Senin, 30 November 2015

Cara Merawat Gigi Anak Pakai BPJS



Sudah dua minggu ini kami menemani sulung kami, Faris merawat giginya ke Rumah Sakit (RS) Semen Padang. Sebelumnya, Faris memang mengeluh giginya berlubang. Lalu kami ke Klinik Sejahtera dekat rumah yang bekerjasama dengan BPJS. Tapi, giginya perlu ditambal. Dokter gigi dekat di klinik merujuk ke RS. Nah, kami memilih ke RS Semen Padang karena lebih dekat dengan rumah kami, pelayanannya bagus, apalagi sudah ada kerjasama BPJS. Waktu Aisyah sakit dulu belum ada kerjasama BPJSnya hehehe...

Kisah Seru Saat Live Kuis SARIMI di ANTV

Kisah Live Lomba Sarimi di ANTV
Assalamualaikum Wr.Wb.

Apakabar sahabat Smart Mom, mohon maaf baru terlaksana menuliskan pengalamanku saat LIVE lomba Sarimi di ANTV. Bagi yang belum baca  boleh mampir dulu ke sini ya :)

Nah, seperti cerita sebelumnya aku sudah mengikuti lomba foto bersama  SARIMI dan mengirimkan SMS tentang serial Cansu dan Hazel dengan isi
begini :

Canza_Padang_Keangkuhan Dilara menutupi hatinya dalam mencintai anak- anaknya secara tulus. Berbeda dengan Gulseren yang keibuhan dan penuh  cinta.

SMS itu aku kirim deh. Ada sekitar 5 SMS yang aku kirim tapi susah  sekali masuk. Selalu mental. Jadi aku ngirim SMS engak cuma 1 hari,  tapi ada sekitar 3 hari. Sehari ada 2 SMS. Dan alhamdulillah ada 1 SMS  yang terkirim. Disitulah aku deg-dengan dan menjadi lebih pe-de.  Kesempatan untuk menang itu ada (optimis bo...).

Sabtu, 28 November 2015

Bakso Plus

Bakso Idaman



Kisah ini pernah aku tulis juga di blogku. Edisi re post sih, latihan menulis kisah sejati hehehe... pernah juga kukirim ke Gado-gado Femina tapi ditolak hihihi..


Uek! Aku menahan mual yang terasa. Perutku terasa teraduk! Mau muntah. Kepalaku langsung pening. Bau tanah tiba-tiba menyeruak menyesakkan!

Ini pertama kali aku diajak suami ke sebuah pasar tradisional Purbulinggo, kampung halamannya. Disebuah Kabupaten Lampung Timur. Hari ini tepat 1 minggu setelah pernikahan kami. Pagi-pagi ini rencanakannya, Ia akan mengajakku jalan-jalan. Ya, sejak menikah aku telah memutuskan untuk mengikutinya tinggal di kampung halamannya. Nun jauh dari kota asalku. Kota Bengkulu. Transportasi di sini hanya motor dan beberapa angkot. Tapi kebanyakan semua warga menggunakan motor daripada angkot. Okelah, kalau soal transportasi yang susah masih bisa kumaklumi. Toh aku masih bisa diantar jemput.


Rabu, 25 November 2015

Cara Kirim Cernak dan Dongeng ke Majalah Bobo

Yuk, teman-teman buat yang penasaran pengen nyoba cara kirim cernak dan dongeng ke Majalah Bobo, berikut cara kirimnya ya :) Kamu sudah nabung berapa naskah? 
Cara Kirim Cernak dan Dongeng ke Majalah Bobo


Syarat Teknis Penulisan Naskah Cerita :

1. Font: Arial
2. Ukuran font: 12
3. Jarak baris: 1,5
4. Banyak kata: 600 – 700 kata untuk cerita 2 halaman
250 – 300 kata untuk cerita 1 halaman
5. Di bawah naskah cerita tersebut, cantumkan:
a. Nama lengkap
b. Alamat rumah
c. Nomor telepon rumah/kantor/ handphone
d. Nomor rekening beserta nama bank, dan nama lengkap pemegang rekening bank tersebut (seperti yang tertera di buku bank)
6. Lampirkan biodata singkat yang berisi poin nomor 5, tempat tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan
pekerjaan.
7. Naskah berserta biodata bisa dikirimkan via pos, ke alamat:
Redaksi Majalah Bobo
Gedung Kompas Gramedia Majalah Lantai 4
Jalan Panjang No. 8A, Kebon Jeruk, Jakarta 11530

Syarat Umum Penulisan Naskah Cerita :

1. Cerita harus asli, tidak menjiplak karya orang lain.
2. Cerita tidak mengandung unsur kekerasaan, pornografi, atau yang menyinggung SARA
(suku, agama dan ras)
3. Tingkat kesulitan bahasa, kira-kira yang bisa dimengerti oleh anak kelas 4 SD.
4. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
5. Kata-kata berbahasa asing/daerah atau dialek tertentu, diketik dengan huruf italic.
6. Alur cerita dan permasalahan cocok untuk anak-anak usia SD.
7. Penulis yang naskahnya diterima, akan mendapat honor setelah ceritanya dimuat, dan kiriman majalah
Bobo sebagai nomor bukti pemuatan cerpen.
8. Naskah yang tidak diterima, tidak akan dikembalikan. Diharapkan penulis menyimpan naskah asli.
9. Berhubung banyaknya naskah yang dikirim ke redaksi Majalah Bobo, maka waktu penantian pemuatan
cerita bisa memakan waktu minimal 4 bulan.
10. Penulis yang ingin menarik kembali naskahnya untuk dikirim ke majalah lain, diharapkan
pemberitahuannya terlebih dahulu ke redaksi Majalah Bobo, agar tidak terjadi pemuatan ganda.


Selamat mencoba :)


Serunya ke Lembah Hijau Lampung

Serunya ke Lembah Hijau Lampung

Assalamualaikum Smart Mom, apakabar? Ada yang pernah ke Lampung? Nah, buat yang belum pernah boleh dong direncanakan jalan-jalan ke Lembah Hijau. Uhuk... promo sedikit ya. Ini salah satu tempat wisata yang asyik deh. Aku pernah beberapa kali ke Lembah Hijau Lampung, tempatnya adem, asri dan penuh pengetahuan.

Saat pertama ke Lembah Hijau Lampung, aku masih jadi guru di SDIT Permata Bunda 3. Menemani anak-anak belajar IPA. Kami berangkat rombongan naik angkot. Sampai di Lembah Hijau Lampung, anak-anak langsung ingin bermain plosotan. Emang plosotannya juga gede banget, seru ya anak-anak bermain :)

Nah, rencana kami memang ingin belajar mengenai hewan. Jadi kami ke Lembah Hijau Lampung melihat hewan ikan, kuda, kelinci, rusa dan lainnya. Anak-anak mencatat keterangan yang disampaikan penjaganya. Mencatat di sini, hanya mengisi LK (Lembar Kerja) yang telah disiapkan dari sekolah. Selama jaga anak-anak mengisi LK, idiiih ada yang jepret-jepret :p hahahaha....

Selain hewan, di Lembah Hijau Lampung terdapat juga kolam ikan. sepertinya bisa untuk pemancingan. Ada juga pohon-pohon yang besar. Beberapa tanaman obat-obatan juga ada. Kandang burung menjadi favorit anak-anak. Mereka asyik melihat warna burung yang cantik dan beraneka warna serta suaranya yang indah.

Di Lembah Hijau Lampung juga ada kolam renang loh, asyik juga buat piknik sekeluarga. Permainan anak-anak juga banyak, seperti rumah seram dan mobilan. Sayang, kami tak bisa ke sana karenakan rombongan sekolah hehehe...

Ada kisah sedih, saat itu salah satu muridku ada yang terserang asma. Mungkin kecapekan jalan atau memang lagi sakit ya. Jadinya dia istirahat enggak ikutan semua rangkaian acara. Syukurnya enggak terlalu parah. Setelah dilonggarkan pakaiannya, dikaish minum, dikasih minyak kayu putih, alhamdulillah mendingan. Duh, udah deg-dengan loh. Inilah perlunya sebelum berangkat ke tempat kegiatan, anak-anak diberi surat pemberitahuan, agar orang tua menyiapkan bekal. Salah satunya, obat. Untuk anak yang memiliki alergi dingin, gatal, atau sakit lainnya mungkin ada obat khusus. Kalo pihak sekolah memang menyiapkan P3K tapi, obatnya kan oobat biasa :) jadi catatan juga buat guru, perlu mendampingi anak-anak yang sudah kelihatan sakit, capek, lelah dan bosan. Ini dicek jangan sampai lalai dan teledor, meminimalisir kejadian yang tak diinginkan. 

Menjelang dzuhur, acara ditutup dengan foto bersama. Anak-anak memang membawa bekal snack saja tanpa makan siang. Sampai di sekolah anak-anak segera berwudhu, makan siang dan sholat dzuhur. Senang kan jalan-jalan ke Lembah Hijau Lampung. Anda ingin mencoba? Semoga terlaksana ya :)





Bersama guru dan murid di Lembah Hijau Lampung

Sabtu, 21 November 2015

Aisyah Putriku

Aisyah Fahira Ahmad, Lahir di Padang, 4 September 2014
berjemur





usia 1 minggu sebelum dicukur




usia 1 minggu, pake bando



usia 1 bulan

usia 2 bulan



usia 2 bulan





Aisyah usia 3 bulan, BB : 6,4 Kg
Aisyah usia 4 bulan




Aisyah 5 bulan

Aisyah 6 bulan

BB saat lahir 2,8 Kg
Usia sebulan 4,5 Kg
Usia 2 bulan BB : 5,4 Kg.
Usia 3 bulan, BB : 6,4 Kg

Selasa, 17 November 2015

Cerita Menang Lomba Kuis SARIMI di ANTV Berhadiah 2 Juta

Assalamualaikum Wr.Wb.

Apakabar sahabat Smart Mom, maaf ya baru bisa cerita kisah dibalik layar saat ikut kuis SARIMI di ANTV. Alhamdulillah aku menang lomba foto di twitternya dan SMS yang kukirim tayang di ANTV tanggal 10 November 2015 dan  mendapatkan Rp. 2 juta alhamdulillah :)


Foto Lomba Selfie Bersama SARIMI Untuk Kuis ANTV 

Sabtu, 14 November 2015

Mengenalkan Baju Adat Daerah Dengan Cara Menyenangkan Untuk Anak SD

Asyiknya Mewarnai Baju Adat

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Mengenalkan Baju Adat Daerah Dengan Cara Menyenangkan Untuk Anak SD. Saat Faris belajar menghapal pakaian adat, aku jadi ingat saat mengajar dulu. Aku mengenalkan anak-anak kelas 1 dan 2 dengan cara mewarnai. Yup, menghapal pakaian adat sesuai daerah dengan cara yang menyenangkan itu perlu agar anak-anak lebih mudah ingat. Sayangnya, tak banyak guru atau orang tua yang kreatif untuk mencoba hal baru. 

Berikut tips Mengenalkan Baju Adat Daerah Dengan Cara Menyenangkan Untuk Anak SD :

1. Membaca buku atau dongeng tentang nusantara
Iya aku mengenalkan Faris beberapa buku mengenai nusantara. Kebanyakan buku berupa pict book. 

2. Membeli tempelan di dinding harganya murah kok, sekitar 3 ribu
Ada banyak poster dijual bebas mengenai baju adat, rumah adat, alat musik tradisional loh. Bahkan sekarang lebih mudah bisa dilihat di internet dan bisa diprint.

3. Tebak gambar
Ajak anak menebak gambar dengan permainan tebakan. Misal, ambar yang sudah diprint diberikan ke anak untuk menebak asal daerahnya. Begitu juga gambar rumah adat dan alat tradisionalnya. 

4. Membeli buku Atlas (di sana banyak gambar pakaian adat).
Faris juga dibelikan peta sehingga kami di rumah senang melihat peta nusantara (Kalau ini Abinya yang menemani cara membaca peta).

5. Memakai baju adat
Faris saat TK meggunakan pakaian adat Lampung. Saat itu Faris senang sekali dan menjadi pengantin kecil di acara Hari Kartini. Faris dikenalkan pakaian adat yang Faris pakai dari Lampung.

Faris pakai baju adat Lampung saat TK B


Nah, sahabat Smart Mom, itulah tips Mengenalkan Baju Adat Daerah Dengan Cara Menyenangkan Untuk Anak SD, semoga Selamat mencoba sahabat Smart Mom :)


Selasa, 10 November 2015

Tips Menghapal Al Qur’an dengan Metode 20 x 20

Abu Umamah ra berkata, "Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘Bacalah Al-Qur`an sebab Al-Qur`an akan datang pada hari kiamat sebagai sesuatu yang dapat memberikan syafaat (pertolongan) kepada orang keutamaan orang yang mempunyainya.’” 
(HR Muslim).



"Ayo, Mi, hapalannya ditambah, nanti kebalap Faris loh," ujar suamiku. Wah, aku berasa kudu berlari mengejar hapalan Faris. Cepat juga perkembangannya. Sejak di Padang, Faris sudah khatam Juz 30. Sekarang sudah masuk juz 29. Eiya, Faris sekolah di SDIT. Anak-anak di SDIT memang dibiasakan menghapal  Al Qur’an  sejak dini. Metodenya beraneka ragam tiap sekolah berbeda-beda. Lalu, kemampuan anak juga berbeda-beda. Ada yang mampu hapal Juz 30 sejak kelas 1 ada juga yang khatam baru di kelas 3.


Senin, 09 November 2015

Info Syarat Menulis di Majalah Ummi

Assalamualaikum sahabat Smart Mom, wah senangnya ya sudah Hari Senin lagi :) Uhuy berharap lebih banyak berkarya. Aku mau share syarat menulis di Majalah Ummi, semoga bermanfaat ya :)


Info Syarat Menulis di Majalah Ummi 

Ayoo menulis di Majalah UMMI!

Ummi, majalah Keluarga Muslim yang terbit setiap bulan. Ada beberapa rubrik yang membuka peluang bagi penulis -di luar redaksi- untuk mengirimkan tulisan. Rubrik apa sajakah?

DUNIA WANITA
1 halaman dengan panjang tulisan maksimal 3000 karakter. Berisi pengalaman pribadi, atau opini dengan sudut pandang perempuan.
Tips agar dimuat: 1) manfaatkan tema yg sedang in di bulan tersebut. namun kirimkan naskah tersebut minimal 2 bulan sebelum momen. Misalnya jika ingin menulis dengan tema ramadhan, kirim naskahnya di bulan-bulan April-Mei. karena proses penggarapan naskah dilakukan 2 bulan sebelum terbit. 2) Usahakan untuk mengambil topik atau pembahasan dengan agle yg unik. Misalnya ajakan utk berbelanja ke warung, saat banyak orang memilih belanja di mal/pasar. tentu dengan didukung argumen yang menguatkan topik tersebut.

Jumat, 06 November 2015

Cara Membuat Secangkir Kopi yang Nikmat

Secangkir Kopi yang Nikmat
Dulu, aku membuat secangkir kopi untuk pamanku. Katanya, kopi buatanku enak hihihi...lah di rumah hanya aku, sepupu dan pamanku sejak ibuku meninggal. Ya, ayah telah dahulu meninggal. Pamanku baru datang dan tinggal di rumah baru-baru saja sejak aku kuliah. 

Setelah menikah, suamiku awalnya enggak doyan kopi. Suka teh? Enggak juga. Suamiku ya sukanya air putih doang. Tapi kalo makan jangan ditanya. Semua suka hihihi.... nah, suatu hari... (duuuh kayak buat dongeng aja ya hihihi...), suamiku sibuk di kantornya. Katanya, setiap pagi temannya sibuk di kantin pesan kopi. jadi ikutan nyoba, eh ujungnya kecanduan hihihi... jadilah setiap hari membuat kopi. Lalu, setiap dinas ke luar kota membawa beragam merk kopi. Dari ke Padang, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Makassar, Malang dan lainnya. Nah, suka kopi yang mana? Ternyata suamiku suka kopi Bengkulu (yeee...asyik kan tempat asalku  hihihi...). 

Eh ini bukan karena tempat asalku doang ceritanya. Kan usai nikah kami langsung ke Lampung Timur. Terus lebaran pulang paling lama seminggu sekali. Nah, baru lebaran kemarin liburannya lama, 22 hari! Wih, puas dah kemana-mana.

Info Lomba Paling Kece

Ini Info lomba paling kece :)

Rabu, 04 November 2015

Resensi Novel Kokeshi : Upaya Menguak Kematian Saudara Kembar (Koran Jakarta, 31 Oktober 2015)

Dimuat di Koran Jakarta Sabtu, 31 Oktober 2015



Assalamualaikum, Sahabat Smart Mom, hari ini aku mau posting resensi yang dimuat di Koran Jakarta, Sabtu, 31 Oktober 2015. Resensi ini awalnya berjudul  Misteri Boneka Kokeshi dan Ujian Cinta Antar Saudara Kembar lalu diedit editor menjadi Upaya Menguak Kematian Saudara Kembar. Lalu, diakhir resensiku juga ada yang dipotong xixixi padahal ngirim udah sesuai syaratnya loh  4000 karakter dengan spasi dan dikirim ke opinikoranjakarta@yahoo.co.id,opinikoranjakarta@gmail.com. Baca di sini syarat lengkapnya ya :)


Judul               : Kokeshi
Penulis             : Vina Sri
Penerbit           : Metamind (PT. Tiga Serangkai)
Tebal               : 295 Halaman

ISBN               : 978-602-72097-6-3

Dina dan Andira (Ira) adalah saudara kembar. Mereka terpisah sejak kedua orang tua mereka bercerai. Kedua orang tua mereka telah menikah lagi. Dina tinggal bersama Papi dan Mama tirinya di Jakarta, sedangkan Ira tinggal di Jepang bersama Mami dan Ayah tirinya.
Sejak kecil, Dina menyimpan kecemburuan yang besar terhadap Dina. Hal ini disebabkan pilih kasih yang dilakukan oleh Maminya. Cara tak suka terhadap Ira berkembang hingga Dina menolak untuk menghubungi kembarannya itu. Ira memiliki karir yang sukses sebagai model di Jepang. Namun, Dina perlu berjuang keras untuk membiayai kuliahnya dengan bekerja paruh waktu di Nuri’s Cake and Bakery.
Suatu hari, Dina mendapat pesan dari facebook bahwa Ira akan berlibur ke Indonesia, tepatnya akan menyewa vila di Sukabumi. Dina tak menjawab pesan itu. Tak diduga, itu adalah pesan terakhir dari kembarannya. Tak lama, Ira ditemukan tak bernyawa.
Mengetahui itu, Dina shock dan merasa menyesal yang telah mengabaikan pesan Ira. Apalagi setelah mendapatkan paket berupa boneka Kokeshi khas Jepang disertai pesan rahasia dari Ira. Sejak itu Dina merasa dibuntuti seseorang.  Kejadian aneh mulai berdatangan. Dari petugas paket yang menanyakan paket yang nyasar, petugas mengecek kerusakan gas, hingga kamar Dina yang diobrak-abrik orang tak dikenal.
Dina curiga, Ia bertekad untuk mengungkap kematian Ira. Ia membujuk Papinya menyetujui untuk liburan ke Jepang. Di Jepang, Dina bertemu dengan bos agensi tempat Ira bekerja, yakni Hokkaida Mr Yamada, Haruna sahabat dekat Ira dan Naomi model saingan semasa Ira hidup.
Bersama Haruna, Dina mencari jejak kematian Ira. Dina bahkan sengaja mengikuti liburan  ke Sapporo dan menginap di vila milik Naoemi bersama beberapa orang di agensi model. Sikap Naoemi selalu tak bersahabat kepada Dina. Bahkan, di Sapporo, Naoemi sengaja menyenggol Dina hingga tercebur ke kolam renang (hal 93). Namun, disaat Dina mengira Noemi pelaku penyebab kematian Ira, Naoemi ditemukan meninggal di kolam es. Berdasarkan hasil CCTV, Naoemi berjalan sendiri ke arah kolam yang belum sempurna menjadi es dan tergelincir ( hal 101).
Merasa gagal menemukan petunjuk mengenai kematian Ira, Dina kembali ke Indonesia. Namun, ia tidak menyesalkan kegagalan itu. Berkat ke Jepang, hubungannya dengan mami mencair. Mami mulai menyayanginya (hal 104). Saat kembali ke Indonesia, ia mendapatkan tas milik Ira dari Tante Marni berupa buku bersampul putih bergambar sakura, yukata (semacam kimono), dan sebuah kokeshi mirip dengan yang pernah diberikan Ira sebelumnya (hal 121).  Namun, ancaman kembali datang, kamar Dina terbakar. Dina semakin bertekad untuk ke Vila di Sukabumi tempat Ira ditemukan tewas. Ia ingin menemukan jawaban atas teror yang dialaminya.
Di Vila itu, Dina bertemu Aldi anak penjaga Vila (hal 132).  Bersama Aldi dan Ilham mereka memecehkan rahasia Ira. Tapi, Pak Damar selalu menghalangi langkah mereka. Pak damar dan anak buahnya merencanakan sesuatu. Dina mendekati Fitri pelayan yang pernah berteman dengan Ira saat menginap di Sukabumi. Sayang, disaat Fitri akan mengungkapkan sesuatu, ia tewas terbakar.
Kemudian, satu persatu petunjuk mulai terpecahkan. Mereka menemukan kartu memori yang ditinggalkan Ira.  Saat mereka mulai menemukan informasi lebih banyak,  tiba-tiba mereka diculik, disekap dan hampir dibunuh. Untungnya mereka selamat dan hingga akhirnya berhasil mengungkap dalang dibalik kematian Ira bahwa motif pembunuhan karena menyimpan info penting mengenai bisnis narkoba dan trafficking di Asia Tenggara termasuk di Indonesia (hal 290).
Novel ini membawa ketegangan dalam setiap babnya. Ditulis dalam bahasa yang mengalir dan diksi yang indah. Tidak bertele-tele dan lugas.Pembaca diajak merenung mengenai arti sebuah persaudaran. Biar bagaimana pun, saudara kandung apalagi kembar memiliki hubungan  yang istimewa. Tak dapat dipisahkan dengan kebencian. Selain itu, Pembaca diajak mengenal Jepang dan kehidupan para model di Negeri Sakura. Kasus pembunuhan yang tidak biasa, Anda akan terkecoh  dalam menebak siapa pelakunya. Jika Anda menyukai novel misteri, novel ini direkomendasikan karena Anda tidak akan berhenti membacanya hingga sampai benar-benar selesai.

Resensi Novel Misteri 

Selasa, 03 November 2015

Tema Dongeng Nusantara Bertutur Bulan Desember

Tema Nusantara Bertutur Bulan Desember


Assalamualaikum,
Sahabat Smart Mom, bagi yang hobi nulis dongeng anak. Ini dia tema-tema dongeng untuk bulan Desember 2015.

Deadline 15 November 2015 untuk seluruh tema dongeng November 2015

Tema: Hari Anti Korupsi
Akan dimuat di Kompas Klasika, edisi 6 Desember 2015

Tema: Hari Nusantara (Deklarasi Djuanda)
Akan dimuat di Kompas Klasika, edisi 13 Desember 2015

Tema: Hari Ibu Nasional
Akan dimuat di Kompas Klasika, edisi 20 Desember 2015

Tema: Hari Natal
Akan dimuat di Kompas Klasika, edisi 27 Desember 2015

– Naskah ditulis sepanjang 2500 karakter dan mencantumkan pesan moral di setiap akhir cerita.
– Latar lokasi harus berada di wilayah Nusantara.
– Naskah dikirim via email nusantarabertutur@gmail.com
Ingat, naskah harus berisikan ajaran kebaikan ya. Hanya naskah terbaik yang akan dimuat. Selamat berkarya!

Sumber : http://nusantarabertutur.com/activity/tema-dongeng-bulan-desember-2015

Selamat menulis dongeng ya!

Senin, 02 November 2015

Review Buku Syifa dan Stetoskop Ajaib : Serunya Menjaga Kesehatan Lewat Dongeng



Judul              : Syifa dan Stetoskop Ajaib
Penulis          : Sri Widiyastuti
Penerbit         :  DAR! Mizan
Terbit              : Agustus 2015
Tebal              : 118 halaman
ISBN               : 978-602-242-743-8


Buku Syifa dan Stetoskop Ajaib di Gramedia Padang

"Ntar Aisyah kalo udah besar jadi dokter aja ya, Mi," ujar suamiku. 

Ngg... pengen banget salah satu anak kami kelak jadi dokter. Biar entar tuanya ada yang ngontrol kesehatan kami hihihi... Apalagi sejak tinggal di Padang, banyak RS jadi kepikiran entar Aisyah yang memang lahir di Padang, bakal kuliah kedokteran di Padang aja hihi... 

Nah, pas baca buku ini kok rasanya pas banget deh di hati dengan harapan kami (ceile...) terus juga pas lebaran lalu ketemu keponakan yang kuliah di kedokteran jadi makin mupeng salah satu anak kami jadi dokter amin. Sambil mempersiapkan diri (uang pendidikannya, tentunya hihihi...) buku ini pas deh buat pegangan :)

Buku ini berisikan 26 dongeng tentang kesehatan. Setiap akhir dongeng akan diberi info mengenai penyakit. kenapa dongeng? Anak-anak tentu lebih suka cerita dibanding menghapal berbagai jenis penyakit. Apalagi ada Stevi si  stestoskop ajaib. Seru ya kalo anak-anak membayangkan benaran jadi dokter cilik dengan stevo hihihi...aku aja yang emak-emak begini suka loh hehehe....

Nah, si tokoh utama bernama Syifa ini mengalami banyak kisah. Misalnya ia kena belekan, lalu temannya mengalami mimisan, bisulan, gondokan, adik bayi yang demam hingga ada temannya yang ingusnya berwarna hijau, hiiiih....jorok ya? Ups...jangan salah, ternyata ingus hijau itu ada artinya loh...nah, infonya ada di bawah dongengnya.


Aku jadi teringat saat menjadi guru mengajar di SDIT dulu, muridku tiba-tiba pucat pasi saat upacara, lalu ada yang mimisan, ada juga yang sakit mata. Nah, aku kesulitan memberi pengarahan bagaimana menjaga kesehatan dengan bahasa anak-anak. Andai dulu buku ini sudah terbit pasti aku tidak kesulitan lagi hehe... 

Buat Sahabat sahabat Smart mom yang ingin memilikinya, buku ini sudah ada di toko Gramedia atau toko buku di sekitar Anda. Atau mau pesan dengan penulis? Wiih penulisnya tingal di Johor, Malaysia loh xixixi...

Yuk, menjadi pintar menjaga kesehatan bersama Syifa dan Stetoskop Ajaib

Aisyah dan buku Syifa dan Stetoskop Ajaib