Kamis, 30 Juni 2016

Sekolah Menulis Anak (SMA) Smart Melaju Bersama Asus Zen AiO Pro

Ketika awal menikah, aku sudah diminta suamiku untuk di rumah saja, biarkan saja suami yang bekerja. Saat itu aku belum sarjana. Kami menikah ketika aku belum wisuda dan suami baru saja satu bulan menjadi sarjana. Kami memulai rumah tangga dari nol. Suami masih merintis usahanya, menjual ikan betutu atau disebut ikan malas.


Tiap hari, suamiku akan mengumpulkan ikan dari nelayan. Ikan tersebut dikumpulkan dalam bak besar. Setelah terkumpul cukup banyak, ikan tersebut dikemas dan dikirim melalui pesawat ke Jakarta. Tak lama, bisnis kami mulai berkembang, suami mempunyai investor seorang Cina-Malaysia. Ia menanamkan modal ditambak ikan betutu kami. Lambat laun, bisnis berkembang pesat. Kami dapat mengumpulkan uang untuk DP mobil. Sayang, dua bulan menjelang panen, ikan tersebut mati karena diterjang limbah pabrik tapioka. Gagal panen, gagal punya mobil.

Tahun berikutnya, kami memulai bisnis ikan mas. Dibeli dari Cirata. Ikan satu truk kami pindahkan ke kolam ikan yang kami buat. Sayang, belum ada pengalaman mengurus ikan mas, apalagi kami baru saja membuat sumur bor, ikan tersebut banyak mati. Hasilnya rugi besar. Hutang mulai menumpuk.

Indahnya Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat
Sore itu kami sekeluarga sengaja datang ke Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar). Sudah hampir dua tahun kami tinggal di Padang. Masjid ini menjadi magnet tersendiri untuk terus kami kunjungi. Tempatnya yang luas, indah, bersih dan arsitekturnya indah sekali. Kenapa bentuknya lebih tinggi dan banyak besinya? Ternyata, masjid ini belum selesai dibangun. Dua tahun lalu malah masih belum ada tamannya. Sekarang jauh lebih cantik dan ada lampu yang terang di atas kata Masjid Raya Sumatera Barat. 

Masjid ini juga disiapkan untuk jaga-jaga sebagai tempat pengungsi. Sudah tahukan kalau Sumbar rawan dengan bencana alam, seperti gempa, angin kencang, hinga tsunami. Nah, untuk itu masjid ini dibangun dengan kokoh dan sangat luas.

Satu yang perlu teman-teman ketahui, di Sumbar, masjid menjadi tempat yang akrab dengan anak-anak. Setiap seminggu sekali anak-anak wajib mengikuti didikan subuh. Setiap anak SD belajar mengaji setelah subuh hingga matahari meninggi, sedangkan untuk remaja setiap malam Jum'at. Mereka diajarkan berpidato, membawa acara (MC), mengaji, dan lainnya.

Berdasarkan pengamatan, pengalaman dan mencermati itu, membuat aku tidak percaya kalau Kota Padang menjadi kota peringkat kedua terendah sebagai kota tidak Islami versi penelitian yang dilakukan oleh Maarif Institute tentang Indeks Kota islami (IKI). Melalui tulisan ini, aku ingin mengatakan bahwa di Sumbar atau di Padang khususnya adalah kota Islami dan sangat menghidupkan masjid.

210 kata


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis : 1001 Kisah Masjid 




Jumat, 24 Juni 2016

[Review Buku] Nabi Muhammad Saw The Real Motivator Karya Haeriah Syamsuddin

Assalamualaikum sahabat Smart Mom
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan. Tentu banyak sekali yang ingin menambah tabungan amalan. Lalu, bagaimana dengan wanita yang sedang haid? Amalannya berkurang dong? Kan, enggak bisa sholat dan tilawah? Eits, tunggu dulu, amalannya bisa diganti dengan bersedekah, baca buku Islam, silaturahmi dan lainnya



.
Nah, sahabat Smart Mom, kali ini aku mengajak review buku Islam berjudul Nabi Muhammad Saw The Real Motivator karya Haeriah Syamsuddin terbitan Qibla. So, kalau Moms lagi haid, tetap dapat menabung pahala ya


Rabu, 22 Juni 2016

Cerita Seru : Temu 3 Penulis Bacaan Anak (PBA) Lampung di Gramedia Lampung

Penulis Bacaan Anak (PBA) Lampung : Kiri-kanan : Fitri Restiana, Izzah Anisa, dan Naqiyyah Syam 


Assalamualaikum sahabat Smart Mom, 

Aku mau cerita, pertemuanku dengan 2 penulis buku anak asal Lampung bernama Izzah Annisa dan Fitri Restiana. Awalnya kami janjian di Gramedia Mall Kedaton, tapi menurut Mbak Fitri di Gramedia Kedaton tidak ada tempat nongkrong akhirnya dipilih Gramedia yang dikarang . Aku sih senang aja karena aku mau sekalian mencari Majalah Gadis yang ada tulisanku. Soalnya, udah keliling  lapak koran dekat  rumah, udah kehabisan. 

Aku dan Izzah berangkat sekitar pukul 10.00 WIB dari Rajabasa. Eiaa telat yo dari janjian. Tak lama kami telah melaju ke arah Gramedia. Sampai di sana terlihat dari jauh Mbk Fifi sudah berdiri. Duuh mau ngagetin kok ya senior xixi... kami berdiri aja di sebelahnya sampai Mbk Fifi sdar sendiri kalau kami sudah ada di sampingnya *ide usil*

Senin, 20 Juni 2016

Cerita Hijrahku dan Gamis Syar’i

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Aku memutuskan pakai jilbab di tahun 1998. Saat itu aku masih kuliah di semester 1. Ya, masih kuliah unyu-unyu banget kan? Sebenarnya sudah lama diajak sepupuku untuk berjilbab. Bahkan sejak SMP, aku sudah suka baca Majalah Annida dan menyukai jilbab. Tapi, aku belum mau pakai jilbab. Soalnya, aku paham sekali, setelah berjilbab, aku akan meninggalkan semua hobiku. Mau tahu apa hobiku kala itu? Aku suka menari dan peragaan busana hihihi.... bahkan zaman kecil, cita-citaku sebagai pragawati *ooh tidaaak!*

Pakai gamis di tempat wisata tetap pas loh :)

Jumat, 17 Juni 2016

Tips Mempersiapkan Masa Depan Anak

Tahun ini biaya pendidikan untuk kedua anakku lumayan besar. Faris pindahan sekolah dari Padang ke Lampung, sedangkan Fatih masuk TK. Memang sih, kami punya lasan tersendiri untuk memasukkan sekolah anak kami ke sekolah IT. Soal biaya, pasti sudah tahu kalau nominalnya cukup besar. Tapi, kami sebagai orang tua bertekad memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kami.

Kamis, 16 Juni 2016

3 Hal Penting Saat Membeli Mobil Baru dan Bekas

 3 Hal Penting Saat Membeli Mobel Baru dan Bekas

Assalamualaikum  Smart Mom, 

Ayo siapa yang tidak ingin punya mobil? Pasti mau dong! Kendaraan roda empat ini bikin kita lebih mobile. Kan asyik ya lebaran pulang kampung dengan mobil sendiri. Dulu, saat baru menikah, aku   pernah diajak suami ke dealer mobil. Kami berdua melihat mobil impian kami. Sebuah mobil berwarna silver. Wih, pokoknya sangat menarik deh! Suami bahkan sudah membawa brosurnya dan bilang, “Nanti Insya Allah 2 bulan lagi kita ke sini. DP buat mobil sudah di depan mata.” Tapi, Allah berkehendak lain. Dua bulan berikutnya, usaha suamiku terkena imbas pabrik tapioka. Tambak ikan yang selama ini dijaga, mati tanpa sisa. Menyisakan hutang yang membelit pinggang. Beli mobil sudah seperti jauh panggang dari api alias kenyataan jauh dari harapan. Bertahun kemudian, kami tetap belum mampu beli mobil, hihihi...tapi anak sudah 3, naik motor sudah sempit.

Rabu, 15 Juni 2016

Perjalanan Lebih Menyenangkan dengan Asuransi Perjalanan Futuready

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Beberapa waktu lalu kami melakukan perjalanan dari Padang ke Lampung. Saat dalam perjalanan, tiba-tiba perutku mulas hebat. Oow, rasanya seperti ditarik-tarik. Padahal, saat sarapan di penginapan atau pun di rumah makan (sebelum kami ke loket), aku tidak mengalami gejala sakit perut. Tapi, saat bis beranjak maju dan baru saja sekitar 10 menit berjalan, perutku seperti diaduk-aduk, hiiks... lalu, bis berhenti mengisi bahan bakar di Pom Bensin. Aku pun minta izin ke kamar mandi. Tapi, bukannya BAB, perutku tetap berontak, huhuhu....aku sedih sekali.

Bis pun berjalan lagi, melaju dengan kecepatan sedang keluar dari Kota Padang. Sambi menahan perut yang kian mulas, aku mencoba tidur dan akhirnya lelap. Saat melewati Solok, bis berhenti lagi. Penumpang diperkenankan membeli oleh-oleh. Lagi-lagi aku izin ke kamar mandi. Dan perutku kian mulas. Ya Robb, aku sampai berdoa mohon ampunan, kenapa dengan perutku. Hingga 3 kali bis behenti perutku masih juga sakit hebat. Aku sudah tidak nafsu untuk makan dan minum. Keringat dingin bercucuran. Entahlah, aku semakin ingat kematian. Tapi, aku juga berdoa kepada kepada Allah agar aku kuat dan sehat. Kalau aku sakit bagaimana dengan anak-anakku? Mereka membutuhkan ibu yang kuat dan sehat selama dalam perjalanan Padang ke Lampung.

Selasa, 14 Juni 2016

Menemani Faris Tes Pindahan Sekolah

[Curhat] Assalamualaikum sahabat Smart Mom, mau curhat sedikit mengenai kepindahan sekolah Faris. Sabtu, 11 Juni 2016 Faris ikut tes kepindahan sekolah. Sejak pagi sudah bersiap dengan 3 bocah. Kebetulan, hari itu Fatih juga harus mengukur baju di TK tempat Fatih diterima.

Kami tiba di sekolah sekitar pukul 10.00 WIB, peserta tes sudah banyak yang datang, bahkan sudah ada yang selesai. Saat baru datang. Fatih sudah heboh mencari jajanan. "Ummi, kok enggak ada jajan?" pas Fatih melihat kantin tutup. Lumayan berjuang membujuk Fatih turun dari atas motor. Abi dan Faris sudah duluan ke kantor. Setelah agak lama baru deh mau turun dan menyusul Abi dan Mamasnya.

Lebaran Seru: Belanja di ShopBack Dapat Diskon dan Cashback

Ayo belanja lebaran dengan bijak. Cari cara hemat dan diskon di ShopBack :)

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Ramadhan baru saja satu pekan, tapi biasanya nih, budget buat lebaran sudah kepikiran deh. Apalagi yang mau mudik. Biaya transportasi, persiapan bekal, hingga oleh-oleh. Aku dan keluarga juga merasakan tahun lalu saat mudik ke Bengkulu. Dari jauh hari mulai mempersiapkan mudik. Entah nyicil merapikan baju untuk anak-anak di kampung halaman, selama perjalanan, hingga pakaian kami sendiri.

Pernah saat menjelang lebaran, aku belanja celana Faris dan Fatih di sebuah Mall. Kupikir lumayanlah ya beli 2 gratis 1 hihihi... harganya juga diskon dan pas di kantong. Namun, berbulan kemudian, betapa terkejutnya aku melihat celana anak-anak yang sama merk dan jenis bahannya ada di toko baju yang sedang aku datangi. Aduh, kerasa ketipu deh dengan harga yang diskonan hahaha...

Jumat, 10 Juni 2016

7 Tips Agar Anak Kuat Berpuasa

7 Tips Agar Anak Kuat Berpuasa

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,
.
7 Tips Agar Anak Kuat Berpuasa. Kepindahan kami sekeluarga dari Padang ke Lampung tepat di malam Ramadhan pertama. Kebayang dong repotnya. Saat itu kami sampai disore hari, sedangkan truk barang kami baru tiba pukul 00.30 WIB dini hari. Sudah dipastikan aku enggak sempat deh belanja buat bahan sahur. Suamiku akhirnya mencari makanan dan membeli ayam goreng, alhamduillah masih ada yang buka. Lalu, aku, suami dan Faris sahur bersama di rumah tercinta.

Hari pertama paska pindahan, aku sempat deg-deng-an juga apakah Faris kuat berpuasa. Awalnya sih Faris mau enggak berpuasa saja. Ya, aku sih maklum ya Faris pasti capek banget. Perjalanan darat dengan bis Padang-Lampung lebih 30 jam euy! Capek deh duduk di bis. Tapi, aku memberi motivasi ke Faris, "Sahur aja dulu, Mas. Kalau Mamas benar-benar enggak kuat besok boleh enggak berpuasa." 

7 Tips Menjadi Sahabat Anak dengan Cara Menjalin Komunikasi




Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

[Parenting] 7 Tips Menjadi Sahabat Anak dengan Cara Menjalin Komunikasi. Pernah adu urat dengan anak mengenai aturan di rumah? Aku pernah banget. Menghadapi Faris (10 tahun) akan berbeda dengan menghadapi Fatih (4,5 tahun). Faris sudah mulai berani melawan dan protes jika tidak setuju. Kadang gregetan banget harus diingatkan terus sampai mulut harus berbusa-busa hihi... kalau sudah banyak ngomong, pasti dibilang, "Ummi cerewet!" duu... padahal kan ya buat kebaikan anak sendiri. 

Puncaknya Faris pernah ngambek dan marah. Faris pernah menghapuskan foto yang ada di dalam hpku. Saat itu aku shock dan merasakan, "Wah, aku ada jarak nih dengan Faris!" aku sadari terlalu sibuk persiapan pindahan ke Lampung, sehingga jarang ngobrol lagi. Apalagi aku ngepak barang sendirian, baru menjelang hari H aku mendapat bantuan dari beberapa orang dekat rumah. Duuh, sempat stres menghadapi si sulung :)

Rabu, 08 Juni 2016

Ice Cream Goreng : Teman Buka Puasa yang Asyik


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Alhamdulillah ya bertemu kembali dengan Bulan Ramadhan yang penuh berkah. Kali ini aku mau menceritakan pengalaman kami sekeluarga mencicipi Ice Cream Goreng di Rumah Makan Pecel Lele Bang Toyib Padang. Sebenarnya udah lama sih penasaran rasa Ice Cream Goreng kok ada ya ice cream digoreng hehehe.... jadilah kami sekeluarga makan di sini. Kebetulan saat itu kami baru saja dari Rumah SakitSemen Padang  mengantar Faris periksa gigi, hihihi...

Selasa, 07 Juni 2016

DISCLOSURE


Assalamualaikum,

Selamat datang di blogku. Perkenalkan nama penaku Naqiyyah Syam. Untuk dunia kepenulisan aku mengunakan nama ini. Sedangkan nama pemberian orang tuaku Sri Rahayu atau dipanggil Yayuk. Aku ibu 3 anak yang menyukai membaca, menulis, jalan-jalan dan foto-foto. 

Blog naqiyyahsyam.com  ini aku kelola sendiri berdasarkan pengalamanku mengasuh 3 buah hatiku. Blog ini berisi Parenting, MPASI, ASI, Lifestyle Smart Mom dan hobby menulisku. Aku juga suka menulis cerpen, cerita anak, kisah inspiratif dan resensi buku. 


Sabtu, 04 Juni 2016

Pindahan

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Hari ini adalah hari bersejarah dalam keluarga kami karena kami akan pindah dari Padang ke Lampung. Sudah 2 tahun kurang 1 bulan kami di Padang. Kuliah suamiku memang belum selesai, tapi memutuskan untuk duluan pindah, mengingat Fatih sudah mau masuk TK dan TK lebih dekat lokasinya dari rumah di Lampung.

Cerita Pindahan Padang ke Lampung

Awal pindah di Padang memang terasa berat. Rumah sewa kami jauh dari kota. Tapi, perjalanan waktu, kami mensyukuri kondisi ini karena rumah kami jauh dari lokasi sering gempa. Sudah tahukan Padang rawan gempa? Anakku sampai kaget saat gempa lalu, langsung minta siapkan tas berisi bekal makanan hihi... Alhamdulillah gempanya kecil dan tidak berpeluang tsunami.

Kamis, 02 Juni 2016

Ade Anita : Blogger dan Novelis yang Cinta Keluarga

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Awal Bulan Juni ceria, aku mau mengajak teman-teman berkenalan dengan Blogger Cantik, humoris, berprestasi dan seorang novelis juga loh. Aiih paket lengkap deh! Ayo tebak siapakah dia? Yap, namanya Ade Anita. Aku kenal Mbk Ade sudah sejak aku awal-awal punya akun facebook. Kami bertemu dalam berbagai audisi buku antologi, bahkan pernah pernah satu buku antologi, contohnya di buku Berjuanglah, Bunda Tidak Sendiri.

Ade Anita : Blogger dan Novelis yang Cinta Keluarga
Ade Anita : Blogger dan Novelis yang Cinta Keluarga

Mbk Ade ini suka ngeblog sejak tahun 2012. Saat itu karena Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) memberitahu akan mengadakan ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013. Kebetulan, Mbk Ade sudah punya blog sejak tahun 2008, tapi selama itu hanya dibuat untuk eksternal hard disk atau menyimpan foto dan dokumentasi tulisan saja dan disetting privat.  Gara-gara membaca pengumuman itu, Mbk Ade langsung membenahi blognya.

“Aku isi dengan tulisan yg bisa dibaca oleh umum sampe 10 artikel. Kan syarat buat ikut ajang itu usia blog lebih dari 3 bulan dan berisi lebih dari 10 tulisan. Abis itu aku daftar ajang SB itu. Aku masih gaptek. Gaptek banget. Itu modal nekad banget ikutan. Sambil nunggu seleksi aku bahkan ikut lomba blog. Ini pertama kalinya aku ikut lomba blog. Yaitu pojok pulsa. Pas daftar, ada pertanyaan alamat URL. Aku karena gaptek ngisi dengan alamat rumahku. LENGKAP. Pake RT RW dan kode pos malah. Hahahahahha....

Nah, lucu ya, Mbk Ade? Hihihi...