Senin, 29 Agustus 2011

AUDISI ANTOLOGI “ AYAH”

Ayah...

"Ayah mendorongku meraih kesuksesan, meraih cita-cita dan cinta, menjalani masa-masa suram dalam hidupku."

silakan kirim naskah berbentuk cerpen "based on true story".

boleh tetang pengalaman penulis atau pengalaman orang lain.

4-6 halaman A4. TNR 12. spasi 1,5.

Kirim naskah+biodata di akhir cerita melalui email : ayahku.antologi@gmail.com dengan subject email: Ayah_judul_nama penulis.

upload info event ini di fb kamu, tag 20 teman dan page AYAH AYAH.

http://www.facebook.com/pages/AYAH-AYAH/183925368338112

Deadline event AYAH : 27 Juli - 14 September 2011

Pengumuman naskah yang terpilih 3 minggu setelah deadline.

naskah-naskah terpilih akan dibukukan (kontributor tdk dapat bukti terbit, tapi memperoleh 50% diskon utk kesempatan pembelian pertama. Dan diskon 20% utk pembelian berikutnya)

royalti akan dimanfaatkan untuk penerbitan dan cetak buku berikutnya. konsep dan tema buku berikutnya dirembug bareng oleh kontributor antologi tentang ayah ini.

Selamat menulis ^^

EVENT CERITA DARI HATIKU UNTUK IBU--DL 15 Oktober

Dalam rangka menyambut hari ibu yang akan jatuh pada tanggal 22 Desember 2011 mendatang, saya akan mengadakan event cerpen dari hati untuk ibu. Duapuluhlima (25) cerpen akan dibukukan.

Syarat lomba:

  1. Lomba terbuka untuk umum dan segala usia dari seluruh Indonesia baik yang tengah study atau bertugas di luar negeri
  2. Lomba dibuka tanggal 03 Agustus 2011 dan di tutup tanggal 15 oktober 2011 pukul 23:00 WITA (lewat dari waktu tersebut naskah dinyatakan gugur).
  3. Tema cerita: IBU (tokoh utama boleh seorang ibu atau bukan)
  4. Judul bebas namun tetap mengacu pada tema dibutir 3. Judul bisa menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing.
  5. Naskah harus berupa cerpen (boleh kisah nyata atau fiksi, diutamakan yang inspiratif)
  6. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya.
  7. Naskah ditulis dalam bahasa yang baik, benar, dan literer (indah) dengan memeperhatikan EYD.
  8. Naskah yang dilombakan harus asli, bukan jiplakan atau saduran serta belum pernah dipublikasikan di media cetak lokal maupun nasional atau di media elektronik (Blog, Facebook, Frienster, atau media online lainnya yang memberikan fee)
  9. Ketentuan Naskah:
    1. Ditulis di atas kertas kuarto atau A4, spasi 1,5, font Times New Roman size 12, margin kiri-kanan-atas-bawah 3, justify
    2. Simpan naskah dalam bentuk RTF
    3. Panjang naskah 5-7 halaman (tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih)
    4. Tulis di halaman terpisah biodata singkat berbentuk narasi maksimal 100 kata serta foto close up penulis.
    5. Kirim naskah beserta lampirannya (biodata+foto) dalam bentuk attactmen ke email:antologibersama.untukibu@gmail.com dengan subject: CERPEN-judul cerpen-nama penulis
    6. Seleksi tahap pertama (lolos administrasi kelengkapan dan memenuhi syarat) tanggal 20 oktober 2011, seleksi tahap kedua, seleksi final (pengumuman para nominasi) tanggal 31 oktober 2012
    7. Akan diambil 25 cerpen yang akan dibukukan bersama cerpen para dewan juri (masih dalam konfirmasi). Tiga naskah terbaik akan mendapatkan hadiah yang akan diberitahukan selanjutnya (dalam proses melobi sponsor)
    8. Keputusan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat
    9. Naskah yang masuk menjadi hak panitia namun hak cipta tetap pada penulis
    10. Naskah akan ditawarkan ke penerbit mayor dan jika tidak akan diterbitkan secara indie
    11. Royalti sepenuhnya akan disumbangkan kepada anak yatim-piatu dan mereka yang kurang mampu.
    12. Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi facebook penyelenggara di Kim Faira (Faira Ismail)
    13. Posting info lomba ini dengan mengetag Faira Ismail dan minimal 20 orang teman lainnya. Bagi yang belum berteman dangan Faira Ismail silahkan meng-add di link berikut: http://www.facebook.com/profile.php?id=100002555212757
    14. Panitia berhak membatalkan keputusannya apabila dikemudian hari diketahui naskah nominator merupakan jiplakan atau saduran dan pernah dipublikaasikan
    15. Kriteri Penilaian

Kesesuaian dengan tema Kedalaman pesan yang disampaikan EYD

Duapuluh lima nominator akan mendapatkan masing-masing 1 buku antologi bersama.

Terimakasih! Semoga apa yang akan kita lakukan bisa menjadi kado terindah untuk ibu kita dan mereka yang kurang mampu,aamiin.^^

Gimana Menulis Cerita Kocak?

Dewi Dedew Rieka

Dear Temans,

Menulis cerita kocak gampang-gampang susah. Gampang, karena ceritanya sederhana. Bahkan remeh-temeh. Susahnya? Yup. Gimana agar cerita remeh-temeh kita berhasil membuat pembaca tertawa. Ya, minimal mesem-mesem dikulum lah *apa ituu. Menulis cerita kocak sering dipandang enteng. Lah, hikmahnya apa? Ya, tidak perlu berhikmah dan inspiratif asal berhasil membuat tertawa, sudah menghibur orang pan dapat pahala? *minta dikeplak.

Sebagai penulis yang menekuni genre Pelit aka Personal Literature, saya suka mempelajari penulis-penulis hebat yang menekuni genre sama atau menulis cerita lucu juga. Salah duanya adalah Kelik Pelipur Lara dan Boim Lebon. Sakin ngefansnya, saya kejar Boim Lebon hingga Gunung Pati hehe karena beliau menjadi pembicara dalam salah satu pelatihan menulis untuk mahasiswa.

Saya yang emak-emak kece kudu menyamar biar nggak nampak tuwir diantara para peserta yang kinyis-kinyis dan belia *pasang bulu mata palsu, konde gede. Begitu juga, Mas Kelik. Bela-belain saya turun gunung dari Ungaran dalam keadaan hamil untuk berfoto bersama beliau, wkwk. Dengan khidmat saya serap rahasia keduanya dalam meramu kisah kocak. Insya Allah akan saya bagikan untuk teman-teman setelah saya ramu dan kreasikan dalam format terbaru *halah, ngomong apa dia.

Sebenarnya saya baru menulis buku kocak di tahun 2008. Tapi, memang sejak dulu saya ngepens pada buku-buku Hilman dan Boim yaitu the fenomenal one, Lupus. Kisah-kisah Lupus jadi koleksi saya saat SMP tahunnya tak perlu disebutkan. Hihi. Salah satu yang melekat dalam ingatan saya selain kisah Lupus adalah serial Anak Kos Vanya. Hilman meramu ceritanya dengan asyik hingga kita terhanyut dalam kisah anak-ank kos. Padahal, Hilman kan lelaki tulen, bo!

Ketika saya menulis, saya merekam gaya bahasa Hilman yang gaul abis. Dan menerapkannya pada tulisan-tulisan saya. Apa ya kiat-kiatnya? Tiap orang punya cara yang berbeda-beda untuk menulis naskahnya Yang pasti, yang saya pelajari dari mereka, walau bukunya kocak dan kacau, ternyata mereka SERIUS menyiapkan konsepnya, hehe.

1. Hidupmu adalah Kisah seru.

Jangan remehkan cerita hidupmu. Pengalaman sehari-hari adalah dasar dari buku pelit alias personal literature. Genre yang diawali oleh Raditya Dika dengan Kambing Jantan-nya ini, juga berasal dari pengalaman hidup Raditya semasa sekolah di Aussie.

Ah, hidupku biasa-biasa saja, mungkin itu terbersit dalam pikiran kita. Yang biasa dan sederhana bisa jadi luar biasa lho. Contohnya Boim Lebon tuh dapat ide cerita dari kehidupan sehari-hari. sebagai makhluk Betawi asli , bang Boim tinggal di kawasan full of preman di Tanah Abang, dan ia telah bergaul dengan berjenis-jenis manusia yang tumplek blek di sana, dia telah melihat berbagai kejadian yang lucu hingga full of crime gitu deh.

Nah, ia hobi ngerumpi dengan berbagai orang dengan berbagai latar belakang dan disitulah ia banyak mendapatkan kisah seru untuk dibuat cerpen. Misalnya si Bidin yang rada-rada itu, kocak dan suka menolong dalam kumcer lucu itu ada lho orang benerannya.

Seorang penulis adalah pengamat. Ia jeli terhadap sekelilingnya. Mencatat apa saja yang terjadi untuk dibuat tulisan. Makanya hati-hati curhat sama penulis, tahu-tahu jadi buku, hihihi.Sama juga de ngan kisah anak-anak kacau dalam Anak Kos Dodol. Saya menuliskannya berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman sekosan.

Tidak mesti mengalami, ada banyak peristiwa yang terjadi saat itu dan kita rekam dalam otak. Setiap orang punya pengalamannya sendiri. Walau sama-sama anak kos, ceritanya bisa berbeda. Kalau ceritanya sama, caramu bercerita lah yang membedakan J jadi jangan takut menuliskan kisahmu. Pede aja lagii..

2. Catat cerita lucu yang kamu dengar.

Saya suka mengumpulkan cerita-cerita lucu dari teman. Juga menyerap apa yang saya baca. Saya sering mendapat cerita kocak untuk dituliskan dari twitter atau fesbuk seseorang. Cerita ini bisa jadi bahan tulisan saya. Kumpulan joke, Plesetan, bahasa gaul anak jaman sekarang. Walau bukan Abege, dan tidak menggunakan bahasa alay *oh, no peniiing, setidaknya kita up to date dengan pergaulan anak jaman sekarang.

Seperti dalam kisah Absolutely Kribo tentang masa-masa SMA waktu di Palembang, yang terjadi pada tahun tak perlu disebutkan. Terlalu jadul jika ditulis apa adanya. Jadi, diadakan penyesuaian-penyesuaian mengikuti perkembangan anak jaman sekarang. Segmen pembaca buku ini kan remaja. Tidak lucu kan kalau saya masih menuliskan printer yang saya pakai masih berbunyi ngiikkkk..ngikk..yang suaranya terdengar hingga di ujung kompleks? Waduh, mbaknya iki hidup jaman apaaa?

3. Amati keunikan teman-teman.

Sesuatu yang nggak lazim biasanya jadi lucu dan aneh. Keunikan teman-teman bisa jadi bahan cerita lho. Kata seorang dosen yang menjadikan AKD bahan kuliahnya *hihi buat contoh buku yang kacau banget kali ya? Kekuatan AKD adalah tokoh-tokohnya yang ajaib. Ya, saya belajar dari master cerita anak. Bahwa tokoh unik sangat menarik untuk jadi bahan cerita. Dan kebetulan, Puri Cantika 2 gudangnya anak-anak ajaib, hehe.

Saya menggali setiap karakter teman agar berbeda dengan yang lain. Misalnya Rasti anak Weleri yang panikan, tukang pingsan. Leslie, anak Purwokerto yang hobinya mengoleksi lingerie dan punya penggemar bejibun. Jadi, mengangkat sisi uniknya dan itulah yang diingat pembaca. Hanya saja, sebisanya jangan menulis cerita kocak yang mengeksploitasi seks atau menertawakan kekurangan fisik seseorang atau. Nggak seru ah! Nyakitin hati, iya.

4. Berusaha menulis yang beda

Coba temukan sisi unik dari kisah hidupmu. Ketika genre kocak booming, Kelik menulis buku lucu tapi dengan gaya plesetan. Di tahun 2008, banyak pelit yang mengisahkan cerita lucu kehidupan mahasiswa namun sepertinya belum ada yang mengangkat kehidupan anak kos putri yang hingar-bingar. Maka, saya kumpulkan cerita-cerita lucu yang pernah dikirimkan ke media seperti Femina, Kartika, Noor dan lainnya lalu kukirimkan ke penerbit.

5. Cari judul naskah yang nendang biar dilirik Penerbit!

Judul yang menarik tentu saja membuat editor jadi tertarik membaca naskah kita. Begitu juga sebaliknya, judul yang bikin eneg bikin editor buru-buru membuangnya di tempat sampah. Think out of the box. Kata Mbak Gia, mendapatkan judul nendang untuk bukunya dengan cara melamun. Nah, dakuw?

6. Temukan gaya tulisanmu sendiri

Terkadang, sebuah cerita sebenarnya biasa-biasa saja. Semua anak kos mengalami yang namanya bangun kesiangan, tidur kesubuhan hehe. Makan mie instan dan ngutang di kala sempit. De el el. Klise. Tapi, gaya bahasa kita, cara kita menceritakannya membuatnya berbeda dan segar.

Setiap penulis biasanya terpengaruh gaya tulisan penulis idolanya. Tak mengapa, perlahan nanti kita menemukan gaya penulisan yang sesuai untuk kita. Kalau sekarang masih mengikuti gaya saya eh Raditya Dika atau Aditya Mulya, it’s ok. Banyak membaca buku dan terus menulis akan melatih kita untuk mendapatkan gaya kita sendiri. Yang kalau orang baca, langsung ngeh ini sih tulisannya si Dedew nih hihihi ge er pisan maaak!

Akhir kata, Seperti kata Bang Boim Lebon, , untuk penulis pemula..nggak usah mikir bagus jeleknya tulisan kita, Nggak usah mikir EYD segala macam, nggak usah mikirin bakal dimuat atau dijadikan bungkus kacang sama redakturnya, Nggak usah mikirin genre, segala teori penulisan..apalagi mikirin tulisan kita bakal dapat Adikarya IKAPI atau nggak hihihi…*ini gue yang nambahin sendiri!

Yang penting mah satu euy resepnya kalau pengen jadi penulis, MULAILAH MENULIS sekarang jugaa! Menulis kocak janganlah ditunda-tunda..*senandung Bimbo sebagai sontrek penutup materi dudulku.

Selamat mencoba! Ganbatte Nee! :)

Minggu, 28 Agustus 2011

Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak/Motorik Bayi 0-12 Bulan

dari 5 artikel,dirangkum jadi satu biar enak bacanya yaaa...

Diambil dari booklet bonus ayahbunda

Usia 0-3 bulan

Sampai kurang lebih usia 3 bulan, gerakan refleks yg memang sudah

terjadi pada saat ia masiha da dalam kandungan masih dominan. Ini adalah

gerakan di luar kesadaran si bayi, tidak terkoordinasi dan meriupakan

gerak primitif. Gerak motor kasar ini muncul jika gerak refkleks si

kecil telah hilang. Gerakan refleks yg muncul pada bayi adalah :

Refleks hisap

Perhatikan bila Anda menyentuh putting susu ke ujung mulut bayi, maka

otomatis ia akan melakukan gerakan menghisap.

Refleks genggam

Bila Anda menyodorkan jari telunjuk kepadanya, si kecil otomatis akan

menggenggam jari Anda

Refleks leher (tonic neck refklex)

Pada posisi terlentang, jika kepala bayi menoleh ke satu sisi maka

terjadi ekstensi atau peningkatan tonus (kekuatan otot) pada lengan dan

tungkai sisi tersebut

Rooting reflex

Jika pipi bayi disentuh, kepala akan menoleh ke arah stimulus dan mulut

terbuka

Refleks Moro

Ada satu refleks lain yg diperlihatkan bayi pada minggu-minggu pertama

kehidupannya, yaitu refleks moro. Berebda dengan refleks lainnya yg

termasuk kategori gerakan motor, refleks moro ini menurut para ahli

sebetulnya termasuk reaksi emosional yg timbul dari kemauan atau

kesadaran si bayi.

Refleks moro ini timbul kalau bayi dikagetkan secara tiba-tiba atau

mendengar suara keras, bayi melakukan gerakan refleks, yaitu

melengkungkan badan (bagian punggung) dan mendongakkan kepalanya ke arah

belakang. Bersamaan dengan gerakan tersebut, kaki dan tangan bayi

digerakkan ke depan. Reaksi sesaat ini biasanya diiringi dengan tangisan

yg keras. Tetapi Anda tidak usah khawatir dengan kondisi ini, karena

refleks moro akan hilang dengan sendirinya dalam waktu yg singkat.

Pada bulan ke-2 dan 3 gerakan refleks bayi akan mulai menghilang. Kini

mulai muncul gerak motor kasar. Gerak ini tentu saja lebih terarah,

seperti dapat dilihat pada gerakan otot lehernya. Ia kini dapat

mengangkat kepalanya karena otot lehernya semakin kuat. Bila tengkurap,

si kecil akan mengangkat kepalanya. Bukan itu saja, bila didudukkan,

bayi usia inipun sudah dapat menegakkan kepalanya

Perkembangan Gerakan:

Tangan dan kaki bergerak aktif

Mengangkat kepala dalam posisi tengkurap

Untuk melatihnya, baringkan bayi dalam posisi tengkurap

Dalam posisi tengkurap dapat mengangkat dada (masuk usia 3 bulan)

Untuk melatihnya, Panggil namanya atau bertepuk tangan sambil tersenyum padanya

Kepala tegak ketika didudukkan

Untuk melatihnya, coba sekali-sekali bayi didudukan

Usia 4-6 bulan

Setelah gerak reflek menghilang dan gerak motorik mulai muncul, maka

aktivitas si kecil makin bermacam-macam. Pada usia 4 bulan, misalnya, si

kecil sudah dapat tengkurap dan terlentang, menumpu badan pada kaki,

serta dada terangkat menumpu pada lengan.

Di bulan ke-5 usianya, gerakan beyi semakin bervariasi. Otot leher dan

otot tangan bayi, misalnya, semakin menguat. Ia kini sudah pandai

berputar dengan menggunakan tangannya. Ketika diletakkan terlentang, ia

menggunakan tangannya untuk mendorong dan berguling membalikkan

badannya.

Bukan hanya berguling. Kini kaki si kecilpun semakin lincah

beraktivitas. Ia akan sering menendang, menggeserkan kaki atau

mendorong-dorongkan kakinya. Seiring dengan makin lincahnya gerakan kaki

si kecil, otot leher dan punggungnya pun menjadi lebih kuat. Mulai usia

6 bulan bayi kini mulai belajar duduk tanpa pegangan, walapun untuk ini

ia masih harus dibantu. Dengan bantuan Anda ia dapat duduk selama

beberapa saat.

Pada bulan ke-6 timbul suatu kepandaian lain dari si kecil yg dapat

membuat orang tua merasa “frustasi”. Di bulan ke-6 ini ia mulai senang

melempar dan menjatuhkan mainan atau benda-benda yg ada di sekitarnya.

Terkadang, bayi menangis karena tidak dapat menemukan benda yg dapat

dijatuhkan atau dilemparnya. Kesenangan baru si kecil ini mungkin

membuat anda merasa jengkel karena setiap kali anda memungut benda yg

dibuangnya, seletika itu pula ia melemparkannya kembali. Tetapi

ingatlah, kegiatan ini merupakan cara si kecil untuk mengembangkan

persepsinya terhadap ruang.

Perkembangan Gerakan:

Tengkurap dan terlentang sendiri, Membalikkan badan.

Untuk melatihnya, sering letakan posisi dalam posisi tengkurap.

Bila si kecil sedang tengkurap, balikkan tubuhnya. Atau sebaliknya, bila

ia telentang balikkan badannya hingga ia tengkurap.

Menumpu badan pada kaki bila dipegang pada ketiak (diberdirikan).

Melempar atau menjatuhkan benda-benda yg dapat digenggamnya.

Untuk melatihnya, beri mainan dari plastik yg

dapat digenggam, dilempar dan dijatuhkan, seperti mainan berbunyi yg

tidak mudah pecah, kubus-kubus kayu, cangkir plastik atau bola

Bisa duduk sendiri tanpa pegangan.

Untuk melatihnya, Dudukkan anak di pangkuan dengan

menghadap keluar dan bersandar pada perut Anda. Lalu, pegang mainan

(kerincingan) pada jarak penglihatannya. Usahakan agar si kecil tertarik

sehingga ia berusaha meraihnya. Bila ia tertarik dan ingin meraih

kerincingan tersebut, jauhkan si kecil sedikit demi sedikit sampai si

kecil tidak bersandar lagi.

Usia 7-9 bulan

Di bulan ke-7 ini bayi mulai senang mengangkat dan menurunkan bokong

serta punggungnya. Ketrampilan kakinya juga ditunjukkan olehnya,

misalnya saat ia diberdirikan di pangkuan kita si kecil pasti akan

meloncat-loncat gembira menggoyang-goyangkan kedua kakinya.

Merangkak merupakan aktivitas menonjol yg banyak mendapat sorotan dari

orang tua. Di usia ke-8 bulan bayi mulai merangkak dan mengesot

sepanjang lantai. Kepandaiannya merangkak membuat si kecil senang

“berjalan” kesana kemari.

Selain itu otot punggung dan bahu si kecil sudah semakin terkontrol.

Oleh karena itu ia kini bisa duduk sendiri tanpa bantuan dari kedua

orangtuanya. Selain duduk tanpa dibantu anak usia 8 bulan juga mulai

dapat menarik tubuhnya ke dalam posisi berdiri. Dengan latihan berdiri

ini si kecil sebetulnya melatih perkembangan otot kakinya. Ia jadi

senang menggoyang-goyangkan tubuhnya ke depan dan ke belakang. Kekuatan

otonya ini akan membantunya merangkak dengan cepat.

Tahap selanjutnya, bayi akan berlatih berdiri dengan kedua tangannya

bertumpu pada kursi, meja atau perabot rumah tangga lainnya yg dapat

menahan berat badannya. Lihatlah ketika ia tengkurap atau merangkak,

kedua tangannya akan berusaha memegang meja atau kursi kecil. Lalu

sambil berpegangan, secara perlahan ia akan mengangkat tubuhnya untuk

berdiri. Dari berdiri ia pun kini dapat duduk sendiri tanpa bantuan.

Tahap selanjutnya adalah merambat. Jika ia sudha pandai berdiri sambil

berpegangan, kedua tangan yg bertumpu akan bergeser ke samping, diikuti

oleh kakinya. Tetapi di usia ke-8 bulan ini si kecil belum mampu untuk

duduk kembali tanpa bantuan. Karena itu jangan membiarkan si kecil tanpa

pengawasan.

Di usia 9 bulan kepandaian si kecil dalam belajar berjalan sudah semakin

pintar. Jika anda memegang kedua tangannya ia akan berlatih menapakkan

serta melangkahkan kedua kakinya. Pada saat ini si kecil semakin giat

melatih oto-otot kakinya sehingga dapat cepat berjalan. Seiring dengan

latihan jalannya bayi juga semakin “aksi” memperlihatkan kepandaian

merangkak yg sudah ditunjukkan di usianya yg ke-8.

Perkembangan Gerakan:

Bila digendong dan diberdirikan dipangkuan anda, bayi akan

meloncat-loncat.

Senang mengakat dan menurunkan bokong serta punggungnya Sering-seringlah ia diberdirikan di pangkuan anda. Jangan takut tungkainya akan bengkok

atau patah karena sebetulnya ia sedang melatih kekuatan kakinya untuk menahan berat badannya

Bayi sudah dapat berdiri dengan kedua tangannya berpegangan pada meja atau kursi, lalu menggeser kakinya satu persatu ke arah samping

Pegang kedua pinggang bayi dan gerakkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri

untuk melatihnya berdiri

Merangkak.

Latihlah merangkak dengan meletakkan bayi di ruangan yg luas (dan

bersih) yg memungkinkan si kecil berjalan merangkak kesana kemari.

Letakkan mainan, misalnya bola, dan mainkan bola tersebut agar si kecil

tertarik untuk mengambilnya. Si kecil akan berusaha mendapatkan bola

tersebut dengan cara merangkak. Jika ia sudah mendapatkannya beri pujian

dan katakan bahwa ia pintar. Tetapi tetap awasi, mungkin di sekitar

rurangan ada benda-benda yg berbahaya, seperti stop kontak.

Bisa duduk sendiri tanpa bantuan dari orang tuanya.

Dapat menarik tubuhnya ke dalam posisi berdiri

Selain duduk tanpa dibantu, anak usia 8 bulan dapat menarik tubuhnya ke dalam posisi

berdiri Beri meja atau bangku yang rendah

Si kecil mulai belajar berjalan

Sering-seringlah melatih si kecil jalan dengan cara memegang kedua tangannya lalu biarkan ia melangkahkan kakinya selangkah demi selangkah dan bimbing ke suatu tempat. Beri ciuman pada pipi si kecil bila ia berhasil sampai di “tempat tujuan” agar lebih bersemangat lagi berlatih jalan

Usia 10-12 bulan

Menjelang usianya satu tahun, kepandaian serta ketrampilan bayi makin

berkembang. Tonggak kepandaian motor kasarnya yg paling menonjol pada

usia ini adalah semakin mahirnya ia melangkahkan kakinya. Kini si kecil

semakin rajin melangkahkan kakinya ke samping sambil berpegangan pada

perabot rumah tangga. :Jatuh bangun” adalah hal yg biasa yg akan dialami

bayi dalam mengoptimalkan kemampuan jalannya. Oleh karena itu, sekali

lagi, keamanan di sekitar anak harus terjaga.

Di usia 10 bulan bayi sudah dapat duduk tanpa bantuan. Dengan

menggunakan kekuatan otot lengan dan bahunya si kecil juga mulai mampu

membangkitkan tubuhnya ke posisi berdiri. Semua ketrampilan ini bisa

dilakukan bayi karena ia semakin pandai mengontrol otot punggung dan

bahu. Selain membangkitkan tubuhnya ke posisi berdiri si kecil juga

senang melakukan aktivitas bangkit dari duduk untuk kemudian duduk

kembali.

Mulai usianya yg ke-11 bulan, yg paling menonjoldalam kemampuan motor

kasar si kecil adalah dapar berdiri sendiri dalam waktu kurang lebih 2

detik. Pada saat ini tampaknya si kecil suka berdiri tanpa bantuan

apapun. Hal ini terjadi karena kontrol dirinya akan keseimbangan semakin

berkembang, sehingga membuat si kecil terbiasa berdiri di atas kedua

kakinya.

Dalam melakukan aktivitas berlatih berdri tanpa bantuan ini, si kecil

akan meluruskan tungkainya dari posisi tengkurap atau duduk. Lalu ia

akan mengangkat tubuhnya dengan bertumpu pada kedua telapak tangannya.

Kesenangan barunya ini membuat bayi “malas” untuk duduk kembali.

Kalaupun ingin kembali ke posisi duduk, ia akan berpegangan apda meja.

Lagipula si kecil kini sudah dapat berdiri tegak 900 secara gagah dan

dilanjutkannya denganberjalan dua tiga langkah yg akan dicobanya lagi

terus menerus untuk meyakinkan dirinya, bahwa ia sekarang dapat menapak

dunia tanpa bantuan siapapun.

Selain sudah dapat berdiri sendiri, si kecil kini akan menjadi tukang

panjat. Sekarang ia akan mencoba memanjat barang-barang yg tampaknya

menarik untuk didaki seperti meja, kursi dan tangga. Jika menemukan

barang yg dapat dipanjat dengan lincah si kecil akan memanjatnya. Oleh

karena itu jangan tinggalkan si kecil memanjat tanpa pengawasan.

Memasuki usia 12 bulan sebagian besar bayi telah siap untuk jalan walau

kelihatan masih limbung. Berjalan merupakan pengalaman baru yg amat

mengasyikkan. Namun kadang-kadang si kecil memilih merangkak ketika

bermain, mungkin karena aktivitas ini dapat membuatnya bergerak lebih

cepat.

Berjalan merupakan aktivitas yg memukau dan dianggap oleh banyak orang

sebagai satu tonggak bersejarah dalam perkembangan fisik anak. Dapat

berjalan merupakan pencapaian puncak dari aktivitas motor kasar.

Perkembangan Gerakan:

Bangkit untuk berdiri dan bangkit lalu duduk kembali.

Untuk melatihnya, dudukkan bayi di permukaan seperti lantai atau

kasur, dan biarkan ia mencoba sendiri untuk berdiri atau bangkit untuk

kemudian duduk sendiri.

Mulai mampu memanjat ketinggian 15-30 cm

Dudukkan bayi di lantai dan beri mainan yg disukainya. Ambil mainan

tersebut dan letakkan di tempat yg lebih tinggi. Usahakan ia melihat

mainan tersebut dipindahkan dan katakan “Ambil nak”, sambil

menepuk-nepuk tempat tersebut. Anak akan berusaha meraih mainan tersebut

dengan merambat, lalu memanjat tempat tinggi tersebut. Dampingi anak

dari belakangsambil beri dorongan. Jika ia menemukan kesulitan bantu

dengan mendorong pantatnya.

Mulai dapat berjalan walau masih 2-3 langkah dan kemudian jatuh terdudu karena keseimbangannya belum sempurna.

Ketika sudah mulai berjalan, langkah si kecil masih limbung.

Sudah dapat berjalan.

Kadang-kadang walaupun sudah dapat berjalan si kecil masih suka merangkak, karena aktivitas ini berlangsung lebih cepat, apalagi jika ia menginginkan sesuatu benda yg jauh untuk dijangkaunya.

Ajaklah si kecil berjalan di luar ruangan, misalnya di halaman rumah atau taman. Ia membutuhkan ruang yg luas untuk mencoba kaki-kakinya bergerak lincah.

Biarkan ia menjelajah ruangan dengan kakinya tanpa dipegang, yg penting awasi agar ia tidak membentur benda keras seperti ujung meja.

Perkembangan berbicara bayi dan anak

  • Sekitar umur 7-8 bln bayi mulai bisa bersuara satu suku kata, misalnya:ma/pa atau ta, atau da
  • Sekitar umur 8 – 10 bulan bisa bersuara bersambung, misalnya : ma-ma-ma-ma,pa-pa-pa-pa, da-da-da-da- , ta-ta-ta-ta
  • Sekitar umur 11 – 13 bulan mulai bisa memanggil : mama !, papa !
  • Sekitar umur 13 – 15 bulan mulai bisa mengucapkan 1 kata, misal : mimik,minum, pipis
  • Sekitar umur 15 – 17 bulan mulai bisa mengucapkan 2 kata
  • Sekirtar umur 16 – 18 bulan mulai bisa mengucapkan 3 kata
  • Sekitar umur 19 – 22 bulan mulai bisa mengucapkan 6 kata
  • Sekitar umur 23 – 26 bulan mulai bisa menggabungkan beberapa kata : mimik cucu
  • Sekitar umur 24 – 28 bulan mulai bisa menyebutkan nama benda, gambar
  • Sekitar umur 26 – 35 bulan, bicaranya 50 % dapat dimengerti orang lain

(Sumber : Denver II, Frankenburg WK dkk, 1990)

Didapat dari milis balita anda

sumber

http://bayidananak.com/2008/11/19/tips-mengoptimalkan-perkembangan-gerakmotorik-bayi-0-3-bulan/

http://bayidananak.com/2008/11/19/tips-mengoptimalkan-perkembangan-gerakmotorik-bayi-4-6-bulan/

http://bayidananak.com/2008/11/19/tips-mengoptimalkan-perkembangan-gerakmotorik-bayi-7-9-bulan/

http://bayidananak.com/2008/11/19/tips-mengoptimalkan-perkembangan-gerakmotorik-bayi-10-12-bulan/

http://bayidananak.com/2007/11/02/tahapah-perkembangan-berbicara-bayi/

ANTOLOGI PENULIS "MENANTI BUAH HATI"

Assalamu`alaikum Wr.Wb.

Menanti, biasanya dianggap sesuatu yang membosankan, tidak produktif, tak nyaman dan sebagainya. Bagaimana kalau yang dinanti tersebut adalah kehadiran seorang anak bagi pasangan suami istri? Bertahun-tahun menanti kehadiran anak meramaikan rumah, namun Allah belum berkenan mengabulkan. Duh, terbayang betapa penantian itu menguras begitu banyak emosi, tenaga, pikiran. Bahkan mungkin air mata.

Pernah mengalaminya? Kenapa tidak Anda bagi cerita penantian tersebut kepada yang lain?

Tentu saja tujuannya untuk membagikan manfaat, saling menguatkan, berbagi pengalaman. Silakan disimak persyaratannya ya:

1. Peserta terbuka untuk Umum (WNI) di seluruh nusantara maupun seluruh penjuru dunia.

2. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya.

3. Naskah merupakan karya orisinal, belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan pada ajang menulis yang lain.

4. Persyaratan teknis:

a. Naskah diketik dengan huruf Time New Roman size 12pt, Spasi 1,5

b. Jumlah 4-5 halaman A4.

c. Naskah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

d. Menuliskan biografi singkat dalam bentuk deskriptif maksimal 100 kata di akhir naskah.

5. Naskah dikirim ke menulis.kebaikan@gmail.com dengan subyek: Menanti Buah Hati_Judul Naskah_Nama Penulis.

6. Naskah paling lambat dikirim tanggal 1 September 2011 pukul 24.00 WIB.

7. Kisah yang dituliskan merupakan kisah yang menginspirasi, sedih, mengharukan dan memotivasi. Bentuk tulisan seperti kisah dalam buku chicken soup atau sejenisnya.

8. Kisah diangkat berdasarkan kisah nyata yang dialami oleh penulis sendiri. Jika merupakan pengalaman orang lain, penulis harus menggunakan sudut pandang orang pertama, dan menuliskan nama nara sumber di akhir naskah.

9. 18 naskah yang lolos seleksi (ditambah 2 naskah dari PJ) akan diajukan ke penerbit. Untuk kontributor buku ini nantinya akan diberikan imbalan sesuai dengan kesepakatan bersama penerbit.

10. Pengumuman Insya Allah tanggal 25 September 2011.

11. Peserta wajib mempublikasikan info audisi ini tag fb Nurul Asmayani dan Noviana Wahyu Widayanti (add dulu yang belum berteman, tulis di inbox “peserta audisi antologi Menanti Buah Hati”) dan tag 20 teman lainnya.

12. Kami tidak menerima pertanyaan seputar audisi ini.

13. Bagi yang tidak mengikuti aturan di atas, maka naskahnya akan dinyatakan gugur.

Ditunggu ya tulisan inspiratifmu.

Selamat menulis.

Terima kasih

Wasalam,

Nurul Asmayani & Noviana Wahyu Widayanti

ANTOLOGI PENULIS "MENANTI BUAH HATI"

Assalamu`alaikum Wr.Wb.

Menanti, biasanya dianggap sesuatu yang membosankan, tidak produktif, tak nyaman dan sebagainya. Bagaimana kalau yang dinanti tersebut adalah kehadiran seorang anak bagi pasangan suami istri? Bertahun-tahun menanti kehadiran anak meramaikan rumah, namun Allah belum berkenan mengabulkan. Duh, terbayang betapa penantian itu menguras begitu banyak emosi, tenaga, pikiran. Bahkan mungkin air mata.

Pernah mengalaminya? Kenapa tidak Anda bagi cerita penantian tersebut kepada yang lain?

Tentu saja tujuannya untuk membagikan manfaat, saling menguatkan, berbagi pengalaman. Silakan disimak persyaratannya ya:

1. Peserta terbuka untuk Umum (WNI) di seluruh nusantara maupun seluruh penjuru dunia.

2. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya.

3. Naskah merupakan karya orisinal, belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan pada ajang menulis yang lain.

4. Persyaratan teknis:

a. Naskah diketik dengan huruf Time New Roman size 12pt, Spasi 1,5

b. Jumlah 4-5 halaman A4.

c. Naskah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

d. Menuliskan biografi singkat dalam bentuk deskriptif maksimal 100 kata di akhir naskah.

5. Naskah dikirim ke menulis.kebaikan@gmail.com dengan subyek: Menanti Buah Hati_Judul Naskah_Nama Penulis.

6. Naskah paling lambat dikirim tanggal 1 September 2011 pukul 24.00 WIB.

7. Kisah yang dituliskan merupakan kisah yang menginspirasi, sedih, mengharukan dan memotivasi. Bentuk tulisan seperti kisah dalam buku chicken soup atau sejenisnya.

8. Kisah diangkat berdasarkan kisah nyata yang dialami oleh penulis sendiri. Jika merupakan pengalaman orang lain, penulis harus menggunakan sudut pandang orang pertama, dan menuliskan nama nara sumber di akhir naskah.

9. 18 naskah yang lolos seleksi (ditambah 2 naskah dari PJ) akan diajukan ke penerbit. Untuk kontributor buku ini nantinya akan diberikan imbalan sesuai dengan kesepakatan bersama penerbit.

10. Pengumuman Insya Allah tanggal 25 September 2011.

11. Peserta wajib mempublikasikan info audisi ini tag fb Nurul Asmayani dan Noviana Wahyu Widayanti (add dulu yang belum berteman, tulis di inbox “peserta audisi antologi Menanti Buah Hati”) dan tag 20 teman lainnya.

12. Kami tidak menerima pertanyaan seputar audisi ini.

13. Bagi yang tidak mengikuti aturan di atas, maka naskahnya akan dinyatakan gugur.

Ditunggu ya tulisan inspiratifmu.

Selamat menulis.

Terima kasih

Wasalam,

Nurul Asmayani & Noviana Wahyu Widayanti

ASI SEDIKIT? BENARKAH????

Kelahiran bayi pastilah mendatangkan berjuta kebahagiaan, namun bagi orang tua baru juga akan mendatangkan berbagai kebingungan (namanya jg msh baru pertama kali, pastilah msh bingung hrs gmn heehehe), lalu jika orang tua tidak membekali dirinya dg informasi yg tepat maka mgkn org tua akan mendapatkan pengarahan yg kurang tepat atau hanya berdasarkan mitos belaka, terutama mengenai ASI, menyusui dan perawatan bayi, krn ini grup TAMBAH ASI, TAMBAH CINTA jd qt bahas soal ASI dulu hehehehehhehehe :p



THE NEWBORN BABY……. ASI SEDIKIT? BENARKAH?????

Banyak ibu yg mengeluh ‘ASI ku sedikit/seret’ atau ‘ASI ku gak lancar’, bahkan di awal masa menyusui, lalu benarkah ASI ibu tsb benar-benar sedikit atau tdk lancar? Jika Anda memang termasuk 1% ibu dg kelainan kelenjar, shg tdk memproduksi ASI, maka Anda memang tdk mampu menyusui, jika Anda termasuk ibu dg kelenjar mamae yg sedikit maka mungkin pernyataan ASI sedikit bisa jd benar, namun kalaupun kelenjar mamae sedikit, ibu msh mampu menyusui koq, krn prinsip ASI adl ‘Supply by Demand’, jd semakin sering ibu mengosongkan payudara dg cara menyusui langsung maupun perah/pompa ASI, maka produksi ASI akan semakin banyak.

Lalu jika ibu berpikir ‘ASI sedikit/seret’ krn saat perah ASI hasilnya hanya sedikit, jgn berkecil hati dulu, tetaplah bersyukur, krn setiap tetes ASI adalah anugerah terindah bagi bayi. Sebenarnya saat kita memerah/memompa ASI itu adalah hal yg berbeda dg menyusui bayi secara langsung, memerah/memompas ASI hanya menunjukkan seberapa banyak ibu mampu mengeluarkan ASI, tp jika kita menyusui bayi secara langsung, yakinlah bahwa ASI gak ada habisnya, krn hisapan bayi akan terus merangsang produksi ASI lagi, lagi, dan lagi ;)



Lagipula jika ibu memerah/memompa ASI saat bayi msh newborn, memang itulah kebutuhan bayi (ingat supply ASI mengikuti kebutuhan bayi), krn ukuran lambung bayi yg msh sangat kecil, dlm http://www.menyusui.net/diet-ibu-anak/ukuran-lambung-bayi/ dijelaskan bahwa kapasitas lambung bayi berusia 1hari adalah 5-7mL, atau sebesar kelereng. Menariknya, peneliti menemukan bahwa lambung bayi baru lahir tidak melar untuk dapat menampung lebih banyak. Karena dinding lambung bayi tetap, kelebihan susu seringkali dibuang (dimuntahkan kembali). Kolostrum merupakan makanan pertama bayi dalam jumlah yang tepat. Pada hari ke-3, ukuran lambung bayi berkembang menjadi 0,75-1oz (sekitar 20-30mL). Pemberian ASI dalam jumlah kecil dan sering menjamin bayi mendapatkan susu yang dibutuhkannya. Pada hari ke-7, ukuran lambung bayi sekitar 1,5-2oz (sekitar50-60mL), atau seukuran bola pingpong. Susui bayi sesering mungkin untuk memenuhi kebutuhannya. Dan produksi ASI akan meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan bayi.

Jika ibu berpikir ‘ASI sedikit/seret’ krn menyusu dg durasi yg amat sangat lama (bahkan mungkin bisa seharian nempel ke ibu, ini pengalaman pribadiku looh hehehehehehe), seperti kurang puas menyusu, jangan panik dulu apalagi berpikir bahwa ASI sedikit. Perlu ibu ketahui bahwa bayi (terutama si newborn) ngefans berat dg yg namanya ‘nenen’ :p bayangkan saja, selama 40minggu (mungkin kurang, mungkin lebih), bayi berada di ‘sarang’ yg sangat nyaman bernama rahim ibu, dia selalu merasa nyaman, aman, tentram, hangat, dan gak silau, lalu tiba-tiba dia lahir ke dunia asing yg bahkan mungkin tampak mengerikan bagi si bayi, krn dunia ini terasa dingin, begitu terang, dan silau. Namun saat bayi menyusu semua gundah gulana akan hilang dlm sekejap, dia merasa begitu aman dlm dekapan ibu, tenang, hangat, nyaman, dan dia jg bisa mendengar suara jantung ibunya, suara yg selama 40minggu menjadi lagu nina bobo baginya, jadi amat sangat wajar jika si newborn ini menyusu dengan durasi yg amat sangat lama, bkn krn ASI yg sedikit melainkan mungkin krn dia ingin selalu dekat dg ibunya, dan dia sedang beradaptasi dg ‘dunia baru’ ini. Kalau berdasarkan pengalaman pribadiku, sktr umur 2bln, pola menyusunya akan berubah sendiri.

Jika ibu mendapatkan bayi yg seringkali menangis, maka kenalilah arti tangisan bayi, krn menangis adalah satu2nya cara bayi berkomunikasi (terutama 12bln pertama kehidupannya), jd menangis bukan hanya krn lapar dan ingin menyusu, ada banyak sebab lainnya, seperti takut, sakit, kedinginan, kepanasan, bosan, popok kotor, ingin digendong/dipeluk, dsb.

Berikut adalah beberapa arti tangisan bayi :

* Dalam http://mari-syukur.blogspot.com/2010/03/makna-tangisan-bayi.html dijelaskan sbb :

5 Macam tangisan bayi. Apa sajakah lima macam tangisan tersebut? Inilah dia macamnya :

1. Macam tangisan bayi " OWH" = makna tangisan bayi ini adalah menandakan jika bayi tersebut mengantuk.
2. Macam tangisan bayi " Neh" = makna tangisan bayi ini adalah menandakan jika bayi tersebut lapar.
3. Macam tangisan bayi " Heh" = makna tangisan bayi ini adalah menandakan jika bayi tersebut dalam posisi yang tidak enak.
4. Macam tangisan bayi " Eir" = makna tangisan bayi ini adalah menandakan jika bayi tersebut mau buang hajat.
5. Macam tangisan bayi " Eh" = makna tangisan bayi ini adalah menandakan jika bayi tersebut mau bersendawa.

Nah itu tadi 5 macam dari tangisan bayi. Tapi, selain dari suaranya, kita juga bisa melihat dari ciri-ciri atau body language sang bayi ketika menangis. Setiap bahasa tangis bayi memiliki makna tersendiri. Di bawah ini adalah beberapa macam tangisan bayi dan cara mengatasinya.



1. Tangisan bayi lapar dan ingin menyusu

Bayi akan menangis jika ia lapar. Tangisan haus terdengar dalam nada berulang-ulang. Pertama, ia menangis lalu berhenti untuk mengambil napas, kemudian menangis lagi, aktivitas ini terjadi berulang-ulang.



2. Tangisan bayi mengotori popok

Popok yang basah karena ompol membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga ia akan menangis. Tangisan popokku kotor ibaratkan sebuah pengumuman. Suara bayi pada awalnya terdengar pelan, kemudian makin keras. Bayi terlihat menggeliat di tempat tidurnya.



3. Tangisan bayi sakit

Kondisi tidak mengenakkan karena merasa sakit akan membuat bayi terus menangis. Tangisan sakit diawali dengan nada tinggi, hampir seperti jeritan, kemudian bayi terengah-engah pada saat menarik nafas, lalu menjerit lagi. Segera temukan penyebab rasa sakitnya. Periksa perutnya, goyangkan tangan, kaki, leher dan kepalanya. Jika ia menjerit lebih keras ketika Anda menggoyang bagian tertentu, mungkin ada yang sakit karena terjatuh tanpa sepengetahuan Anda. Kompreslah bagian yang sakit dengan air hangat.



4. Tangisan bayi bosan

Bayi cenderung bosan jika ia terlalu lama berbaring. Tangisan yang menandakan anak bosan terdengar mirip teriakan. Bayi tak akan berhenti menangis selama ia merasa bosan.



5. Tangisan bayi minta gendong

Bayi Anda akan menjadi cengeng jika lelah, walaupun ia mungkin tidak ingin tidur. Ia akan merengek dengan menjengkelkan. Kepalanya mungkin terangguk-angguk untuk beberapa detik, dan mungkin Anda melihat bahwa ia menggosok-gosokkan tangannya pada mata serta wajahnya. Mengatasinya, ayunlah ia perlahan-lahan sampai akhirnya ia jatuh tertidur.



6. Tangisan bayi Kesepian

Bayi senang jika orang tua berada di dekatnya. Jika ia merasa kesepian, tangisannya akan terdengar bernada sedih, bukan marah.



* Dalam http://www.enformasi.com/2009/02/arti-tangisan-bayi.html dijelaskan sbb :

ARTI TANGISAN BAYI 0-3 BULAN
Pada umumnya, para ibu mengartikan tangis bayi sebagai tanda lapar. Ingatlah, menangis tak selalu berarti lapar. Arti tangis berbeda-beda, masing-masing merupakan tanda komunikasi yang jelas sebagai ungkapan pesan kepada Anda tentang apa yang ia butuhkan. Gerakan tubuh yang menyertai tangis dapat membantu Anda lebih memahaminya. Makin keras dan makin lama tangis, makin kuat kebutuhannya.



* "Saya lapar."

Tangis lapar biasanya berpola. Ia menangis, lalu stop untuk bernafas, menangis lagi, lalu stop untuk bernafas. Biasanya diselingi gerakan mengisap. Jika sangat lapar, tangisnya lebih keras dan terus-menerus.

Jika ia masih menangis saat disusui ASI, coba lihat hidungnya. Ada kemungkinan bibir atasnya menutupi hidung dan ia sulit bernafas, sehingga menangis.



* "Saya bosan."

Tangis bosan biasanya pendek, diikuti keheningan, lalu tangis pendek lagi. Tangisnya akan berlanjut jika Anda tak segera mendekatinya dan mengajaknya bermain.



* "Saya lelah."

Tangis lelah berupa rengekan. Ia mungkin akan menggosok-gosok wajahnya dan memutar kepalanya dari satu sisi ke sisi lain. Sebuah usapan atau gerakan berirama cukup menenangkan ia dan bisa membuatnya tidur.



* "Saya kesepian."

Beberapa bayi butuh perhatian lebih dibanding bayi lainnya dan mulai merasa kesepian ketika ia ditinggalkan sendiri untuk waktu lama. Tangis kesepian berupa rengekan setiap menit dan kadang diikuti air mata. Emongan yang lama membuatnya senang.



* "Saya tak nyaman."

Biasanya suara tangis melengking dan jelas, nafas agak tersendat, tapi lalu nafasnya menjadi cepat diikuti tangis lain. Mungkin lengannya terjepit, pantatnya kotor, tertusuk peniti, atau mungkin ia kedinginan/kepanasan.



* "Saya kolik."

Bayi sering menangis karena kolik atau kejang/kram usus. Hingga kini belum diketahui penyebab kolik. Ada dugaan, sistem pencernaan bayi belum sempurna sehingga timbul gangguan pencernaan. Kolik dialami pada 3 bulan pertama kehidupan dan biasanya terjadi sore hari menjelang malam.

Tangis kolik sangat keras disertai jeritan dan episodik: suatu saat timbul, suatu saat hilang, tapi hanya satu atau dua menit, lalu menangis lagi. Biasanya diikuti gerakan tangan ke arah perut, badan mengencang, dan kadang disertai buang angin. Menggosok perutnya dengan minyak telon dapat membantu menenangkannya.



* "Saya sakit."

Rasa sakit diungkapkan dengan tangis melengking, keras, diselingi rintihan serta rengekan. Tangis bayi yang perutnya mulas, lebih melengking dan lebih ribut. Hubungi dokter anak Anda jika ia menunjukkan gejala-gejala sakit tertentu.



ARTI TANGISAN BAYI 4-12 BULAN Mulai usia 3-4 bulan, Anda akan melihat perubahan nyata pada si kecil. Tangisnya mulai berkurang karena ia sekarang mulai tahu apa yang ada di sekelilingnya. Ia mau mendengarkan dan tertarik terhadap segala sesuatu di sekelilingnya.



* "Saya lapar."

Rasa lapar masih nyata menyebabkan ia menangis. Ia mulai mengkonsumsi makanan padat. Ia pun lebih aktif dibanding sebelumnya dan karenanya cepat lelah. Bayi yang aktif, kebutuhan makannya lebih banyak. Makanan kecil dan minuman dapat memulihkan energinya.



* "Saya tumbuh gigi.

Biasanya bayi mulai tumbuh gigi usia 6 bulan ke atas. Biasanya tangisnya muncul di sore hari, kuat seperti tangis sakit karena ada rasa nyeri.



* "Saya cemas."

Mulai usia 7 atau 8 bulan, kebanyakan bayi menangis karena cemas, terutama saat ia "kehilangan" Anda. Baginya, Anda adalah dasar dari rasa amannya. Ia akan tenang "menjelajahi dunia" selama Anda berada dalam pandangannya. Jika Anda meninggalkannya atau ia tak melihat Anda, meski Anda ada di dekatnya, ia akan menangis.



* "Saya ingin diperhatikan."

Lewat usia 6 bulan, ia mulai mempelajari, menangis ialah suatu alat untuk memperoleh perhatian. Bayi usia 7 atau 8 bulan cukup menyadari, dengan menangis, Anda akan segera berlari mendekatinya. Lebih baik Anda tak buru-buru menggendongnya, tapi hiburlah atau ajak main.



* "Saya sakit."

Rasa sakit yang ia alami lebih karena benturan-benturan pada fisiknya saat ia bergerak aktif. Meski tidak luka, tetap memungkinkan ia menangis. Mungkin lebih karena rasa kaget. Mengalihkan perhatiannya dapat menolong ia melupakan sakitnya dengan cepat.



*"Saya sangat lelah."

Lelah berlebihan ditunjukkan oleh rengekan, lekas marah, dan akhirnya menangis. Menjelang akhir tahun pertamanya, ia mempunyai kehidupan yang penuh dengan pengalaman baru, yang membuatnya kehabisan energi sebelum ia kehilangan semangat. Ia butuh pertolongan Anda untuk membuatnya cukup rileks seperti tidur.



*"Saya marah."



Mulai usia 9 bulan, dalam dirinya mulai berkembang konsep, "Saya ingin." dan kemarahan merupakan caranya untuk menunjukkan rasa frustrasinya ketika sesuatu tak diperoleh sesuai keinginannya. Seolah ia dibuat jengkel oleh batasan-batasan, beberapa di antaranya merupakan rintangan fisik seperti kursi tinggi dan kursi dorong, yang terasa menghalanginya saat ia ingin berkembang lebih leluasa.

Ia juga terhalang oleh kemampuan komunikasinya yang masih baru. Karena tak bisa mengungkapkan keinginannya dengan kata-kata, ia akan menggenggam erat kepalan tangannya dan pipinya memerah, untuk menunjukkan pada Anda bahwa ia tak puas dengan situasi yang ada.



Jadi jelas kan bahwa menangis bukan berarti bayi pasti lapar, dan jg bukan berarti ASI sedikit, melainkan krn banyak sebab ;)



Kalau bayi nampak sering lapar, sebentar-sebentar minta nyusu, ini jg bukan tanda ASI sedikit. ASI adalah makanan alami bayi, jadi tentulah ASI sangat mudah dicerna dan diserap tubuh bayi, nah hal inilah yg menyebabkan bayi ASI terlihat lbh cepat lapar. Hal ini sangat berbeda dg susu formula (sufor), yg membuat bayi terlihat kenyang, ‘awet’ kenyangnya, dan tenang. Tapi taukah ibu? Di balik ketenangan dan nyenyaknya tidur si bayi yg minum sufor itu, pencernaannya sedang bekerja ekstra keras, bahkan mungkin lagi kerja rodi untuk mencerna dan menyerap nutrisi dlm sufor (nutrisi dlm sufor hanya sedikit sekali yg dapat diserap tubuh bayi), hal inilah yg menimbulkan efek kenyang pd bayi.



Sooo…. Apalagi sih yg membuat ibu meragukan kecukupan ASI bagi si kecil? ;p



SEBERAPA SERING IBU SEBAIKNYA MENYUSUI?



Pasti pertanyaan ini sering muncul di benak ibu, apalagi kl ibu baru (pengalaman pribadi lagi nih hehehehehe). Konsep besar menyusui adalah, menyusui semau bayi, tidak dijadwal atau dibatasi, saat bayi mau menyusu sesegera mungkin kita menyusuinya

Kita tahu bahwa menyusui adalah memberi makan (meski memang tidak mutlak memberi makan, karena menyusui tidak sekedar memberi makan, tapi nurturing) sehingga, sangat penting untuk mengenal tanda bayi lapar. Saat bayi menunjukan tanda lapar, masa itu merupakan saat yang tepat untuk menyusui.



Diantara tanda lapar yang bayi tunjukan secara fisik adalah:

- Aktifnya gerakan bola mata, baik saat matanya tertutup atau terbuka

- Mulut membuka dan lidahnya menjulur ketika kepalanya diarahkan payudara.

- Membuat suara rengekan halus.

- Mengisap atau mengigit tangan, jari-jari, selimut atau sprei, atau benda lain yang ada di dekat mulutnya



Itulah masa ideal untuk menyusui, bayi akan lebih mudah menyusu dan melekat pada payudara dan sebaliknya apabila kita menunggu sampai bayi menangis, bahkan sampai menangis dengan keras, tubuhnya melengkung (lordosis) dan meronta-ronta, kondisi ini membuat mulut bayi sulit untuk ditempelkan ke payudara. situasi tersebut menandakan ia sudah sangat lapar dan bisa kita katakan bahwa saat ini kita sudah terlambat memberi ASI. Sebaiknya, bayi kita tenangkan terlebih dahulu sebelum disusui.Sehingga artinya teori "ngek, sel" atau saat nangis kita susui tidak terlalu tepat.



Ada reaksi lain apabila tanda lapar itu terabaikan, beberapa bayi sangat pendiam dan hanya menunggu untuk diberi ASI atau kalau terabaikan malah kembali tidur. Kondisi ini lebih berbahaya, apalagi animo yg berkembang bayi yang sering tidur itu baik, bayinya tidak rewel dan lain-lain, satu ibu ada yg mengatakan "bayi saya ini gk rewel lho, dia jarang menangis, dia mengerti saya, dia diam dan tidur terus pekerjaan saya menjadi sangat terbantu". padahal kondisi ini bisa mengakibatkan kurang gizi, karena kebutuhan bayi untuk tumbuh kurang mencukupi. mungkin akan lebih mudah kita identifikasi lapar apabila bayi bangun dengan cepat bila lapar dan menjadi sangat rewel bila tidak segera diberi ASI segera.



Sehingga hal yang efektif adalah, membantu ibu untuk mengenali temperamen bayinya dan belajar cara terbaik memenuhi kebutuhan bayinya.



Lalu, saat ibu menyusui berlangsung, kapan waktu yang tepat kita menghentikannya? kita akan tetap kembali pada teori besarnya, yaitu menyusui semau bayi, sehingga saat bayi kenyang dia akan melepaskan sendiri payudara ibu.



Sekarang penting juga untuk mengenal tanda-tanda bayi telah kenyang, biasanya saat awal menyusui beberapa bayi seperti tegang dan seiring dengan rasa kenyangnya ia akan menjadi rileks. Sebagian besar bayi melepas puting susu saat merasa kenyang dan sebagian lagi tetap mengisap dengan lembut sampai ia tertidur. Sehingga akan lebih membantu bayi apabila kita membiarkan bayi mengisap sampai habis ASI dari satu payudara sebelum dialihkan ke payudara yang lain agar bayi mendapat ASI yang paling dalam dan produksi ASI akan meningkat.



Dasar teorinya kita sama-sama ketahui bahwa produksi dan pengeluaran ASI diatur oleh kerja hormon Prolaktin dan Oksitosin. kedua Hormon ini akan dihasilkan saat bayi menyusu. Sehingga kesimpulan kita adalah proses menyusui itu sendiri akan meningkatkan produksi dan pengeluaran ASI juga mempengaruhi tumbuh kembang anak, menyusui semau bayi dapat menjamin tercukupinya kebutuhan bayi.



BERAPA BANYAK KEBUTUHAN ASI BAYIKU?



Hal ini jg seringkali menjadi pertanyaan ibu, terutama bagi ibu bekerja, krn ibu tidak bisa 24jam terus bersama anaknya, dan harus tetap memberikan ASIP (ASI Perah) ;)

Kebutuhan setiap bayi berbeda, tetapi ada cara untuk memperkirakan kebutuhan ASI bagi bayi.

Penelitian membuktikan bahwa bayi usia 0-6 bulan rata-rata membutuhkan sekitar 25oz (750ml) per hari. Kebutuhannya akan berbeda masing-masing bayi, tapi umumnya rata-rata minum sekitar 19-30oz (570-900 ml) per hari (dalam http://www.kellymom.com/bf/pumping/milkcalc.html).



Dalam http://www.kellymom.com/bf/pumping/milkcalc.html juga menjelaskan baha kita bisa menggunakan cara berikut utk menghitung perkiraan kebutuhan ASIP pada bayi :

ü Perkiraan frekuensi bayi menyusu dalam 1hari (24jam).

ü Kemudian jumlah frekuensi menyusu tsb di bagi dengan 25oz (750ml).

ü Kemudian kita akan mendapatkan perkiraan kebutuhan ASIP per sekali minum

Contoh : Jika bayi biasa menyusu 8 kali per hari, maka ibu bisa memperkirakan kebutuhan bayi sktr 3oz (90ml) sekali minum saat ibu tidak berada dekat bayi. (25/8 = 3,1)



Jadi rumus berdasarkan http://www.kellymom.com/bf/pumping/milkcalc.html (dlm situs ini jg terdapat kakulator penghitungnya) adalah :

25 oz / frekuensi menyusu = kebutuhan ASIP



Ada juga dalam http://pippiminke.blogspot.com/2008/02/menghitung-kebutuhan-asi.html contoh sbb :

Senja beratnya 4.7 kilogram, berarti 10.3 pounds. Abis itu dikali 2,5 sampai 3, maka kita dapet angka 25,75 dan 30.9. Dalam sehari Senja kira-kira minum sebanyak 10-12 kali. Berarti setiap kali minum Senja butuh 2,14 sampai 2,5 oz alias 63-74 ml. Yah patokan amannya sekitar 70 ml deh.

Jadi rumusnya adalah :

ü BB bayi (dlm satuan pounds) x 2,5oz x perkiraan frekuensi menyusu = kebutuhan ASIP (minimal)

ü BB bayi (dlm satuan pounds) x 3oz x perkiraan frekuensi menyusu = kebutuhan ASIP (maksimal)

NOTE : 1kg = 2,2 pounds ; 1oz = 30ml (ini pembulatan looh) ;)



Nah.. Sekarang mommies gak bingung lagi kaan gmn caranya menghitung perkiraan kebutuhan ASIP utk si kecil, tinggal pilih salah 1 rumus di atas aj utk menghitungnya, tp itu bukan pakem looh, jd kebutuhannya bisa kurang bisa jg lbh, kan tiap bayi itu unik, apalagi kl bayi udah mulai MPASI (di usia 6bln), mungkin konsumsi ASIP akan berkurang seiring semakin banyaknya jml asupan makanan padatnya, atau ada jg yg tetep stabil (nyusu doyan, makan doyan), fleksibel aj mom hehehehehe ;p



TANDA KECUKUPAN ASI



Kita selalu bertanya-tanya ‘apakah ASI ku cukup utk bayiku?’, berikut adalah tanda-tanda kecukupan ASI:

* Beberapa tanda yang menunjukkan bahwa ASI cukup memadai. Diantaranya adalah waktu menyusui tidak terlalu lama atau tidak lebih dari 30 menit. Dalam waktu tersebut bayi sudah dapat mengisap foremilk dan hindmilk yang diproduksi. (kadang hal ini terjadi pengecualian pada baby newborn, spt yg telah dijelaskan di atas, jd jgn khawatir kl bayi menyusu lbh dr 30menit di bulan pertamanya, krn dia msh beradaptasi dan ingin selalu dekat dg ibunya)
* Bayi yang mendapatkan ASI memadai umumnya lebih tenang, tidak rewel dan dapat tidur pulas. Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif dalam jumlah memadai biasanya tidak terlalu sering menyusui. (hal ini jg telah dijelaskan di atas)
* Umumnya jarak menyusui sekitar 2 – 3 jam, pada bayi tertentu yang mempunyai kemampuan minum yang tidak banyak biasanya interval tersebut menjadi lebih sering sekitar 1,5 – 2 jam.
* Bila kurang dalam waktu 11/2 jam sudah minta minum maka mungkin saja bayi bukan karena haus. Bila digendong dan diayun bayi bisa tampak tenang maka ASI sudah cukup.
* Tanda pasti bahwa ASI memadai dapat terlihat pada penambahan berat badan bayi yang baik. Dalam keadaan normal usia 0 – 5 hari biasanya berat badan bayi akan menurun. Setelah usia 10 hari bayi akan kembali seperti saat lahir. Setelah itu setiap 2 minggu dalam bulan pertama sebaiknya bayi ditimbang, dalam keadaan ASI cukup bila berat badan naik 500 gram dalam 2 minggu.
* Pada bayi tertentu yang mempunyai resiko gagal tumbuh (failure to thrive) biasanya pertambahan berat badan 400 gram dalam 2 minggu. Pada kasus ini belum berarti menunjukkan ASI kurang. Bayi beresiko gagal tumbuh biasanya terjadi pada bayi dengan gangguan saluran cerna (penyakit celiac dll), dan sebagian kecil disebabkan karena gangguan metabolisme, endokrin, hormonal dan sebagainya. Ciri khas bayi seperti ini adalah bila minum tidak lama dan lebih sering. Biasanya tampak gangguan saluran cerna seperti sulit BAB, berak hijau dan anak sangat aktif bergerak. (pada pengalaman pribadi dan hasil sharing dg beberapa teman, pd bln pertama terkadang pertambahan BB bayi tidak banyak, mungkin krn ibu dan bayi msh sama2 belajar menyusu dan menyusui, bukan berarti jg gagal tumbuh atau ASI kurang, sebaiknya perbaiki pola makan, dan perhatikan posisi menyusui apakah sudah benar atau blm, atau jika pertambahan BB seret terus ada baiknya periksakan bayi, siapa tau bayi ibu terkena Tounge Tie)

Rizqi Ahmad Al Fatih


Sumber :

* http://selasi.net/artikel/kliping-artikel/asi-dan-menyusui/229-seberapa-sering-ibu-sebaiknya-menyusui.html
* http://www.kellymom.com/bf/pumping/milkcalc.html
* http://supportbreastfeeding.wordpress.com/2009/01/09/benarkah-asi-ibu-kurang-waspadai-tanda-haus-palsu-pada-bayi/
* http://www.menyusui.net/diet-ibu-anak/ukuran-lambung-bayi/
* http://www.enformasi.com/2009/02/arti-tangisan-bayi.html
* http://mari-syukur.blogspot.com/2010/03/makna-tangisan-bayi.html
* http://pippiminke.blogspot.com/2008/02/menghitung-kebutuhan-asi.html

Kamis, 25 Agustus 2011

5 LANGKAH MEMERAH ASI

5 LANGKAH MEMERAH ASI
Memerah ASI sebetulnya tak sulit selama dilakukan dengan teknik yang benar.
Niat memberikan ASI eksklusif saja ternyata tidak cukup. Banyak ibu
menghadapi kendala, seperti keharusan kembali bekerja. Demi memenuhi hak bayi mendapatkan ASI, ibu harus berupaya lebih. Tinggalkan ASI di rumah sementara ibu bekerja. Toh, ASI bisa diperah, disimpan, untuk kemudian diberikan kepada si kecil. Untuk itulah perlunya keterampilan memerah, terutama bagi ibu yang berhalangan memberikan ASI-nya secara langsung.

PERSIAPAN MEMERAH
Inilah tahapan persiapan memerah ASI:
* Cuci bersih kedua tangan ibu dengan benar dan menggunakan sabun.
* Usahakan relaks dan pilihlah tempat atau ruangan untuk memerah ASI yang tenang dan nyaman.
* Kompres payudara dengan air hangat. Gunakan handuk kecil, waslap, atau kain lembut lainnya.
* Mulailah mengurut payudara dengan langkah sebagai berikut:
A. Massage
* Pergunakan 2 jari, yaitu telunjuk dan jari tengah. Tangan kanan mengurut payudara kiri dan tangan kiri mengurut payudara kanan.
* Bila payudara besar, gunakan keempat jari.
* Dengan tekanan ringan, lakukan gerakan melingkar dari dasar payudara dengan gerakan spiral ke arah puting susu.

B. Stroke
* Dengan menggunakan jari-jari tangan, tekan-tekanlah payudara secara lembut. Dari dasar payudara ke arah puting susu dengan garis lurus, kemudian dilanjutkan secara bertahap ke seluruh bagian payudara.
* Dengan menggunakan sisir yang bergigi lebar, “sisirlah” payudara secara lembut, dari dasar payudara ke arah puting susu.
* Dengan ujung jari, lakukan stroke dari dasar payudara ke arah puting susu.
C. Shake
Dengan posisi tubuh condong ke depan, kocok/goyangkan payudara dengan lembut, biarkan daya tarik bumi meningkatkan stimulasi pengeluaran ASI.
Teknik memerah ASI dengan tangan metode massage, stroking, dan shaking yang disebut metode Marmet dikembangkan oleh Chele Marmet, seorang Lactation Consultant yang menjadi Direktur Lactation Institute di California.

MEMERAH DENGAN TANGAN
1. Letakkan ibu jari di atas kalang payudara dan jari telunjuk serta jari tengah di bawah sekitar 2,5 ¬3,8 cm di belakang puting susu membentuk huruf C. Anggaplah payudara sebagai jam, maka posisi/arah ibu jari berada pada jam 12, dua jari lain berada di posisi jam 6. Ibu jari dan jari telunjuk serta jari tengah saling berhadapan. Jari-jari diletakkan sedemikian rupa sehingga “gudang” ASI berada di bawahnya.
2. Tekan lembut ke arah dada tanpa memindahkan posisi jari-jari tadi. Payudara yang besar dianjurkan untuk diangkat lebih dulu. Kemudian ditekan ke arah dada.
3. Buatlah gerakan menggulung (roll) dengan arah ibu jari dan jari-jari ke depan untuk memerah ASI keluar dari gudang ASI yang terdapat di bawah kalang payudara di belakang puting susu. Jangan menggesekkan ibu jari dan jari-jari pada kulit karena akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri.
4. Ulangi gerakan-gerakan tersebut (1,2,3) sampai aliran ASI berkurang. Kemudian pindahkan lokasi ibu jari ke arah jam 11 dan jari-jari ke arah jam 5, lakukan kembali gerakan memerah seperti tadi.
5. Lakukan pada kedua payudara secara bergantian. Begitu tampak ASI memancar dari puting susu, itu berarti gerakan tersebut sudah benar dan berhasil menekan gudang ASI. Jangan lupa untuk meletakkan cangkir bermulut lebar yang sudah disterilkan di bawah payudara yang diperah.
Seluruh prosedur persiapan dan pemerahan dengan tangan membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit, meliputi:
- Massage, stroke, dan shake.
- Perah kedua payudara selama 5-7 menit tiap payudara.
- Massage, stroke dan shake.
- Perah kedua payudara selama 3-7 menit tiap payudara.
- Massage, stroke dan shake.
- Perah kedua payudara selama 2-3 menit tiap payudara.
Sebagai catatan, waktu yang dibutuhkan untuk memerah ASI di atas hanyalah patokan saja. Bila pasokan ASI sudah baik/banyak, patokan tersebut dapat diabaikan karena patokan waktu ini bermanfaat bila ASI hanya keluar sedikit atau bahkan belum keluar sama sekali. Yang justru harus diperhatikan adalah aliran ASI. Bila mulai berkurang alirannya segera ganti dengan memerah payudara berikutnya.

Hilman Hilmansyah. Ilustrasi Dok. NAKITA
Konsultan ahli:
dr. Utami Roesli, SpA., MBA., CIMI., IBCLC,
Ketua Yayasan Sentra Laktasi Indonesia

ASI PERAH HANYA KALA IBU-BAYI TERPISAH
Harap diingat, aktivitas menyusui langsung (breastfeeding) sebenarnya lebih bermanfaat dibanding ASI perah. Keterikatan, kedekatan, dan terciptanya suasana aman serta nyaman saat menyusui langsung dapat meningkatkan pertumbuhan fisik maupun psikis bayi. Karena itu, berikan ASI perah hanya kala bayi “terpisah” untuk sementara waktu dari ibunya. Setelah ibu di rumah dan bertemu kembali dengan si kecil, aktivitas menyusui langsung dapat segera dilakukan.

KOSONGKAN “GUDANG” AGAR ASI TERUS DIPRODUKSI
Secara prinsip, payudara terdiri atas tiga unsur utama, yaitu “pabrik”, saluran, dan “gudang” ASI (di daerah warna cokelat atau aerola). Ketiganya ibarat bejana berhubungan. Agar produksi terus berjalan, ASI di gudang harus habis lebih dulu. Bila gudang kosong, barulah pabrik akan mengisinya kembali dan seterusnya. Pendek kata, ASI di gudang harus selalu dihabiskan supaya proses produksi terus berjalan.
Saat memerah ASI, prosesnya hampir sama dengan mengeluarkan pasta gigi. Bila hanya menekan ujung pasta gigi, tentu pastanya tak akan keluar. Jadi, bagian yang agak belakanglah yang harus ditekan. Bila tak keluar banyak, kemungkinan teknik yang dilakukan salah. Bila tekniknya sudah benar, lama-kelamaan memerah ASI akan menjadi aktivitas yang tidak sulit.
Kunci memerah ASI dengan tangan adalah menemukan posisi jari-jari yang tepat. Lakukan latihan sampai menemukan posisi atau tempat yang tepat. Menggabungkan pemerahan ASI dengan tangan dan pengurutan payudara merupakan cara memerah ASI yang efektif.

PERAH DENGAN TANGAN LEBIH DIANJURKAN
ASI yang diperah dengan pompa sebenarnya tak direkomendasikan atau tak dianjurkan diberikan kepada bayi. Kenapa? Karena banyak pompa ASI di pasaran yang tidak memenuhi standar. Bahan karet yang terdapat di bagian belakang pompa yang berbentuk seperti bohlam ternyata tak bisa disterilkan. Bahkan bisa menjadi media yang menyalurkan mikroba. Lantaran itu, ASI hasil pompa dianjurkan hanya sebatas untuk mengatasi pembengkakan payudara.
Memang ada pula pompa ASI yang memenuhi standar, seperti pompa elektrik dan pompa berbentuk piston. Namun harganya terbilang mahal. Jadi, yang dianjurkan tetaplah teknik memerah dengan tangan. Selain mudah, tak merepotkan serta tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli peralatan. Modalnya cuma satu, keterampilan ibu memerah ASI dengan tepat seperti di atas.

Source: asiforbaby@yahoogroups.com

Perah ASI dengan stimulasi LDR

Cara Memerah ASI dengan Tangan
Dikantor (atau dirumah) dg Stimulasi LDR :

1. Cuci tangan yang bersih.
2. Siapkan 2 botol yang kecil (60ml) dan besar (120ml), 1 untuk tempat ASI yang sedang diperah, satu lagi untuk menampung ASI di PD sebelah yang netes.
3. Buka baju bagian depan atau buka semua boleh. Dan gantung baju di tempat yang aman dan bersih.
4. Masukkan botol ukuran 60ml ke dalam bra PD sebelah kiri. Jadi botol ditahan sama bra.
5. Mulai stimulasi Let Down Reflek (LDR) supaya keluar. Dengan cara pejamkan mata, tarik napas dalam2 buat tubuh se-rileks mungkin kemudian puting tetep dalam bra trus ujung jempol diluar bra. Diusap-usap dengan lembut si putting dalam bra tsb. Sampai terasa geli-geli gitu. Dan teruskan saja. Ga lama kemudian akan terasa nyuuuttt pada PD. Itulah saat LDR keluar. Perah dengan cepat.
6. Setelah LDR terasa. ASI pasti akan netes-netes dari kedua PD. Nah yang sebelah kiri kan sudah ditadahi dengan botol kecil jadi ga takut terbuang. Yang kanan kita perah.
7. Cara Memerahnya bentuk ke lima jari seperti bikin huruf C terbalik. Jempol diatas PD dan keempat jari lain dibelakang bawah PD. Jaraknya kurang lebih 2cm dari aerola (lingkaran hitam/coklat deket putting).
8. Pencet-pencet PD dengan lembut tapi cepat seiring irama hisapan bayi. Jangan digesekkan jari2nya saat pencet karena akan membuat PD memar. Tapi cukup di pencet-pencet saja.
9. ASI akan keluar dengan deras dan akan terdengar bunyi srot.. srot
10. Setelah agak berkurang alirannya. Pijat-pijat PD, perah lagi. Kalo sudah kosong pindah ke PD kiri.
11. Kalo pegel dengan posisi C terbalik, bisa pake posisi huruf U. jadi jempol disebelah kanan PD dan keempat jari di sebela kiri PD.
12. Setelah kedua PD kosong. Masih bisa distimulasi lagi si LDR. Tapi kalo ga bisa sebaiknya sudahi sesi memerah.

Rabu, 24 Agustus 2011

Event Menulis PUISI tentang RAMADLAN dan KEMERDEKAAN

Tulislah puisi tentang RAMADLAN dan KEMERDEKAAN

kirim ke hasfriends57@gmail.com

subject email: PUISI-judul naskah-nama penulis.

subject file: PUISI_judul naskah_nama penulis

Lalu publish info event ini berikut cover BENGKEL JIWA-Undimensioned di akun fb masing-masing, tagg 20 teman dan BJU

http://www.facebook.com/pages/Bengkel-JIWA-Undimensioned/208138762572204

(boleh berupa note/photo with caption)

kemudian copass link note/pengumuman yg telah dibuat ke bawah photo event ini.(di komen bawah ini)

http://www.facebook.com/photo.php?fbid=212518538800893&set=a.208143342571746.63963.208138762572204&type=1&ref=nf

deadline 7 September 2011. pengumuman 3 minggu setelah deadline.

Naskah yang layak insya Allah akan dibukukan HP.

Juara I paket buku senilai Rp 200rb

Juara II paket buku senilai Rp 150rb

Juara III paket buku senilai Rp 100rb

HADIR DI Toko Buku GRAMEDIA, Gunung Agung, Togamas.

Judul: Bengkel Jiwa

Penulis: Awy A Qolawun.

ISBN 978-602-98570-0-9

9 manfaat membeli Buku Inspiratif Bengkel Jiwa

1. Memperoleh tips bermanfaat untuk membenahi jiwa

2. Mengenali Medan Kehidupan, Visi Misi dan Kendalanya.

3. memperoleh peta dan cara rekreatif dan menyenangkan dalam menaiki tangga spiritual

serta meraih kesuksesan dan kebahagiaan

4. Manajemen diri dan komunitas untuk sukses dalam pergaulan

5. Dilengkapi kisah-kisah bermakna serta tauladan dari Rasulullah dan para sahabat

6. Cara mencapai kebersihan hati danmemurnikan amal

7. Ada Tips Sukses dalam berumah tangga

8. Tasawuf untuk kecerdasan dan berpikir kritis untuk kebahagiaan hakiki.

9. Mendapat bonus buku Undimensioned (21 pengalaman para penghafal Alqur'an) berisi kisah-kisah penghafal Alqur'an dan tips tips menghafal Alqur'an

164hlm.Rp25rb

HARGA PROMO sebelum 5 Agustus 2011. jadi Rp 17rb saja.

silakan sms 081914032201 utk pre order atau inbox fb hasfa publisher.http://www.facebook.com/hasfapublisher

Up Date Peserta Kisah Menstruasi

nama berdasarkan email:

1) Anna Permatasari Kamarudin

2) Anggun Diah Putri

3) Dwi Aprilytanti Handayani

4) Medina Sumandhani Manoto

5) Niken Larasati

6) Aisyah Asyafiyah

7) Syifa 14

8) Puput Ari

9) Vindy Putri

10) Ummu Fatimah Ria Lestari

11) Yurmawita Adismal

12) Gracia Dwinita

13) Ika Pratiwi

14) Noviana Widayanti

15) Futicha Turisqoh

16) Binta El-Mamba

17) Nessa Kartika

18) Amanda Ratih Pratiwi

DL: 1 September 2011

Jumat, 19 Agustus 2011

Perkembangan berbicara bayi dan anak


  • Sekitar umur 7 - 8 bulan bayi mulai bisa bersuara satu suku kata, misalnya: ma atau pa atau ta, atau da
  • Sekitar umur 8 - 10 bulan bisa bersuara bersambung, misalnya : ma-ma-ma-ma, pa-pa-pa-pa, da-da-da-da-, ta-ta-ta-ta
  • Sekitar umur 11 - 13 bulan mulai bisa memanggil : mama !, papa !
  • Sekitar umur 13 - 15 bulan mulai bisa mengucapkan 1 kata, misal : mimik, minum, pipis
  • Sekitar umur 15 - 17 bulan mulai bisa mengucapkan 2 kata
  • Sekirtar umur 16 - 18 bulan mulai bisa mengucapkan 3 kata
  • Sekitar umur 19 - 22 bulan mulai bisa mengucapkan 6 kata
  • Sekitar umur 23 - 26 bulan mulai bisa menggabungkan beberapa kata : mimik cucu
  • Sekitar umur 24 - 28 bulan mulai bisa menyebutkan nama benda, gambar
  • Sekitar umur 26 - 35 bulan, bicaranya 50 % dapat dimengerti orang lain

(Sumber : Denver II, Frankenburg WK dkk, 1990)

Supaya tidak terlambat berbicara, latihlah sejak bayi

Bayi sejak lahir sudah bisa mendengar dan mengerti suara manusia, terutama suara ibunya. Walaupun bayi belum bisa menjawab dengan kata-kata tetapi bayi bisa menyatakan perasaannya dengan : senyuman, gerakan bibir, bersuara, berteriak, menggerakkan tangan kaki, kepala atau dengan menangis.

Dengan latihan setiap hari sejak bayi, lama kelamaan bayi dan anak dapat menjawab dengan kata-kata dan kalimat. Latihan ini sekaligus merangsang perkembangan emosi, sosial, dan perkembangan kecerdasannya.

Supaya bayi atau anak anda tidak terlambat berbicara, lakukan metode ini setiap hari, ketika anda berada tidak jauh dari bayi anda.

Melatih Bayi dan Anak Berbicara

I. Berbicaralah kepada bayi / anak sebanyak mungkin dan sesering mungkin, dengan penuh kasih sayang, walaupun ia belum bisa menjawab

  1. Bertanya pada bayi / anak.. Contoh : Adik haus, ya ? Gardi lapar, ya ?. Elta mau susu, lagi ? Ini gambar apa ? Ini boneka apa ? Ini warnanya apa ? Ini namanya siapa ?
  2. Komentar terhadap perasaan bayi / anak . Contoh : Kasihan, adik rewel kepanasan, ya ?. Nah sekarang dikipasin ya ? Ooo, kasihan, adik rewel gatal digigit nyamuk, ya ? Jatuh ya ? Sakit , ya ? Sini di obatin !
  3. Menyatakan perasaan ibu / ayah . Contoh : Aduh, mama kangen banget deh sama adik. Tadi mama di kantor ingat terus sama adik. Mmmh , mama sayang deh sama adik.
  4. Komentar keadaan bayi / anak.. Contoh : Aduh pipi Ade tembem ! Wow, Rama matanya besar banget ! Wah, kepala Gardi botak ! Ai, ai, Elta buang air besar lagi !
  5. Komentar perilaku bayi / anak Contoh : Wah, Rini sudah bisa duduk! Eeee, Tono sudah bisa berdiri ? Ai, ai, Ari sudah bisa duduk ! Wah, adik sudah bisa jalan !
  6. Bercerita tentang benda-benda di sekitar bayi / anak : Contoh : Lihat nih. Ini namanya bantal. Warnanya merah muda, ada gambar Winnie the Pooh. Adik tahu nggak Winni the Pooh ? belum tahu ? Winni The Pooh itu beruang yang lucu dan cerdik. Nanti kalau sudah gede pasti tahu deh. Yang ini namanya boneka Teletubies. Warnanya merah. Yang ini warnanya hijau, yang itu ungu. Nih, coba di peluk.
  7. Bercerita tentang kegiatan yang sedang dilakukan pada bayi / anak

    Contoh : Adik dimandiin dulu, ya ? Pakai air hangat, pakai sabun, biar bersih, biar kumannya hilang, biar kulitnya bagus sepeti bintang film. Sekarang dihandukin biar kering, tidak kedinginan. Sudaaaaah selesai. Sekarang pakai pampers, pakai baju, dibedakin dulu, biar kulitnya halus, wangi.. Nah, selesai. Enak, kan ? Asyik, kan ? Habis ini minum ASI terus tidur, ya ? Mama mau masak, ya ?
  8. Bercerita tentang kegiatan yang sedang dilakukan ibu : Contoh : Mama sekarang mau bikin susu buat adik sebentar , ya ? Nih, susunyal 3 takar , ditambah air 90 cc, terus dikocok-kocok. Kepanasan nggak ? Enggak kok. Nah, siap deh.

II. Dengarkan suara bayi / anak, berikan jawaban atau pujian

Ketika bayi / anak bersuara atau berbicara (walaupun tidak jelas), segera kita menoleh dan memandang ke arah bayi dan mendengarkan suara bayi / anak seolah-olah kita mengerti maksudnya.

Pandang matanya, tirukan suaranya, berikan jawaban atau pujian, seolah-olah bayi mengerti jawaban kita. Contoh : Ta-ta-ta-ta ? Ma-ma-ma-ma ? Kenapa, sayang ? Minta susu ? Mau poop ?

III. Bermain sambil berbicara

Ciluk - ba. Ibu mengucapkan ciluuuuuukk (muka ditutup bantal) beberapa detik kemudian bantal ditarik kesamping sambil ibu mengucapkan : baaaaaa !!.

Kapal terbang. Nih ada kapal terbang sedang terbang. Ngngngngngng. Ada musuh, kapal terbangnya menembak musuh ... dor .. dor .. dor. Kapal terbangnya turun ke muka bayi terus keperutnya.

Boneka, dimainkan seolah-olah ia berbicara kepada bayi / anak

Menyebutkan nama mainan, nama makanan, anggota badan (tangan, kaki, jari-jari, mulut, mata, telinga, hidung dll.)

IV. Bernyanyi sambil bermain.

Pok-ambai-ambai, belalang kupu-kupu, tepok biar ramai, pagi-pagi minum .... cucu. Cecak-cecak didinding, diam-diam merayap, datang seekor lalat, .....hap ! lalu ditangkap. Dua mata saya, hidung saya satu, (sambil menunjuk ke mata, hidung dst.)

Putarkan kaset lagu anak-anak, ikut bernyanyi, sambil tepuk tangan, goyang kepala dll.

V. Membacakan cerita sambil menunjukkan gambar-gambar

Bacakan cerita singkat dari buku cerita anak yang bergambar. Tunjukkan gambar tokoh-tokoh yang ada dalam cerita (binatang, benda-benda, manusia). Tanyakan kembali apa nama benda tersebut, apa gunanya, siapa nama tokohTunjukkan gambar-gambar di dalam majalah.

VI. Menonton TV bersama anak sambil menyebutkan nama-nama benda, tokoh atau kejadian yang terlihat di TV

Itu mobil, yang itu kapal, itu sepeda. Itu kucing, di sebelahnya ada tikus dan anjing. Kucing melompat, tikus lari, anjing duduk.

VII. Banyak berbicara sepanjang jalan ketika bepergian (ke pertokoan, rumah keluarga dll) t tunjuklah benda-benda atau kejadian sambil menyebutkan dengan kata-kata berulang-ulang. Itu layang-layang sedang terbang, itu kakak sedang menyeberang jalan, itu burung sedang terbang, itu pohon ada bunganya, itu boneka pakai kacamata dll.

VIII. Bermain dengan anak lain yang lebih jelas dan lancar berbicaranya

Ajak bermain dengan anak lain (kakak, tetangga, sepupu) yang sudah lebih jelas berbicaranya, bermain bersama menggunakan boneka, kubus, balok, puzzle, Lego, gambar-gambar, buku bergambar dll.

PERHATIAN

  • Jangan memaksa anak berbicara.
  • Kalau bayi / anak bersuara (walaupun tidak jelas) berikan jawaban, seolah-olah kita mengerti ucapannya
  • Pujilah segera kalau dia berbicara benar.
  • Jangan menyalahkan anak kalau ia salah mengucapkannya
  • Kalau anak sudah bosan sebaiknya beralih ke kegiatan lain

Latihan - latihan ini selain merangsang berbicara sekaligus merangsang perkembangan emosi, sosial, dan perkembangan kognitif ( kecerdasan).

Sumber kepustakaan

Brooks JB ). Parenting Child With Special Needs. The Process of Parenting 3rd ed. 15 : 482-489. Mayfiel Publ. Coy., London (1991)

Coplan J. Language Delays. Dalam Parker, Zuckerman. Behavioral and Developmental Pediatrics. Litle Brown, Lomdon (1995)

Martin CA, Colbert KK.. Parenting Children With Special Needs. Parenting A Life Span perspective 11 : 270 - 272. McGraw-Hill, NewYork (1997)

Sumber : http://www.idai.or.id/kesehatananak/artikel.asp?q=197541514289

berhubung banyak yg kelewat, maka lomba asi diperpanjang sampe tgl 21 agustus 2011 dan hadiah ditambah jadi 3 orang utk 3 tema

ketentuan lomba ( boleh kirim lebih dari satu naskah ya)

1. bagikan pengalaman para ibu tentang suka dukanya sewaktu pertama kali menyusui buah hati . bisa pengalaman orang lain tapi pake sudut pandang aku yah. yang dicari saat ini 3 tema yaitu

.-cerita gokil pengalaman seputar menyusui mis : yang bikin senyum 2 sendiri bila ingat kekeonyolan yang kita lakukan pertama kali menyusui

- cerita romantis seputar menyusui mis jadi makin mesra dan disayang ama suami gara2 menyusui

-cerita haru seputar menyusui

2. kirim cerita sebanyak 3-4 halaman font 12 spasi 1,5 A4 save ms word 2003 atau dalam bentuk rtf ke irhayatiharun@yahoo.co.id

3. sertakan biodata+foto bersama buah hati . contoh biodata dibawah ini

Elka lahir di Denpasar, 21 Februari 1980. Anak kedua dari tiga bersaudara ini gemar menulis sejak kelas 1 SD. Pendidikan terakhirnya ditempuh di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Malang. Setelah itu sempat beberapa tahun bekerja sebagai penerjemah buku freelance di sejumlah penerbit nasional. Mulai menulis fiksi Islami saat kuliah tingkat 2, beberapa cerpennya dimuat di majalah Annida. Cerpennya yang berlatar Bali berjudul “Di Ujung Pengharapan” menjadi Pemenang 2 Lomba Menulis Cerita Pendek Islami Majalah UMMI tahun 2007. Kini tinggal di Jimbaran, Bali. Dapat dihubungi melalui HP 081-999-548-688 atau via e-mail/FB: elkaferani@gmail.com.

pengumuman semua naskah diundur sampe tgl 26 agustus yah. sekalian dengan yg kemarin masuk

nb: bagi yg gak menyertakan biodata ama foto terpaksa naskahnya saya hapus. oke selamat mebrlomba yah ibu2 mudah2 an ada penerbit yg mau nerbitin. amin

Sayembara Berhadiah Paket Penerbitan Buku Print-On-Demand

Sumber:

http://menerbitkanbuku.blogspot.com/2011/08/sayembara-berhadiah-paket-penerbitan.html

Kami, Jasa Penerbitan Buku: Print on Demand, mengadakan sayembara penerbitan buku. Sayembara ini diadakan untuk menandai diluncurkannya jasa penerbitan buku dengan sistem print on demand (POD) pada weblog menerbitkanbuku.blogspot.com. Jasa penerbitan dengan sistem ini memungkinkan penulis untuk menerbitkan buku dalam jumlah minimal, bahkan bisa hanya 1 eksemplar saja. Murah, cepat, dan mudah didapatkan!

Sayembara berupa penilaian naskah buku, memperebutkan 3 pemenang untuk mendapatkan paket penerbitan buku dengan print on demand:

  1. Naskah pemenang akan mendapat pengeditan dari tim kami (hanya EYD dan penyelarasan tata bahasa – tidak termasuk konten).
  2. Layout dengan keterbacaan yang memadai.
  3. Desain cover.
  4. Ukuran buku A5
  5. Mendapat buku 2 eksemplar

Keuntungan bila Anda menang adalah:

  1. Mengetahui bahwa naskah buku Anda bermutu, karenanya bisa mengalahkan peserta lain.
  2. Naskah buku Anda akan dijadikan buku, selayak buku pada umumnya.
  3. Anda bisa menawarkan kepada penerbit dalam bentuk buku, yang tentu nilai tawarnya lebih tinggi daripada naskah mentah.
  4. Anda bisa langsung menjualnya dengan sistem on demand dengan menitipjualkannya di Toko Buku Online HalamanMoeka.com
  5. Hak terbit secara masal dan hak jual sepenuhnya milik penulis, termasuk juga menjual naskah yang sudah menjadi buku tersebut ke penerbit lain.

Keuntungan bila Anda kalah:

Anda akan mendapatkan penawaran untuk menerbitkan buku secara indie dengan paket regular di tempat kami. Diskon 10% dari harga paket. Untuk ketentuan paket regular, bisa dilihat di SINI.

Kriteria Naskah:

  1. Naskah adalah karya asli, baik sendiri maupun kelompok.
  2. Naskah belum pernah diterbitkan dan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.
  3. Naskah bergenre fiksi (hanya untuk cerpen dan novel), diketik dengan rapi ukuran A4, spasi 1,5 dan tebal maksimal 150 halaman.
  4. Bentuk naskah berupa teks tanpa gambar. Jika naskah bergambar, tidak boleh melebihi 5% dari isi keseluruhan.

Penilaian Naskah:

Naskah akan dinilai dari penggunaan logika kalimat (benar dan mudah dipahami), kekayaan diksi, bobot isi cerita, dan daya tarik cerita. Selain itu keutuhan dan keterpaduan isi cerita juga akan dinilai, dan hal-hal lain yang mendukung kesempurnaan cerita.

Syarat dan Ketentuan:

  1. Pendaftaran/pengiriman naskah dimulai tanggal 12 – 30 September 2011
  2. Peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya.
  3. Naskah dikirim dalam attachment memalui email terbit.buku@gmail.com dengan subjek Sayembara Penerbitan Buku POD. Sertakan juga sinopsis dari naskah Anda.
  4. Peserta ikut menyebarluaskan informasi ini dengan memuatnya di notes FB dan tag minimal 25 teman, termasuk facebook.com/halamanmoeka dan atau memposting di blog pribadi peserta dan atau mengirim email ke 20 teman dan CC ke email terbit.buku@gmail.com (pilih salah satu yang memudahkan Anda).
  5. Penjurian akan dilakukan oleh tim kami dan keputusan juri bersifat final.
  6. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 20 Oktober 2011 di weblog menerbitkanbuku.blogspot.com dan di FB Halaman Moeka (facebook.com/halamanmoeka).

Hormat Kami,

Tim Jasa Penerbitan Buku POD

E-mail: terbit.buku@gmail.com

YM: akil_catur

Kamis, 18 Agustus 2011

Acara Menulis Kisah Reflektif “Man Jadda

Wajada” bareng A. Fuadi Aug 4, '11 2:14 AM
untuk semuanya
Mulai: Aug 2, '11 06:00a
Berakhir: Aug 19, '11
Lokasi: Anywhere
Menulis Kisah Reflektif “Man Jadda Wajada” bareng A. Fuadi
Tema: Menjadi Guru Inspiratif

Namamu selalu bergelora
Dalam hatiku
Jasa dan benih yang engkau tanam
Kini telah tumbuh bersemi
Terpujilah engkau wahai guruku pahlawan hidupku
(Saifuddin Usman)

Dari siapa kita bisa membaca kalau bukan dari guru. Dari siapa kita bisa menulis kalau bukan dari guru. Dari siapa kita memperoleh pengetahuan kalau bukan dari guru.

Guru merupakan profesi yang sangat mulia. Karena ia memberikan ilmunya kepada kita. Gurulah yang mengajarkan kita berbagai ilmu pengetahuan. Dan di balik aktifitas mengajarnya, tersimpan pengorbanan yang tiada tara. Tanpa guru apa artinya sebuah bangsa. Sebesar apapun bangsa itu. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati gurunya. Kita semua bisa menjadi saat ini dengan berbagai profesi (salah satunya) karena guru, bukan?

Kami mengundang rekan-rekan untuk berbagi pengalaman berharga dan berkesan pada saat menjadi guru, baik guru di sekolah formal (TK, SD, SMP, SMA, SLB) maupun non-formal (ponpes, kursusan, panti asuhan, privat, dll.). Pengalaman tersebut bisa ditulis oleh guru sendiri, muridnya, mantan muridnya, atau orang lain yang menjadi saksi kiprah seorang guru yang inspiratif.

Naskah yang terpilih akan disertakan dengan tulisan A. Fuadi dan diterbitkan oleh Bentang Pustaka.

Syarat-syarat dan ketentuan:
Panjang tulisan sekitar 10 halaman, Times New Roman spasi 2, Font 12, kertas A4.
Belum pernah dimuat dan dipublikasikan di media mana pun
Kirimkan tulisan Anda dalam bentuk file ke email redaksi: man.jadda2011@gmail.com dengan subjek: Man Jadda Wajada: Menjadi Guru Inspiratif
Tulis biodata Anda dalam bentuk narasi di bawah tulisan Anda beserta alamat lengkap dan nomor telepon.
Tulisan yang terpilih berhak mendapatkan fee sebesar Rp 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah) dan mendapat paket buku dari Bentang Pustaka, termasuk buku Man Jadda Wajada Series: Menjadi Guru Inspiratif (jika sudah terbit).
Naskah diterima paling lambat Jumat 19 Agustus 2011.

Terima kasih
BentangBeeanglala Pustaka Lebah

Acara Menulis Kisah Reflektif “Man Jadda

Wajada” bareng A. Fuadi Aug 4, '11 2:14 AM
untuk semuanya
Mulai: Aug 2, '11 06:00a
Berakhir: Aug 19, '11
Lokasi: Anywhere
Menulis Kisah Reflektif “Man Jadda Wajada” bareng A. Fuadi
Tema: Menjadi Guru Inspiratif

Namamu selalu bergelora
Dalam hatiku
Jasa dan benih yang engkau tanam
Kini telah tumbuh bersemi
Terpujilah engkau wahai guruku pahlawan hidupku
(Saifuddin Usman)

Dari siapa kita bisa membaca kalau bukan dari guru. Dari siapa kita bisa menulis kalau bukan dari guru. Dari siapa kita memperoleh pengetahuan kalau bukan dari guru.

Guru merupakan profesi yang sangat mulia. Karena ia memberikan ilmunya kepada kita. Gurulah yang mengajarkan kita berbagai ilmu pengetahuan. Dan di balik aktifitas mengajarnya, tersimpan pengorbanan yang tiada tara. Tanpa guru apa artinya sebuah bangsa. Sebesar apapun bangsa itu. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati gurunya. Kita semua bisa menjadi saat ini dengan berbagai profesi (salah satunya) karena guru, bukan?

Kami mengundang rekan-rekan untuk berbagi pengalaman berharga dan berkesan pada saat menjadi guru, baik guru di sekolah formal (TK, SD, SMP, SMA, SLB) maupun non-formal (ponpes, kursusan, panti asuhan, privat, dll.). Pengalaman tersebut bisa ditulis oleh guru sendiri, muridnya, mantan muridnya, atau orang lain yang menjadi saksi kiprah seorang guru yang inspiratif.

Naskah yang terpilih akan disertakan dengan tulisan A. Fuadi dan diterbitkan oleh Bentang Pustaka.

Syarat-syarat dan ketentuan:
Panjang tulisan sekitar 10 halaman, Times New Roman spasi 2, Font 12, kertas A4.
Belum pernah dimuat dan dipublikasikan di media mana pun
Kirimkan tulisan Anda dalam bentuk file ke email redaksi: man.jadda2011@gmail.com dengan subjek: Man Jadda Wajada: Menjadi Guru Inspiratif
Tulis biodata Anda dalam bentuk narasi di bawah tulisan Anda beserta alamat lengkap dan nomor telepon.
Tulisan yang terpilih berhak mendapatkan fee sebesar Rp 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah) dan mendapat paket buku dari Bentang Pustaka, termasuk buku Man Jadda Wajada Series: Menjadi Guru Inspiratif (jika sudah terbit).
Naskah diterima paling lambat Jumat 19 Agustus 2011.

Terima kasih
BentangBeeanglala Pustaka Lebah

Rabu, 17 Agustus 2011

SEMARAK LEBARAN BERSAMA LOMBA AKU





LOMBA AKU DAN KUE FAVORITKU
Syarat:
1. Ceritakan pengalamanmu dengan tema: Aku dan Kue Lebaran Favorit
2. Panjang naskah tidak dibatasi
3. Judul postingan dibuat dengan format: [LOMBA AKU] Judul tulisan
4. Postingan di-setting for everyone
5. Cantumkan link info lomba ini di akhir postingan
6. Cantumkan link postinganmu di jurnal lomba akuai dan akunovi
7. Deadline: 25 Agustus 2011

AKU DAN KARTU LEBARANKU
Syaratnya:
1. Buat desain kartu lebarang digital yang unik ^_^
2. Bercirikan pertemanan di dunia maya lebih bagus lagi
3. Bernuansa Islami pastinya
4. Ukuran asli gambar A6 diposting di jurnal foto
5. Judul postingan kartu dibuat dengan format: [LOMBA KARTU LEBARANKU] judul kartu
6. Postingan di-setting for everyone
7. Cantumkan link info lomba ini di akhir postingan
8. Cantumkan link postinganmu di jurnal lomba akuai dan akunovi
9. Deadline: 25 agustus 2011

Kartu lebaran yang diposting menjadi milik bersama dan boleh digunakan siapa pun.
Kartu lebaran terpilih akan digunakan MP4P untuk pemberian bingkisan ke rumah sakit persahabatan.

Peserta hanya boleh mengirim satu tulisan dan satu desain kartu lebaran :)

Hadiah
- buku (akan diposting di jurnal lain )
- paket dari KhansaToys
- kopdar dengan Aku sambil makan semangka
*bagi yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya dan suka makan semangka

Pemenang:
1. Peserta pertama (lomba desain/tulisan)
2. Peserta favorit lomba nulis
3. Peserta favorit lomba desain kartu lebaran



Selasa, 16 Agustus 2011

Event CERITA DARI HATIKU UNTUK IBU

Kalo bercerita tentang sosok IBU, gak bakalan ada matinye ! She's like never ending story ..

Dalam rangka menyambut hari ibu yang akan jatuh pada tanggal 22 Desember 2011 mendatang, saya akan mengadakan event cerpen dari hati untuk ibu. Duapuluhlima (25) cerpen akan dibukukan.

Syarat lomba:

  1. Lomba terbuka untuk umum dan segala usia dari seluruh Indonesia baik yang tengah study atau bertugas di luar negeri
  2. Lomba dibuka tanggal 03 Agustus 2011 dan di tututp tanggal 15 oktober 2011 pukul 23:00 WITA (lewat dari waktu tersebut naskah dinyatakan gugur).
  3. Tema cerita: IBU (tokoh utama boleh seorang ibu atau bukan)
  4. Judul bebas namun tetap mengacu pada tema dibutir 3. Judul bisa menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing.
  5. Naskah harus berupa cerpen (boleh kisah nyata atau fiksi, diutamakan yang inspiratif)
  6. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya.
  7. Naskah ditulis dalam bahasa yang baik, benar, dan literer (indah) dengan memeperhatikan EYD.
  8. Naskah yang dilombakan harus asli, bukan jiplakan atau saduran serta belum pernah dipublikasikan di media cetak lokal maupun nasional atau di media elektronik (Blog, Facebook, Frienster, atau media online lainnya yang memberikan fee)
  9. Ketentuan Naskah:
    1. Ditulis di atas kertas kuarto atau A4, spasi 1,5, font Times New Roman size 12, margin kiri-kanan-atas-bawah 3, justify
    2. Simpan naskah dalam bentuk RTF
    3. Panjang naskah 5-7 halaman (tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih)
    4. Tulis di halaman terpisah biodata singkat berbentuk narasi maksimal 100 kata serta foto close up penulis.
    5. Kirim naskah beserta lampirannya (biodata+foto) dalam bentuk attactmen ke email: antologibersama.untukibu@gmail.com dengan subject: CERPEN-judul cerpen-nama penulis
    6. Seleksi tahap pertama (lolos administrasi kelengkapan dan memenuhi syarat) tanggal 20 oktober 2011, seleksi tahap kedua, seleksi final (pengumuman para nominasi) tanggal 31 oktober 2012
    7. Akan diambil 25 cerpen yang akan dibukukan bersama cerpen para dewan juri (masih dalam konfirmasi). Tiga naskah terbaik akan mendapatkan hadiah yang akan diberitahukan selanjutnya (dalam proses melobi sponsor)
    8. Keputusan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat
    9. Naskah yang masuk menjadi hak panitia namun hak cipta tetap pada penulis
    10. Naskah akan ditawarkan ke penerbit mayor dan jika tidak akan diterbitkan secara indie
    11. Royalti sepenuhnya akan disumbangkan kepada anak yatim-piatu dan mereka yang kurang mampu.
    12. Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi facebook penyelenggara di Kim Faira (Faira Ismail)
    13. Posting info lomba ini dengan mengetag Faira Ismail dan minimal 20 orang teman lainnya. Bagi yang belum berteman dangan Faira Ismail silahkan meng-add di link berikut: http://www.facebook.com/profile.php?id=100002555212757
    14. Panitia berhak membatalkan keputusannya apabila dikemudian hari diketahui naskah nominator merupakan jiplakan atau saduran dan pernah dipublikaasikan
    15. Kriteri Penilaian

Kesesuaian dengan tema Kedalaman pesan yang disampaikan EYD

Duapuluh lima nominator akan mendapatkan masing-masing 1 buku antologi bersama.

Terimakasih! Semoga apa yang akan kita lakukan bisa menjadi kado terindah untuk ibu kita dan mereka yang kurang mampu,aamiin.^^