Senin, 09 Januari 2012

Lomba Blog BabaStudio(DL 31 Mei 2012)

Satu lagi ajang lomba blog yang bisa kamu ikuti dari sekarang hingga 31 Mei 2012, jadi … masih ada kesempatan. Sudah punya blog, kan? Jika sudah, mulailah mencari tahu tentang Babastudio dan tulislah keuntungan memiliki website-nya dan review juga tentang situsBabaStudio minimal 500 kata. Hadiahnya? Jangan ditanya, yaitu:
Juara 1 : Ipad 2 + Voucher Senilai Rp4 juta
Juara 2 : Blackberry Apollo + Voucher Senilai Rp4 juta
Juara 3 : Samsung Galaxy Mini + Voucher Senilai Rp4 juta
1 Juara Bulanan akan mendapatkan Toko Online senilai Rp500.000, Free Domain 1 Tahun, Free Hosting 100MB, dan Uang Senilai Rp300.000
Persyaratan khususnya adalah setiap artikel harus memuat minimal 3 kata ‘membuat website’, ‘jasa pembuatan website’ dan ‘ayo buat website’. Sebagai clue, kamu bisa menjadi ketiga kata itu sebagai tag-nya. Tiga kata tersebut harus di-link kehttp://babastudio.com. Setelah itu cantumkan banner ‘Ayo Buat Website’ dan ‘Lomba Menulis Baba Studio’. Banner bisa kamu pilih yang berukuran 125×125 atau 300×250.Banner bisa kamu pilih di http://www.babastudio.com/contest/persyaratan.
Bisa jadi ini adalah persyaratan umum pada lomba blog, yaitu kamu harus mem-followBaba di twitter-nyalike halaman Baba di facebook-nya. Jangan lupa mention di twitter danfacebook tentang Lomba Blog Babastudio ini, termasuk segera mendaftar menjadi anggota Babastudio. O ya, kamu boleh, kok, menulis lebih dari satu artikel. dan me-
Ada tiga kriteria yang memungkinkan artikel kamu bisa menjadi pemenang, yaitu artikel yang berkualitas, mendatangkan banyak pengunjung ke BabaStudio dari artikel kamu(untuk informasi pengunjung, Babastudio akan memberi screenshot AWStat pada setiap akhir bulan jam 16.00), dan jumlah artikel serta umur artikel kamu. Perlu diingatkan kembali bahwa batas akhir lomba ini adalah 31 Mei 2012 dan pemenang Grand Prize akan diumumkan pada 14 Juni 2012.
Hampir lupa, pendaftaran harus melalui form pendaftaran. Pendaftaran lomba ini gratis dan terbuka untuk umum (memiliki KTP/Kartu Tanda Penduduk). Untuk peserta dibawah umur, pendaftaran wajib diwakili oleh wali/orang tua. Peserta harus berdomisili di Indonesia dan juga memakai bahasa Indonesia. Isi artikel tidak boleh mengandung unsur pornografi, diskriminasi, SARA atau tindakan yang melanggar hukum negara Republik Indonesia. Artikel harus merupakan hasil karya pribadi peserta, bukan melalui tindakan/usaha copy paste. Pelanggaran akan mengarah pada diskualifikasi peserta terkait. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Para juri dari Lomba Blog BabaStudio ini adalah:
  1. Zeembry (Founder Baba Studio, penulis buku)
  2. Edi Ginting (Jurnalis Metro TV)
  3. Yuliandi Kusuma (penulis 30 buku)
  4. Jonru (Founder PenulisLepas.com)
sumber : http://bangaswi.wordpress.com/2012/01/04/lomba-blog-babastudio/

LOMBA MENULIS KONSEP PERNIKAHAN IMPIAN

http://calonmanten.com/promo/lomba-menulis-konsep-pernikahan-impian/

Lomba Menulis Konsep Pernikahan Impian
Make Your Wedding Dreams Come True!
IKUTI LOMBA MENULIS KONSEP PERNIKAHAN IMPIAN
Berhadiah Paket Pengantin : Rias + Penggunaan Busana Perdana & Mobil Pengantin Vellfire, Senilai Total Rp. 20 Juta!


Persyaratan Peserta:
1. Peserta adalah masyarakat umum yang belum menikah
2. Usia minimal 20 tahun
Persyaratan penulisan:
1. Tulisan orisinil, belum pernah dimuat di media massa mana pun, dan tidak sedang diikutkan dalam lomba menulis lain.
2. Minimal tulisan terdiri dari 300 kata.
3. Penilaian tulisan akan didasarkan pada konsep pernikahan paling unik, serta tata bahasa dan alur penulisan yang nyaman untuk dibaca.
4. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat.
Mekanisme Pengiriman:
1. Naskah dikirimkan ke alamat lgallery@calonmanten.com
2. Naskah berbentuk file Microsoft office word dan dilampirkan sebagai attachment pada email.
3. Lampirkan juga tanggal rencana pernikahan (jika telah ada) dan identitas penulis (Nama, No tlp / HP, No kartu identitas, Tempat/Tanggal Lahir, Alamat Lengkap).
4. Naskah yang dikirimkan ke panitia menjadi hak panitia, tetapi jika panitia mempublikasikannya, nama penulis akan dicantumkan.
5. Naskah dikirim paling lambat 30 Januari 2012.
6. Pengumuman pemenang akan dimuat di calonmanten.com pada tanggal 14 Februari 2012
*Peserta lomba tidak dikenakan biaya apapun
Pemenang akan memperoleh hadiah:

Rias Pengantin + Penggunaan busana Pengantin Perdana + Penggunaan mobil Pengantin Velfire, senilai Total Rp. 20 Juta, dari L Gallery.

Lomba Menulis Cerita Mini (Cermin) 2012 “Indahnya Peduli, Nikmatnya Berbagi”

http://www.facebook.com/notes/laz-ilmanafia-peduli/lomba-menulis-cerita-mini-cermin-2012-indahnya-peduli-nikmatnya-berbagi/149888488455992

Persyaratan Umum:
  1. Lomba ini terbuka untuk semua kalangan, baik pelajar, mahasiswa, maupun umum.
  2. Tema cerita: “Indahnya Peduli, Nikmatnya Berbagi”
  3. Cerita diangkat dari kisah/pengalaman nyata, baik dialami sendiri maupun orang lain.
  4. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu judul.
  5. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia literer (indah, menarik, mengalir) dan komunikatif. Bahasa gaul dan bahasa daerah/asing boleh digunakan untuk segmen dialog para tokohnya – jika itu diperlukan dan sesuai dengan tema.
  6. Naskah yang dilombakan harus asli (bukan jiplakan) dan belum pernah dipublikasi.

Persyaratan Khusus:


  1. Naskah diketik di ukuran A4, diketik berjarak 1,5 spasi, font 12, huruf Times New Roman/Tahoma, panjang naskah maksimal 6000 characters (with space).
  2. Lampirkan mini-biodata pengarang (di bawah naskah), foto diri berwarna, dan scan identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/KTM/Kartu Pelajar).
  3. Naskah cerita yang dilombakan beserta persyaratannya dikirim via e-mail ke: ilmanafiapeduli@gmail.com dalam attachment (lampiran).
  4. Batas akhir pengiriman naskah pada tanggal 18 Pebruari 2012 Jam 21.00 WIB.
  5. Sebanyak 20 pengirim naskah tercepat akan mendapatkan 1 eks majalah Islami MUTIARA terbitan LAZ Ilmanafia Peduli.
  6. Pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 26 Pebruari 2012 dalam acara Seminar Motivasi “7 Keajaiban Langit”.

Hadiah untuk Pemenang:
  • Pemenang I – Tropi + Paket buku bacaan senilai Rp 750.000,-
  • Pemenang II – Tropi + Paket buku bacaan senilai Rp 500.000,-
  • Pemenang III – Tropi + Paket buku bacaan senilai Rp 250.000,-
  • 5 (lima) Pemenang Harapan masing-masing mendapat paket buku senilai Rp 50.000,- dan Piagam Penghargaan.

Dewan Juri:
  1. Wiwid Prasetyo (Novelis Semarang)
  2. Dian Nafi (Penulis, owner Hasfa Publishing)
  3. Badiatul Muchlisin Asti (Penulis, owner Oase Qalbu Group)

Hal-hal lain:
  • Keputusan Dewan Juri bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat.
  • Dewan Juri berhak membatalkan pemenang bila dikemudian hari ternyata diketahui dan terbukti naskah yang dilombakan berasal dari plagiat karya orang lain.
  • Lima puluh nominator pemenang lomba akan diundang dalam event seminar motivasi “7 Keajaiban Langit” sekaligus pengumuman pemenang lomba.
  • 50 naskah terpilih akan dibukukan, namun penulis tidak mendapatkan contoh terbit, karena buku akan dicetak dalam konsep Print on Demand (PoD).
  • Keuntungan penjualan buku seluruhnya akan digunakan untuk kepentingan sosial melalui LAZ Ilmanafia Peduli.

Info Lomba Menulis Buku Pengayaan

http://supergeo.org/sayembara_penulisan_naskah_buku_pengayaan_2012.htm

==Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan 2012==


Dalam rangka menggali, mengembangkan, dan mendayagunakan potensi menulis di kalangan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud menyelenggarakan Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan. Kegiatan sayembara ini diperuntukkan bagi para peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum. Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaantahun 2012 ini memperebutkan hadiah total lebih dari Rp 1.000.000.000,00 untuk 57 pemenangdari 19 jenis naskah buku pengayaan.

Tema Penulisan
“Membangun manusia Indonesia yang berkarakter, berbudaya, dan kompetitif di era global”


Peserta Sayembara
Peserta sayembara adalah siswa SMA/MA/SMK/MAK, pendidik dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum. Pendidik meliputi guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. Tenaga kependidikan meliputi pengelola satuan pendidikan, penilik,pengawas, peneliti, pengembang, pustakawan, laboran, dan teknisi sumber belajar.

a. Ketentuan Umum
1. Jenis naskah buku pengayaan pengetahuan alam dan matematika, dapat berupa pengetahuan alam fisik, hayati, flora, fauna; pengetahuan matematika; pengetahuan teknologi dan rekayasa; pengetahuan kebaharian, kedirgantaraan, dan kebumian.
2. Jenis naskah buku pengayaan pengetahuan sosial dan humaniora, dapat berupa pengetahuan sejarah dan kemasyarakatan; pengetahuan keagamaan; pengetahuan perekonomian dan manajemen; pengetahuan budaya, bahasa, seni dan sastra.
3. Jenis naskah buku pengayaan keterampilan vokasional yang meliputi:
  • Keterampilan membuat kriya;
  • Penerapan teknologi rekayasa sederhana;
  • Penerapan teknologi pengolahan;
  • Penerapan teknologi budidaya.
4. Jenis naskah buku pengayaan kepribadian, dimaksudkan untuk mengembangkan karakter: (1) religius; (2) jujur; (3) toleransi; (4) disiplin; (5) kerja keras; (6) kreatif; (7) mandiri; (8) demokratis; (9) rasa ingin tahu; (10) semangat kebangsaan; (11) cinta tanah air; (12) menghargai prestasi; (13) bersahabat/komunikatif; (14) cinta damai; (15) gemar membaca; (16) peduli lingkungan; (17) peduli sosial; (18) tanggung jawab yang dituangkan dalam:
  • Kumpulan pantun
  • Kumpulan puisi
  • Kumpulan cerita pendek
  • Novel
  • Drama
  • Biografi
Naskah buku Biografi, tentang:
  • seseorang yang berjasa dalam suatu bidang yang berguna bagi masyarakat;
  • seorang tokoh di daerah yang mendapat penghargaan dari pemerintah;
  • seseorang yang memiliki karakter yang dapat dijadikan contoh bagi bangsa;
  • seseorang yang memiliki keunggulan dan kelebihan yang berguna bagi masyarakat.
5. Naskah buku ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Naskah diberi identitas: (a) judul naskah; (b) jenis naskah; dan (c) peruntukan pembaca buku (misalnya untuk SD/MI; SMP/MTs; SMA/MA/SMK/MAK), (d) kelompok peserta.
6. Naskah dijilid rapi berupa cetak asli (bukan fotokopi atau dummy).
7. Naskah yang diterima Panitia tidak dikembalikan.

b. Ketentuan Peserta
  1. Peserta adalah perorangan.
  2. Peserta yang mengirimkan naskah harus melampirkan biodata.
  3. Peserta dari siswa SMA/MA/ SMK/MAK harus melampirkan surat pengantar dari sekolah dan fotokopi kartu pelajar.
  4. Peserta dari pendidik dan tenaga kependidikan harus melampirkan surat pengantar dari lembaga tempat bekerja dan fotokopi SK pendidik atau tenaga kependidikan.
  5. Peserta dari masyarakat umum harus melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku.
  6. Peserta yang pernah menjadi pemenang sebanyak tiga kali atau lebih sejak tahun 2001 tidak diperbolehkan mengikuti sayembara ini.
c. Ketentuan Naskah
  1. Naskah yang diajukan adalah: a. karya asli, b. tidak berseri, c. tidak sedang diikutsertakan pada sayembara lain, sebagian ataupun seluruhnya, d. belum pernah menjadi pemenang sebagian ataupun seluruhnya dalam sayembara mana pun, dan e.belum pernah diterbitkan sebagian ataupun seluruhnya.
  2. Persyaratan di atas harus dituangkan dalam surat pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp 6.000,00 oleh penulis naskah.
  3. Naskah diketik dan dicetak pada kertas A4, spasi 1½, jenis huruf arial, times new roman, atau tahoma, ukuran huruf 12 pt, batas margin tepi kertas 3 cm.
  4. Jumlah halaman isi naskah yang ditulis oleh siswa minimal 50 halaman dan yang ditulis oleh pendidik, tenaga kependidikan, dan umum minimal 75 halaman.
  5. Penggunaan ilustrasi harus proporsional dan terintegrasi dengan teks, mendukung materi/isi teks serta mencantumkan sumber secara jelas.
  6. Naskah buku pengayaan tidak dilengkapi dengan ungkapan tujuan mempelajari/membaca dan tidak dilengkapi latihan, soal, tes, lembar kerja, atau jenisevaluasi lainnya.
  7. Naskah buku pengayaan tidak bertentangan dengan idiologi negara, ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, tidak bias gender, serta tidak menimbulkan masalah SARA.
  8. Naskah buku pengayaan pengetahuan dan keterampilan harus menggunakan daftar pustaka atas rujukan yang dikutip.
  9. Naskah yang dinyatakan sebagai pemenang sayembara, jika ditemukan dan terbukti sebagian atau seluruhnya merupakan jiplakan/plagiasi, segala tanggung jawab hokum yang berkaitan dengan pelanggaran Hak Cipta berada pada penulis naskah. Pusat Kurikulum dan Perbukuan akan membatalkan kemenangannya dan hadiah yang diterima harus dikembalikan kepada negara.
  10. Jika suatu naskah buku pengayaan dinyatakan memenangi sayembara, penulis berhak atas penghargaan sayembara tersebut, sedangkan hak cipta (baik hak ekonomi maupun hak moral atas naskah) tetap berada pada penulis sehingga penulis berhak menerbitkannya kepada penerbit yang dipilih.
  11. Pemegang hak cipta (hak ekonomi) naskah pemenang sayembara adalah Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan hak moral berada pada penulis.
  12. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu judul naskah sayembara.
  13. Hasil keputusan Dewan Juri Sayembara tidak dapat diganggu gugat.
d. Hadiah Sayembara
Untuk menghargai kualitas naskah yang memenangi sayembara, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud menyediakan hadiah uang sebagai berikut:

Kelompok Pelajar:
Juara I = Rp. 15,000,000
Juara II = Rp. 10,000,000
Juara III = Rp 7,500,000

Kelompok Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Masyarakat Umum
Juara I = Rp 25,000,000
Juara II = Rp 20,000,000
Juara III= Rp 15,000,000

e. Pengiriman Naskah
Naskah diterima paling lambat tanggal 3 September 2012 dan dialamatkan kepada :
Panitia Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Tahun 2012
Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jl. Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat

f. Pengumuman Pemenang
1. Pengumuman dan pemberian hadiah kepada para pemenang akan dilaksanakan padabulan November 2012.
2. Calon pemenang sayembara akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti wawancara dengan Dewan Juri dan menghadiri pengumuman pemenang bagi calon yang dinyatakan sebagai pemenang. Jika calon pemenang tidak dapat mengikuti wawancara, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.

Informasi lebih lanjut tentang sayembara dapat menghubungi Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan website : http://puskurbuk.net , telp.: 021 3804248 , e-mail:sayembara_puskurbuk@yahoo.com facebook: sayembarapuskurbuk

Masuk Koran Rakyat Bengkulu 2


Resensi bukuku:)



Masuk Koran Rakyat Bengkulu


hihihi promo buku nih di koran