Rabu, 14 Juni 2017

Ruang Jingga : Bulan Ramadhan Bagi 1000 Tumblers

Ruang Jingga : Bulan Ramadhan Bagi 1000 Tumblers   Foto By Yoga Pratama


Ruang Jingga:Bulan Ramadhan Bagi 1000 Tumblers. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, Siang itu aku bersama anakku Aisyah pergi ke acara Komunitas Ruang Jingga Lampung.  Selain aku, ada Novi Nusaibah dan Yoga Pratama dari Tapis Blogger. Kami akan pergi berbagi cerita mengenai pengalaman menjadi seorang blogger dan penulis di Umbul Asem Teluk Betung sebelumnya kami berkumpul di TK Tunas Mekar Indonesia (TMI).


Sampai di tempat, kulihat sudah banyak yang berkumpul. Mereka menggunakan kaos putih seragam. Semuanya duduk berkeliling dan sebagian sedang latihan untuk mengisi acara kelak. Ada beberapa orang sudah aku kenal seperti Mas Tri Yuliawan dan Bang Razone yang juga aktif di Tapis Blogger. Usai technical meeting dan sholat dzuhur, akhirnya kami bergerak menuju lokasi.

Latihan mendongeng 

“Mbak jangan lupa ya nanti pakai lotion anti nyamuk sebab di sana endemik malaria,” ujar Bang Delta Rahwanda ketua Ruang Jingga.  Lalu kami bergegas berangkat dan memilih untuk naik motor. Aku memilih naik motor karena bisa mobile dan tak bisa ikut acara sampai selesai, Alhamdulillah ada beberapa teman yang juga membawa motor termasuk Novi dari Tapis blogger

Perjalanan memakan waktu sekitar 20 sampai 30 menit. Jalannya juka lancar dan tidak ada hambatan. Tak lama akhirnya kami sampai ke lokasi di sana sudah ada tenda dan beberapa anak-anak yang memang telah menunggu.


Menurut Kak Delta Rahwanda, acara ini Gerakan 1000 tumblers untuk Lampung sudah dilaksanakan 10 kali di beberapa lokasi. “Sudah 3 kali di Kabupaten Pesawaran, 3 kali di Bandar Lampung, 2 kali di Kabupaten Pringsewu, 1 kali di Lampung Selatan, dan 3 sekolahan di Kabuupaten Tulangbawang Barat.”

Ayo nyanyi dulu yuk!


Oh ya Sahabat Smart Mom, Komunitas Ruang Jingga sendiri  berdiri pada tanggal 21 November 2015 yang beranggotakan 35 relawan dengan profesi dan bidang kerja yang berbeda-beda. Bersama para relawan, botol minum gratis dalam gerakan #1000tumblers4lpg diperoleh dari hasil donasi, lelang tumbler dan bentuk penggalangan dana lainnya. Hingga saat ini Ruang Jingga telah membagikan 930 botol minum ke beberapa sekolah dasar dan madrasah di Kota dan Kabupaten se-Provinsi Lampung. Program ini memang bukan khusus Bulan Ramadhan, hanya saat di Teluk Betung saat Bulan Ramadhan. Senangnya bisa berbagi di Bulan penuh berkah ini ya :)


drg Gema sedang menjelaskan cara menjaga kebersihan gigi

Acara inti pun dimulai anak-anak sudah duduk berbaris di karpet yang disiapkan lalu anak-anak mendengarkan profesi pertama yaitu bu dokter gigi, Gema. Dokter cantik berhijab putih ini mengajarkan cara mudah mengajak anak-anak untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi.

“Ayo, siapa yang rajin sikat gigi?”
“Berapa kali sikat giginya?”
“Bagaimana cara sikat giginya?”

Anak-anak semangat menjawab. Ada yang menjawab, sikat giginya 3 kali ada yang 5 kali sehari, lucu-lucu deh! dr. Gema juga mengajarkan cara menggosok gigi yang benar ia membawa boneka yang bergigi besar dan singkat Apakah adik-adik tahu cara bersikat gigi yang benar mereka menjawab tahu seperti Upin dan Ipin hehehe ...

Memang sih terkenal banget ya kartun yang mengajarkan cara menyikat gigi kalau di samping memang bulat bulat bulat sebanyak 8 tapi kalau di bagian atas yaitu mencungkil.

Dongengnya keren loh!

Kemudian ada tampilan dongeng yang dibawakan oleh kakak-kakak Ruang Jingga, menarik sekali dongeng ini berisikan pesan untuk mengajak adik-adik menjaga kebersihan di sekitar pantai yaitu tidak membuang sampah sembarangan seperti tokoh boneka.

Tapis Blogger berbagi pengalaman menjadi blogger dan penulis foto by Tri Yuliawan 

Kemudian kami dari Tapis Blogger pun mengenalkan diri, aku Naqiyyah Syam, Kak Novi Nusaiba dan Yoga Pratama. Saat giliranku tiba, aku mengenalkan bahwa Seorang blogger itu menulis di blog atau diterbitkan di internet. Tapis Blogger ini bisa menjadi profesi yang menjadikan penghasilan adik-adik bisa bercita-cita menjadi seorang blogger di Tapis Blogger sendiri tidak hanya menulis di blog tapi juga anggotanya ada seorang ada penulis buku anak contohnya buku yang kami bawa karya Kak Izzah Annisa.

“Siapa yang suka menulis?”
“Siapa yang suka baca buku?”


Anak-anak mendengarkan dengan antusias profesi sebagai blogger foto by Tri Yuliawan 

Anak-anak usia 6-10 tahun itu semangat sekali mendengar cerita kami. Beberapa anak sangat antusias melirik buku yang aku bawa. Lalu juga mereka menebak-nebak apa sih profesi Kak Yoga Pratama? Wah, Kak Yoga ini kan produser di acara ANTV Lampung, suka jalan-jalan gratis pula, hihi...

Kak Novi menceritakan kalau ia lebih fokus menulis cerpen atau cerita pendek. Adik-adik bisa belajar menulis dengan menuliskan pengalamannya sehari-hari. 

Kak Novi Nusaibah-Naqiyyah Syam-Yoga Pratama-foto by Tri Yuliawan 

Tak terasa matahari kian menanjak dan menjelang asar aku dan Novi pamit. Acara tetap berlanjut hingga sore. Bahkan sebelum kami pulang masih ada pengenalan profesi dari Mbk Donna. Semoga tahun depan aku masih bisa ikutan acara berbagi dari Ruang Jingga ya, sukses selalu Ruang Jingga.

Nah, apakah Ramadhan ini kamu sudah berbagi? Yuk, share!

Ada 1000 Tumblers untuk anak-anak se-Provinsi Lampung  foto by Tri Yuliawan 


3 komentar:

  1. Bagus ya acaranya. Tapis Blogger juga aktif banget. Moga berkah ya mbak Naqi... Aamiinn ...

    BalasHapus
  2. wahh keren mbak acaranya...
    anak2 dikenalkan dengan blogger sejak dini
    siapa tahu diantara mereka nanti ada yang jadi blogger keren kayak mbak naqiy ^_^

    BalasHapus
  3. Mantap mb, kita sama2 ikut relawan kesana.. Semoga banyak yang peduli dengan lingkungan.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^