Rabu, 03 Desember 2014

Agar Masak Cepat, Stok Bumbu Dapur

bumbu giling (dokumen pribadi)

Biasanya ibu-ibu sibuk dan rempong jika pagi menjelma. Beberes rumah, nyuci, menyiapkan anak berangkat sekolah. Alhasil, cepat-cepat en buru-buru deh. Soal masak juga sering menjadi kendala. Gimana dong biar bisa masak cepat?

1. Siapkan peralatan masak yang sudah bersih. Nah, sering itu malas memulai masak kalo lihat peralatan masak kotor. menumpuk di dapur. Kerjaan jadi bercabang. Antara cuci piring dan masak. Gimana nih? Usahakan kalo malam, sebelum tidur,  mencuci peralatan masak ibu-ibu. Jadi, pas bangun tidur dapur udah kinclong, tinggal siap masak-masak aja :)

2. Stok Sayur. Ini perlu banget. Mau masak cepat kalo stok sayur nggak ada juga bingung. Apalagi kalo kayak saya, jauh dari pasar, tukang sayur baru jalan di depan rumah jam 8 pagi. Wow, masak jam 8 mah udah kesiangan banget buat sarapan anak mau ke sekolah gimana? Jadi, biasanya saya stok telur, ayam yang sudah diungep, ikan yang sudah dibersihkan, dan lain-lain.

3. Bumbu Jadi. Kalo saya di rumah sering masak sayur santan. Makanya rempong deh kalo mesti ngupas bawang dulu, giling cabe dulu. Wih, berapa menit masaknya? Jadilah saya stok bumbu jadi yang sudah digiling. Di pasar banyak en murah. Lumayan tangan nggak pegel deh giling bumbu. Pake blender? Ya tetap makan waktu, mengupas bawang, membersihkan sayuran, apalagi peras santan. Nah, enakan beli santan yang sudah jadi. Di pasar juga ada :) beli 5 ribu udah banyak loh :)

Nah, sekarang masak deh. Yuk, mencoba :)