Sabtu, 09 April 2011

Pemenang Cerpen Anak

Mohon kirim biodata deskripsi secepatnya ke email naqiyyahku@yahoo.co.id ditunggu maksimal 25 April 2011.


10 Naskah dongeng:

1. Akal Pangeran Rizki/ Yusi Rahmaniar

2. Beri Bosan Sakit Gigi/ Afin Yulia

3. Kisah Raja Hutan yang Jahat dan Singa yang Malas/ Yuli Kurniawati

4. Pangeran Gagah yang Gendut / Anisa Widiyarti

5. Putri Ganggang dan Ratu Penyu/ Rahmat Taufiqul Haq Al Fath

6. Putri Nisrina/ Angri Putra

7. Ramuan Ajaib Bunga/ Irhayati Harun

8. Ruka dan Makanan Sisa/ Eka Swaranindita

9. Si Kecil yang Hebat / Era Taufan (Erawati Heru Wardhani)

10. Sulaman Laba-Laba / Siti Muhaiminah

10 Naskah Cernak:

1. Bunda Aku Menantimu /Dwi Aprily

2. Gadis Jepang Milik Nenek/ Yuniar Khairani

3. Gara-Gara Ulat/Rahman Hanifan

4. Jejak di Samping Rumah /Fauziah Fachra (Riawani Elyta)

5. Karena Aku Cowok/Evatya Luna

6. Kartu Kebaikan Syifa/Aura Husna

7. Laras dan Hewan Peliharaan/ Eka Natsa

8. Pemulung Cilik/ Jazimah Al Muhyi

9. Persahabatan yang Terlezat/Zahrah

10. Tentang Vina/ Ummi Ayesha

Wujudkan Mimpimu: Sebuah Episode Pengamen


Telah terbit di LeutikaPrio!!!

Judul : Wujudkan Mimpimu: Sebuah Episode Pengamen
Penulis : Ceko & Pemenang Lomba FF Pengamen Cinta
Tebal : viii + 165 hlm
ISBN : 978-602-9079-54-8
Harga : Rp 38.700,-

Sinopsis :

Hingga kini, terwujud sudah antologi flash fiction: “Wujudkan Mimpimu: Sebuah Episode Pengamen” yang berisi 50 karya penulis terpilih. Plus sebuah flash fiction yang diadaptasi dari cerita pementasan teater “Wujudkan Mimpimu” yang diperankan oleh Anak-anak Komunitas Tol Pasteur di bawah naungan Ubuntu Theatre Organization, ‘mainteater’, dan Yayasan Bahtera.

Barisan huruf, rangkaian kata, dan kalimat dalam buku ini seolah bukan hanya bentuk visual bacaan inspiratif, namun akan terasa berubah menjadi audio berbentuk rangkaian nada-nada mayor-minor. Seperti saat mendengarkan para musisi jalanan menjual suaranya, apakah akan kita dengarkan atau abaikan begitu saja?

“Buku yang inspiratif dan humanis. Kisahnya pendek-pendek, namun menghentak, menghunjam rasa kemanusiaan, membangun empati pada orang-orang yang terpinggirkan, sekaligus pembangkit semangat. Bahwa harapan itu selalu ada. Layak dibaca oleh para pejuang kehidupan.”
(Tethy Ezokanzo, penulis lebih dari 25 buku)

Ps : Buku ini sudah bisa dipesan sekarang via website www.leutikaprio.com, inbox Fb dengan subjek PESAN BUKU, atau SMS ke 0821 38 388 988. Untuk pembelian minimal Rp 90.000,- GRATIS ONGKIR seluruh Indonesia. Met Order,all!!

50 naskah yang akan dibukukan bersama salah satu FF karya Ceko:

1. Sebuah Episode Pengamen - Dewi Irianti

2. Di Bawah Rinai Hujan – Riawani Elyta

3. Ketika Laut Jatuh Cinta – Yuridista Putri Pratiwi

4. Peluk Kitaro – Diannafi

5. Pengamen Tiga Masa – Santi Nugroho

6. Binar – Naya Latief

7. Sebening Luka – Yazmin Aisyah

8. Si Ujang – Devina Listasari

9. Malaikat Itu Mati Dibunuh – Abdillah Putera Siregar

10. Rahasia Adrian – Lia Herliana

11. Kamuflase – Alisa Aja

12. Dendangan Nada – Rurin Kurniati

13. Sebait Kidung Kakek – Diba Azzukhruff

14. Kotak Amal Pengamen Cilik – Lara Ahmad

15. Pengamen Cilik Dan Anjingnya – Ragil Kuning

16. Tirani Kehidupan – Novyarini

17. Bintang Tak Tersentuh – Wicha Spicca Breeze

18. Dokter Pengamen – Haya Najma

19. Cintaku Kembali – Rihan Alveo

20. Beutifull Winter Songs – Aura Aurora

21. Cinta Pengamen Jalanan – Fuan Fauzi

22. Fragmen Kecil Dengan Pengamen Itu – Tsuraya Widuri

23. Cinta Sunyi Di Tepian Serayu – Mukhanif Yasin Yusuf

24. Dawai Cinta Untuk Fatima – Rouzix Az-Zahra

25. Hadiah Terindah Dari Pengamen – Karina Anggara

26. Halte – Lusi Apriyani

27. The Touched Pengamen I Ever Met – Visya Blue

28. Harmoni Cinta – Arif Zunaidi

29. Bokong Si Pengamen – Amanda Ratih Pratiwi

30. Lagu Cinta Untuk Ratna – Richa Miskiyya

31. Lagu Cinta Untuk Ulang Tahun – Desi Sachiko

32. Lamaran Seorang Pengamen – Naqiyah Syam

33. Pengamen Dan Kesedihannya – Esa Wibowo

34. Cinta Dua Puluh Ribu Perak – Rofiq Hasansah

35. Mr. Cepek – Pik Parwati

36. Ketika Prajurit Bernyanyi – Upik Supriyanti

37. Cerita Nasi Bungkus – Mieny Angel

38. Mimpi – Yuliana Indriyani

39. Dia Adikku – Nurus Sa’adah

40. Nyanyian Pelangi – Dila Saktika Negara

41. Oh… Asisten Dosenku – Riana Yahya

42. Pelangi Di Atas Jambore – Hasudungan Rudy Yanto Sitohang

43. Pengamen Di Taman Victory – Zita Elross

44. Sewa Kontrakan – Widya Rosanti

45. Sweet Couple On The Bus – Selvy Erline S

46. Sweet Dream Or Nightmares? – Tuti Sitanggang

47. Nafas – Sanchia Surya

48. Nyanyian Lima Ratus Rupiah – Aulia Izzati

49. Irama Persahabatan – Prima Citra Devi

50. Di Bawah Terik Mentari Terselip Cinta – Rosita Dani

Penerbit Bestari (Zikrul Hakim Grup) Mencari naskah

Penerbit Bestari (Zikrul Hakim Grup)

Mencari naskah sbb.:

I. Novel anak (serial maupun tidak) bertema:

a. Misteri

b. Detektif

c. Petualangan

d. Naskah anak lainnya (pengetahuan, dunia hewan, dll., termasuk fiksi)

II. Naskah remaja dan umum fiksi:

a. Novel (lebih disukai bersifat eksperimental dan alternatif)

b. Kumpulan cerpen (lebih disukai bersifat eksperimental dan alternatif)

III. Naskah remaja dan umum nonfiksi bertema:

a. Penulisan skenario

b. Penulisan novel

c. Penulisan cerpen

d. Penulisan artikel di media massa

e. Mencari uang via internet

f. Bermain gitar

g. Bermain drum

h. Bermain piano/keyboard

i. Bermain alat musik lainnya

j. Kumpulan lagu Barat

k. Kumpulan lagu pop Indonesia

l. Kumpulan lagu dangdut

m. Kumpulan lagu nasional

n. Kumpulan lagu daerah

o. Bisnis (wirausaha)

p. Kisah-kisah unik (konyol) dunia mahasiswa

q. Kisah-kisah unik (konyol) dunia pelajar

r. Kisah-kisah unik (konyol) dunia kedokteran

s. Kisah-kisah unik (konyol) dunia guru

t. Kisah-kisah unik (konyol) dunia wartawan

u. Kisah-kisah unik (konyol) hal atau profesi lainnya

v. Kisah sukses orang-orang yang drop out dari pendidikan

w. Naskah-naskah lain bertema parenting, motivasi, pembelajaran (learning), dan pengembangan diri

Sertakan sinopsis atau uraian singkat isi naskah dan biografi ringkas penulis.

Naskah bisa dikirim via e-mail (di-attach) ke: bestari@zikrul.com atau anakremaja_zikrulbestari@yahoo.com

Atau via pos/diantar langsung (CD saja atau print out disertai CD) ke alamat di bawah ini:

Penerbit dan Percetakan

PT Zikrul Hakim-Bestari

Jl. Rancamaya Bitung Pesantren

RT 01 RW 06, Desa Bitung Sari

Kec. Ciawi, Kab. Bogor 16720

Telp. (0251) 824 92 46, faks. (0251) 824 92 73

CP: Muhamad Ilyasa

HP 0813 10 29 39 19


Apakah Audisi Menulis Itu Godaan?


Godaan audisi menulis sangat banyak. Bgm manajemen menulis teman2? Share ya!

Yurmawita Adismal blm ada. mau tau dong...jd audisi itu godaan ya mba? bukannya tantangan?

Naqiyyah Syam Full Yurma: hehe lah tugas utamakan jadi ibu RT. Trus ngajar, dsb. Jd nulis bg2 wkt.

Yurmawita Adismal

bbrapa wkt yg lalu saat blm trlibat di dunia ini,(cie...dunia apaan)mksudq dunia nya mba, h..h. aq disbkkan dg tanam2an, setiap wkt luang aq mngunjungi sahabt2 hijauqu. sll stiap ad ksmpatan. tak peduli sore,pagi,tengah hari mjlang magrib,...Lihat Selengkapnya

Tri Wahyuni Rahmat memang sungguh menggoda mba Naq... kalo saya pribadi, ya kalo memang ada waktu dan tema tulisannya memang membuat saya jatuh cinta ya saya ikutin. hehehe... tapi kalo tidak cukup waktu dan tema perlu mikir panjangggg..... ya, saya pikir-pikir dulu,. hehehe... :)

Santi Nuur P kl aq no 1 kewajiban (sbg ibu rt) dl Mb Naqi. menulis adl hobby krn itu aq ingin enjoy menjalaninya. menghadapi audisi yg mulai gentangan ini, wedeew syerem yak, biasanya aq pilah2 dulu mana yg temanya pas, jd ga hrs smua diikuti. msl ada lbh 1 tema yg kita suka, hrs mulai dibuat. sehari nulis 1-2 lembar it's ok, wkt nya pilih pas lg longgar. biasanya sih aq nulis pas anak2 sekolah atau abis shubuh. malam aq jarang nulis, lbh bnyk untuk baca sambil nemenin ank2 blajar. kl msh ada wkt baru ngefbi kayak sekarang ini hehehe...

Aina Al-Azmi

hehe,, kalau saya beberapa bulan belakang memfokuskan audisi menulis utk pengalaman dl, mau yg harus mikir pnjg2, mau yg simple, smwnya HAJAR teruus. Namun, setelah sy sdh merasa 'cukup bekal' dari 'belajar otodidak' itu, belajar dr bykny kekalahan, dan sedikitny kemenangan.. baru dah membuat target baru yg beda dari bulan lalu yaitu membuat buku-buku yg bermutu tinggi (lebaay). Sy mahasiwa kedokteran Mb, senin smpe jumat pulang jm 15.30.. masuk jm 7.30.. kdg2 hr sabtu jg kuliah. Aplg skrg sistem KBK alias lebih byk belajar sndiri,, jam 5 sore smpe jam 8 malam hrus ngajar murid-murid lesku.. Hr sbt-minggu ad jdwl utk belajar agama dari jam 10 pagi smpe abs asarHingga udah tuh, waktu tidur yg dikorbankan! Haha.. kl liat sy, bkal lari ketakutan krn kayak antuuu... hihihi .. tp smw kesibukkan it bs ditinggalkan kecuali Bundaku di rumah yg sndrian, tk ad yg bntuin kcuali adek kecilku yg sering tk bs diandalkan. Bundaku sring bilang, "Justru lg gadis inilah mw bantui org tua, ntr kl udh bsuami, hrus ngurusi suami, nggak ad wkt bwt Bunda" (Kok jd curhat, haha) --> semoga bs jd inspirasi menulis, hihi

Afin Yulia sama dengan mbak santi Mbak Naqy, gak semua info lomba kuat kita ikuti. Pilih beberapa saja yang memang kita sanggupi, biarkan yang lain lewat. Kalau enggak kesehatan dan kerjaan kita yang jadi korban.

Naqiyyah Syam Full

Yurma: kadar cintanya kayaknya kudu dirapikan atau sama dengan tanaman hijaunya?

Tri: sama, mbak:)

Sedamai: nah, itu ada tips dari ibu2:)

Mbak Santi: iya ya, pantesan jarang liat mbak 'berburu'audisi lagi:)

Aini:gpp curhat, sapa tau itulah jadi bahan inspirasi:)

Afin: iya ya:)

Johan Ayah Syahel Kalau saya, semua info lomba yang menarik saya copas dan di masukkan dalam satu folder. Pas ada waktu luang dan mau nulis, buka folder info menulis, pilih yg masih kekejar. kalo ada yang udah lewat ya di delete aja. Prioritas utama masih ngajar. Menulis juga kadang dikalahkan sama anak2 yg minta perhatian dan kadang protes kalau ayahnya sibuuuk aja di depan laptop.

Naqiyyah Syam Full Johan: sip banget tuh

Dewi Rieka Full dulu smua proyek pgn ikut. Kalo skrg, pilih2 temanya dulu, aku ada kisah menarik en unik seputar tema itu atau tidak. Tidak sekedar nulis. Sekarang lagi fokus proyek solo en menepis godaan2 keroyokan yg mggiurkan...

Ratna Dwi Kumala Sari Berantakan. Dulu. Waktu blm kenal media rajin nulis buku, trus kenal sama media lupa sama buku senengnya nulis buat koran, skrng kenal fesbuk lupa dua2nya dan jadi banci lomba..

Tri Lego Indah pilah pilih, hehe yg akad lombanya jelas n dirasa nulisnya bs maksimal hayuk ikut. Jgn ampe lena dg nulis naskah ampe ibadah n aktivitas lainnya jd terlupa ^_*

Fiyan ArjunNaqiyyah Syam Full>>data list aja lomba yg bergengsi...cari mana nih jurinya yg berbobot jgn yg ecek-ecek. itu mah ga ada tantangannya...menang-kalah malah punya kebanggan tsendiri...Kyak macam Rohto, trus DKJ dan masih banyk lainya. Makanya Bangfy sdh malas ikut2 lomba sdh waktu buat buku tunggal..dan cape ikut antologi...istirhat dulu...apalgi kalo jurinya perorangan dia yg ngadian dia yg

Evi Andriani

Kalau evi memanajemennya, seperti ini mba Naqy ^_^ :
1. Fokus
Ketika kita punya misi mengerjakan sesuatu yang penting misal urusan keluarga, urusan tugas kampus, ngerjain buku solo serta urusan lainnya yang penting dan yang deadline. Itu lebih di utamakan mba. Jadi mendahului mana yang penting untuk di fokuskan.

2. Impian dalam dunia literasi
Kalau prinsip evi, telah menang misalnya lebih dari 5x dan berhasil membuat beberapa buku antologi, maka evi udah saatnya mengurangi mengikuti lomba. Lanjut pada impian lainnya yaitu siap mengajak lingkungan sekitar untuk budaya membaca dan menulis. Karena prinsip evi, ilmu itu harus di bagi untuk sukses bersama-sama. membangkitkan semangat menulis dan menularkannya pada orang lain. Sembari mengajak mulai fokus buat buku solo. Kalau sudah begini, harus benar-benar istiqomah.

3. Memilih tema yang sesuai
Jika waktu dan kondisi kita memungkinkan kita untuk mengikuti suatu lomba, mulia melirik tema yang sesuai dengan hati kita, yang kita sukai, paling di minati. Nah loh, kalau semua suka gimana ya?? Pokoknya pilih yg paling di sukai. Jangan pernah melihat siapa yg mengadakan lomba tapi lihat bagaimana pengaturan lombanya. Bisa di pertanggung jawabkan nggak. Soalnya apa yg kita tulis, apa gkita lakukan dan apa yg kita sampaikan mempunya tanggungjawabnya di hari akhir

Muhammad Trimanto Banyak audisi memang menggoda, selanjutnya terserah Anda. hehe....

Irzi Gunawan Azzahra bener bngt kata mbak Evi Andriani...ga mgk ikutin smua audisi, aku pikir maksa bngt klo hrs ngikutin audisi y kita sbenernya ga paham atw ga klik sama temanya...aku tau gini jg krn baca notes mbak Naqiyyah Syam Full ttg penulis asongan tea...makasih, kalian berdua udah byk ksh aku pelajaran berharga...

Evi AndrianiIrzi Gunawan Azzahra >> sama-sama mba Indah. Semoga suatu saat jika ke Jakarta lagi bisa main ke bandung ^_^ trus kita ketemuan deh. Kalau evi udah pernah sampai ke Tasik juga mba. Terutama Gunung Galunggung hehehe