Senin, 18 April 2011

LOMBA NOVELA 2011

LOMBA NOVELA 2011


S/D Desember 2011, Ditargetkan Tayang 20 Novela Baru

Setelah beberapa bulan agak slow, akhir Maret 2011 dengan telah siapnya anggaran baru, maka dengan segenap niat baik, bismillahirohmanirrohim, kami berniat meluncurkan proyek baru untuk lebih memperkaya ilmuiman.net lagi secara lebih cepat dan untuk kemajuan dunia tulis menulis Indonesia pada umumnya. Berlaku sampai 31 Desember 2011, kami meluncurkan "Lomba Novela 2011". Bagi yang sudah biasa akses ilmuiman.net tentu tahu syarat-syarat novela kami, tapi ringkasnya saya tulis lagi saja, ssb:

(1) Penulis: Lomba berlaku untuk penulis Indonesia atau penulis asing yang bisa berbahasa Indonesia. Nulisnya kolaborasi juga boleh, tidak mesti satu orang. Tiap penulis (atau tim penulis) mesti memilih satu nickname yang unik (tidak sama dengan sudah ada) dan punya email address yang konsisten, cukup umur (dan punya rekening bank di Indonesia untuk nanti menampung honornya), dan boleh mengirimkan novela lebih dari satu (banyak juga boleh). Penulis/kontributor ilmuiman yang sudah terdaftar (dan kami tahu tulisannya oke punya) akan diprioritaskan untuk dievaluasi duluan.

(2) Tema: Seperti biasa, (a) Mesti tema percintaan (romance); (b) Mesti mempromosikan keluhuran budi atau akhlak yang baik; dan (c) Walaupun tidak mesti happy ending, ilmuiman.net lebih suka "sweet story", menyiarkan optimisme. Di luar itu, kalau memang tulisannya bagus bener, akan ditayangkan juga, tapi nggak janji. By the way, kalau sifatnya heavy reading, penuh filosofi yang berat-berat, dipastikan akan di-reject. Sorry.

(3) Format File: (a) Ditulis dalam format .txt (plain text). (b) Per bab, disave dalam file .txt tersendiri dengan nama 01.txt untuk bab 1, 02.txt bab 2, dst. (c) Dilengkapi dengan 'frame novela', 00.txt (berisi halaman judul, sinopsis, daftar isi, dan lain-lain tambahan informasi sebagaimana lazimnya di ilmuiman.net). (d) Kesemuanya lantas di-zip ke dalam satu file, dan dikirimkan via email ke sawibisono@yahoo.com dengan subject "LOMBA NOVELA 2011: QQQ" (dimana QQQ adalah judul novela).

(4) Format Tulisan: (a) Tulisan diketik rapih (sesuai standar ejaan Bahasa Indonesia yang lazim); (b) Boleh dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, Sunda, atau campuran keempat bahasa itu; (c) Judul bebas, tapi novela mesti terdiri dari minimal 5 bab, maksimal 20 bab. Lebih dari 20 bab, hendaknya displit menjadi beberapa novela; (d) Tiap-tiap bab mesti seperti lazimnya bab di novela di ilmuiman. Yaitu, ringkasnya: tiap bab mesti diberi judul bab, ukuran bab berukuran relatif pendek, tapi tidak terlalu pendek (ie. 10-20KB kalau disave dalam format .txt). (e) Diasumsikan ceritanya fiksi/fiktif. Otherwise, andai kisah nyata, atau terinspirasi dari kisah nyata, silakan saja diinformasikan. Isi adalah tanggung jawab penulis.


(5) Pemenang: Yang menang adalah yang tayang. Targetnya minimal 20 judul novela (untuk 2011). Kalau sebelum akhir tahun sudah tercapai 20 judul; dan anggaran masih tersedia (insya Allah rejeki darimana saja), maka akan ada tahap berikutnya (for the next 20 novelas). Honor pemenang seperti lazimnya novella di ilmuiman. Ilustrasinya: novella 5 bab yang sesuai syarat di atas akan dapat honor 25rb + 5x40rb = Rp. 225rb. Sedangkan novella 20 bab (sekitar 80 halaman kalau diprint) akan dapat 25rb + 20x40rb = Rp. 825rb. Jadi, kalo novelnya kelas berat (full-size), sebangsa 400 halaman A4, maka mesti dikemas ulang menjadi sekitar 5 novela dan akan dapat honor sekitar 5 x 825rb = Rp. 4,125 juta. Not bad-lah, iya kan?

(6) Syarat Lain: Selengkapnya, syarat lain adalah seperti biasanya. Kalau belum tahu, atau lupa, bisa dibaca artikel Penayangan Novela ilmuiman.net (Sudah dibuat sejak dulu, dan masih berlaku). Kalo udah tahu, yang ini nggak usah dibaca lagi (Ya iyalah!).

Keputusan redaksi/juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu gugat. Korespondensi cuma dijawab kalo sempat (nggak janji). Redaksi akan menayangkan (sesuai suka-sukanya, dan sesuai kelonggaran waktu) setelah novel diterima (accepted) dan diproses, tidak menunggu tahun 2012 (kelamaan!). Honor diberikan tidak lama setelah novel tayang (Tidak nunggu sampai tahun 2013! Jelas tidak).

Selamat berkarya. Kami mengundang kontribusi anda. Doa kami mengiringi. Semoga semua kita dikaruniai kebaikan dan kebahagiaan. Salam,

Bandung, 30 Maret 2011, Redaksi ilmuiman.net, AsliYW.

Sumber : http://ilmuiman.net/story/baca.php?teks=ADM%2FLombaNovel.web

ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD

ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD

Syarat-Syarat Lomba

  1. Lomba ini terbuka untuk pelajar SLTP (Kategori A), SLTA (Kategori B) dan Mahasiswa/Guru/Umum (Kategori C) dari seluruh Indonesia atau mereka yang sedang studi/bertugas di luar negeri
  2. Lomba dibuka 21 April 2011 dan ditutup 21 September 2011 (stempel pos)
  3. Tema Cerita: Dunia remaja dan segala aspek serta aneka rona kehidupannya (cinta, kebahagiaan, kepedihan, kekecewaan, harapan, kegagalan, cita-cita, persahabatan, pengalaman unik, petulangan maupun perjuangan hidup)
  4. Judul bebas, tetapi mengacu pada tema Butir 3
  5. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu judul. Judul boleh menggunakan bahasa asing
  6. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik, benar dan indah (literer). Bahasa daerah, bahasa prokem, bahasa gaul dan bahasa asing boleh digunakan untuk dialog (bukan narasi)
  7. Naskah yang dilombakan harus asli, bukan jiplakan dan belum pernah dipublikasikan
  8. Ketentuan naskah:
  1. Ditulis di atas kertas ukuran kuarto atau A-4, ditik berjarak spasi 1,5 spasi, huruf 12 font Times New Roman, margin kiri-kanan rata maksimal 3Cm
  2. Panjang naskah 6 (enam) – 10 (sepuluh) halaman, diprint 3 (tiga) rangkap (copy) disertai file dalam CD
  3. Naskah disertai sinopsis, biodata singkat pengarang dan foto dalam pose bebas ukuran postcard. Lampiran lainnya: Fotocopy KTP/SIM atau Kartu Pelajar/Mahasiswa dan Kartu Keluarga (pilih salah satu)
  4. Setiap judul naskah yang dilombakan wajib dilampiri 1 (satu) kemasan LIP ICE jenis atau saja atau segel SELSUN jenis apa saja
  5. Naskah yang dilombakan beserta lampirannya dimasukkan ke dalam amplop tertutup, cantumkan tulisan PESERTA LMCR-2011 sesuai dengan kategorinya pada bagian kanan atas amplop
  6. Naskah dan persyaratan (Butir e) dikirim ke alamat:

Panitia LMCR-2011 ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD

Jalan Gunung Pancar No.25 Bukit Golf Hijau, Sentul City

Bogor 16810 – Jawa Barat

  1. Hasil lomba diumumkan 15 Oktober 2011 melalui website:www.rayakultura.net dan www.rohto.co.id
  2. Keputusan Dewan Juri bersifat final dan mengikat
  3. Naskah yang masuk ke Kotak Pos Panitia LMCR-2011 menjadi milik PT ROHTO, hak cipta milik pengarangnya
  4. Informasi lebih lanjut silakan e-mail ke: lmcr.kelima@gmail.com

Hasil Lomba dan Hadiah Untuk Para Pemenang

Pajak hadiah para pemenang ditanggung PT ROHTO Laboratories Indonesia

Kategori A (Pelajar SLTP)

  • Pemenang I – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
  • Pemenang II – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • Pemenang III – Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 5 (lima) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 15 (lima belas) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • Sekolah Pemenang I, II dan III berhak mendapat 1 (satu) Unit TV

Kategori B (Pelajar SLTA)

  • Pemenang I – Uang Tunai Rp 5.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
  • Pemenang II – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • Pemenang III – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 5 (lima) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 15 (lima belas) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 50 (lima puluh) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • Sekolah Pemenang I, II dan III berhak mendapat 1(satu) Unit TV

Kategori C (Mahasiswa/Guru/Umum)

  • Pemenang I – Uang Tunai Rp 7.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
  • Pemenang II – Uang Tunai Rp 6.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • Pemenang III – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.500.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 20 (dua puluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dariPT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 200 (dua ratus) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM