Rabu, 07 Desember 2016

Gubernur Lampung : Yuk, Kolaborasikan Kopi Lampung dan Pariwisata



Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Kemarin Senin (5 Desember 2016), aku Dinas Perkebunan Lampung. Di sana aku mewakili Tapis Blogger dalam acara Konfrensi Pers acara Lampung Coffee Festival (Lacofest) 2016. Awalnya aku mau berangkat dengan suami. Kami akan bergantian menjaga Aisyah, tapi akhirnya suamiku tidak jadi ikut.  Ya, udah deh berangkat sendirian aja hihi...


Aku pun berangkat sendiri naik motor.  Awalnya tempat acara di DPRD, tapi pindah ke Dinas Perkebunan. Sampai di sana sudah ramai. Saat aku menuju lantai 2 aku bertanya dengan bapak-bapak yang berdiri di dekat parkiran, “Acara dengan Gubernur di mana, pak?” Bapak itu menunjuk ke lantai 2.  Di lantai 2 sudah ramai dan aku dengan mudah masuk ke ruangan. Tenyata acara sudah dimulai. Pak Gubernur lagi ngomong, duuh maaf pak telat hadir, hiks... kulhat ada beberapa panitia lacofest yang sudah kukenal tapi juga ada banyak yang baru pertama ketemu. Lalu, Bang  Yopie     menunjuk kursi yang kosong. Aku duduk deh dan mulai menyimak penyampaian Pak Gubernur, Muhammad Ridho Ficardo.


Menurut Gubernur Muhammad Ridho Ficardo, Kopi Lampung ini punya peluang secara konfrehensif agar semakin banyak pihak yang terlibat, rakyat berperan serta, maka efek kesejahteraannya akan mengalir  kepada mereka. Karena kopi lebih mudah efek yang luas. Bukan tak mungkin ke depan akan mengolaborasikan mengenalkan Kopi Lampung dengan Pariwisata Lampung, seperti mengadakan Lampung Jazz di pinggir pantai sambil menikmati kopi Lampung. Wah, makin asyik ya!



Peserta diberi kopi Lampung, mantap :)
Selain itu, kegiatan Lacofest 2016 ini adalah langkah awal untuk mengenalkan Kopi Lampung. Dalam kesempatan tanya jawab, aku pun sempat menyampaikan inspirasiku, yakni agar di Lacofest 2016 dapat menghadirkan sosok petani kopi yang sukses dan contoh produk kopi yang sudah ada di Lampung ini.

Alhamdulillah ideku disambut baik oleh Gubernur Ridho Ficardo. Kopi akan semakin nikmat kalau mengetahui sejarah bagaimana orang yang menanam dan cara mengilingnya. Pak Kadisbun, Edi Yanto juga terlihat sumringah menyambut ide ini. Wah, semoga saja saat di Lacofest 2016 nanti menemukan sosok inspiratif petani itu ya.


Lagi menyampaikan pendapat, foto by Rangga Aradea

Bahkan, usai Konfrensi Pers, aku ngobrol bareng dengan teman-teman Tapis Blogger, beberapa anggota ada yang memiliki keturunan petani kopi. Bahkan ada yang memiliki kebun kopi yang luas diwarisi turun temurun. Saat ini kebun kopi ditanam dengan sistem bagi hasil.

Kopi Lampung memang belum terkenal dibanding kopi daerah lainnya, tapi pelan tapi pasti akan dikenal oleh masyarakat luas. Apalagi Kopi Robusta lampung kualitasnya lebih baik dari Provinsi Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). “Walau lahan dan hasilnya tidak seluas Sumbangsel, tapi kopi Lampung punya luwak liar dan kualitasnya setara dengan kopi luwak di Bali.” Ujar Gubernur Ridho Ficardo.

Usai acara, kami panitia Lacofest 2016 berfoto bersama. Aku pun tak ketinggalan ikut minta foto bareng, nebeng difotoin Bang Rangga Aradea karena hpku lowbatt, hihi... di pintu keluar kami pun disambut dengan goodiebag berisi Kopi Robusta Lampung. Nah, kamu juga mau dong menyicipi Kopi Robusta Lampung?
 
Media Patner Lacofest 2016 (Foto by Lacofest)

Nah, penasarankan gimana sih rasanya Kopi Robusta Lampung, pagi ini ada acara perang barista di Mall Boemi Kedaton. Biar engak bingung, save jadwal acaranya ya! Yuk, ketemuan di sana!




Acara Lacofest 2016

5 – 25 November 2016: Lomba Citarasakopi
5 – 30 November 2016: Lomba Kopigrafika
7 – 8 Des. 2016: Lomba Tweet dan Foto Instagram
7 – 8 Des. 2016: Eksebisi Cafe, Ngopi Percuma, Hujan Doorprize, Musikopi.

7 Desember 2016
09.00 – 15.00 : Lomba Perang Barista
15.00 – 16.30 : Meet The Expert: Rahasia Kafe dan Robusta Lampung
16.30 – 17.30: Pembukaan Acara
19.00 – 21.00: Romantic Night Bersama The Potter, FLA Band, dll

8 Desember 2016
12.00 -14.00: KOPIKONGKOW BERSAMA KOMUNITAS OTOMOTIF:
Motor Antik Lampung MACI, HDCI, MAD ELEPHANT, VESPA COWBOYS LAMPUNG, SCOOTER ENJOY LAMPUNG

14.00 – 16.00: KOPIKONGKOW BERSAMA KOMUNITAS MEDSOS & FOTOGRAFI :
BE PFL, PFI, ZOOM UNILA, HITAM PUTIH UBL, DCFC DARMAJAYA, UKM TEKNOKRA UNILA, JENDELA LAMPUNG, @infolampung, @infobdl, @kuliner_lampung, @lampunginsta, @kelilinglampung, @tapisblogger, dll

16.00 – 18.00: KOPIKONGKOW BERSAMA KOMUNITAS AKTIVIS LAMPUNG: HiPMI Propinsi Lampung, SAPMA PP Kota Bandar Lampung, BEM Fakultas Pertanian, BEM Fakultas Hukum, BEM Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, BEM Fakultas Ekonomi & Bisnis, HMI Cabang Bandar Lampung, IMMKOBAL, IMMEL, dll

19.00 -21.00 Malam Puncak: Kopi Lampung untuk Indonesia
Pertunjukan Tari Gar Dancestory, Aksi Barista Cilik, Penganugerahan pemenang lomba Lacofest, Kongkow bersama Gubernur Lampung. Topik: Memajukan Kopi Lampung, Penutupan Acara

DAFTAR PESERTA EKSEBISI CAFE

Anak Lanang Coffee, Pacar Hitam, IC Coffee, Kaiko Bahabia, Flambojan, Amnesty Coffee, N8 Coffee, EL’S Coffee, Coffee Paste, Dr. Coffee, Mr. Caffeine, Kalibata Coffee, Cikwo, Indocafco, Nescafe, AIKBL, Ratoa, ASKL, Tapis Jejama, Disbun Lampung & Lampung Segalow.

#tapisblogger
#lacofest2016
#lampungsegalow

7 komentar:

  1. Semoga sukses buat Lampung, ya? ^_^

    BalasHapus
  2. Ide yang begus mengkolaborasikan kopi dengan pariwisata

    BalasHapus
  3. Makin keren aja. Semoga sukses dan berhasil! :D

    BalasHapus
  4. Acaranya keren, ya? Sayangnya jauh

    BalasHapus
  5. Penasaran sama rasa kopi robusta lampung

    BalasHapus
  6. Indonesia memang kaya hasil bumi. Jenis kopinya aja bisa beda2 gtu ga Dr seluruh Indonesa ;)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^