Selasa, 31 Januari 2017

Jurus Jitu Menulis Konten Kreatif

Assalamualaikum sahabat Smart Mom


Menulis bagiku adalah panggilan jiwa. Kalau tidak menulis. Hatiku hampa. Sehari tidak menulis, aku seperti kehilangan sesuatu. Entah menulis di hp, di laptop atau sekedar coretan di buku tulis. Menulis sudah menyatu dalam hidupku. Sudah sebagai kebutuhan. Pernah sih suami bilang, "Sudah jangan terlalu capek dan ngoyo menulis," kata suami. Tapi, aku sehari tidak menulis aku malas stres hihi... maunya menulis memang sebagai terapi jiwa bagiku. Menulis di blog dianggap saat ini menjadi pilihan tepat bagiku. Untuk ibu repot dengan 3 anak dan tanpa ART, ngeblog lebih enjoy. Ngeblog lebih mudah mengekpresikan diri karena sekaligus bisa sebagai dokumentasi perkembangan anak-anakku.


Untuk itu, aku punya jurus jitu menulis konten kreatif :

1. Niat
Untuk menulis di blog diperlukan niat yang kuat. Saat awal-awal mengisi blog terasa sulit sekali. Beberapa godaan malas dan mood yang enggak pasti membuat semangat turun naik. Untuk itu di blogku ada label curhat. Isinya ya sekedar curhat biar lega. Jadi enggak selalu isi blog menjadi begitu serius. Namun, untuk lomba aku emang biarkan jauh-jauh hari. Dalam hati sudah ditanamkan buat ikut lomba, apalagi jika tema klik banget,  bakal makin semangat menulis deh. Soal hadiah itu nomer dua hehe...

Buat list ide permainan anak dan lengkapi dengan fotonya :)

2. Ide
Mengisi konten di blog harus menarik sehingga banyak yang membaca. Diperlukan isi konten dengan bahan yang diperlukan banyak orang. Namun, ini juga tergantung niche blog masing-masing. Kalau untuk blogku, aku mengambil niche lifestyle smart mom. Ide tulisan dari kegiatan sehari-hariku. Ada juga dari mereview makanan dan tempat wisata yang aku kunjungi. Agar tidak pusing dengan kebanjiran ide, aku biasanya menuliskan ide ke dalam sebuah buku atau di white board. Ide itu aku list dam aku kerucutkan sesuai dengan time yang tepat. Dalam seminggu apakah menulis untuk lomba? Parenting, wisata atau lifestyle smart mom. Nah, ide yang kuat dalam sebuah konten diikat dengan outlet. Khusus untuk tema tertentu, aku membuat outline dengan tanda panah saja. Misal : LDR-Komunikasi Suami-istri- Solusi. Jadi, kita lebih mudah menulis dengan garis besar yang telah dibuat.

3. Siapkan Foto
Foto menjadi penunjang tulisan. Salah satu cara menahan orang membaca tulisan kita selesai adalah foto  yang menarik. Kelemahanku enggak bisa bikin fotografi, aku juga tidak bisa mengedit foto. Maka, salah satunya aku memilih foto mendekati tema tulisan. Misal, untuk mengikuti lomba susu sebuah brand susu, aku mengumpulkan perkembangan anakku sejak bayi. Aku membuat foto kegiatan anak-anak bermain. Aku juga membuat permainan dari kardus. Foto ini aku kumpulkan jauh-jauh hari sebelum lomba, agar hasilnya lebih bagus.


Kreatif yuk membuat mainan dari kardus :)


4. Referensi
Ingin menulis konten yang menarik, selain foto, bahan tulisan dapat ditemukan dari bahan bacaan. Ibarat teko, isi yang dituang sesuai dengan isi teko. Jadi, kalau ingin menulis konten yang menarik, salah satunya dengan membaca referensi. Misalnya, membaca koran, majalah, atau buku. Ingin murah dan tidka butuh modal, silakan ke perpustakaan. Di sana banyak sekali referensi agar isi konten blog menarik :)


Cari referensi di perpustakaan yuk!

5. Blogwalking
Pernahkan teman-tekan mengalami writer block? Ada rasa bosan, lelah dan dalam menulis atau ngeblog? Kalau menurutku rasa itu wajar saja. Apalagi perempuan, setiap bulan mengalami fase menstruasi. Hormonnya mempengaruhi emosi. Nah, aku mengalami tuh. Dalam sebulan ada saja bad moodnya. Berbeda saat hamil, aku bisa rajin menulis bahkan hingga malam karena saat hamil sudah tidur, malah banyak menulis hehe...  Jika sering blogwalking, kita akan mendapatkan semangat baru dari tulisan orang lain. Kita bisa cek di populer post blog orang lain, tema apa yang banyak dibaca pengunjung. Nah, kamu bisa memilih tema yang ada.


Berkembang bersama Komunitas Tapis Blogger

6. Video
Saat ini mudah sekali mengedit video lewat aplikasi. Kamu bisa mengunduh di playstore berbagai aplikasi mengedit foto. Salah satunya viva video. Bisa juga sih membeli dengan pulsa viva video pro. Namun, gratisan juga ada loh. Kamu tinggal edit saja foto atau gabungan dengan videomu.

7. Komunitas
Konten kreatif artinya penulis harus update terus ilmu mengenai dunia kepenulisan dan blogger. Caranya, ikutan komunitas yang menunjang dunia kepenulisan dan blogger. Kalau aku mengikuti beberapa group yang menunjang, seperti KEB, Blogger Perempuan, Blogger FLP dan Tapis Blogger. Komunitas tersebut aktif berbagi tips agar tulisan menjadi enak dibaca.

Nah, 7 jurus jitu di atas akan lebih kece kalau ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Apalagi, jika mengunakan perangkat yang sangat mendukung kegiatan ngeblog. Salah satunya adalah ASUSPRO P2430.

Suatu hari aku dikenalkan keponakanku dengan laptop kesayangannya. Di laptop ASUS itu dia berkreasi membuatkan aku header blog yang sangat cantik. Untuk ukuran anak usia SMP, header itu sangat menarik dan membuat branding blogku menjadi oke, sebagai Smart Mom. Sejak itu, aku membatin, kapan ya punya laptop merk ASUS juga? 


Notebook ASUS Keponakanku :)
Header hadiah dari keponakan :)

Lalu, notebook suami kian renta dan kami mulai mencari-cari merk laptop lain sesuai budget kami. Maka, jalan-jalanlah aku ke toko laptop, aku langsung tertarik dengan tawaran penjaga toko mengenai ASUS ini. Aduh, tampilannya memikat euy.

Beberapa kelebihan ASUSPRO P2430 :

ASUS dapat mempertahankan suhu antara 28 derajat celcius hingga 35 lebih rendah dari suhu tubuh.
Keyboard mampu bertahan walau sudah digunakan lebih dari 10 juta kali pengetikan.
ASUSPRO P2430 menawarkan kehandalan, performa, mobilitas tinggi, dan tampilannya tetap stylish dan elegan. Selain itu, perangkat komputasi jinjing ini pun telah dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru untuk mendukung aktivitas Anda.

ASUSPRO P2430 memiliki layar anti-glare yang mampu mencegah refleksi yang tidak diinginkan, sehingga mengurangu kelelahan mata. Untuk memudahkan maintance, bahkan notebook P2430U ini memiliki baterai yang bisa dilepas pasang dengan mudah hingga 3 jenis ukuran baterai, 4-cell, 6 cell, dan 9 cell. Didukung oleh prosesor hingga intel Core i7, P2430 memberikan kinerja yang hebat untuk menunjang setiap aktivitas Anda. Selain itu, P240U ini kaya akan pilihan USB. ASUSPRO P2430  ini terdiri dari 3 buah USB 3.0 yang dapat mentransfer data 0 x lebih cepat danjuga 1 buah USB 2.0. ASUSPRO P2430  ini juga memiliki USB Charger + memungkinkan isi ulang perangkat mobile bahan saat notebook dalam keadaan mati sekali pun.

Selain itu, ASUSPRO Essential P2430U  memiliki memori utama sebesar 4 GB yang terpasang ditambah kapasitasnya terdiri dari 2 slot. Mampu menampung RAM hingga 16 GB. Bagi Anda yang memiliki produktivitas mobile yang cukup tinggi, kebutuhan inilah yang Anda cari :)

Perlu diketahui, kalau ASUS adalah Brand Notebook No. 1 di Indonesia loh. Prestasi ASUS di antaranya :

1. ASUS adalah brand Motherboard No. di Dunia.
ASUS telah menjual 500.000.000 motherboard sejak tahun 1989. Saat ini 1 dari 3 komputer telah terjual di dunia menggunakan motherboard Wah, apa itu motherboard? Motherboard adalah kunci kualitas atau andalan suatu PC notebook dan ASUS memiliki kualitas dan kehandalan yang terbaik.

2. ASUS adalah salah satu Perusaahan TI yang paling TOP di dunia.
Dari Fast Company, media publikasi yang selalu memantau perkembangan web dan industri teknologi dunia, ASUS mendapatkan peringkat 10 dalam kategori Electronik Konsumer sebagai Perusahaan paling inovatif 2010.

3. ASUS No.1 dalam Kualitas dan Pelayanan.
ASUS memegang kualitas dalam setiap produknya. Bahkan menjaga konsisten dalam pelayanan. Untuk itu, ASUS berhasil mendapatkan pernghargaan sebagai perusahaan yang memiliki kualitas dan pelayanan terbaik oleh The Wall Street Journal Asia.

4. Asus menerima 4.368 penghargaan di tahun 2015
Penghargaan ini diberikan oleh organisasi teknologi terpandang dan media IT sedunia. ASUS berhasil mendapatkan 4.368 penghargaan di tahun 2015 sebagai bukti komitmen terhadap inovasi, desain dan kualitas ASUS.

5. Teknologi ramah lingkungan dari ASUS.
ASUS mendapatkan penghargaan pertama dalam meraih Sertifikat EU Flower Eco untuk komputer desktof dan sertifikat EuP untuk notebook.



Nah, sahabat Smart Mom, itukah jurus jitu menyiapkan Konten Kreatif versi aku, bagaimana dengan sahabat Smart Mom? Sharing dong! 


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba ASUS yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia

20 komentar:

  1. inspiratif :) saya sendiri sekarang lagi bereksperimen dengan gambar2 infografis untuk membuat konten kreatif.. dari layanan penyedia infografis gratisan hehehehe...

    BalasHapus
  2. blogwalking kadang bikin jiper mba hahaha ih punya si A bagus bla..bla akhirnya ga jdi nulis ;p

    BalasHapus
  3. Mbak Naqiy yang selalu semangat menulis :D
    Saya lagi down semangatnya nih, Mbak. Hiks.

    BalasHapus
  4. Ketemu Asus pr lagi. Jadi makin pengen punya kalau udah ada budget. :D

    BalasHapus
  5. Aku lagi belajar fotografi dan video. Suka ngiri ngelihat teman2 blogger fotonya bagus2.

    BalasHapus
  6. Asus emang super deh. :D Nggak nyesel deh kalau beli

    BalasHapus
  7. Tantangan sedari lama, dr awal ngeblog belum pernah bikin info grafis, heu. Padahal penting juga katanya y mb

    BalasHapus
  8. ASUS ini oke banget ya dengan pilihan processornya itu loh yang bikin pengen ganti laptop rumah dengan ASUS, soalnya processor yang dipakai yang sudah terpercaya bikin cepat nggak pake lemot :)

    BalasHapus
  9. Leptop emang salah satu liat wajib buat para blogger untuk buat konten. Leptop yang kece ya cuman asuspro2430.
    Gak banyak loading pas ngedit2 gambar sama video

    BalasHapus
  10. Duh mupeng banget nih sama asuspro2430. Nabung ah... Biar kebeli. Ngeblog pasti lebih asyik

    BalasHapus
  11. Enggak semua org mau cari referensi ke perpustakaan, keren mbk. Keinget kata Mbk Ani Berta kmrn, blogger jg mesti baca buku buat referensi TFS :D

    BalasHapus
  12. Selama ini aku sulit mengedit video karena banyak data dan lemot. dan temen rekomendasiin gnti laptop pake ASUS. Mudah2an bisa kebeli. Beneran lagi ngumpulin duit. 😂

    BalasHapus
  13. wah, keren hasil karya ponakannya.
    mantap nih, ASUS!

    BalasHapus
  14. Keren ya pakai teknologi yang mengurangi kelelahan mata. Mataku mudah lelah di depan lappie lama2.

    BalasHapus
  15. Duh ASUS emang keren banget ya. Jadi mupeng.

    BalasHapus
  16. Duh ASUS emang keren banget ya. Jadi mupeng.

    BalasHapus
  17. Kalau sudah niat tapi mood nya belum ada gmana mbak..

    BalasHapus
  18. Ke perpustakaan banyak bahan buat referensi. Padahal banyak orang lebih memilih tanya mbah gugel. Catat deh.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^