diri kamu dengan format: (nama) (alamat) (universitas) (nomer hp) Azizul πŸ“±085669687742 Id line : azizulkohar PIN :D02EF5C9 Rizqa πŸ“±085279911601 Id line: rizqarahim wa : 085279911601 Good broadcaster, best businessman, and be better life #infolampung #lampungevent #lampunggeh #radiolampung #penyiarlampung #jurnalistiklampung
A photo posted by naqiyyah syam (@naqiyyahsyam) on




Cerita Bina Kominitas Penyiar Muda Bersama Aradio 101,1 FM


Pagi itu aku bersiap menuju lokasi. Beruntung suami menunda ke Padang, jadi bisa nitip Aisyah sebentar. Seperti biasa, pesannya enggak pakai lama! Uhuk, bak cinderella, aku harus pulang saat jam 12. Tuing!

Singkat cerita, aku sampai ke Warung Nongrong dan peserta sudah banyak sekali. Parkiran motor sudah membludak. Tukang parkir memberikan kartu parkir dan aku menyimpannya ke dalam tasku. Usai menemui panitia di meja pendaftaran, aku disambut oleh Rizka yang selama ini sering diskusi via WA aja. Lalu, aku ke lantai 2 nemui Afri sebagai moderator  saat aku mengisi materi kelak.

Bersama Afri, aku menyiapkan konsep saat kami bertugas nanti. Enggak janjian sih, tapi kami sama-sama pakai jibab dan baju bernuansa ungu, wiih sehati banget ya, hehe...

Pukul 09.30 WIB acara lalu dimulai oleh MC kece dari penyiar Aradio. Kemudian dibuka dengan beberapa kata sambutan, seperti kata sambutan dari Pak Ulie perwakilan sponsor acara ini dari Komunitas Rumah Kreatif Sai Bumi.




Pak Ulie ini datang dengan baju kaos aja, wah kayak anak muda aja ya hihi... setauku Pak Ulie emang konsen mendukung kegiatan anak muda di Lampung. Beliau emang jago main teater. Nanti tanggal 21 Desember 2016 Pak Ulie mau mengundang Zak Surga ke Lampung, asyiik...pantengin terus aja medsos 

Kata Sambutan kedua sekaligus dibuka oleh Pak H. Muchlas E. Bastari SE, MM Anggota DPRD Kota Bandar Lampung. Beliau ini sangat peduli dengan Komunitas Sosial loh. Kata sambutan Pak Muchlas saat menarik. Beliau cerita masa mudanya ia sudah ingin menjadi pengusaha. Saat SMA ia mengajak 4-5 orang temannya untuk membangun Komunitas Bisnis. Contohnya saja saat itu, beliay mencari marmer bekas lalu dilicinkan lagi. Marmer itu ditulisin dan dibingkai. Hasilnya dijual di Pasar Seni, alhamdulillah laku! Sejak itu Pak Muchlas memupuk jiwa bisnisnya semakin dalam.

Peserta sangat antusias mendengar daya juang Pak Muchlas. Memang ya, zaman sekarang anak muda sebaiknya melakukan banyak hal dan mengisi dengan memperbanyak skill, sehingga menjadi profesional lebih cepat. Setujukan? Usai kata sambutan dan acara pembukaan. Kami foto bersama mengingat Pak Muchlas segera harus pamitan karena akan ke acara Maulid Nabi Muhammad Saw. 

Tak berlama-lama, materi 1 kemudian segera dimulai yang disampaikan langsung oleh Pak Hadin. Sejak kulaih Pak Hadin ini sudah berkecimpung di dunia penyiar radio. Tak heran jika beliaulah membidani Aradio 101,1 FM. Banyak penyiar muda yang menjadi didikan beliau hingga makin sukses. Yap, aku ingat banget dulu pertama kenalan orang-orang sellau bilang, "Itu loh Pak Hadin Aradio!" 

Pak Hadin mengajak anak muda untuk melek dunia penyiar dan media sosial lebih luas. Ke depan Aradio mengeluarkan konsep 3 O, yakni On air, Off air dan Online. Wah, semoga konsep ini akan terealisasi ya! Peserta pun makin antusias setelah diajak mengejar  mimpi dengan bernyanyi bersama Laskar Pelangi. Acara semakin meriah dan kian semangat!


Foto bersama usia pembukaan :)

Pukul 11.00 WIB kemudian giliran aku dan Afri mengisi materi kedua. Materiku kali ini tentang Jurnalistik. Wah, padat banget aku harus menyampaikan materi, jadwalnya molor setelah sebelumnya kebagian tugas 10.50 WIB. Baiklah, dengan bismillah mencoba menyampaikan dengan sebaik-baiknya.

Nah, sebelumnya aku juga sempat nanya ke beberapa teman-teman penyiar radio yang aku kenal, seperti Depita dan Nurul Fauziah. Menurul Pita, saat akan siaran, penyiar perlu loh membuat konsep materi. Sedangkan Nurul Fauziah bercerita pengalamannya saat magang 3 bulan di radio, ia pernah membuat konsep dengan detail apa saja yang akan diucapkan saat siaran. Wah, jadi penyiar emang perlu ya ilmu menulis! 

Tak banyak yang aku sampaikan, aku sharing pengalaman menulisku saja. Jika selama ini aku mencoba terus menggali ilmu. Zaman kuliah aku pernah menjadi wartawan kampus (Media UNIB) dan pernah magang di Koran Rakyat Bengkulu. Alhamdulillah rumus 5 W + 1 H sangat berguna bagi aku untuk menulis cerpen, artikel atau ngeblog. 



Alhamdulillah pembahasan menulis berita ini disambut dengan antusias. Dengan simulasi ada 2 peserta yang berani maju membacakan berita singkatnya mengenai acara yang sedang berlangsung. Selamat ya dapat coklat dariku, uhuk! Ada juga seorang bapak yang semangat ikut serta dan aktif bertanya.

Siang menjelang, materiku selesai dan semoga peserta yang mengikuti dapat memahami. Kami pun berfoto bersama dengan beberapa peserta, terutama anggota FLP Lampung yang dari pagi sudah semangat mengikuti acara, makasih ya :)


Foto by Aradio 101,1 FM

Jadwal ishoma aku pamit pulang ke rumah karena sudah janji mau ambil rapor Faris di sekolahan. Acara masih berlangsung hingga pukull 16.00 WIB. Materi siang dilanjuti oleh 2 pembicara dari Jakarta. Wah, serukan acaranya? Para alumni kegiatan kemarin ada info juga kalau akan ada pembinaan tahap berikutnya. Silakan cek di IG @radio ya!



Berikut info dari Aradio untuk alumni acara  Bina Kominitas Penyiar Muda Bersama Aradio 101,1 FM :

Untuk anda yang suka dunia kepenyiaran (broadcasting) kini saatnya A-Radio 101.1 Fm kembali membuka kesempatan terbatas hanya bagi anda yg ikut kegiatan BKP 1 kemarin untuk bergabung bersama kami (pasti lulus πŸ˜ŠπŸ‘) dengan syarat:
1.Pria / wanita
2.SMA / kuliah/fresh graduate/usia kerja
3.bersemangat,menyukai tantangan,dapat bekerjasama dalam tim,enerjik,dan mudah bergaul serta menyukai kegiatan bisnis
4.maksimal berusia 40 tahun
5. Mengikuti kegiatan workshop kelompok pekanan alumni BKP1

Pilihan minat :
1. Penyiar
2. Marketing
3. Event Organizer
4. Online Administrator
5. Sound Production
(Pilih minat anda minimal 2, maksimal 3)


Foto Bersama dengan Peserta dari FLP Lampung
Segera kirimkan surat lamaran anda paling lambat hari Kamis, 22 Desember 2016 .ke A-Radio Business Centre di Jln .Jauhari Wahid No. 1 (seberang Ramayana Robinson Rajabasa ada Jln Jauhari Wahid, masuk 100 m rumah pertama sebelah kanan) Rajabasa Bandar Lampung, Atau via e-mail ke a_radio_balam@yahoo.com sertakan juga curiculum vitae (CV) ,ijazah terakhir,pas foto berwarna ukuran 3x4 (2 lembar),4x6 (2 lembar)

Itulah Cerita Bina Kominitas Penyiar Muda Bersama Aradio 101,1 FM yang dapat aku bagi, semoga bermanfaat! 



15 komentar:

  1. Mau daftar ahh dulu pernah bercita2 jadi penyiarr.. hihi tapi harus pindah lampung ya.. upss.

    Sukses untuk radionua semoga syiar tetap selalu ditebar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih doanya ya Mbk :) iya Mbk yuk ke Lampung

      Hapus
  2. semoga aradio makin berjaya di udara...

    mba..boleh ralat itu kominitas... atau komunitas... apa emang gitu... ya... *maaf

    BalasHapus
  3. keren mba Naqi, terus menebar manfaat

    BalasHapus
  4. Pernah jg berkunjung ke satu radio swasta n ngetedt jg.. pernh punya angan2 jd pnyiar haha cuma suaranya ngambang ktny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Latihan vokal dulu Mbk, yuk dicoba lagi :)

      Hapus
  5. mba naqi makin keren. sukses terus yaa

    BalasHapus
  6. wah jadi ingat cerita saya dulu yang pernah punya cita-cita jadi penyiar radio...tapi setelah diyakinkan dengan masukan orang tua, kakak, adik, istri hingga teman yang mengatakan suara saya menyayat kalbu dan menyakitkan telinga alias cempreng...sejak saat itu pula saya memilih jadi pendengar saja... hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga di kampus pengen jadipenyiar tapi malah seringnya diundang jadi bintang tamu aja heheh

      Hapus
  7. Waah Mbak Naqi, sudah merambah ke dunia penyiaran juga ya.. kereen, deh!

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^