Jumat, 14 Juli 2017

Cara Mengatasi Anyang-anyangan Pada Anak-anak


Assalamualikum sahabat Smart Mom,

Cara Mengatasi Anyang-anyangan Pada Anak-anak. Anyang-anyangan dapat terjadi pada siapa saja. Perempuan, laki-laki, orang dewasa, bahkan anak-anak. Gejala awalnya rasa ingin buang air kecil tapi urine yang keluar hanya sedikit. Jika ini dibiarkan akan menganggu dan menjadi lebih parah yakni terjadi Infeksi Saluran Kemih (ISK).


Keponakan laki-lakiku, pernah diusia 2 tahun mengalami demam panas lalu saat Buang Air Kecil (BAK) rewel dan menangis. Ketika cek ke dokter, ia mengalami ISK dan disarankan untuk segera disunat. Untunglah, cepat ditangani ya!

Pada anak, gejala ISK bervariasi, tergantung pada usia anak dan bagian maba dari saluran kemih yang terinfeksi. Pada balita dan bayi lebih sulit terdeteksi, tapi bayi anak-anak mungkin bisa dilihat dari sikapnya yang mudah marah, rewel, susah makan atau demam tinggi.


Jika terjadi ISK berikut gejalanya :

1. Rasa nyeri terbakar dan serasa menyengat saat BAK
2. Sering BAK dengan urine yang sedikit
3. Malam sering terbangun atau mengompol
4. Urine bau busuk (terlihat keruh)

Pencegahan ISK :
Walau pada bayi tidak mudah terdeteksi, tapi Moms, bisa mengecek frekuensi buang air kecilnya, lalu penggunaan popoknya. Jaga popok tetap bersih dan tidak lembab.

Ketika anak sudah mulai toilet training. Ajarkan kebersihan menjaga alat kelamin. Misalnya usai Buang Air Besar (BAB), ajarkan anak untuk membasuh (cebok) dari arah depan ke belakang. Hal ini mencegah kuman menyebar dari rektum ke uretra. Bagi anak perempuan, usai BAK dilap alat kelaminnya, jangan dibiarkan lembab langsung memakai celana.

Untuk anak laki-laki, dilihat cara ia BAK, apakah lancar atau tersendat dan akhirnya tersisa air urine di celananya.

Cara Mengatasi Anyang-anyangan Pada Anak-anak

Selain itu, ajarkan anak-anak untuk sering minum air. Anak yang rajin minum, urinenya jernih. Tapi, bagi yang minum tidak cukup, maka urinenya akan pucat bahkan keruh.

Oiya Moms, cek juga kalau anak mulai jarang atau tidak BAK di malam hari. Ini bisa jadi tanda terjadi infeksi urin atau gejala sembelit. Biasanya anak-anakku akan terbangun di malam hari untuk BAK. Apalagi Fatih (6 tahun) sering terbangun malam membangunkanku hehe... kalau Aisyah masih belum lulus toilet training-nya, masih aku ditatur dulu, kadang malah mengompol kalau aku kecapekan tidak terbangun, huhuhu...

Sebagian besar ISK disebabkan oleh bakteri yaitu Escherichia coli atau E. coli. Saat ini ISK dapat dicegah dengan meminum sebuah ekstrak buah Cranberry.


Fatih siap tampil menari dan bebas anyang-anyangan

Mengenal Buah Cranberry

Buah Cranberry telah terbukti untuk mencegah saluran kemih karena mengandung Proantocyanidin (PAC) yang mampu mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih. Buah ini sulit didapatkan, harganya pun mahal. Namun, saat ini ada ekstraknya dengan harga yang terjangkau dalam bentuk kapsul atau pun powder. Produk itu bernama Prive Uri-Cran.


Tak sulit mendapatkan produk Prive UriCran. Anda dapat mencarinya di  4 apotek besar yaitu Century, Viva Generik, Kimia Farma, dan Guardian. Prive Uri-Cran mudah sekali diracik. Untuk anak-anak, dapat memilih berbentuk powder. Dicampur dengan air dan batu es, anak-anak pasti suka. Warnanya merah dan rasanya yang segar tak jauh beda dengan sirop biasa loh!

Nah, sahabat Smart Mom, tak perlu kuatir lagi jika menemukan gejala anyang-anyangan pada anak. Sediakan segera Prive Uri-Cran. Itulah Cara Mengatasi Anyang-anyangan Pada Anak-anak. Semoga informasi di atas bermanfaat. Selamat mencoba!


10 komentar:

  1. Faraz sama nih Mbak ama Aisyah belum lulus toilet training. Faraz malah blm mulai siih, hihih. InsyaAllah rencana klo cuti panjang mau ajarin, gpp deh nantinya bakalan rempong dgn dua bocah tp yg penting bs hemat #eeh hihihih

    Anak kecil jg udh bisa minum uricran yah. Semoga anak2 semua sehat ya Mbak :)

    BalasHapus
  2. Anak-anak tentu suka dg rasa cranberry dri Uri Cran ya mbak.
    Rasanya enak 😍
    Apalaaaagi yang kemasan itu

    BalasHapus
  3. Yang kemasan bubuk maksudnya aku, mbak 😂😁😆

    BalasHapus
  4. Duh kasian banget yaa Mbaa bila mendapati anak kecil yg terkena anyang-anyangan, orang dewasa ajah sengsara banget apalagi anak kecil. Gak tega saya ngebayanginnya 😥

    BalasHapus
  5. Sepertinya anyang2an ini sepele ya mbak tapi realitanya ga nyaman bangeeeet. Apalagi kalo kejadian sama anak2 pasti rewel. Heuehu
    Untuk udah tau solusinya

    BalasHapus
  6. Duh sedih kalau anak-anak kena anyang-anyangan juga :( semoga semua sehat ya mba

    BalasHapus
  7. Anak-anak pasti reweeel kalau anyang-anyangan. Untuk sekarang banyak solusinya yaa

    BalasHapus
  8. Kasian ya mbak kalau anak2 kena anyang-anyangan, kita yang dewasa saja rasanya nggak nyaman saat anyang-anyangan apalagi mereka. Tapi untunglah ada uri-cran

    BalasHapus
  9. wah baru tau loh prive uricran bisa buat anak-anak. TFS, Mba Naqi ^_^

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^