Minggu, 28 Februari 2016

Serunya Kopdar PBA Lampung : Bongkar Kreatifitas Penulis Bacaan Anak Lampung

Assalamualikum Sahabat Smart Mom, hari ini aku mau cerita pertemuan yang seru antara Penulis Bacaan Anak (PBA) Lampung. Berawal dari aku akan mudik sebentar untuk mengurus kepindahan sekolah anak-anakku, terutama Fatih (4,5 tahun) untuk tes TKIT Qurata Ayun. Kebetulan TKIT ini dekat dengan rumahku di Lampung dan dekat dengan sekolah Faris dulu, SDIT Permata Bunda 1. Aku pun janjian bertemu dengan Izzah Annisa untuk berdiskusi kepenulisan buku anak. Izzah lalu mengurulkan untuk mengajak teman PBA lainnya yakni Fitri Restiana dan Fadila Hanum.

Oiya, bagi yang belum mengenal apa sih itu PBA? Penulis Bacaan Anak (PBA) adalah komunitas di group facebook gabungan antara penulis bacaan anak dan ilustrator. Uniknya, komunitas yang digawangi Ali Muakhir dkk ini telah memiliki anggota 20.783 anggota. Wiih, banyak bangetkan? Kegiatannya juga sudah sangat banyak, di antaranya setiap Jumat akan ada bedah karya (Jumat Hangat) dan ada juga ajang penampilan ilustrator (Setiap Hari Sabtu). 

Balik ke rencana kopdar PBA Lampung. Awalnya mau kopdar siang Pukul 12.30 WIB, tapi Mbk Fitri mau ada rapat komite dulu dan aku mau nemani Fatih tes TK pukul 10.00 WIB. Namun, rapat komite Mbk Fitri ternyata pukul 16.00 WIb dan tes Fatih dimajukan pukul 08.00 WIB jadilah mau kopdar ditengah-tengah saja pukul 10.30 WIB :) Hadeeeh.... asal usul jadwal aja dibahas ya? xixii....

Pas hari H, aku sudah bersiap untuk menemani Fatih tes TK. Ternyata memang keputusan tepat aku ikut ke Lampung. Fatihnya rewel banget, mana pas tes kabur keluar ruangan. Duuh ribetnya. Untungnya boleh orang tua menemani, jadilah Fatih saat tes aku boleh masuk ruangan. Tapi, aku duduk di ujung tidak ikut membantu Fatih menjawab tes.

Eiya, soal Kopdar PBA Lampung bagaimana?
Nah, jreeng usai wawancara orang tua, aku langsung ke tempat janjian, yakni Mie Ayam Laziza. Uhuy, aku udah hampir 2 tahun tidak merasakan lezatnya Mie Ayam Laziza. Sampai di sana, suprise ada Fadila Hanum. Awalnya dia agak ragu mau datang karena enggak ada yang nganterin. Makanya pas ketemu duuh senengnya si bumil bisa datang :)

Kopdar Seru PBA Lampung
Diskusi seru PBA Lampung

Rabu, 24 Februari 2016

Tips Memilih Mainan Anak di Usia 0 Hingga 5 Tahun dengan Mudah


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Tips Memilih Mainan Anak di Usia 0 Hingga 5 Tahun dengan Mudah. Moms, dalam membeli mainan anak kita perlu melakukan berbagai macam pertimbangan. Terlebih jika putra dan putri Anda masih berusia balita. Anda harus dapat memilih mainan yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. Pilih mainan anak yang berfungsi tidak hanya sebagai hiburan, namun mainan tersebut juga dapat membantunya untuk memecahkan masalah, berimajinasi, hingga membantu perkembangan motorik yang ia miliki. Ada berbagai rentang usia yang dapat Anda sesuaikan mainannya.

Inilah Tips Memilih Mainan Anak di Usia 0 Hingga 5 Tahun dengan Mudah :


Jika anak Anda berusia 0 hingga 12 bulan pilih mainan yang cocok untuk dirinya. Di usia ini bayi sebenarnya dapat meraih benda-benda. Ia lebih senang untuk memandangi mainan yang menimbulkan bunyi. Penglihatan bayi di usia 0 hingga 12 tahun masih 28 cm, oleh sebab itu gambar yang mempunyai warna cerah serta kontras yang lebih menarik perhatiannya. Dia senang mendengar berbagai macam suara musik yang berirama pelan, seperti bunyi yang berasal dari kotak musik.

Senin, 22 Februari 2016

Serba-serbi di Padang

Assalamualikum Smart Mom,

Hari ini aku mau cerita tentang serba-serbi di Padang. Kenapa? Karena sebentar lagi aku bakal balik lagi ke Lampung. Sudah hampir 2 tahun kami sekeluarga di Padang. Rasanya enggak afdol kalau belum nulis apa saja yang aku rasakan selama di Padang, betulkan?

Ada banyak fakta unik selama di Padang, apa saja sih? Yuk, baca dengan lengkap :) Inilah serba-serbi di Padang.

Minggu, 21 Februari 2016

Milad Faris ke-10 : Saat yang Tepat Menasehati Anak

[Parenting] Tanggal 20 Februari adalah Milad Faris yang ke-10. Alhamdulillah ya, Faris sudah besar. Faris sudah banyak ingin tahu dan mengetahui hal-hal yang membuat Umminya ini mikir buat ngejawabnya. Seperti beberapa hari lalu, Faris bertanya, "Ummi, seksual itu apa?" nah loh, kudu dijawab tuntas. Kalau enggak ada ilmu bisa birabe deh. Anak akan mencari tahu ke temannya. Jika jawabannya salah, wah... anak bisa salah informasi ya?

Milad Faris ke-10, sederhana bersama teman-teman di sekitar rumah :)

Jumat, 19 Februari 2016

Gempar Mas Gagah Membangkitkan Geliat Film Dakwah

Pagi yang cerah saat aku mengajak kedua "Mas Gagahku" Faris dan Fatih menuju Bioskop Raya Padang. Kami akan menonton film yang selama ini aku nantikan. Awalnya ingin pergi bersama suami dan Aisyah, tapi terpaksa dibatalkan karena Aisyah lagi tidak enak badan. Lagi tumbuh gigi geraham. Rewel banget deh.

Sampai di tempat, penonton sudah banyak duduk di depan bioskop. Aku langsung menanyakan dengan teman-teman FLP Sumbar bagaimana kondisi peserta dan pembagian tiket. Alhamdulilah sudah datang juga perwakilan teman-teman Kopfti Sumbar, kami segera bekerjasama mendata penonton yang sudah terdaftar.

Karena menunggu lama bioskop belum buka, aku mengajak kedua anakku berjalan ke arah gerbang. Mencari kue dan cemilan untuk bekal nonton kelak. Saat melihat layar film yang terpasang di dekat gerbang, seorang ibu paruh baya mendekatiku, "Ibu mau nonton apa?" tanyanya. Mungkin heran melihat aku dengan kedua anakku sedangkan layar yang terpasang filmnya kebanyakan hot semua hihihi...

Bioskop Raya Padang
Walau layar sudah turun tak menyuruti semangat nonton Film Ketika Mas Gagah Pergi di Bioskop Raya Padang

Kamis, 18 Februari 2016

Rumus Cantik Bersama Sulamit Kosmetik

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Rumus Cantik Bersama Kosmetik Sulamit

Sudahkah Anda cantik?

Jika ada yang bertanya seperti itu dijawab apa ya, Moms? Cantik? Ya, sepertinya sudah fitrah wanita ingin menjadi cantik. Tapi, Moms, kebanyakan orang mencari cantik wajah doang, aku mengingatkan ya, cantik wajah boleh tapi inner beauty juga penting. Nah, aku punya rumus cantik Inner Beauty yaitu 3 B + P = Cantik. Penasarankah rumus cantik ini? Yuk, kita bahas satu persatu.

Rabu, 17 Februari 2016

Mengajak Anak Membersihkan Rumah

Mengajak Anak Membersihkan Rumah
Faris dan Abi Kompak Membersihkan Rumah


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

[Parenting] Punya anak sulung laki-laki membuat aku sering minta tolong dalam pekerjaan rumah tangga. "Faris, tolong bantu nyapu ya!"
 "Faris tolong bantu buka jendela ya!"
"Faris, tolong piring yang kotor dikumpulkan, Ummi mau nyuci piring!"
Apalagi sekarang sudah punya adik. "Mas, tolong bantu rapikan mainan, ya!"

Kalau begini mau tidak mau harus mempersiapkan anak membantu membersihkan rumah. Kalau ada anggapan, anak laki-laki enggak perlu mengerjakana pekerjaan rumah itu salah euy di kamus keluargaku hihihi....

Dulu, Ayahku mencontohkan kalau laki-laki bisa saja mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Ayahku membantu ibu ke pasar, memasak dan menyapu rumah. Aiih Ayah rumah tangga banget? Enggak juga Moms, Ayahku PNS punya jabatan penting di kantornya. Tapi, Ayahku tidak malu melakukan pekerjaan rumah tangga karena sudah terlatih sejak kecil.

Minggu, 14 Februari 2016

Aisyah 17 Bulan

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sebenarnya udah lama pengen nulis perkembangan Aisyah 17 bulan, tapi selalu tertunda karena kesibukan di dunia nyata. Nah, kini Aisyah mulai suka jalan-jalan, naik tangga, naik kursi, hingga menjelajah ke dapur. 


Inilah perkembanga Aisyah 17 bulan :

1. Suka Main Channel TV

Aisyah sekarang senang banget memencer channel TV. Jika tinggi, Aisyah naik ke kardus yang aku simpan di bawah meja untuk menaruh TV. Lalu, kardusnya aku simpan aja deh. Aisyah tetap pengen naik. Merenggek minta di depan TV. Jika udah enggak bisa dibujuk, kadang ya kuturuti juga sebentar xixixi *hadeeh, emaknya payah nih!*


2. Suka Mengupas Bawang Merah
Jika aku sedang masak, Aisyah sering ikut ke dapur. Lalu, ada bawang merah yang terletak di atas box yang agar rendah. Aisyah bisa meraihnya. Aisyah asyik mengupas bawang merah. Kulitnya dilepas-lepas. Saat tahu, aku takut juga Aisyah kepedasan. Misal, tangannya dikucek-kucek ke mata. Bakal pedaskan? Tapi, untungnya Aisyah enggak melakukan itu. Jika sudah puas bermain bawang merah, aku cuci tangannya dan ajak makan aja deh :)

3. Makan Sendiri
Aisyah juga sekarang sudah sulit makan disuapi. Maunya pegang piring dan sendok sendiri. Lalu, Asiayah akan makan sendiri. Sudah dapat dipastikan, makannya tidak rapi. Berantakan dan berserakan. Huaaaaah....perlu kerjakeras agar lantai kinclong lagi.

"Ayo, Mi, ajarkan Aisyah makan yang rapi, nanti jadi kebiasaan makan berantakan begini!" ujar suamiku.

Yaelah, Bi. Umur 17 bulan emang makannya masih berantakan. Belum mau rapi. Tangannya masih meraih semua makanan dan masuk ke mulutnya. Syukur-syukur enggak dibuat mainan atau dicemplung ke gelas dan diaduk-aduk, diobok-obok dan diminum pula, iiih...serem deh kalo enggak diawasi gaya makan Aisyah, hiks...

4. Nangis Jika Ditinggal Ummi
Nah, usia segini udah mulai ngerti ditinggal. Jika dulu, aku bisa bebas ke pasar sendirian. Aisyah dengan Abinya di rumah, kini Aisyah mulai ngerti. Pakai nangis dulu. Kalau dulu ya dadah-dadah aja, sekarang pengen ikut naik motor. Huhuhu....padahal ke pasar enggak lama loh. Paling lama 1 jam doang :)

5. Senang Main Air
Aisyah mulai senang bermain kran. Namun, sejak usia 17 bulan, Aisyah main senang mengamati kran. Apalagi saat ditatur. Maunya kran ikut dibuka. Jika sudah dibuka krannya baju jadi basah deh. Itu artinya ganti baju lagi :(

6. Suka Es Alpukat
S ebenarnya belum aku kenalkan es loh. Namun, saat makan di luar rumah, Faris kerap memesan es alpokat. Nah, Aisyah mulai merenggek pengennya. Aisyah sangat tertarik dengan sedotannya. Jadilah es alpokat itu aku pindahkan ke gelas lebih kecil untuk Aisyah biar enggak nangis aja setelah memisahkan susu coklatnya :)

7. Takut Iklan Puddle Pop
Aisyah jika dekat TV ada iklan ini langsung jejeritan. Nah, udah kenal takut aja ya, Aisyah? Lucunya, walau udah takut, masih juga mencet-mencet channel TV :)

Irulah perkembangan Aisyah 17 bulan. Buat Moms yang anak yang seumuran Aisyah semoga saling sharing. Semoga bermanfaat ya :)


Jumat, 12 Februari 2016

Membuat Kompos Dari Sampah Limbah Rumah Tangga


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, apakabar semua? Aku mau share kegiatan keluargaku dalam mengelola sampah. 

Membuat Kompos Dari Sampah Limbah Rumah Tangga. Awalnya, suamiku yang mengingatkan, suami "Yuk, kita buat kompos dari sampah limbah makanan." Engg gimana caranya? "Ya mudah aja, pisahkan dulu sampah yang sisa makanan dengan yang plastik." kata suamiku. Oke, jadilah sampah di rumah kami dipisah. 

Untuk urusan sampah ini, suamiku emang lebih telaten. Sering kali aku lupa tempat. Salah merapikan sisa makanan ke tong sampah yang plastik. Hadeeh berasa mau cepat aja ngerjakan tugas domestik hihihi... tapi, lama-lama jadi terbiasa. Kalau mencuci piring segera siapkan kantong kresek untuk buang sampah sisa makanannya. Lalu diikat dan simpan di tong sampah atau kalau di rumahku di belakang dekat pintu samping. Jika sampah plastik kami juga tidak dibakar. Kami rapikan dan bawa ke tempat pembuangan sampah. Di sini tukang sampahnya enggak rutin datang jadi kami memilih tidak memakai jasa tukang sampah. 

Rabu, 10 Februari 2016

7 Tips Agar Kakak Tidak Cemburu Saat Adik Lahir



[Parenting] 7 Tips Agar Kakak Tidak Cemburu Saat Adik Lahir itulah yang aku siapkan ketika ingin melahirkan anak kedua. Apalagi kehamilan keduaku cukup jauh jaraknya sekitar 5,5 tahun. Saat itu, Faris sudah TK B. Lama juga ya jarak dengan adiknya? Ini memang awalnya aku sendiri belum siap mau nambah anak. Jadinya aku pakai KB. Nambah anak, menurut pemikiranku dulu, bakal nambah repot, nambah beban, trauma karena Faris kecilnya sering sakit-sakitan. Lalu, aku juga trauma di bully enggak bisa ngurus anak, enggak perhatian, anak kurang gizi dan sebagainya membuat aku takut nambah anak. Okelah, punya anak pertama aku "GAGAL" jadi ibu yang SMART. Soalnya aku masih NOL banget deh ilmunya jadi ibu. Namun, setiap acara aqikahan, melihat bayi lahir, aku kian rindu punya bayi. Ditambah, Faris juga selalu pengen punya adik. Maka, bismillah aku merencanakan kehamilan kedua. Alhamdulillah hamil anak kedua.

Bersyukur Agar Makmur


Bersyukur Agar Makmur


[Parenting] Bersyukur agar makmur. Itulah yang aku ajarkan kepada anak-anakku. Juga kuterapkan pada diri sendiri. Suatu hari, Faris anak sulung ngambek, "Ah, enggak enak! Masa kecil Mamas enggak seru. Orang tuanya miskin!" Jleb banget deh dengar itu. 

Maksud hati, menceritakan masa kecilnya, kami hidup prihatin. Saat itu Faris masih kecil dan sering sakit-sakitan, sedangkan ekonomi keluarga masih morat-marit. Namanya anak-anak ya, waktu ke rumah keluarga, Faris sepertinya berpikir, "Enak banget sih hidup sepupuku," jiaaah... ini selalu dijadikan patokannya. Mana komen Faris pernah begini, "Ummi enak masa kecilnya punya mobil!" Duuh... nak, kalau semua dinilai dengan materi, hidup ini enggak akan habisnya menghitung nikmat.

Senin, 08 Februari 2016

Catatan Talkshow Tolak Valentine's Day : Mengenal Sejarah dan Bahaya Valentine's Day

Talkshow Tolak Valentine's Day,
10 Februari 2014 di SMAN 9 Bandar Lampung
Saat melihat album foto di facebook, aku melihat ada fotoku bersama anak-anak SMAN 9 Bandar Lampung. Aku jadi teringat, saat itu aku diminta mengisi acara Talkshow bertema Tolak Valentine's Day.  Kebetulan, aku bersama teman-teman pernah menulis buku antologi FF berjudul : Mengapa Harus Valentine's Day? Buku ini diterbitkan secara indie yakni penerbit Indie Publishing.

Sebenarnya, pengen banget nulis buku bertema penolakan Valentine's Day di penerbit mayor, tapi jarang penerbit yang mau menerbitkan buku bertema seperti ini. Padahal, tema ini sangat diperlukan bagi kaum muda agar tidak ikut-ikutan merayakan. Mengapa aku katakan ikut-ikutan? Karena sebagian tidak paham bahkan tidak mau mencari tahu sejarah dibalik perayaan Hari Valentine yang dibesar-besarkan sebagai hari kasih sayang. Nah, kasih sayang ke siapa? Bulan Februari ini sering banget digembor-gemborkan kalau 14 Februari Hari Kasih Sayang. Lah, sayang ke siapa? Sayang ke orang tua kan setiap hari, ke anak-anak? Tapi, lebih banyak itu hari zina nasional, innalillahi... 

Jumat, 05 Februari 2016

5 Tips Olahraga Mengecilkan Perut dan Paha Paska Melahirkan

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, apakabar?

"Mbk, kok badannya langsing sih abis melahirkan?"
"Ah, siapa bilang? Langsing badannya doang, perutnya mah melaar.."

Pernah dengar percakapan seperti itu? Atau pernah mengalaminya?

Paska melahirkan, badan memang terasa  beda. Perut melar bikin enggak enggak pe-de. Inginnya paska melahirkan, badan tetap ramping, kencang dan perut rata. Nah, aku juga pengen dong seperti itu. Maka, aku berusaha mencari tahu bagaimana badan tetap bagus paska melahirkan. Ternyata ada olahraganya Moms! Inilah Tips Olahraga Mengecilkan Perut dan Paha Paska Melahirkan :

Paska melahirkan, perut melar, perlu olahraga nih :)


Alhamdulillah, 5 Hadiah #BerkahNgekuis

Assalamaualaikum, Sahabat Smart Moms,

Ada yang senang ikut kuis? Aku banget deh senang ikut kuis. Yang hadiahnya gede seperti hp, motor atau tabungan pendidikan hingga buku atau pun pulsa 10 ribu. Aku ikutin semua kalau aku sreg atau sempat. Ya, iyalah, namanya ngekuis itu kalau sreg dengen penyelengaranya atau hadiahnya, aku baru ikutan. Kalau enggak, ya males deh...

Di Bulan Desember- Januari lalu, alhamdulillah aku 5 kali menang kuis. Dapat hadiah kalender, CD, Pulsa 10 ribu dan buku-buku. Ikutan di mana? Ikutan kuis di Facebook, Intagram dan Twitter. Apakah selalu menang? Enggak.... banyak juga yang kalah. 


Nah, ini beberapa hadiah yang aku dapat saat menang kuis hehe...

1. Menang Kuis Tanya Jawab Bersama Tethy Ekokanzo dan Dian K di Kombi (Dapat kalender)

Kamis, 04 Februari 2016

Memahami Perasaan Anak

Memahami Perasaan Anak

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

[Parenting] Saat aku menjadi guru dulu, kami guru membuat soal sendiri. Bukan dari buku paket atau dari LKS yang sering dijual. Guru disuruh kreatifitas membuat Lembar Kerja (LK) dan Lembar Soal (LS). Nah, saat itu. aku penasaran, kenapa setiap di bawah soal, anak-anak disuruh melingkari kamus wajah? Mengapa setiap anak saat baru datang ke sekolah, "Apa perasaanmu hari ini?" maka, anak-anak akan memilih kamus wajahnya hari tersebut dan menempelkan di pohon atau tempat yang ditentukan. Kamus wajah inilah yang menjadi "patokan awal" seorang guru kelas memahami perasaan anak muridnya. 

Resep Ayam Pop Enak dan Lezat


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Ada yang anaknya suka makan ayam goreng? Sejak ada kartun Upin dan Ipin sepertinya tren makan ayam goreng diikuti oleh anak-anak ya? Jika sebelumnya aku pernah menuliskan resep ayam goreng ala rumah amkan Padang, kini saat aku di Padang, aku mencoba melihat penjual ayam pop yang kremesnya khas banget :) 

Rabu, 03 Februari 2016

Cerita Seru Muswil dan Wisuda Sekolah Menulis FLP Sumbar

Cerita Seru Muswil dan Wisuda Sekolah Menulis FLP Sumbar 


"Mbk, ada di mana? Acara sudah akan dimulai," suara telpon diseberang.

Saat itu aku masih di atas motor bersama keluargaku. Sabtu, 23 Januari 2016 aku bersiap pergi ke acara Muswil FLP Sumbar dan Wisuda Sekolah Menulis. Acara ini diadakan di Palanta Walikota Padang.
"Harusnya dipersiapkan lebih matang kalau memang memang dibutuhkan orang lain." Kata suami.

Aku sempat tertegun. Iya sih, aku kurang mempersiapkan diri. Pagi tadi terasa lebih terburu-buru mau berangkat. Malamnya aku begadang karena Aisyah tiba-tiba muntah dan panas dingin. Sempat galau, apakah subuh sembuh enggak ya? Kuatir suami tidak acc berangkat ke acara FLP Sumbar. Sedangkan kehadiranku di sana sebagai perwakilan BPP FLP.

Selasa, 02 Februari 2016

5 Benda Impian di Tahun 2016

5 Benda Impian di Tahun 2016


Tahun 2016 ini kami akan pindah rumah lagi ke Lampung. Jika selama hampir dua tahun ini menetap di Sumatera Barat, tepatnya di Padang. Maka, tahun ajaran baru kelak, anak-anak akan pindah ke Lampung.  Nah, menjelang pindahan ini banyak banget barang yang diperlukan. Dari persiapan pindahan hingga alat masak. Sebenarnya, sudah punya daftar barang yang harus dibeli. Tapi, selalu maju mundur cantik kayak Syahrini. Kadang, pas ada uangnya, niatnya berubah. Pas pengennya, uangnya yang tidak ada. Hadeeh, emak galau deh ya? Bukan apa-apa, barang yang dibawa kelak bakal diangkut pindahan. Jadi, takut barangnya rusak di jalan. Untuk itu, aku jadi hati-hati banget mau beli barang baru.

Namun, pas jalan-jalan ke blog teman-teman, ada yang menarik nih, kabarnya ada toko online lagi ada barang murah-murah. Langsung deh mata ini penasaran dan membongkar list barang yang diperlukan, sehingga tercatatlah 5 benda impian di tahun 2016.