Minggu, 15 Januari 2012

LOMBA CIPTA CERPEN KARYA MAHASISWA --- LOMBA NASIONAL

Assalamualaikum wr wb.

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PURWOKERTO berkembang menjadi Perguraun Tinggi yang memiliki tradisi membaca dan menulis yang berbasis kepada agama dan kebudayaan, sedemikian bagus. Di perguruan tinggi ini bermunculan forum-forum diskusi, komunitas-komunitas kebudayaan, terbit majalah OBSESI yang bukan cuma bacaan internal kampus melainkan dibaca oleh masyarakat umum, tabloid POIN, Teater DIDIK, Radio, dan banyak kreativitas lain.

Lima tahun ini, LEMBAGA PERS MAHASISWA STAIN PURWOKERTO menyelenggarakan lomba tingkat nasional, dengan maksud memberi ruang bagi kreativitas mahasiswa Indonesia umumnya sekaligus mahasiswa STAIN Purwokerto. Dari lomba ini diterbitkan buku puisi, buku cerpen, dan buku esai, yang kemudian menjadi barometer perkembangan tradisi keilmuan mahasiswa Indonesia umumnya dan STAIN Purwokerto khususnya.

Lomba Nasional dan buku ini menjadi "Jembatan" silaturrahmi intelektualitas di antara mahasiswa, ajang informasi, ajang kompetisi, "ajang jodoh", saling belajar, menjadi lebur jarak antara Universitas "Besar" dan "Kecil", "Terkenal" dan "Tidak Terkenal", sebab yang dipertaruhkan dari awal dan akhirnya adalah KARYA.

Untuk itu, tahun ini LPM STAIN PURWOKERTO membuka Lomba Cipta Cerpen Karya Mahasiswa untuk Tingkat Nasional (Maksudnya boleh diikuti oleh siapa saja asal statusnya "Mahasiswa S-1), dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Tema lomba cerpen : "Percintaan dengan latar belakang cerita warna lokal---kearifan lokal";

2. Tiap cerpenis hanya boleh mengikutsertakan 1 cerpen terbaiknya;

3. Melampirkan scan Kartu Mahasiswa dan foto diri (close up);

4. Panjang cerpen 6-8 halaman;

5. Menyertakan biografi cerpenis maksimal 1 halaman (ada nama dan alamat lengkap perguruan tinggi tempat studi; ada e-mail; dan nomor HP yang bisa dihubungi ketika pengumuman lomba);

6. Ditulis dengan huruf times new roman, size 12;

7. Pengiriman cerpen dibuka dari Jumat 13 Januari 2012, dan ditutup pada Jumat 30 Maret 2012; cerpen diemailkan ke = obsesipress@gmail.com

Lomba Cipta Cerpen Karya Mahasiswa untuk Tingkat Nasional ini akan memilih cerpen Juara 1-3 dan 27 cerpen nominasi, dan akan diterbitkan dalam wujud antologi cerpen yang dicetak eksklusif. Cerpen Juara 1-3 akan mendapatkan hadiah:

Juara I: uang Rp 1.750.000+Sertifikat Juara I+5 eksemplar buku cerpen;

Juara II: uang Rp 1.500.000+Sertifikat Juara II+5 eksemplar buku cerpen;

Juara III: uang Rp 1.000.000+Sertifikat Juara III+5 eksemplar buku cerpen;

Dan para nominator mendapatkan 2 eksemplar buku cerpen.

(Hadiah tersebut akan diberikan dalam acara "Penghargaan Budaya LPM STAIN Purwokerto 2012", yang akan digelar bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional Rabu 2 Mei 2012).

Dewan Juri:

1. Drs. Joni Ariadinata --- Cerpenis LAMPOR, Pimred Junal CERPAN, Redaktur Majalah Sastra HORISON, Jakarta;

2. Heru Kurniawan, S.Pd., M.A. --- Cerpenis, Penyair, penulis buku-buku sastra, dosen ilmu sastra, kandidat Doktor;

3. Abdul Wachid B.S., S.S., M.Hum. -- Kritikus Sastra, Sastrawan.

Wassalamualaikum wr wb.

Jumat 13 Januarai 2012,

Hormat Kami,

Pimpinan Umum LPM STAIN pURWOKERTO,

Ttd.

FITRIYANTO

Hp. 085 227 558 716/ 087 737 552 876

Catatan: Mohon disebarkan pada anggota komunitas masing2 dan kawan2 lainnya.

"AKU SAYANG KAMU" (DL 20 januari 2012)

Sahabat yang berbahagia..

Tuhan menciptakan makluknya berpasang-pasangan untuk saling menyayangi dan mencintai agar bumi pijakan kita terasa nyaman dan damai di hati.

Adakah seseorang yang Sahabat sayangi dan cintai?

Adakah seseorang yang menyayangi dan mencintai Sahabat?

Adakah cerita unik antara Sahabat dan pasangan yang dapat menginspirasi?

Mari bersama-sama kita ungkapkan serta abadikan kisah inspirati tersebut dalam sebuah buku. Sehingga kisah indah itu bisa kita kenang hingga rambut serta gigi kita mulai rontok dan tertanggal nanti :)

PERSYARATAN AUDISI:

1. Naskah bertajuk “Flash True Story”, tidak kurang dari 300 kata dan tidak lebih dari 500 kata.

2. Naskah berupa karya asli, bukan terjemahan/saduran, dan tidak pernah dipublikasi dalam media cetak maupun online, serta tidak sedang diikutkan dalam lomba ataupun audisi lainnya.

3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, diketik dalam Microsoft Word, menggunakan huruf Times New Roman, font 12, spasi 1,5, kertas A4, dengan margin 3333

4. Sertakan biodata singkat di dalam file terpisah. DILARANG menuliskan biodata atau nama di badan naskah audisi

5. Naskah dikirimkan ke alamat email: audisi_ask@yahoo.com, dengan subyek email: ASK - Judul Naskah - Nama Penulis

6. Wajib mempostingkan info ini di account FB masing-masing serta di tag ke Bikin Buku Yuk dan 25 teman lainnya

7. Naskah paling lambat dikirimkan pada tanggal 20 Januari 2012 pukul 24:00 wib

8. Pengumuman hasil audisi akan diumumkan pada tanggal 31 Januari 2012

9. Naskah yang lolos insyaAllah akan diterbitkan dalam buku antologi Aku Sayang Kamu (tentantif). Penghitungan Royalti hasil penjualan buku akan diberitahukan selanjutnya.

10. Peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya

11. Naskah dengan gaya penulisan ala Chicken Soup mempunyai poin lebih

Selamat Berkarya!

Sumber : http/www.facebook.com/notes/ariany-primastutiek/audisi-penulisan-buku-aku-sayang-kamu-ask-tentatif/239141266157631

WebRepOverall rating

Lomba Menulis Tingkat Nasional Tentang Kriteria Presiden Indonesia Masa Depan

PENGANTAR

Prasyarat mutlak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonsia (NKRI) yang kuat dan maju, yakni terjaganya minimal 4 pilar negara demokrasi (eksekutif, yudikatif, legislatif dan pers). Berbagai skandal korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan oleh para pejabat negara, aparat penegak hukum dan wakil rakyat dewasa ini, pertanda masa depan bangsa ini masih jauh dari harapan. Itu semua hanya akan memperburuk situasi kehidupan berbangsa dan bernegara. Indonesia pernah mendapatkan julukan Macan Asia. Potensi ekomomi yang dimiliki bangsa ini sangat besar. Potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia juga sangat melimpah dan kompetitif.

Kelemahan yang dimiliki bangsa ini yakni ketiadaan atau minimalisnya para pemimpin di berbagai tingkatan yang amanah, jujur, profesional dan visioner. Masyarakat sudah bosan dan terlalu bebal melihat kinerja dan perilaku para birokrat. Mereka juga sudah kehabisan akal bagaimana menggagas terlahirnya pemimpin yang merakyat. Pilkada maupun Pemilu secara langsung, tidak terbukti secara ampuh dapat melahirkan pemimpin profesional. Malahan tradisi buruk yang diwariskan rezim sebelumnya, seperti praktik korupsi, terus menggurita di berbagai instansi pemerintahan saat ini.

Untuk menggali dan mengeksplorasi berbagai gagasan dari segenap lapisan masyarakat luas, pelajar dan mahasiswa serta para intelektual maupun pakar menyikapi permasalahan terpokok yang membelit bangsa ini, Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) mengundang Anda, seluruh lapisan masyarakat Indonesia, untuk menuangkan gagasan, ide, serta harapannya tentang sosok Calon Presiden idaman rakyat melalui Lomba Menulis Artikel Tingkat Nasional tentang 12 Kriteria Calon Presiden Republik Indonesia Masa Depan.

PERSYARATAN LOMBA

1. Terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa kecuali, domisili di dalam negeri maupun di luar negeri, bersifat perorangan, yang dibagi dalam 5 (lima) kelompok lomba: SISWA SLTP/SLTA, MAHASISWA, GURU/DOSEN, WARTAWAN/PENULIS, dan UMUM.

2.Mendaftarakan diri menjadi Pewarta Warga di Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) pada situs www.pewarta-indonesia.com. Bagi yang belum terdaftar silahkan klik DI SINI untuk mendaftarkan diri.

3. Tema artikel : “Kriteria Calon Presiden Indonesia Masa Depan”. Judul bebas. Artikel harus berisi 12 kriteria calon presiden Republik Indonesia yang ideal. Tulisan boleh condong pada sosok seseorang atau tokoh tertentu yang sudah wafat, baik tokoh lokal, tokoh nasional, maupun tokoh dunia.

4. Setiap peserta lomba boleh mengirimkan tidak lebih dari dua naskah. Tulisan asli (orisinil) bukan saduran, ditulis dalam bahasa populer, dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan EYD. Kutipan diperbolehkan tidak lebih dari 20% dan wajib mencantumkan sumber referensinya.

5. Naskah diketik dengan jenis huruf Time News Roman (TNR), ukuran 12, spasi 1, dengan panjang artikel populer antara 800 s/d 1.200 kata saja.

6. Pada akhir tulisan dicantumkan identitas lengkap penulis meliputi nama, tempat/tanggal lahir, nama sekolah/universitas, alamat sekolah/universitas, alamat rumah, nomor telepon seluler dan/atau nomor telpon rumah serta (bila ada) alamat e-mail, akun facebook, aku friendster atau lainnya.

7. Pengiriman naskah artikel hanya dapat diterima Panitia melalui surat elektronik (e-mail) saja ke : lomba.presiden@pewarta-indonesia.com dan/atau panitia.ppwi.presiden@gmail.com. Panitia tidak melayani penerimaan naskah dan surat-menyurat secara konvensional (kantor pos atau jasa pengiriman lainnya). Bagi yang tidak memiliki email dan/atau akses internet, dapat menitipkan kepada orang lain dengan tetap mencantumkan identitas diri penulis.

8. Seluruh naskah lomba harus disertai kartu identitas (KTP, SIM, Kartu Pelajar/Mahasiswa) dan sudah diterima Panitia antara tanggal 1 Januari s/d 30 Juni 2012 (Pukul 24.00 WIB).

9. Penjurian akan dilakukan dari tanggal 1 - 30 Juli 2012, sedangkan pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 31 Juli 2012.

DEWAN JURI DAN KETERANGAN LAINNYA

1. Juri lomba adalah Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA (Ketua Umum PPWI), Mung Pujanarko, S.Sos (Dosen Jurnalistik, Kolumnis), Imam Suwandi, S.Sos (Penulis, Editor Senior MetroTV), Supadiyanto, S.Sos.I (Penulis, Editor dan Kolumnis berbagai media cetak lokal dan nasional), dan Muhammad Subhan (Jurnalis dan Novelis).

2. Keputusan Dewan Juri adalah absolut (mutlak) dan tak bisa diganggu-gugat.

3. Seluruh naskah yang dikirimkan ke pihak panitia akan dipublikasikan segera di Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) di situs: http://www.pewarta-indonesia.com atas nama akun penulis. Hak publikasi dan penggunaan artikel untuk kepentingan pendidikan, sosial-budaya, dan demokrasi menjadi milik PPWI Nasional.

4. Penyerahan hadiah akan dilakukan pada tanggal 17 Agustus 2012 bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Nasional Republik Indonesia.

HADIAH DAN PENGHARGAAN

1. Tropi Juara I dan Sertifikat dari PPWI Nasional + tabanas Rp. 1.000.000,- dan hadiah sponsor bagi 5 orang Pemenang I.

2. Tropi Juara II dan Sertifikat dari PPWI Nasional + tabanas Rp. 750.000,- dan hadiah sponsor bagi 5 orang Pemenang II.

3. Tropi Juara III dan Sertifikat dari PPWI Nasional + tabanas Rp. 500.000,- dan hadiah sponsor bagi 5 orang Pemenang III.

4. Tropi Juara Harapan I dan Sertifikat dari PPWI Nasional + tabanas Rp. 300.000,- dan hadiah sponsor bagi 5 orang Pemenang Harapan I.

5. Tropi Juara Harapan II dan Sertifikat dari PPWI Nasional + tabanas Rp. 200.000,- dan hadiah sponsor bagi 5 orang Pemenang Harapan II.

7. Dari sekian banyak artikel yang masuk, akan dipilih 20 kriteria terbaik untuk selanjutnya dikompilasi ke dalam sebuah tulisan berjudul PANDUAN CERDAS MEMILIH PRESIDEN dan akan disebarluaskan melalui koran, bulettin, majalah, brosur, spanduk, leaflet, buku saku, jejaring sosial, blog, sindikasi media online, video online, dan bentuk publikasi lainnya.

8. Sebagai apresiasi positif, seluruh peserta lomba mendapatkan piagam penghargaan (dalam bentuk soft-copy) dari PPWI Nasional.

PENUTUP

Nah inilah kesempatan bagi semua warga negara Indonesia untuk membuktikan kepedulian Anda dalam membangun bangsa melalui penciptaan institusi pemerintahan negara yang baik, amanah, dan berpihak kepada rakyatnya. Jika Anda beruntung bakal mendapatkan hadiah-hadiah menarik di atas!

Alamat Sekretariat Panitia Lomba (PPWI):

Jl. Anggrek Cendrawasih X, Blok K No. 27B, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat 11840. Call/SMS Center: 081371051875 (Wina), 085289354567 (Ilyas Muhammadiyah), 081286077772 (Ichwan Efendi). E-mail: lomba.presiden@pewarta-indonesia.com dan panitia.ppwi.presiden@gmail.com.

Jakarta, 31 Desember 2011

a/n Pengurus PPWI Nasional

Pantitia Lomba,

Ari Muzakki

Perwakilan Panitia Lomba di Seluruh Indonesia:

Supadiyanto (PPWI Yogyakarta)

Afri Antoni (PPWI Sumsel)

Mursalim (PPWI Sultra)

Bambang Nurhayadi (PPWI Jateng)

Winda Kustiawan (PPWI Sumut)

Fenly Sigar (PPWI Sulut)

Aminulah Ma’mun (PPWI Sulbar)

Muliadi (PPWI Kalbar)

Sem Gombo (PPWI Papua)

Ferry Munoza (PPWI Riau)

Gatot Suroto (PPWI DKI Jakarta)

Soedjiono (PPWI Kalteng)

Syaiddin Noor (PPWI Kalsel)

Andreas Tommy Danie (PF-PPWI Sulut)

Asep Alamsyah H. (PPWI Subang)

Hermawan Hariadi (PPWI Siak Sri Indrapura)

Musriadi Musanif (PPWI Padangpanjang)

Muchlisin (PPWI Luwu)

Kasiyanto (PPWI Malang)

Bambang Sunarso (PPWI Blitar)

Michael Pande-Iroot (PPWI Minahasa)

Husein Mubarok (PPWI Labuhan Batu)

Jeffrey Sorongan (PPWI Manado)

Abdul Muaz (PPWI Pelalawan)

Kurnia Gulo (PPWI Nias Barat)

Hermawan Diasmanto (PPWI Surabaya)

Ahmad Salafuddin B. (PPWI Pati)

Datuk Imam Marzuki (PPWI Medan)

A. Parulian Harahap (PPWI Deli Serdang)

Imi Suryaputera (PPWI Tanah Bumbu)

Muhammad Ali (PPWI Makassar)

Terinus Kenelak (PPWI Jayawijaya)

Abbas Kumar Daud (PPWI Tanah Datar)

Ambo Zain Baso (PPWI Kolaka)

Soedjarwo A. (PPWI Rembang)

Sumber: www.pewarta-indonesia.com

http://edukasi.kompasiana.com/2012/01/03/lomba-menulis-tingkat-nasional-tentang-kriteria-presiden-indonesia-masa-depan/

Blog Competition WARUNG YAMAHA, Berhadiah total 20 Juta!


Yamaha Motor Indonesia yang Semakin di Depan kembali membuat terobosan baru dengan meluncurkan teknologi Fuel Injection (FI) . Teknologi tersebut semakin menyempurnakan performa mesin. Setelah menyelenggarakan Warung Yamaha talkshow “Teknologi Motor Injeksi” pada Desember 2011 lalu, saat ini Yamaha Motor Indonesia dan Kompasiana mengadakan “WARUNG YAMAHA Blog Competition”.

Dengan tema “Teknologi Injeksi”, Kompasianer diajak untuk berbagi pengalaman ataupun opini (bukan fiksi) tentang terobosan teknologi injeksi. Jangan lupa mencantumkan tag “injeksiyamaha“ (tanpa tanda petik) pada kolom tag agar postingan tampil di microsite “WARUNG YAMAHA Blog Competition”. (BILL/RUL)

Berikut rincian “Warung Yamaha Blog Competition”:

Syarat & Ketentuan

  • Lomba terbuka untuk masyarakat umum, blogger, mahasiswa/pelajar, penulis, dan penggiat media online.
  • Peserta memiliki akun Kompasiana (untuk peserta yang belum menjadi member, bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik tombol registrasi di www.kompasiana.com).
  • Karya lomba tidak melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana dan ditulis dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris.
  • Karya lomba harus orisinal dan bukan hasil terjemahan, saduran, atau plagiarisme.
  • Karya lomba ditayangkan utuh, tidak mengarahkan pembaca ke website lain untuk membaca kelanjutan tulisan.
  • Karya lomba bersifat baru, belum pernah ditayangkan di media manapun, dan tidak sedang atau pernah diikutsertakan pada lomba apapun.
  • Tulisan yang melanggar Ketentuan Lomba dan/atau diunggah di luar periode lomba akan didiskualifikasi. Tulisan yang selanjutnya terbukti menyalahi Syarat dan Ketentuan Kompasiana akan ditindak sesuai ketentuan yang berlaku.

Mekanisme Lomba

  • Tema Lomba: “Teknologi Injeksi”
  • Tiap tulisan harus mencantumkan tag “injeksiyamaha” (tanpa tanda petik).
  • Peserta boleh mengirim lebih dari satu tulisan dengan jeda penayangan sesuai Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
  • Tulisan atau postingan yang dikirim mengarah pada pengalaman (reportase) dan/atau opini (bukan fiksi) kompasianer terhadap teknologi injeksi.

Periode Lomba

  • Lomba berlangsung selama periode 9 Januari – 7 Februari 2012.
  • Pemenang lomba akan diumumkan pada 20 Februari 2012.

Pemenang dan Hadiah

Tiga pemenang tulisan terbaik akan mendapatkan:

Juara I : Rp. 10.000.000,-

Juara II : Rp. 6.000.000,-

Juara III : Rp. 4.000.000,-

Ceritakan pengalaman dan opinimu. Raih total hadiah 20 juta rupiah!