LOMBA NOVELA 2011

LOMBA NOVELA 2011


S/D Desember 2011, Ditargetkan Tayang 20 Novela Baru

Setelah beberapa bulan agak slow, akhir Maret 2011 dengan telah siapnya anggaran baru, maka dengan segenap niat baik, bismillahirohmanirrohim, kami berniat meluncurkan proyek baru untuk lebih memperkaya ilmuiman.net lagi secara lebih cepat dan untuk kemajuan dunia tulis menulis Indonesia pada umumnya. Berlaku sampai 31 Desember 2011, kami meluncurkan "Lomba Novela 2011". Bagi yang sudah biasa akses ilmuiman.net tentu tahu syarat-syarat novela kami, tapi ringkasnya saya tulis lagi saja, ssb:

(1) Penulis: Lomba berlaku untuk penulis Indonesia atau penulis asing yang bisa berbahasa Indonesia. Nulisnya kolaborasi juga boleh, tidak mesti satu orang. Tiap penulis (atau tim penulis) mesti memilih satu nickname yang unik (tidak sama dengan sudah ada) dan punya email address yang konsisten, cukup umur (dan punya rekening bank di Indonesia untuk nanti menampung honornya), dan boleh mengirimkan novela lebih dari satu (banyak juga boleh). Penulis/kontributor ilmuiman yang sudah terdaftar (dan kami tahu tulisannya oke punya) akan diprioritaskan untuk dievaluasi duluan.

(2) Tema: Seperti biasa, (a) Mesti tema percintaan (romance); (b) Mesti mempromosikan keluhuran budi atau akhlak yang baik; dan (c) Walaupun tidak mesti happy ending, ilmuiman.net lebih suka "sweet story", menyiarkan optimisme. Di luar itu, kalau memang tulisannya bagus bener, akan ditayangkan juga, tapi nggak janji. By the way, kalau sifatnya heavy reading, penuh filosofi yang berat-berat, dipastikan akan di-reject. Sorry.

(3) Format File: (a) Ditulis dalam format .txt (plain text). (b) Per bab, disave dalam file .txt tersendiri dengan nama 01.txt untuk bab 1, 02.txt bab 2, dst. (c) Dilengkapi dengan 'frame novela', 00.txt (berisi halaman judul, sinopsis, daftar isi, dan lain-lain tambahan informasi sebagaimana lazimnya di ilmuiman.net). (d) Kesemuanya lantas di-zip ke dalam satu file, dan dikirimkan via email ke sawibisono@yahoo.com dengan subject "LOMBA NOVELA 2011: QQQ" (dimana QQQ adalah judul novela).

(4) Format Tulisan: (a) Tulisan diketik rapih (sesuai standar ejaan Bahasa Indonesia yang lazim); (b) Boleh dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, Sunda, atau campuran keempat bahasa itu; (c) Judul bebas, tapi novela mesti terdiri dari minimal 5 bab, maksimal 20 bab. Lebih dari 20 bab, hendaknya displit menjadi beberapa novela; (d) Tiap-tiap bab mesti seperti lazimnya bab di novela di ilmuiman. Yaitu, ringkasnya: tiap bab mesti diberi judul bab, ukuran bab berukuran relatif pendek, tapi tidak terlalu pendek (ie. 10-20KB kalau disave dalam format .txt). (e) Diasumsikan ceritanya fiksi/fiktif. Otherwise, andai kisah nyata, atau terinspirasi dari kisah nyata, silakan saja diinformasikan. Isi adalah tanggung jawab penulis.


(5) Pemenang: Yang menang adalah yang tayang. Targetnya minimal 20 judul novela (untuk 2011). Kalau sebelum akhir tahun sudah tercapai 20 judul; dan anggaran masih tersedia (insya Allah rejeki darimana saja), maka akan ada tahap berikutnya (for the next 20 novelas). Honor pemenang seperti lazimnya novella di ilmuiman. Ilustrasinya: novella 5 bab yang sesuai syarat di atas akan dapat honor 25rb + 5x40rb = Rp. 225rb. Sedangkan novella 20 bab (sekitar 80 halaman kalau diprint) akan dapat 25rb + 20x40rb = Rp. 825rb. Jadi, kalo novelnya kelas berat (full-size), sebangsa 400 halaman A4, maka mesti dikemas ulang menjadi sekitar 5 novela dan akan dapat honor sekitar 5 x 825rb = Rp. 4,125 juta. Not bad-lah, iya kan?

(6) Syarat Lain: Selengkapnya, syarat lain adalah seperti biasanya. Kalau belum tahu, atau lupa, bisa dibaca artikel Penayangan Novela ilmuiman.net (Sudah dibuat sejak dulu, dan masih berlaku). Kalo udah tahu, yang ini nggak usah dibaca lagi (Ya iyalah!).

Keputusan redaksi/juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu gugat. Korespondensi cuma dijawab kalo sempat (nggak janji). Redaksi akan menayangkan (sesuai suka-sukanya, dan sesuai kelonggaran waktu) setelah novel diterima (accepted) dan diproses, tidak menunggu tahun 2012 (kelamaan!). Honor diberikan tidak lama setelah novel tayang (Tidak nunggu sampai tahun 2013! Jelas tidak).

Selamat berkarya. Kami mengundang kontribusi anda. Doa kami mengiringi. Semoga semua kita dikaruniai kebaikan dan kebahagiaan. Salam,

Bandung, 30 Maret 2011, Redaksi ilmuiman.net, AsliYW.

Sumber : http://ilmuiman.net/story/baca.php?teks=ADM%2FLombaNovel.web

Posting Komentar untuk "LOMBA NOVELA 2011"