Selasa, 09 Juli 2013

Behind The Scene #LampungMenulis FLP Wilayah Lampung Bagian 2 : Resep Menulis Dari Mas Ali Muakhir

Baiklah ini lanjutan cerita #LampungMenulis ya ^_^ Selamat menikmati, heheh

Menjelang Maghrib, aku pamit dengan panitia. Maaf tidak bisa bantu beres-beres, pangeran biruku memanggil untuk gantian jaga anak, mau sholat Maghrib di masjid. Jadilah aku seperti seorang Cinderella, sebelum azan Maghrib sudah tiba di rumah. Uhuy, sesi foto-foto serba kilat, emak-emak kudu pulang sebelum jadi labu (lebay.com).

Akhirnya, Maghrib nyampe rumah, anak-anak aman tidak rewel, Abinya bisa langsung sholat ke masjid. Aku sudah siap-siap karena malamnya untuk diskusi bersama Mas Ali Muakhir di rumahku.

Diskusi akan di mulai ba’da Isya. Wah, Mbak Fetra, Shinja, teman Shinja siapa ya? Lupa namanya, Novi, Utami sudah hadir, tapi Jarwo dan Mas Alee mana, ya? Pas ditelpon, ternyata lagi makan malam. Okelah, kita sabar menanti. Tak lama, Mas Alee, Jarwo dan Ahmad datang. Diskusi dimulai sekitar pukul 20.00 WIB.


Sambil diskusi, Ahmad buka laptop, aiiih online juga dia :P jadilah, kami juga buka laptop sambil update status, xixii... si Novi godain Desti (Ketua Panitia Lampung Menulis) terus, abiz Desti enggak ikutan, memantau dari jarak jauh alias online untuk ikutan kelas diskusi (masih nebak enggak ya siapa admin malam itu?:D).


Peserta Diskusi

Awal diskusi teman-teman menanyakan cara mencari ide, membuat picture book (buku bergambar), dan lain-lain.


Behind The Scene #LampungMenulis FLP Wilayah Lampung

Sejak Sabtu pagi aku sudah heboh. Awalnya aku BBM-an dengan Mas Ali Muakhir. Kutanya, “Nyampe ke Lampung jam berapa, ya?” karena awalnya kata Mas Alee jam 11.00 WIB. Jadi, kami panitia sudah punya rencana mau rapat dulu jam 09.00 WIB di lokasi acara untuk Ahad. Sekitar jam 10.00 WIB baru jemput ke bandara. Lah, pas Mas Alee jawab, “Jam 8 sudah di Lampung, tapi nanti dijemput jam 9 enggak papa, nyantai saja Mbak Naqi.”

Aku panik banget, kukontak  panitia laki-laki enggak ada yang bisa jemput pagi-pagi. Si Wanda dari Metro baru bisa siang, si Jarwo juga baru bisa siang dari Kota Bumi. Alhasil, aku dan Desti (ketua panitia) berinsiatif menjemput. Kami akan bertemu di Wisma Bandar Lampung.

Pagi-pagi aku bersama kedua anakku menuju Wisma Bandar Lampung. Tunggu agak lama, eh si Desti belum nonggol, ternyata Desti salah alamat. Dikiranya Wisma Unila. Wew, nunggu dulu deh agak lama. Sambil nunggu, aku ngecek kamar dan melunasi administrasi penginapan.

Tak lama Desti datang bersama Leli. Ternyata beberapa teman lain juga menunggu di Wisma Unila. Akhirnya disepakati kami rapat di Umitra saja. Lalu, kami menuju Umitra. Di sana belum ada teman-teman. Tak enak bila Mas Alee terlalu lama menunggu, aku  dan Leli menuju bandara. Anak-anak tetap di bawa, Fatih gendong depan (gendongan kanguru) dan Faris di belakang bersama Leli. Desti tinggal biar memimpin rapat untuk persiapan acara.

Sampai di bandara, kucari taxsi. Setelah cocok harganya,  janjian lagi dengan Mas Alee dan taraaaaaa....akhirnya ketemu lagi dengan cikgu buku anak yang super keren ini. Wih, senangnya ^__^ Mas Alee-pun naik taxsi dan aku bersama Leli tetap naik motor menuju penginapan.

Mas Alee di bandara

Siangnya,kami menuju kondangan Mas Yon (Budi Kurniawan) staf pengurus Kaderisasi FLP Wilayah Lampung. Mau ngajak Mas Alee juga bingung, secara panitia laki-laki belum juga hadir. Teman-teman yang datang perempuan semua ^_ ^

Tapi, ternyata Mas Alee memilih istirahat di penginapan, jadilah kami para pejuang FLP menuju kondangan dengan wajah berdebu abis rapat hehe...

Nikahan Mas Yon

Sore menjelang Magrib, Suwanda baru sampai. Aiih ... syukurlah, senang juga Mas Alee sudah ada teman. Kami kembali ke rumahku dan mulai mempersiapkan kegiatan untuk Ahad.

Hari yang dinantikan tiba. Ahad, 30 Juni 2013. Anak-anak sudah datang dan bersiap mengikuti workshop. Ada penampilan baca puisi dan launching buku kumpulan kisah lingkingan hijau SDIT Permata Bunda III.

Peserta FLP Kids


Peserta FLP Kids
Naia dan Buku SDIT Permata Bunda III
Buku Door Prize
Mas Faris belajar menulis

Baca puisi
Latihan Menulis
Menulis
Penulis berbakat
Pemenang Menulis Cerita Anak Kategori Usia di bawah 12 tahun
Foto bersama FLP Kids

Pelatihan ini aku enggak sempat ikuti dengan konsentrasi. Anak-anakku rewel banget.  Pagi-pagi kuajak Cuma Faris, berharap Faris ikutan workhop menulis, eh malah melirik laptop yang dipakai buat ngeprint sertifikat. Bolak-balik Leli minta bujukin Faris biar laptopnya enggak di bajak main games ^_^

Tak lama Abi nelpon, Fatih rewel nangis enggak berhenti. Terpaksa aku izin pulang sebentar. Kujemput Fatih, kuajak ke acara, berhubung kata sambutan sudah maju,aku bisa sedikit leluasa bawa anak-anak. Sampai akhirnya Fatih tertidur dan acara masih aman terkendali ^_*

Siangnya, untuk acara umum, aku menunggu Abinya datang untuk sholat. Kuatir Fatih bangun saat kutinggalkan, ditunggu-tunggu kok ya lama ya? Jarwo mengusulkan diri untuk menunggu Fatih, “Sholat aja, Mbak. Biar aku yang jaga,” baik banget ya? Pengalaman kali ya jagain keponakan :P

Baru satu rakaat aku sholat, kudengar Fatih menangis meraung-raung. Menjemput aku ke Mushola. Jarwo malah kewalahan menjaga Fatih, heheh...nah loh susahkan ngurus anak:D

Lalu Abi datang dan mengajak anak-anak beli mobilan. Senanglah anak-anak main mobilan sambil  kusuap makan. Menjelang sore, kuajak anak-anak pulang, usai mandi, mereka main ke rumah tetangga. Aku pamit lagi menuju acara FLP. Ya, gini deh emak-emak rempong, mondar-mandir hehe ^_^




Peserta Umum
Pemenang Menulis Cerita Anak Tiingkat Umum
Cara mengurai ide
Dapat Door Prize dari IIDN dan Nakita
Bang Adian Saputra, Jurnalis Lampung Post
Praktek Cernak
Bu Niken dan Umi Icat

Benar-benar enggak konsen buat ikut acara. Alhamdulillah malamya, FLP mengundang khusus Mas Alee ke rumahku (sekretariat FLP Wilayah Lampung), kami berdiskusi banyak hal. Wah, terpuaskan deh! Pengen tau enggak hasil diskusinya? ^__^

Bersambung :D

INFO PENERBIT MENCARI NASKAH (ELEXMEDIA, BIP, AL KAUTSAR, GRAFINDO, Agensi Naskah Indscript)

Saat ini ELexmedia computindo sedang membutuhkan naskah. Yang mau mengirimkan proposal naskah bisa ke Ibu Yulia (editor naskah lokal),
EMAIL: yulia@elexmedia.co.id
di-cc juga ke sekretaris redaksi : redaksi.emk@gramediapublishers.com
Kalau sudah mengirim, jangan lupa konfirmasi ke sekretaris redaksi di telpon : 021 - 536 50 110 /536 50 111 ext : 3201 - 3202.

Bisa juga konfirmasi ke Ibu Yulia dengan nomer telpon yang sama. Proposal naskah ini akan diberikan kabar paling lama setelah 2 minggu.

Tema yang dicari adalah :
- Agama
- Anak dan Remaja
- Arsitektur
- Biografi dan Otobiografi
- Ekonomi dan Bisnis
- Fiksi
- Fotografi
- Hukum & Ilmu Politik
- Keluarga dan Kekerabatan
- Kesehatan dan Kebugaran
- Komik dan Novel Grafis
- Komputer
- Matematika
- New Age
- Nonfiksi Anak dan Remaja
- Panduan Belajar
- Pelajaran Bahasa Asing
- Pelajaran dan Seni Berbahasa
- Pendidikan
- Psikologi
- Referensi
- Sains
- Sejarah
- Self-Help
- Teknologi dan Rekayasa
- Telaah Sastra

*******************************
Bhuana Ilmu Populer (BIP) mencari naskah!
Saat ini, kami mencari naskah bertema manajemen, bisnis, dan ekonomi.
Kirimkan naskah Anda ke redaksi.bip.gramedia@gmail.com

Syarat dan ketentuan:
1. Naskah belum pernah diterbitkan. Jika pernah diterbitkan sebelumnya, mohon sertakan surat pernyataan pemutusan penerbitan dengan penerbit sebelumnya.
2. Naskah murni hasil karya sendiri, bukan plagiat atau menjiplak. Jika mengutip, mohon sertakan sumber kutipan.
3. Tidak mengandung SARA
4. Naskah yang dikirimkan adalah naskah final, bukan draft atau proposal.
5. Tebal naskah berkisar antara 50-150 hlm.
Kami tunggu kiriman naskah Anda.

FB: Bhuana Ilmu Populer

****************

Dari Aminah Mustari: temans, yg mau ajukan proposal tulisan atau naskah inspiratif untuk umum, dlm bentuk novel, memoar, kisah, antologi, tips, motivasi, atau naskah untuk anak, silakan kirim ya ke naskah.alkautsar@gmail.com.

Ini penerbitnya htpp://www.kautsar.co.id
boleh naskah lengkap, boleh proposal.
kl mau outline/ proposal yg lengkap ya:
1. segmentasi, format dan selling point,
2. daftar isi (jika nonfiksi) sinopsis keseluruhan dan perbab (jika fiksi),
3. contoh tulisannya (minimal 10 hlm),
4. Tentang penulis
add ym aku aja ya yg mau tanya2: tebarkebaikan@yahoo.com (Aminah Mustari)

FB: Aminah Mustari

Silakan kirim proposal berupa outline, segmentasi, analisis pasar, format, satu atau dua bab contoh naskah, dan biografi penulis. Kami tunggu. Terima kasih.

salam,
Alkautsar Editor

Bila Anda Penulis yang mengerti kebutuhan para pembaca buku di Indonesia, kami ajak Anda untuk mengirimkan naskah terbaik Anda dengan tema berikut:

I. Naskah umum dan remaja
• Novel
• Kisah Nyata Inspiratif (Memoar)
• Pendidikan Anak (Parenting)
• Islami Populer
• Kisah-kisah unik (konyol) dunia mahasiswa, pelajar, karyawan, profesional (guru, dokter, wartawan, dll)
• Motivasi
• Metode belajar dan pendidikan
• Pengembangan diri
• Kesehatan
• Manajemen Diri
• Traveling
• Tips & Keterampilan (bisnis, internet, craft, hobi, life skill)

II. Buku Anak Islam
• Aqidah
• Akhlaq
• Ibadah
• Hadits
• Sirah (sejarah)
• Kisah Tokoh Muslim
• dll

III. Novel
• Petualangan
• Sains & Pengetahuan
• Misteri/ Detektif

IV. Buku Anak & Umum
• Keterampilan & Kreativitas (membaca, menulis, berhitung, mewarnai, menggambar, craft, origami, dll)
• Metode belajar
• Permainan Anak
• Sains, Pengetahuan dan Penemuan
• Fabel
• Dongeng

Sertakan sinopsis (uraian singkat isi naskah), segmentasi, selling point, analisa pasar, dan biografi ringkas penulis.
Kirimkan naskah Anda melalui alamat berikut:

SALSABILA (PUSTAKA AL-KAUTSAR GROUP)
Jl. Cipinang Mura Raya No. 63, Jakarta Timur13420
E-mail: naskah.alkautsar@gmail.com

***************************
PENERBIT SALAMADANI GRAFINDO MENCARI NASKAH

PENGUMUMAN: buat teman-teman yang punya naskah buku non fiksi dengan tema-tema seperti: agama, politik, motivasi, how to, budaya, bisnis, pendidikan, kesehatan, dan tema-tema lain yang sekiranya menurut teman-teman akan menarik, bisa coba kirim ke penerbit Salamadani Grafindo

SYARAT UMUM
- Naskah orisinal dan belum pernah diterbitkan
- Naskah yang dikirim sudah jadi secara utuh

SYARAT NASKAH:
- Dilengkapi sinopsis, daftar isi, biodata penulis, dan penjelasan tentang keunggulan naskah tersebut dibanding naskah lainnya
- Minimal 80 halamaN
- Diketik di Microsoft Word/OpenOffice Writer (kertas A4, font Times New Roman, spasi 1,5)
- Jika di dalam naskah terdapat foto/ilustrasi, harap menyertakannnya dalam bentuk file beresolusi tinggi, dikirim dalam folder terpisah, lengkap dengan label dan keterangan yang jelas.

EMAIL PENGIRIMAN NASKAH (yang manapun boleh):
- teguh.hudaya@grafindo.co.id
- lessa.oktapiani@grafindo.co.id 
- hendra_veejay@yahoo.com 

Naskah yang dikirim sudah utuh akan lebih cepat dipertimbangkan oleh penerbit, tapi... sebenarnya penulis bisa mengirimkan sinopsis, daftar isi, biodata penulis, dan penjelasan keunggulan naskahnya dulu kok... asal jangan marah kalau keputusannya lama, karena penerbit tetap akan mendahulukan naskah-naskah yang dikirim dalam kondisi sudah jadi.

*****************


Anda PRAKTISI bidang HUKUM yang ingin MENULIS BUKU?
Kirimkan lamaran Anda ke editor@indscriptcreative.com
Syarat:
1. Paham dan menguasai bidang HUKUM
2. Lamaran lengkap plus portofolio
3. Disukai yang sudah menulis buku
4. Lengkapi dengan judul buku dan sinopsis yang ingin dibuat

Salam,
Redaksi Indscript Copywriting

*
Anda PRAKTISI KESEHATAN yang ingin MENULIS BUKU?
Kirimkan lamaran Anda ke editor@indscriptcreative.com
Syarat:
1. Paham dan menguasai bidang kesehatan
2. Lamaran lengkap plus portofolio
3. Disukai yang sudah menulis buku
4. Lengkapi dengan judul buku dan sinopsis yang ingin dibuat

Salam,
Redaksi Indscript Copywriting

*
Anda ARSITEK yang ingin MENULIS BUKU?
Kirimkan lamaran Anda ke editor@indscriptcreative.com
Syarat:
1. Arsitek/desain interior
2. Lamaran lengkap plus portofolio
3. Disukai yang sudah menulis buku
4. Lengkapi dengan judul buku dan sinopsis yang ingin dibuat

Salam,
Redaksi Indscript Copywriting