Jumat, 30 September 2016

Segera Konsumsi Nasi Sehat di Outlet Jual Beras Merah



Assalamualaikum sahabat Smart Mom.

Segera Konsumsi Nasi Sehat di Outlet Jual Beras Merah. Apakabar semua? Lagi persiapan weekend ya? Nah, kalau lagi weekend pengennya jalan-jalan dan nyoba kuliner baru kan? Sama Moms, aku juga suka banget gitu. Jalan-jalan dan makan. Tapi, eits jangan lupa ya buat yang lagi diet ketat harus memilih makanan yang sehat ya! Contoh nih seorang temanku, untuk menjaga kesehatan ia tidak mengkonsumsi nasi putih. Ia sekeluarga memilih makan nasi merah.

Ibu Rumah Tangga Belajar Tahsin


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Rabu lalu aku belajar di kelompok Tahsin bersama wali murid TK. Sudah sejak lama aku ingin kembali belajar tahsin Al Quran memperbaiki tilawahku. Ya, dulu saat kuliah sudah pernah sih ikutan belajar tahsin. Saat itu pagi usai subuh berangkat dari rumah karena kelas dimulai pukul 06.00 WIB. Tak puas belajar di kampus, aku ikutan kelas tahsin di Mahad Rabbani, Tanah Patah Bengkulu. Waktu itu, ada ibu-ibu sekelas denganku. Sempat deh ngebatin, “Loh, kok ada ibu rumah tangga  belajar tahsin juga?”  soalnya aku kenal suaminya satu tim disebuah organisasi. Jadi aku pikir, “Kenapa enggak belajar dengan suaminya saja?”

Rabu, 28 September 2016

Tiga Ciri-ciri Asma Pada Balita


Tiga Ciri-ciri Asma Pada Balita.  Keluargaku memiliki riwayat penyakit asma. Ayahku, kakak pertamaku dan aku menderita asma.  Kami bertiga sama-sama memiliki golongan darah A. Jadi, saat aku menikah dan mempunyai anak, aku selalu berdebar-debar, apakah kelak anakku akan menurun menderita penyakit asma? 

Selasa, 27 September 2016

Cerita Ta'aruf Gagal Membawa Berkah


Assalamualaikum sahabat Smart Mom, ini kisah lama sih jadi kalau membaca rasanya kayak DeJavu ya, hihi...yang mau baca kisahku Cerita Ta'aruf Gagal Membawa Berkah  bolehlah dibaca sampai tuntas. Soalnya ada rasa mellow gitu deh. Dulu kan ya rada alay juga hahah....Tapi, alhammdulilah berbuah rasa bahagia. Nah, jadi tipsnya menikmati aja deh kalau pernah mengalami ta'aruf gagal ya insya Allah tidak terlalu sakit banget :)

Cerita Ta'arufku ada di buku ini

Sabtu, 24 September 2016

Akarui Cha Si Blogger Cantik, Suka Menari dan Copy Writer


Akarui Cha Si Blogger Cantik, Suka Menari dan Copy WriterAssalamualaikum sahabat Smart Mom, kali ini aku mau mengenalkan sahabat bloggerku bernama Akarui Cha. Dalam kepenulisan ia memakai nama pena itu, namun nama aslinya Aisyah Utami. Wah, namanya bagus ya?

Acha, begitu aku memanggilnya, dulunya kuliah di Universitas Gunadarma Jurusan Ekonomi Manajemen. Lulus kuliah, Acha bekerja di Perusahaan Swasta, yakni tepatnya di Divisi Digital sebagai Copywriter. Waah, jadi penasaran ya?

Selasa, 20 September 2016

[Bedah Buku] Meraih Mimpi Dengan Beasiswa Ala Abellia Anggi Wardani



Matahari pagi menyinari Lampung dengan hangat. Pagi itu dengan semangat aku menuju Unila. Sudah sejak seminggu sebelumnya sahabat kami dari Tapis Blogger, Rinda Gusvita mengajak ikut acara Bedah Buku Meraih Mimpi Dengan Beasiswa. Acara yang menghadirkan langsung penulisnya buku bernama Abellia Anggi Wardani. Aku dan Heni Puspita pun menyanggupi untuk hadir. Alhamdulillah suami acc. Pas minta izin bilang begini, “Abi, Ummi mau ikutan bedah buku di Unila ya,” ternyata suami sudah tahu dari group pertanian. Jadi langsung acc deh, duuh senangnya :)

Senin, 19 September 2016

4 Tips Perawatan Wajah Pasca Melahirkan

4 Tips Perawatan Wajah Pasca Melahirkan. Assalamualaikum sahabat Smart Mom. Saat hamil wajah memang terlihat berseri-seri. Ada yang bilang, “Wah cantiknya, auranya keluar,”  aduh jadi bikin hidung kembang kempis deh. Tapi, pujian itu jangan bikin kita terlena Mom, wajah juga perlu dijaga kesehatannya. Apalagi kalau sudah keluar rumah. Wajah banyak terkena debu dan asap knalpot. Wajah yang kotor harus segera dibersihkan. Tak sulit lho membersihkan wajah, asal jangan malas, hehe...

Jumat, 16 September 2016

Melihat Pagelaran Seni dan Budaya dari Komunitas di Lampung


Assalamualaikum sahabat Smart Mom

Melihat Pagelaran Seni dan Budaya dari Komunitas di Lampung. Kemarin aku mencari hadiah untuk sesorang ke Mall Boemi Kedaton (MBK) Lampung. Sampai di Lantai 2 ada acara yang sangat ramai dikunjungi anak-anak muda. Hari itu MBK ramai sekali. Bahkan dari bawah sudah terdengar musik yang mengalun lembut.

Kamis, 15 September 2016

7 Cara Merawat Kulit Bayi


Cara Merawat Kulit Bayi. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, 
Melihat foto anak-anak masih bayi rasanya rindu mencium bau bayi. Bau bayi itu beda loh. Kalau bayi, mau belum mandi atau sudah mandi pasti dicium gemes. Tapi, kalau sudah lewat lima tahun bau bayinya sudah hilang, hihi...

Saat lihat foto Fatih bayi, kembali teringat saat merawat kulitnya. Saat bayi, Fatih memiliki kulit yang sensitif. Beberapa hari lahir, kepala Fatih ada keraknya. Aku jadi harus rutin membersihkan kepalanya dengan baby oil.

Rabu, 14 September 2016

5 Cara Mengatasi Bau Mulut


5 Cara Mengatasi Bau Mulut. Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

"Mas rajin sikat gigi dong, Mas. Biar giginya sehat dan enggak bau mulut!" begitu saranku pada Mas Faris. Si sulungku ini kadang masih harus diingatkan terus menjaga kesehatan gigi.

Beberapa kali Faris harus melakukan perawatan gigi dan itu tidak sedikit biaya yang dikeluarkan. Walau pakai BPJS yang sangat membantu soal biaya perawatan gigi, tapi ya pernah suatu hari karena enggak tahan dengan antrian BPJS. Soalnya ya  perlu 3 kali dulu kontrol baru bisa tambal gigi. Kami pakai jalan umum saja, ujungnya biaya membengkak. Uang 500 ribu harus ikhlas untuk membayar biaya perawatan sekali kontrol ke dokter gigi, duuh nyesek deh. Mana akhir bulan, hahaha....

Selasa, 13 September 2016

Cerpen : Sepotong Cinta yang Ternoda (Lampung Post, 10 September 2016)



Kiriman Bapak Sulistiyo Suparno

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Pernahkah kalian merasa sulit menulis cerpen setelah pernah mudah menulis cerpen? Aku pernah mengalaminya. Aku bahkan kesulitan untuk memulai menulis cerpen. Mengapa? Karena takut memulai. Takut karena teori di kepala terlalu banyak, hahah....hingga seorang teman mengingatkan, “Tulislah!” lalu aku sekuat tenaga menulis. Revisi, tulis, revisi, tulis, tentu saja dengan banyak membaca contoh cerpen. Terima kasih ya sahabatku Shabrina Ws.

Tapi, dari dulu aku sulit menulis karena imajinasi semata. Aku sering menulis berlatar kisah nyata. Jadi, cerpen ini idenya dari berita di koran dan aku sempurnakan kisahnya dari sebuah buku yang berjudul Lo Gue Butuh Tau LGBT karya Kak Sinyo. Ya, cerpen ini bertema rada serem ya, LGBT. Tapi, aku menggunakan sudut pandang perempuan. Dan, tentu karena ini cerpen pasti sangat banyak dibumbui imajinasi.

Cerpen ini aku buat saat masih di Padang. Aku kirim ke Padang Ekpress. Kutunggu hingga 1 bulan tidak dimuat, aku tarik dan lama kudiamkan di folder dan baru aku kirim ke Lampung Post seminggunya terbit, alhamdulillah.

Pagi itu aku dapat ucapan dari Bang Isbedy Stiawan Z S di group Sastra Minggu. Wow, berasa mimpi deh. Senang sekali. Ini cerpenku yang kedua kalinya aku kirim dan diterbitkan di Lampung Post. Pertama kali ngirim dulu berjudul Pengembara Cinta.

Selamat membaca ya!

Senin, 12 September 2016

Dua Hikmah Besar Dibalik Idul Adha 1437 H

Selamat Idul Adha 1437 H
Assalamualaikum sahabat Smart Mom,
Dua Hikmah Besar Dibalik Idul Adha 1437 H. Pagi yang cerah ini kami sekeluarga menjalan sholat Idul Adha di masjid Nurul Huda di lingkungan Yayasan Darul Hikmah. Hampir saja tadi telat karena bangun kesiangan jadi buru-buru sholat, setrika baju dan mukena. Anak-anak mandi dan pakai baju. Untungnya Aisyah dibangunkan tidak pakai drama. Malah Faris yang mogok mandi karena katanya dingin, hadeeh...

Sabtu, 10 September 2016

Cara Melatih Berkurban Untuk Anak TK

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,
Beberapa minggu lalu di sekolah TK Fatih diedarkan surat untuk mengajak anak-anak latihan berkurban. Caranya mudah saja, anak-anak setiap hari mencicil infaq kurbannya. Tapi, ada juga orang tua yang membayar sekaligus, alasannya takut lupa. Di group WA wali murid Kelas Nabi Nuh sering wali berpesan, "Bu, uang untuk kurban, saya titip di amplop di tas Aya (nama anaknya, nama samaran)."
Nah, begitulah cara melatih anak berkurban.
Fatih dan Teman -teman di Kelas Nabi Nuh

Kamis, 08 September 2016

Aplikasi MyJNE : Mudahkan Transaksi dan Bikin Nyaman di Hati

Aplikasi MyJNE : Mudahkan Transaksi dan Bikin Nyaman di Hati. Sejak suka menulis dan menerbitkan buku, aku selalu berhubungan dengan pengiriman paket. Entah membeli buku di olshop atau orang yang memesan buku karyaku. Jika ada perempuan yang gelisah sebulan enggak ada beli baju baru, beda dengan aku yang gelisah jika tidak ada buku baru, hahaha...

Rabu, 07 September 2016

Talkshow Kepenulisan & Rahasia Menulis Buku Best Seller



Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Talkshow Kepenulisan & Rahasia Menulis Buku Best Seller. Ahad, 4 September 2016, pukul 07.30 WIB aku menjemput Izzah Annisa. Kami berdua membelah kota Lampung menuju Univ. Malahayati. Di atas motor kami banyak ngobrol sampai-sampai kelewatan jauh. Olala... kami putar haluan dan belok menuju gerbang Univ. Malahayati. Melewati turunan dan tanjakan yang lumayan bikin deg-deng-an, kami sempat nyeletuk, “Wah, tempat yang bagus nih buat foto!” hahaha...

Selasa, 06 September 2016

Kisah Seru Muswil FLP Lampung 2016 dan Juri Lomba Cerpen


Kisah Seru Muswil FLP Lampung 2016 dan Juri Lomba Cerpen.Pagi yang cerah saat aku mengendarain motor ke arah Universitas Malahayati. Pagi itu pukul 09.00 WIB aku meluncur bersama sepeda motorku. Tiba di Gedung MCC Univ. Malahayati, kulihat teman-teman FLP Lampung telah banyak yang hadir. 

Tampak ruangan sudah rapi dan Desti, Novi dan Ahmad sudah siap di meja sidang. Duuh, maaf ya telat hadir nih. Tak lama acara pembukaan dimulai. Acara dibuka dengan basmalah dan tilawah oleh Wahid, perwakilan FLP Metro. Lalu, namaku dipanggil untuk memberikan kata sambutan dari perwakilan FLP Pusat, maklum aku juga BPP (Badan Pengurus Pusat) FLP. Kebetulan Mbk Sinta pesawatnya deelay, jadi sementara aku gantikan deh.

Jumat, 02 September 2016

Merencanakan Dana Pendidikan Jamin Masa Depan Buah Hati

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Kehadiran buah hati adalah idaman setiap pasangan yang telah menikah. Ayah dan Bunda pasti merasakan kebahagiaan saat si buah hati dari hari ke hari tumbuh sehat dan cerdas.
Namun, kehadiran buah hati juga memerlukan persiapan tersendiri. Ayah dan Bunda harus memenuhi kebutuhan pendidikan, keamanan dan kesehatan. Kebutuhan tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ayah dan Bunda harus memikirkan dari sekarang. Apalagi tantangan zaman semakin sulit. Biaya terus membengkak.



Aku jadi teringat percakapanmu dengan Faris si sulungku.
"Apa cita-cita, Mamas?"
"Mau jadi tentara!"


Dari kecil Faris selalu bilang ingin jadi tentara. Entahlah cita-cita ini telah terpatri dalam benaknya.  Mungkin juga karena suamiku terus bercerita mengenai sosok Ayahnya yang menjadi pejuang kepada Faris. Suamiku juga sering mengajak Faris nonton film perjuangan hingga mengajak Faris wisata ke tempat-tempat bersejarah.

Kamis, 01 September 2016

FLP Lampung Terbitkan Buku Lampung Traveler, 17 Kisah Perjalanan Dari Lampung Hingga Canberra


Buku Lampung Traveler, 17 Kisah Perjalanan Dari Lampung Hingga Canberra

Setiap perjalanan akan membawa sebuah cerita. Entah berupa pengalaman hidup, peluang usaha, mencintai wisata daerah, hingga makin merasakan ke-Esaan Allah Swt. Untuk itulah FLP Lampung mempersembahkan buku Kisah Perjalanan yang membuat kisah penulis saat mengunjungi berbagai tempat.

Sebenarnya buku ini sudah disusun jauh hari sejak kepengurusan tahun 2013. Namun, selalu ada kendala sehingga baru tahun ini dapat diterbitkan. Buku ini membuat 17 kisah penulis dari pengurus, anggota FLP Lampung hingga para pemenang lomba kisah perjalanan. Buku ini Ada beberapa objek wisata Lampung yang tertuang dalam tulisan. Ada keinginan yang besar untuk mengenalkan tempat wisata di Lampung kepada khalayak banyak dalam bentuk kisah perjalanan.